Home » Tips & Trik » Tips Menghadapi Ujian Proposal Skripsi

Tips Menghadapi Ujian Proposal Skripsi

Tips Menghadapi Ujian Proposal Skripsi

Tips Menghadapi Ujian Proposal Skripsi – Banyak yang menganggap seminar proposal skripsi itu menyeramkan. Sesungguhnya tidak demikian kalau kalian paham dengan baik apa sesungguhnya seminar proposal ini. Proposal dapat dikatakan sebagai rencana penelitian yang akan dilaksanakan. Karena baru berupa rencana maka proposal bisa diterima, diperbaiki, atau diganti. Sedangkan teknis sistematika proposal sendiri bisa berbeda antara satu kampus dengan kampus lainnya.

proposal penelitian merupakan sebuah rencana tertulis yang akan diikuti dengan kegiatan nyata. Proposal penelitian ini masih bersifat rancangan yang masih bisa berubah. Walaupun demikian, proposal atau usulan penelitian yang sudah mengandung isi sistematika peneltiian yang akan dilakukan sebagai cermin dari kualitas penelitian yang akan dilakukan oleh peneliti (mahasiswa) bersangkutan.

Persiapan Ujian Proposal Skripsi

Ikutilah kiat-kiat berikut. Semoga dengan keseriusan dalam persiapan belajarmu, maka situasi dan kondisi juga harus menjadi perhatian, jika dirimu ingin melewati Ujian/Seminar tersebut dengan baik dan nyaman. Untuk menghindari yang namanya keringat bercucuran di depan, dag dig dug yang berlebihan kita juga harus punya usaha untuk menghindari semua itu. Pastikan presentasi tak lebih dari 10 menit, latih di rumah sampai lancar dan tepat waktu dan jangan maju presentasi tanpa latihan.

Adapun tips untuk menghadapi Ujian Proposal Skripsi adalah:

  1. Siapkan mental dan Berdo’a
  2. Siapkan makalah
  3. Menguasai materi
  4. Persiapan Presentasi termasuk power point, laptop, proyektor dll.

Bagaimana Cara Presentasi Ujian Proposal Skripsi

Presentasi proposal skripsi adalah presentasi di mana Anda memaparkan rencana penelitian Anda dan berusaha untuk meyakinkan penguji bahwa topik Anda layak untuk diteliti. Bagi mereka yang gagal meyakinkan penguji, maka biasanya akan diminta untuk membuat proposal penelitian ulang atau istilahnya ganti topik.

Pada saat presentasi seminar proposal skripsi kamu harus menyampaikan apa topik skripsinya, mengapa itu perlu dilakukan, metode atau caranya bagaimana, datanya dari mana, lalu hasilnya nanti seperti apa? Ada gunanya atau tidak?

Apa Yang Ditanyakan Pada Ujian Proposal Skripsi

Seminar proposal skripsi itu bukan pengadilan, tidak usah takut. Itu adalah proses dialog untuk memastikan mahasiswa siap membuat skripsi. Tujuan utama Seminar proposal skripsi adalah untuk membantu mahasiswa dalam menyiapkan skripsinya jadi tdk perlu tegang tapi perlu siap-siap dengan baik. Intinya kalian mau bikin skripsi maka kalian perlu sampaikan gagasan skripsi itu kepada dosen agar dipastikan arahnya benar dan kalian tidak tersesat.

Pertanyaan yang biasanya diajukan Pada Ujian Proposal Skripsi adalah:

  1. Alasan pemilihan judul ???
  2. Latar belakang masalah dan rumusan masalah
  3. Apakah permasalahan penelitian di dukung oleh teori
  4. Metodologi (sampel, objek, instrumen penelitian, teknik analisis)
  5. Pemaparan dan penguasaan materi proposal.

Inti utamanya, dosen itu ingin kalian cepet menyelesaikan skripsi ddengan hasil yang baik. Seminar proposal skripsi itu hanya membantu kalian para mahasiswa, bukan untuk mengadili.


Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *