Tips Menabung untuk Karyawan agar Gaji Tidak Cepat Habis

Tidak sedikit orang yang menganggap kalau bekerja sebagai karyawan kantor enak dengan gaji yang besar. Apalagi untuk mereka yang masih lajang dan tidak memiliki tanggungan siapa pun. Namun tetap saja, meskipun bekerja di kantor, baik itu yang sudah memiliki keluarga sendiri maupun yang masih lajang, menurut loker Jogja sangat penting sekali untuk mengetahui tips menabung untuk karyawan agar gaji bulanan yang diterima tidak cepat habis dalam sekejap.

Baik yang masih lajang atau yang sudah berkeluarga, menabung sangat penting Anda lakukan agar kebutuhan selama sebulan ataupun bahkan untuk kebutuhan di masa depan dapat terpenuhi. Tapi tidak semua orang dapat menabung dengan benar sehingga gaji dalam sebulan bisa langsung habis dalam sekejap.

prioritaskan-kebutuhan-yang-paling-penting-agar-tabungan-anda-mencukupi

Karena itulah, agar tidak salah menabung, ada baiknya Anda mengikuti tips-tipsnya di bawah ini terlebih dahulu.

Sisihkan Langsung Uang Gaji saat Diterima

Kebiasaan para karyawan yang baru saja mendapat gaji yaitu langsung membelanjakannya untuk kebutuhan-kebutuhan yang diinginkannya. Padahal kebiasaan tersebut termasuk cara menabung yang salah. Ada baiknya Anda menyisihkan langsung gaji yang baru saja diterima ke dalam celengan atau tabungan Anda terlebih dahulu.

sebagai-seorang-karyawan-harus-pintar-pintar-menabung

Sisihkan setidaknya 10% hingga 30% dari gaji Anda untuk ditabung. Dengan begitu, Anda masih bisa memiliki simpanan untuk kebutuhan yang lainnya. Tapi, pastikan Anda mengetahui besar gaji Anda terlebih dahulu untuk disisihkan agar uang untuk kebutuhan yang benar-benar Anda gunakan saat itu juga tidak terlalu minimalis.

Pertimbangkan Kebutuhan Transportasi

Transportasi merupakan salah satu masalah yang membuat karyawan sulit menabung. Bagi mereka yang tinggal di kota-kota besar, tentu kebutuhan transportasi sangatlah penting untuk pulang pergi ke dan dari kantor. Namun, karena mobilitasnya yang terkadang harus menggunakan lebih dari 1 transportasi, tentu saja secara otomatis biaya yang dikeluarkan juga akan semakin banyak.

Sebenarnya belum lagi biaya transportasi di kota-kota besar tidaklah murah kalau menggunakan transportasi tertentu. Alternatif lainnya yaitu Anda juga dapat memakai kendaraan pribadi jika memang punya sendiri. Tapi tetap dilihat dari mobilitas Anda hari itu, apakah Anda mengunjungi banyak tempat atau hanya berada di kantor saja. Anda pun juga bisa membuat jadwal sendiri hari tertentu apa dalam seminggu untuk memakai kendaraan sendiri atau transportasi umum.

Memprioritaskan Kebutuhan

Masih banyak orang yang menghabiskan gajinya untuk kebutuhannya maupun keinginan sematanya saja. Tapi perlu Anda ketahui, tips menabung untuk karyawan yang benar yaitu memprioritaskan kebutuhan Anda mana yang lebih penting untuk dipenuhi terlebih dahulu.

Ada baiknya Anda membuat catatan skala kebutuhan mana dari yang paling penting sampai hanya untuk sekedar dipenuhi saja. Buatlah catatannya setiap bulan agar Anda dapat mengontrol gaji lebih baik lagi. Mulai dari biaya kontrakan kalau ada, biaya cicilan, biaya makan sehari-hari, biaya transportasi, dan seterusnya.

Buat 2 Rekening Tabungan yang Berbeda

Sebagian besar orang masih saja kurang bisa mengontrol tabungannya karena rekening yang dimilikinya hanya 1 saja. Padahal kalau Anda memiliki 2 rekening, Anda dapat mudah membaginya untuk tabungan pribadi dan tabungan kebutuhan Anda.

Saat Anda sudah menerima gaji, langsung bagikan berapa persennya di masing-masing rekening tersebut. Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi kebablasan memakai tabungan utama yang dipakai untuk tabungan pribadi.

Sebenarnya mudah saja menerapkan tips menabung untuk karyawan di atas. Intinya Anda harus bisa bersabar, mengontrol keinginan, dan yang paling penting adalah konsisten. Berapa pun gaji Anda jika tidak dapat mengontrol pengeluaran per bulan, tetap saja Anda akan sulit mengumpulkan tabungan.