6 Website Belajar Coding Secara Gratis

Sebagian besar pengusaha, freelancers dan pemasar akan memberitahu Anda, mempelajari cara suatu program dapat membantu Anda sukses. Selama setahun terakhir, saya sudah belajar coding. Ini membantu saya untuk menjadi wirausahawan yang jauh lebih baik – saya bisa menyelam ketika tim saya perlu memperbaiki beberapa bug di situs.

Anda bahkan tidak perlu membayar banyak uang untuk belajar cara membuat coding juga. Berikut ini website yang menawarkan kursus coding secara gratis:

1. Codecademy

Salah satu website gratis yang paling populer untuk belajar coding adalah CodeAcademy. Faktanya, lebih dari 24 juta orang telah belajar cara coding melalui pengalaman yang mereka dapatkan dari website ini. Di CodeAcademy, Anda dapat terjun langsung dan mengikuti kursus yang mengajarkan Anda semuanya mulai dari HTML & CSS, JavaScript, jQuery, PHP, Python, dan Ruby.

2. Coursera

Didirikan pada tahun 2012, Coursera telah tumbuh menjadi perusahaan teknologi pendidikan nirlaba besar yang telah menawarkan lebih dari 1.000 program dari 119 institusi. Meskipun Anda dapat membayar program tertentu untuk menerima sertifikat, ada sejumlah kursus pemrograman pengantar gratis dalam berbagai spesialisasi dari universitas seperti Universitas Washington, Stanford, Universitas Toronto, dan Vanderbilt.

3. edX

EdX adalah platform pembelajaran online terkemuka lainnya yang merupakan open source. Didirikan oleh Harvard University dan MIT pada tahun 2012, sehingga Anda tahu bahwa Anda akan belajar tentang teknologi dan teori mutakhir. Saat ini, edX mencakup 60 sekolah. Anda mungkin tidak bisa salah dengan Pengantar Ilmu Komputer gratis dari Universitas Harvard.

4. Udemy

Didirikan pada tahun 2010, Udemy adalah platform pembelajaran online yang dapat digunakan sebagai cara untuk meningkatkan atau mempelajari keterampilan kerja. Meskipun ada kursus yang harus Anda bayar, ada banyak kursus pemrograman gratis, yang diajarkan melalui pelajaran video, seperti Pemrograman untuk Pengusaha – HTML & CSS atau Pengantar Pemrograman Python.

5. aGupieWare

AGupieWare adalah pengembang aplikasi independen yang mensurvei program ilmu komputer dari beberapa lembaga terkemuka di AS. Kemudian dibuat kurikulum serupa berdasarkan kursus gratis yang ditawarkan oleh Stanford, MIT, Carnegie Mellon, Berkeley, dan Columbia. Program ini kemudian dipecah menjadi 15 program: tiga kelas pengantar, tujuh kelas inti dan lima pilihan.

Meskipun Anda tidak akan benar-benar menerima kredit, ini adalah program pengantar yang sempurna untuk calon pemrogram komputer.

6. GitHub

Terkadang, Anda perlu mengingat buku referensi saat Anda mengalami masalah. Itu adalah GitHub. Anda dapat menemukan lebih dari 500 buku pemrograman gratis yang mencakup lebih dari 80 bahasa pemrograman berbeda di layanan hosting repositori Git berbasis web, yang berarti sering diperbarui oleh kolaborator.

7 Bahasa Pemrograman Terkini di 2018

Pengembangan perangkat lunak adalah sesuatu yang dinamis, di mana bahasa pemrograman baru, kerangka kerja, dan teknologi dapat bertahan atau tidak dalam beberapa tahun. Pengembang harus terus belajar keterampilan baru untuk tetap relevan.

Melakukan pengecekan adalah salah satu cara yang berguna untuk mengukur popularitas suatu bahasa pemrograman, karena ini menunjukkan kepada para pengembang keterampilan yang mereka butuhkan untuk meningkatkan prospek karir mereka, kata Misirlakis.

Coding Dojo baru-baru ini menganalisis ratusan ribu lowongan pekerjaan di mesin pencari pekerjaan.

Berikut ini adalah bahasa pemrograman yang paling banyak diminati Pada tahun 2018:

1. Java

Popularitas Java menurun sekitar 6.000 lowongan pekerjaan pada tahun 2018 dibandingkan dengan tahun 2017. Namun, bahasa ini masih sangat diminati, digunakan oleh jutaan pengembang dan miliaran perangkat di seluruh dunia. Selain itu, semua aplikasi Android berbasis Java, dan 90% dari perusahaan Fortune 500 menggunakan Java sebagai bahasa pemrograman dalam server untuk pengembangan backend, kata Misirlakis.

2. Python

Python semakin populer sekitar 5.000 lowongan pekerjaan sejak tahun 2017. Bahasa pemrograman ini biasanya digunakan dalam komputasi ilmiah, pengumpulan data, dan pembelajaran mesin — dan pertumbuhan permintaan untuk pengembang pembelajaran mesin khususnya dapat mendorong sebagian popularitasnya, tulis Misirlakis.

3. JavaScript

JavaScript tetap populer digunakan pada tahun 2018, bahasa pemrograman ini digunakan oleh lebih dari 80% pengembang dan 95% dari semua situs web untuk setiap logika dinamis di halaman mereka, menurut Coding Dojo. “Beberapa kerangka kerja front-end untuk JavaScript seperti React dan AngularJS memiliki potensi masa depan yang besar karena IoT dan perangkat seluler menjadi lebih populer, jadi kami ragu kita akan melihat penurunan popularitas JavaScript dalam waktu dekat,” tulis Misirlakis.

4. C ++

Seperti JavaScript, C ++ tetap sama populernya. Bahasa ini biasanya digunakan untuk perangkat lunak sistem / aplikasi, pengembangan game, driver, aplikasi server klien dan firmware yang disematkan. Meskipun banyak programmer menemukan C ++ menjadi rumit untuk dipelajari dan digunakan, dan lebih memilih Python atau JavaScript, ia tetap digunakan di banyak sistem warisan di perusahaan besar, menurut Coding Dojo.

5. C #

C # mengalami penurunan permintaan pekerjaan sedikit tahun ini. Sebuah bahasa berorientasi objek dari Microsoft yang dirancang untuk berjalan di platform NET. Ini juga sangat sering digunakan dalam pengembangan video game. C # 7.2 keluar pada bulan November 2017, dan menambahkan beberapa fitur baru yang ditujukan untuk menghindari penyalinan yang tidak perlu.

6. PHP

PHP naik dari peringkat no. 9 tahun lalu ke peringkat no. 6 tahun ini. Sebagian besar pengembang menggunakan bahasa scripting ini untuk menambahkan fungsi yang tidak dapat ditangani oleh HTML, atau untuk berinteraksi dengan database MySQL.

7. Perl

Meskipun mengalami penurunan sekitar 3.000 lowongan pekerjaan, Perl tetap diminati. “Perl 5 dan Perl 6 keduanya berderet bersama dan Perl terus menjadi populer untuk administrator sistem dan jaringan” tulis Misirlakis.

Bahasa pemrograman lainnya yang tidak termasuk dalam urutan di atas, tetapi masih terus digunakan dan populer sepanjang tahun 2017 lalu. Ini termasuk Swift (yang telah berkembang terus dalam popularitas sejak diluncurkan) R (yang diharapkan untuk naik peringkat), dan Rust (yang terus berkembang dalam popularitas menurut Google Tren data).

Teknologi lain di luar bahasa pemrograman juga muncul di sejumlah lowongan pekerjaan, seperti SQL, .NET, Node.js, dan MEAN.

https://www.codingdojo.com/blog/

Aplikasi Galeri Foto Terbaik di Microsoft Store

Bagi Anda yang doyan berfoto, tentu sebuah aplikasi penunjang sangat Anda butuhkan. Salah satunya Anda butuh aplikasi galeri foto karena berkas yang ditata tentu bukan hanya berupa berkas file saja melainkan berkas berupa foto juga perlu dirapikan.

Kebanyakan orang yang menggunakan Windows 10 masih mengandalkan Windows Explorer sebagai pengelola berbagai macam berkas, termasuk foto dan juga gambar. Jika Anda juga menjadi salah satu pengguna Windows 10, maka sekarang Anda bisa gunakan aplikasi yang tersedia di Microsoft Store sebagai pengelola foto Anda. Untuk Anda yang sedang mencari aplikasi galeri foto terbaik di Microsoft store dan gratis, rekomendasinya bisa Anda simak di bawah ini!

Aplikasi Galeri Foto Terbaik di Microsoft Store

Aplikasi galeri foto Microsoft Photos

Bagi Anda yang ingin merapikan foto di smartphone, Anda bisa menggunakan Microsoft Photos. Microsoft Photos merupakan salah satu aplikasi galeri foto terbaik di Microsoft Store yang bisa Anda download. Bersama dengan Microsoft Photos akan mengubah pengalaman Anda dalam mengelola berkas foto dan gambar semakin memuaskan.

Di Microsoft Photos terdapat beberapa highlights yang juga Anda bisa manfaatkan diantaranya kemampuan untuk mengedit foto atau remix dengan menggabungkan berbagai foto dan efek yang tersedia. Anda juga bisa gunakan mengedit berbagai foto seperti menambahkan music, teks, memotong durasi dan juga efek 3 dimensi yang keren lainnya.

Aplikasi galeri foto IrfanView

IrfanView merupakan sebuah aplikasi pengelola foto berikutnya yang juga direkomendasikan untuk Anda. Aplikasi ini cukup luas digunakan karena dukungan format gambar yang cukup ekstensif mulai dari BMP, ICO, JPG, GIF, PSD, PND, TIFF dan berbagai format gambar yang lainnya. Mengenai fitur pengeditan yang terdapat di aplikasi IrfanView juga cukup banyak seperti dukungan konversi format secara massal, crop, menambahkan teks dan yang lainnya.

Aplikasi 123 Photo Viewer

Aplikasi 123 Photo Viewer merupakan pilihan terbaik untuk Anda yang sering berkutat dengan file PSD dan atau GIF. Aplikasi ini turut serta menawarkan antarmuka yang sangat intuitif dengan minimnya tampilan menu bar di bagian display gambar agar jauh lebih leluasa. 123 Photo Viewer merupakan sebuah aplikasi yang dapat menampilkan gambar hasil edit program Photoshop dengan format PSD yang menjadikan pilihan aplikasi ini sangat pas digunakan seorang desainer grafis.

Aplikasi Plex

Aplikasi Plex merupakan sebuah aplikasi all in one yang dapat memutar atau menampilkan berbagai macam format media statis atau bergerak seperti halnya gambar, video, music dan foto. Aplikasi Plex turut mengadopsi desain antarmuka Metro UI modern yang senada dengan tampilan antarmuka Windows 10 secara menyeluruh. Aplikasi galeri foto terbaik di Microsoft Store yang satu ini dapat terhubung ke smart TV yang juga bisa tersinkronisasi dengan perangkat smartphone Anda.

Aplikasi Samsung Gallery

Jika Anda menggunakan smartphone Samsung, maka untuk install Samsung Gallery di perangkat Windows 10 hukumnya wajib. Samsung Gallery bisa melakukan sinkronisasi foto yang sudah diambil secara instan dengan bantuan akun Samsung yang Anda sudah daftarkan sebelumnya di smartphone dan juga diperangkat Windows 10. Selain menampilkan foto dari smartphone di Windows, Samsung Gallery juga akan menampilkan foto dan gambar yang tersimpan di perangkat Windows 10 Anda selama Anda menggunakan 1 akun Samsung yang sama.

Anda yang mencari berbagai aplikasi galeri foto terbaik di Microsoft Store, Anda bisa manfaatkan salah satu aplikasi diatas. Dapatkan secara gratis sekarang juga!

 

Apakah Bisnis E-Commerce Berpotensi di Indonesia?

Internet tidak hanya dapat merubah kehidupan masyarakat di Indonesia, tetapi juga hampir di seluruh dunia. Kini, dunia bagaikan tempat yang sangat kecil dan sempit, yang mudah dijangkau. Semua kebutuhan Anda juga dapat terpenuhi dengan adanya internet. Informasi, produk, layanan, solusi masalah hingga hiburan tersedia di dalam dunia maya. Dengan jumlah pengguna internet yang tinggi, apakah e-commerce bisa berkembang di Indonesia?

pengguna internet di indonesia
Pengguna Internet Indonesia 2015 – 2022

Kondisi diatas dapat menjadi peluang yang menjanjikan untuk dunia usaha. Dunia usaha akan lebih berkembang dan mudah dijalankan dengan adanya internet. Dan, hal ini sudah banyak dilakukan orang. Salah satu buktinya adalah semakin banyaknya bisnis e-commerce yang bermunculan.

Di Indonesia, tren bisnis online ini juga semakin hari semakin meningkat. Banyak orang berlomba-lomba mengais rejeki dari dunia maya. Bahkan, mereka yang sudah mempunyai bisnis sejak dahulu, mencoba menggunakan internet untuk lebih mengembangkan bisnis yang mereka punya.

Meskipun tren positif bisnis online ini melesat cukup tajam di Indonesia, Indonesia dapat dikatakan sebagai tempat yang tidak nyaman untuk pelaku bisnis ini. Berikut beberapa alasannya:

1. Kecepatan Koneksi Internet

Adanya koneksi internet yang tidak cukup cepat yang membuat bisnis e-commerce menjadi tidak terlalu maksimal. Memang dibutuhkan koneksi yang cepat, agar semua proses dapat berjalan dengan lancar dan cepat. Bila tidak, konsumen akan merasa tidak puas dengan pelayanan bisnis online tersebut.

2. Internet Tidak Merata

Banyaknya daerah-daerah pelosok yang belum mempunyai sambungan internet yang cukup memadai menjadi salah satu hambatan bagi pelaku binis dalam mengembangkan bisnisnya. Padahal, daerah-daerah tersebut mempunyai potensi UKM yang sangat menjanjikan, khususnya bila dikombinasikan dengan fasilitas internet.

3. Infrastruktur dan Logistik

Adanya kekurangan dalam infrastruktur dan logistik. Hal ini membuat daerah-daerah terpencil di Indonesia sangat sulit untuk dijangkau.

4. Cara Pembayaran

Pada umumnya, pembayaran bisnis online adalah menggunakan kartu kredit. Di Indonesia, kartu kredit dapat dikatakan sebagai barang mewah dan tidak semua orang menggunakannya. Jadi, bisnis online atau e-commerce pun akan kesulitan untuk memasarkan produknya.

Meskipun begitu, saat ini sudah ada beberapa inovasi yang dibuat oleh beberapa toko online. Misalnya layanan Cash On Delivery, yaitu pembayaran dilakukan saat barang diterima pembeli. Tetapi, layanan ini hanya dapat dilakukan dengan skala yang terbatas. Untuk skala nasional, layanan pembayaran ini masih sulit untuk dilakukan.

5. Edukasi

Hal terakhir adalah edukasi mengenai bisnis e-commerce pada masyarakat, khususnya mereka yang tinggal di daerah-daerah pelosok. Banyak dari mereka yang masih tidak tahu mengenai bisnis online, bahkan internet itu sendiri. Bahkan, di kota-kota besar sekalipun, masih banyak orang yang sudah mengetahui internet masih enggan menggunakan layanan e-commerce ini. Mereka lebih merasa aman saat datang langsung ke toko dan melihat barangnya langsung.

Sumber data: Statista

Rekomendasi Aplikasi Edit Video Terbaik

Bagi Anda yang hobi mengabadikan berbagai moment melalui video, terdapat berbagai macam aplikasi edit video terbaik yang dapat menjadi pilihan Anda. Aplikasi tersebut tentunya akan menjadikan hasil video yang sudah Anda rekam semakin keren, kece dan semakin baik. Bahkan hasil video editan Anda bisa jadi jauh lebih ciamik daripada aslinya.

Anda bisa mengubah degradasi warna pada video, memotong durasi video dan melakukan berbagai kegiatan editing video lainnya bersama aplikasi tersebut. Berikut kami berikan informasi selengkapnya untuk Anda apa saja aplikasi edit video terbaik untuk Anda yang hobi mengabadikan moment lewat video. Download segera aplikasinya ya!

Aplikasi Edit Video Terbaik yang Harus Didownload

Aplikasi edit video VivaVideo

Aplikasi edit video terbaik yang pertama kami rekomendasikan untuk Anda adalah VivaVideo. VivaVideo merupakan sebuah aplikasi yang bisa membuat video dengan kecepatan sesuai selera baik itu slow motion, atau fast forward. Yang menarik, bahwa semua template, efek dan transisi yang dimiliki dapat Anda unduh secara gratis. VivaVideo juga bahkan menyediakan lebih dari 200 filter yang Anda bisa terapkan didalamnya.

Aplikasi edit video FilmoraGo

Dengan Anda menggunakan FilmoraGo, Anda bisa memotong durasi video Anda. Bersama aplikasi edit video terbaik ini Anda juga bisa tambahkan teks di video yang Anda inginkan, melambatkan atau mempercepat video dan melengkapi video Anda dengan music. Anda juga bisa tambahkan berbagai efek atau filter warna bersama FilmoraGo. Yang istimewa juga Anda bisa unduh berbagai efek atau filter tambahan secara gratis untuk menjadikan video yang Anda hasilkan semakin cantik dan keren.

Aplikasi edit video KineMaster

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh KineMaster dibandingkan dengan aplikasi edit video yang lain yaitu kesederhanaan tampilan yang menjadikan Anda bisa mengedit video jauh lebih mudah. Dengan Anda menggunakan KineMaster, Anda bisa tambahkan efek visual. Anda juga bisa melengkapi video dengan music dan mengatur warna dalam video.

Selain warna, kecerahan, saturasi, sampai dengan efek 3D semuanya dapat Anda atur dengan KineMaster. Banyak tema, efek dan music latar belakang yang Anda bisa pilih sesuai keinginan ketika Anda mengedit video menggunakan KineMaster. Selain itu aplikasi KineMaster juga menggunakan drag and drop dalam editing sehingga memudahkan pengguna.

Aplikasi edit video PowerDirector

Aplikasi edit video terbaik PowerDirector merupakan aplikasi yang hadir dengan tampilan yang menggunakan konsep timeline. Dengan PowerDirector Anda bisa dapat dengan mudah menyisipkan efek, video dan stiker dalam dua timeline audio sekalipun. Bersama salah satu aplikasi edit video terbaik ini Anda bisa mengoleksi efek visual gratis dengan kemampuan mengubah kecepatan video sampai memutar balik rekaman. Anda pasti akan dimanjakan bersama PowerDirector.

Aplikasi edit video Quick

Aplikasi edit video Quick merupakan salah satu aplikasi edit video terbaik di android yang bisa membantu Anda untuk menggabungkan foto, video dan music hanya dengan beberapa langkah saja. Ketika Anda tambahkan foto atau video, maka aplikasi ini secara otomatis akan mengeditnya menjadi video pendek.

Terdapat juga fitur sinkronisasi music dengan video secara otomatis dimana Anda bisa dapatkan didalam aplikasi android yang satu ini. Aplikasi Quick juga menghadirkan lebih dari 20 filter yang Anda bisa gunakan. Yang istimewa dari Quick Anda bisa membantu dalam memilih berbagai moment dari foto atau video yang Anda unggah. Dengan demikian membantu Anda ketika melakukan penyortiran koleksi foto dan video di tahap yang paling awal.

 

Apa Itu POS Dan Perannya Dalam Bisnis Resto Dan Ritel

Jika Anda sedang mencari cara untuk membuat sistem order atau transaksi yang lebih efisien, bisa meningkatkan keuntungan perusahaan, dan juga akuntabel, POS bisa jadi solusi yang tepat untuk diberlakukan pada bisnis Anda. Apa itu POS?

POS atau Point of Sale adalah sebuah sistem yang mengombinasikan antara perangkat keras dengan perangkat lunak yang dibangun untuk membuat operasional bisnis lebih terpusat.

Sistem ini akan membantu Anda dalam mengelola transaksi antara konsumen dengan pelayan atau kasir, termasuk ketika transaksi dilakukan secara virtual, dan bisa diterapkan di berbagai macam bidang bisnis seperti bisnis restoran atau ritel.

POS bisa menggantikan sistem kasir tradisional di bisnis Anda dengan berbagai macam fungsi tambahan yang efektif.

Sejarah perkembangan sistem POS

Sebelum sistem transaksi POS dikembangkan, sebagian besar bisnis-bisnis restoran maupun ritel menggunakan sistem kasir tradisional hingga tahun 1992.  POS baru mulai dibuat untuk Microsoft Windows dan akhirnya dikembangkan untuk perangkat-perangkat Android dan Apple pada awal tahun 2000an. Sejak saat itu sistem POS terus dikembangkan termasuk menyelipkan fitur-fitur modern seperti memproses transaksi online, memproses transaksi dengan menggunakan gift card, program loyalitas seperti point rewards, dan sebagainya. Sistem POS sekarang pun juga sudah digunakan bagi pelayan untuk mempermudah memroses pesanan langsung ketika menerima pesanan dari konsumen dengan menggunakan perangkat tablet.

Apa itu POS? Pada awalnya POS hanya terdiri dari perangkat keras dan aplikasi perangkat lunak dengan fitur dan fungsi yang dasar seperti misalnya mengolah transaksi, mencetak struk, dan fungsi dasar kasir lainnya. Namun seiring dengan pengembangannya dan demi membuat bisnis restoran dan ritel berjalan lebih efisien termasuk meningkatkan kepuasan konsumen, sistem kasir online / POS yang modern kini punya fitur yang lebih komplit. POS bisa menghubungkan semua personel yang bertanggung jawab untuk melancarkan operasional bisnis, merekam penjualan secara otomatis, merekam data jam kerja karyawan, hingga merekam data inventaris. Dalam prakteknya, POS modern terbukti bisa meningkatkan pendapatan bisnis, meningkatkan keuntungan, meningkatkan kepuasan pelanggan, mengurangi kesalahan pesanan, mengurangi waktu tunggu, dan sebagainya.

Sistem POS untuk restoran/rumah makan

Sistem POS telah merevolusi industri rumah makan terutama untuk industri fast food maupun restoran dengan pelayanan yang penuh.  Dengan perangkat keras POS touchscreen, pelayan/kasir bisa langsung memasukkan pesanan ke dalam sistem yang akan langsung ditampilkan pada layar di dapur. Sistem ini akan memudahkan staff dapur dalam memroses pesanan dan mengurangi kesalahan dalam pesanan dengan sangat efisien.

Inovasi lainnya dalam sistem POS untuk industri rumah makan adalah versi mobile-nya. Di mana pelayan yang bertugas untuk mengambil pesanan dari meja-meja konsumen bisa langsung memasukkan pesanan konsumen ke dalam sistem melalui perangkat keras portable atau tablet yang sudah terprogram dengan POS.  Pesanan akan langsung masuk ke bagian dapur, tagihan meja juga bisa dengan mudah dibagi oleh konsumen, termasuk untuk tanda tangan pembayaran dengan kartu kredit hingga memberikan tip kepada pelayan.

Keamanan dari penggunaan sistem POS

Lalu bagaimana dengan keamanannya? Perangkat yang menggunakan POS tentunya akan merekam data transaksi dari konsumen termasuk ketika melakukan pembayaran menggunakan cara non tunai. Banyak dari sistem POS yang sudah dibekali dengan data enkripsi end-to-end, sedangkan data yang ditransfer ke cloud server akan dilindungi dengan mentransmisikan semua informasi dan data yang disimpan ke cloud server ke kanal HTTPS yang aman untuk melindungi data dari serangan hacker. Itulah dia yang dimaksud dengan apa itu POS sebagai cara untuk membuat alur operasional bisnis Anda berjalan dengan lebih efisien dan bisa meningkatkan keuntungan.

Referensi:

The Power of Point of Sale, Improving Growth, Profit, and Customer Service in a Retail Business

Aplikasi yang Sudah Terhubung dengan Spotify

Anda pastinya juga sudah tahu betul kan, bahwa layanan streaming musik maupun film saat ini sudah jadi konsumsi bagi banyak pengguna. Beberapa layanan streaming musik seperti, Spotify, Deezer, Soundcloud, dan Apple Music bisa digunakan untuk mendengarkan berbagai koleksi musik dengan cara yang lebih praktis. Musik yang tersedia di aplikasi tersebut pastinya lebih up to date.

Saking populernya penggunaan layanan aplikasi streaming musim tersebut ternyata mampu memicu respon dari berbagai pengembang aplikasi untuk melakukan integrasi layanannya. Dengan menawarkan berbagai macam pengalaman yang berbeda, Anda bisa banget pakai aplikasi Spotify pada berbagai aplikasi. Berikut ini adalah beberapa aplikasi terbaik yang sudah terhubung dengan Spotify. Apa saja?

Ini Aplikasi Terbaik yang Sudah Terhubung dengan Spotify

Instagram

Aplikasi pertama yang sudah terhubung atau terintegrasi dengan Spotify adalah Instagram. Mungkin saja selama ini Spotify sudah memungkinkan Anda untuk langsung bisa berkirim link melalui beberapa aplikasi seperti LINE, WhatsApp, iMessage, maupun Twitter, Anda tak perlu lagi screenshot terlebih dulu tampilan lagu yang Anda dengan untuk kemudian diposting di akun Instagram. Fitur sharing tersebut sudah terhubung dengan instagram agar bisa dibagikan lewat Stories.

Waze

Sebagian dari Anda mungkin sudah ada yang tahu bahwasannya aplikasi Spotify ini ternyata juga bisa dibuka lewat Waze. Syaratnya adalah Anda harus terlebih dulu bermitra dengan Waze, sehingga Anda bisa mengakses aplikasi Spotify dengan menggunakan Waze. Hal tersebut sudah pasti akan semakin memudahkan Anda pada saat ingin mendengarkan musik selama berkendara. Selain itu, untuk berbagai kemudahan akses hiburan ketika sedang berkendara, Anda ternyata juga bisa menyesuaikan penggunaan sebuah aplikasi saja agar perjalananmu lebih aman dan nyaman.

Kami sarankan agar Anda mengaktifkan mode offline pada saat menggunakan aplikasi Spotify di smartphonemu, tujuannya agar Anda bisa mengakses musik favorit secara gratis, alias tanpa kuota. Tetapi untuk bisa terhubung dengan aplikasi Spotify lewat Waze, Anda harus mengatur Spotify pada mode online.

Google Maps

Dengan adanya integrasi ini, berarti semua pengguna Google Maps sekarang sudah bisa dengan mudahnya memutar lagu secara langsung dari aplikasi Google Maps untuk temani waktu santai atau saat berkendara. Dengan demikian, maka Anda tidak perlu membuka aplikasi streaming musik secara terpisah, Anda bisa secara langsung memutar lagu favorit dari Google Maps.

Integrasi ini dimaksudkan agar pengguna bisa lebih berkonsentrasi lagi pada saat berkendara tanpa harus bolak – balik membuka beberapa aplikasi dalam waktu bersamaan.

Google Clock

Pada dasarnya lagu yang ada di aplikasi Spotify ini tidak bisa Anda unduh sebagai file lagu untuk kemudian disimpan di galery musik yang ada di smartphonemu. Makanya Anda perlu mengunduh aplikasi Clock dari Google satu ini agar bisa menggunakan integrasi fiturnya. Aplikasi tersebut mungkin sudah terpasang di beberapa perangkat Android secara default. Tapi bila masih belum, aplikasi ini tersedia untuk Anda unduh lewat Google Playstore.

Buat Anda yang cukup aktif dalam menggunakan aplikasi Spotify, Anda bisa banget mengeksplor berbagai fiturnya lewat integrasi aplikasi di atas. Silakan lakukan saja berbagai hal – hal yang seru di aplikasi Spotify selain pemutaran lagu dari berbagai perangkat yang berbeda lewat Spotify Connect.

Referensi: Spotify Connect