Home » Tips & Trik » Tips Menghadapi Ujian Skripsi

Tips Menghadapi Ujian Skripsi

Tips Menghadapi Ujian Skripsi

Tips Menghadapi Ujian Skripsi – Sidang skripsi adalah nikmat yang dianggap menakutkan bagi sebagian besar mahasiswa. Setelah berjuang keras untuk mengerti teori, mendapatkan data, mengolahnya sepenuh jiwa, sampai juga kamu di pintu terakhir perjuangan sebelum resmi jadi sarjana.

Sidang skripsi adalah gerbang perjuangan akhir bagi seorang mahasiswa untuk memperoleh sebuah gelar. Setelah bertahun-tahun mendalami teori masa perkuliahan. Hingga menyusun karya ilmiah yang syarat dengan penelitian. Umumnya, sebagian besar mahasiwa pasti cemas menghadapi sidang skripsi ini.

Menghadapi 3 sampai 4 dosen dengan pertanyaan tajamnya memang bisa bikin sakit kepala. Bayangan “dibantai” habis-habisan sampai cemas karena takut gagal sering menghantui pikiran. Apalagi terbayang-bayang rasanya harus berhadapan dengan dosen penguji yang konon siap membantai dengan pertanyaan tajam dan kritisnya, bisa mati kutu di tempat.

Tahap Persiapan Ujian Skripsi

Agar proses sidang skripsi berjalan lancar, alangkah baiknya jika anda melakukan hal-hal dibawah ini yang telah saya lakukan. Mudah-mudahan bermanfaat bagi kawan-kawan semua. Saya tidak akan menjamin kawan-kawan lulus, tapi dengan pengalaman saya, saya akan membantu kawan-kawan semua menghadapinya. Yang perlu dipersiapkan sebelum ujian skripsi adalah:

  1. Kuasailah materi skripsi dengan baik, pelajari inti dari materi skripsimu agar tak mati gaya ketika di dalam ruang sidang.
  2. Konsultasi dulu ke dosen pembimbing barangkali ada hal-hal penting yang kamu kurang paham di skripsimu.
  3. Kenali siapa dosen penguji Anda.
  4. Susunlah slide presentasi skripsi dengan baik dan lakukan latihan presentasi skripsi dengan baik sebelumnya.
  5. Persiapkan buku-buku dan literatur yang dapat membantu kawan-kawan saat proses sidang.
  6. Makan bergizi dan tercukupi tidak hanya membuatmu jadi lebih berenergi. Pikiranmu pun juga jadi lebih fokus.
  7. Pakailah pakaian yang rapi dan sopan ketika berangkat sidang.
  8. Berdoa dan minta restu orang tua,
  9. Datanglah lebih awal saat hari pendadaran. Dengan begitu kamu punya waktu untuk menenangkan pikiran.
  10. Cek perlengkapan teknis pendukung presentasi seperti laptop dan pyoyektor berfungsi dengan baik.

Tahap Pesentasi Ujian Skripsi

Setelah anda mempersiapkan semuanya, langkah selanjutnya ialah pada saat proses berlangsungnya ujian atau sidang skripsi. Dalam tahap ini kita akan belajar tentang bagaimana membuka presentasi, memaparkan isi dan menutup presentasi. Adapun yang perlu dilakukan adalah:

  1. Membuka presentasi skripsi
    Membuka presentasi dalam sidang skripsi adalah salah satu tahap yang membutuhkan sebuah pemikiran yang matang sebelum Anda melakukannya. Anda harus benar-benar memikirkan kalimat apa yang paling tepat Anda sampaikan saat berdiri pertama kali di depan dewan penguji. Jangan sampai Anda menunjukkan diri bahwa Anda tidak siap, dengan pembukaan yang buruk.
  2. Menjelaskan isi presentasi skripsi
    Supaya dewan penguji atau audiens yang mendengarkan Anda memahami bagian-bagian dari apa yang Anda sampaikan dengan baik. Berpresentasilah dengan singkat dan padat, menurut pengalaman saya, waktu yang diberikan untuk presentasi ialah antara 15-20 menit.
  3. Menutup Presentasi Skripsi
    Dalam presentasi sidang skripsi ada dua cara penutupan presentasi yang baik. Pertama menyimpulkan isi dari presentasi yang biasanya juga kesimpulan dari isi skripsi. Kedua, menyampaikan rekomendasi. Rekomendasi ini Anda sampaikan kepada pihak-pihak terkait yang akan menggunakan hasil penelitian Anda atau yang akan meneruskan penelitian Anda di masa mendatang.

Tahap Tanya Jawab Ujian Skripsi

Jika Dosen memberikan pertanyaan, dan setelah Anda mengetahui jawaban atas pertanyaan dosen penguji, segera jawab pertanyaan tersebut dengan jelas. Berikan jawaban ringkas jika waktunya terbatas, perluas jawaban Anda jika waktunya cukup longgar. Jika pertanyaan terkait dengan hasil atau proses penelitian Anda maka jawablah apa adanya seperti apa yang Anda lakukan saat melakukan penelitian.

Setiap kritikan dan masukan ada kalanya untuk dilawan atau dipertahankan. Namun jika masukan dan kritikan dosen tersebut masuk akal, logis, dan membangun, sebaiknya mahasiswa menerimanya dan mengucapkan terima kasih. Perlu anda tau bahwa ujian skripsi pada intinya ialah bagaimana anda mempertahankan skripsi anda agar diterima, namun pembelaan dari anda yang terlalu ngotot, tidak rasional, keras kepala, dan maunya sendiri akan merusak citra dan penilaian penampilan anda dalam sidang skripsi.

Demikianlah tips bagaimana menampilkan presentasi sidang skripsi dengan baik dan benar sekaligus meyakinkan. Intinya lakukan persiapan dengan sebaik-baiknya, tampilkan presentasi skripsi Anda dengan baik, terstruktur dan meyakinkan, serta berikan jawaban terbaik untuk setiap pertanyaan. Lakukan semua itu dengan baik, maka kesuksesan presentasi sidang skripsi akan jadi milik Anda.


Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *