Pertemuan Keduabelas IMK A11.4613

 User Documentation

Contoh User Documentation

  • Contoh bantuan yang terdapat semua  solusi dapat di cari yang dirangkum dalam  sebuah buku (cetak) maupun digital.3
  • Contoh layanan bantuan diluar aplikasi  yang dimana user bisa langsung  bertanya dalam forum yang ada pada  halaman web dari program tersebut.3
  • Contoh layanan yang dapat  bertanya langsung kepada  costumer service atau admin.3

Pengertian User Documentation

User Documentation adalah Dokumentasi dari suatu produk atau service yang disediakan untuk end users  (konsumen yang hanya memakai suatu teknologi tanpa mengetahui proses panjang dibaliknya). User  Documentation di desain untuk membantu end users dalam menggunakan suatu produk/service.

Jenis-Jenis User Documentaion

Jenis User Documentation terbagi menjadi dua yaitu : Paper User Manual dan Online User Manual. User Manual adalah sebuah bagian dari user interface untuk sebuah sistem komputer. User manual juga  sering menjadi satu-satunya support yang dimiliki user untuk troubleshooting yang dirangkum dalam  sebuah buku maupun digital.

Online User Manual

Pada jenis ini Online User Manual dibagi menjadi beberapa macam, yaitu :

  • Online Manual, merupakan salah satu bentuk dokumentasi dalam bentuk digital, semua solusi dapat di cari  dengan hanya melihat pada layar, tidak perlu membuka buku.
    3
  • Online Help, ialah cara yang disediakan oleh develop/progammer jika dalam manual online maupun manual  paper tidak bisa menjawab pertanyaan user maka bisa menggunakan online help atau yang bisa kita sebut  menghubungi costumer service atau admin. Hal ini tentunya kita akan bertanya langsung(instant) tentang  apa saja pertanyaan kita yang belum di jawab di user manual/paper manual.
    3
  • Context-Sensitive Help, yaitu Sebuah Icon yang bersimbolkan tanda tanya pada sebuah program yang fungsinya menjelaskan  icon yang sedang ditunjuk secara lebih rinci.

3

  • Online Tutorial, ialah sekumpulan atau beberapa video atau langkah-langkah yang disediakan oleh  developer dalam suatu aplikasi untuk memudahkan user memahami suatu program atau aplikasi.

3

  • Online Communities, E-mail, Chat, And Instant Messaging, maksudnya ialah layanan yang tersedia di luar aplikasi tersebut apabila dalam user manual(offline) tidak  bisa menjawab pertanyaan user, jadi kita bisa bertanya pada user lain di sebuah web tersebut dan  bercerita seputar aplikasi yang mereka pakai.

3

Paper User Manual

Pada jenis ini Online User Manual dibagi menjadi beberapa macam, yaitu :

  • Tutorials, cocok digunakan untuk user pemula.  karena user tipe ini hanya memiliki sedikit  pengetahuan tentang Semantics of the  Application (Apa yang bisa dilakukan sistem)  dan juga Syntax of the human interface  (tepatnya bagaimana melakukan sesuatu  kepada sistem).

3

  • Reference Manuals, pada bagian ini biasanya menjelaskan secara rinci kesalahan error yang umum terjadi pada user dalam  menggunakan suatu aplikasi yang dibuat oleh developer. Serta beberapa pertanyaan umum yang sering  dikeluhkan user (FAQ).

3

  • Quick Reference, adalah ringkasan informasi dari  bagian kecil dari fungsi yang sering digunakan atau  penting. ditujukan untuk experts user atau user yang  berpengalaman.

3

  • User Guide, ditujukan untuk user yang  lumayan berpengalaman. User Guide harus  memenuhi kebutuhan dari semua tipe user.  Dan User Guide memperbolehkan user untuk  dengan mudah melewati informasi yang  sudah tahu  tujuannya agar user mudah  mencari solusi dari problem yang dihadapi.

3

Sifat-Sifat User Documentation

  • Availability, user dapat menggunakan bantuan setiap saat selama sedang berinteraksi dengan sistem. User tidak  perlu keluar dari aplikasi ketika ingin membuka aplikasi bantuan.
  • Accuracy and Completeness, bantuan sistem harus tersedia secara lengkap dan akurat, mulai dari problem dalam system hingga cara  penyelesaian.
  • Consistency, konsistensi pada sistem yang ada, antara jenis online dan jenis tercetak.
  • Robustness, emampuan untuk melanjutkan operasi ketika sistem mempunyai perilaku yang tidak diharapkan. Biasanya digunakan oleh orang yang sedang dalam kesulitan karena sistem mempunyai perilaku yang tidak di harapkan atau memiliki masalah.
  • Flexybility, emampuan sistem untuk membuat setiap user berinteraksi sesuai keinginannya.
  • Unobtrusiveness, seharusnya aplikasi bantuan tidak mencegah user dalam melanjutkan pekerjaan atau terpengaruh dengan aplikasi user. Untuk menghindari ini digunakan presentasi pada layar terpisah

Kelebihan Dan Kekurangan Online User Manual Dan Paper User Manual

  • Online User Manual :
    • Kelebihan :
      • Secara Fisik Tidak Memakan Tempat
      • Mudah Dinavigasikan
      • Dapat Memberikan Pengalaman Interaksi Pada User
      • Secara Ekonomi Lebih Hemat
    • Kekurangan :
      • Kecenderungan user yang lebih suka membaca Paper
      • Isi yang Lebih Sedikit
      • User interface yang mungkin menghambat user
      • Kesulitan Melihat Online Manuals
  • Paper User Manual :
    • Kelebihan :
      • Secara fisik isi lengkap dan terperinci
      • Mudah dalam pembacaannya
      • Tidak menggunakan jaringan internet
    • Kekurangan :
      • Secara fisik memakan cukup ruang
      • Harga nya cukup mahal
      • User experiencenya kurang menarik karena biasanya tidak ada animasi di dalamnya

Tahapan Membuat User Documentation

  • Easy Of Navigation ( Mudah Di Navigasi )
    • Prinsip untuk mendesain navigasi yang baik agar membantu mengarahkan user dalam menggunakan  dokumentasi dalam mencari bagian/topik tertentu. Beberapa prinsip dalam memenuhi ease of navigation yaitu:
      • Daftar isi harus menyediakan pandangan garis besar nya saja bukan list yang terlalu panjang.
      • Pisahkan jenis-jenis informasi dan gunakan petunjuk yang konsisten pada setiap jenisnya.
  • Ease of Learning ( Mudah Dipelajari )
    • Kemudahan dalam mengoperasikan software hanya dengan memandangi atau belajar beberapa jam  saja. Hal-hal yang perlu diperhatikan :
      • Logical sequent (urutan logika).
      • Berikan sampel atau ilustrasi.
  • Ease of Reading ( Mudah Dibaca )
    • Memudahkan user dalam membaca dokumentasi dengan bahasa yang mudah. Hal-hal yang diperhatikan :
      • Berikan Tanda baca yang baik serta dengan bahasa baku
      • Tidak menggunakan kalimat yang tidak penting
      • Gunakan Tulisan yang mudah dibaca(baku = times new roman)

Fungsi User Documentation

  • Memberikan kinerja sistem (feedback) yang baik untuk pengguna.
  • Memberikan panduan interaksi antara pengguna dan sistem.
  • Memberikan panduan kepada pengguna untuk mempelajari sistem.
  • Memberikan panduan kepada pengguna untuk memecahkan masalah.

Manfaat User Documentation

  • Mengetahui dengan jelas alur pekerjaan dari sistem yang dibuat.
  • Bukti bahwa kita pernah melakukan developing dan perbaikan sistem.
  • Untuk mengatasi error yang mungkin kita hadapi di masa mendatang dengan cepat.
  • Dapat meminimalkan kesalahan user dan menyediakan kemudahan recovery dari kesalahan.

postan ini melewati yang ke sebelas karena dipertemuan ke sebelas saya tidak masuk dan itu pun mati listri dan membuat presentasi kelompoknya di mundur (diulang ke pertemuan 12 ini).

 

Mungkin sekian dari saya maaf atas semua keslaahan kata didalam penulisan laporan mingguan ini.

 

Semua.Materi

Instagram

facebook

twitter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *