Mulai Pagi Ini Pemudik Bisa Cari Lokasi SPBU Pertamina di Waze

PT Pertamina (Persero) sudah menyiapkan peta titik-titik stasiun pengisian bahan bakar umum | PT Rifan Financindo Berjangka

Rifanfinancindo Berjangka

Selain itu, disiapkan pula sebanyak 20 unit mobil dispenser pengisi bahan bakar di titik khusus dan rawan macet seperti di Tol Cipali, Tol Pejagan-Pemalang hingga Gempol-Pasuruan. Pertamina juga menyiapkan Serambi Pertamax yang menjual bahan bakar Pertamax mulai dari 1 liter, 5 liter hingga 10 liter. “Semuanya tersebar di 63 titik sepanjang tol baik fungsional maupun operasional,” kata Adiatma.

Adiatma menuturkan, Pertamina juga telah menyiapkan sebanyak total 200 motoris pengangkut BBM untuk membantu pemudik yang mengalami kehabisan bahan bakar di tengah jalan. Nantinya, para petugas motoris itu akan dikawal oleh pihak kepolisian guna mendistribusikan BBM jika ada kendaraan yang tiba-tiba kehabisan bahan bakar karena lokasinya jauh dari SPBU.

Adiatma mengatakan untuk mendukung terdistribusinya BBM untuk kebutuhan mudik, Pertamina juga telah menyiagakan sebanyak 6.600 petugas untuk melayani pemudik. Khusus di jalur tol, Adiatma melanjutkan, Pertamina juga menyiapkan 35 SPBU yang akan beoperasi selama 24 jam dari Merak hingga Pasuruan.

Menurut Adiatma, dengan adanya aplikasi ini para pemudik bisa dengan segera mengetahui di mana titik-titik pengisian bahan bakar minyak (BBM) terdekat. Nantinya, setiap akan melewati titik-titik pengisian BBM, pengguna apikasi Waze mendapat pemberitahuan melalui pesan pop up yang muncul.

PT Pertamina (Persero) sudah menyiapkan peta titik-titik stasiun pengisian bahan bakar umum atau SPBU yang bisa diakses secara online bagi pemudik menjelang arus mudik 2018. Vice President Corporate Communication PT Pertamina, Adiatma Sardjito mengatakan peta tersebut akan terhubung langsung dengan aplikasi peta online yakni Waze.

“Jadi mulai besok Jumat pagi, 8 Mei 2018 pukul 07.00 WIB peta SPBU sudah bisa muncul di aplikasi Waze,” kata Adiatma dalam acara buka bersama PT Pertamina dengan wartawan di Hotel Pullman, Jakarta Pusat, Kamis malam, 7 Juni 2018.

Pemerintah Pertimbangkan Usul Subsidi Pertalite dan Pertamax | PT Rifan Financindo Berjangka

Ketika ditanya, apakah itu akan bisa terealisasi pada tahun depan, Djoko pun berharap demikian. “Mudah-mudahan,” ucapnya.

Dia melanjutkan, untuk pembahasan secara internal di Kementerian saat ini memang belum dilakukan. Kendati demikian, usulan itu lebih lanjut akan masuk dalam pertimbangan pemerintah dan ditegaskan bisa jadi opsi ke depannya.

“Itu kan masyarakat enggak mau tahu jenisnya, tapi harganya. Bagus juga itu usulannya, jadi biarkan saja premium dimahalin, jadi enggak ada yang belikan. Jadi belinya yang kualitas bagus. Ini lagi dibahas,” tuturnya.

“Memang yang di raker (DPR) kemarin usulannya DPR bagus, diterima dan sedang dibahas. Jadi someday ya yang akan disubsidi itu BBM kualitas bagus, pertalite atau pertamax,” kata Djoko Siswanto di kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Kamis, 7 Juni 2018.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi, Djoko Siswanto mengatakan, hal itu memang sedang dipertimbangkan oleh pihaknya. Alasannya, dengan pemberian subsidi untuk pertalite dan pertamax akan mempermudah masyarakat membeli BBM dengan kualitas yang lebih bagus.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bakal menindaklanjuti usulan DPR untuk mempertimbangkan alokasi subsidi bahan bakar minyak (BBM) kualitas bagus dengan Research Octane Number (RON) 90 ke atas, seperti Pertalite dan Pertamax.

 

Musim Mudik, Pertamina Jual Premium dalam Kemasan | PT Rifan Financindo Berjangka

Karena penugasan dari pemerintah. Ini dispesifikkan untuk motor. Tapi tren dari tahun lalu mereka tidak pakai Premium, maunya pakai Pertalite,” imbuh dia. Di sisi lain, Adiatma juga memastikan bahwa Pertamina telah menambah jumlah SPBU yang menjual Premium di Jawa, Madura, dan Bali (Jamali) sesuai dengan penugasan dari pemerintah.

“Jadi, kita di Jawa ada tambahan 571 SPBU. Dari 3 ribu sekian SPBU yang ada kan 1.500 jual Premium. Lalu nambah 571. Jadi sekarang ada sekitar 2.000 SPBU lewat nozel,” pungkas Adiatma.

Keputusan itu merupakan yang pertama kali diambil Pertamina mengingat pada musim mudik sebelumnya yang BBM yang dijual dalam kemasan hanya Pertamax dan Dex. “Kalau biasanya itu BBM dalam kemasan yang dijual hanya Pertamax dan Dex. Mudik tahun ini ada Premium dengan kemasan satu liter,” ujar VP Corporate Communication Pertamina Adiatma Sardjito di Jakarta, Kamis (7/6/2018).

( Baca : 200 Motor Pengangkut BBM Tersebar di Jalur Mudik Jateng-DIY )

Pemasaran Premiun dalam kemasan tersebut juga tak terlepas dari penugasan yang diberikan pemerintah ke Pertamina. Adapun stok BBM Premium dalam kemasan yang disediakan Pertamina selama musim mudik Lebaran 2018 adalah sebesar 2 kiloliter.

PT Pertamina (Persero) memutuskan menjual bahan bakar minyak (BBM) jenis Premium dalam kemasan selama musim mudik Lebaran 2018.

Rifanfinancindo Berjangka

 

Tol Fungsional Brebes Timur-Semarang Dibuka Jumat

Jalan tol fungsional Brebes Timur-Semarang bisa menjadi jalur alternatif bagi pemudik | PT Rifan Financindo Berjangka

 

PT Rifan Financindo Berjangka
Selama penyelesaian pembangunan jembatan, kendaraan akan diarahkan keluar Gringsing sejauh 500 meter untuk melintasi Kali Kuto dan masuk kembali ke tol menuju gerbang tol keluar di Krapyak (Semarang). Arus balik melalui Jembatan Kali Kuto akan lebih lancar karena pembangunan sudah selesai dan jembatan bisa dilalui.

Ada pun jalan tol Brebes Timur sampai Semarang tidak akan dibuka hingga malam hari karena sifatnya yang fungsional dan menyesuaikan kepadatan di Jalur Pantura. “Tergantung situasinya. Kalau padat betul pasti dikawal, kalau tidak ya ditutup lewat Pantura. Makanya rekayasa lalu lintas tergantung Korlantas,” kata dia.

Basuki menambahkan kondisi jalan tol Batang-Semarang saat ini memang masih berdebu dan banyak kerikil, namun saat akan dilalui pemudik, jalan akan dibersihkan.

Dalam kesempatan yang sama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengatakan titik kritis pada ruas Tol Batang-Semarang berada pada lokasi pembangunan Jembatan Kali Kuto. Jembatan Kali Kuto ditargetkan baru bisa dilalui pada H-2 Lebaran.

“Jembatan Kali Kuto ini merupakan titik rawan pertama. Setelah ini baru dipasang girdernya di bawah untuk bisa memasang lantai jembatannya. Kami optimistis H-2 bisa dilewati,” kata Basuki.

Kami rembukkan dengan Menteri PUPR, Kakorlantas, Kapolda, kami akan buka fungsional pada Jumat jam 6 pagi,” kata Menteri Budi Karya pada kunjungan kerja meninjau Tol Batang-Semarang, Selasa (5/6).

Budi Karya menjelaskan puncak arus mudik diperkirakan terjadi pada 8 Juni (H-7) dan 9 Juni (H-6) mendatang. Oleh karenanya, jalan tol fungsional sepanjang 150 kilometer tersebut diharapkan dapat menjadi alternatif bagi pemudik yang menuju ke Semarang, selain melewati jalur Pantura.

Pemudik yang melalui tol fungsional dari Pejagan-Pemalang, Pemalang-Batang, dan Batang-Semarang, ini nantinya tidak dikenakan tarif. Ada pun kondisi jalan tol fungsional terdiri dari 132 kilometer lapisan beton (rigid) dan 18 km berupa aspal.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyatakan jalan tol fungsional dari Brebes Timur hingga Semarang mulai dibuka pada Jumat (8/6) pagi. Ruas tol fungsional ini juga siap dilewati untuk arus mudik Lebaran 2018.

Cegah Macet Saat Mudik, Exit Tol Krapyak Semarang Ditutup| PT Rifan Financindo Berjangka

Sebelumnya, PT Jasa Marga akan melakukan rekayasa lalu lintas khusus digerbang tol Manyaran yang menjadi titik bertemunya kendaraan dari tol fungsional Batang-Semarang. Salah satunyadengan menambah kapasitas gerbang tol (GT) menjadi 12 GT.

Rekayasa lainnya adalah dengan menetapkan lawan arus atau contraflow pada jalur dari Semarang menuju Jakarta. Contraflow dimungkinkan dilakukan sejak simpang susun Krapyak hingga GT Manyaran.

Jadi itu mengurangi traffic ke Jrakah dan Krapyak. Sekali lagi untuk exit tol Krapyak kami tutup, bagi yang ingin ke Kota Semarang kami arahkan melalui exit Tol Gayamsari, ” katanya.

Akibat penutupan tol Krapyak, kendaraan pemudik yang hendak menuju ke dalam Kota Semarang bisa keluar via Exit Tol Gayamsari. Menurut Hendrar, penutupan exit tol Krapyak diprediksi membantu arus lalu lintas di jalan Pantura Semarang ke arah Jakarta, maupun masuk ke dalam kota.

“Pak Kapolrestabes (Semarang) sudah sampaikan ke pengelola tol Jasa Marga agar exit tol Krapyak tidak dibuka (saat arus mudik), ” kata Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi usai meninjau kesiapan jalur tol Semarang, Rabu, 6 Juni 2018.

Penutupan itu dilakukan setelah Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi meninjau langsung tol Jrakah-Ngaliyan, bersama Kapolrestabes Semarang Komisaris Besar Abiyoso Seno Aji seta Forkominda terkait.

Fokus utama jalur tol fungsional di Kota Semarang, Jawa Tengah adalah potensi kemacetan panjang di exit tol Krapyak. Lantaran itu, kepolisian akhirnya menutup exit tol yang menjadi titik temu pemudik tol fungsional dan jalur Pantura tersebut.

 Jalan Tol Fungsional Pemalang-Batang Dibuka 8 Juni 2018 |PT Rifan Financindo Berjangka

Oleh karena itu, lanjut dia, di sepanjang jalan tol fungsional ini sudah disiapkan sejumlah tempat beristirahat.

Ia meminta pemudik selalu menjaga konsentrasi dalam berkendara. Untuk membantu pengendara, telah disiagakan petugas kepolisian di tiap lima kilometer.

Ia menjelaskan, kendaraan yang melintas di jalur tol fungsional ini dibatasi hanya 60 kilometer per jam. Hal tersebut melihat kondisi tol fungsional yang belum sepenuhnya selesai.

( Baca : Begini Rekayasanya Jika Pemudik Menumpuk di Tol Salatiga-Kartasura )

Menurut dia, Jawa Tengah merupakan titik pengemudi mengalami kelelahan saat mudik Lebaran berdasarkan evaluasi penyelenggaraan mudik Lebaran 2017.

Condro Kirono menyatakan jalan tol fungsional ini hanya diperuntukkan bagi kendaraan kecil. “Untuk bus dan truk tetap harus lewat jalur konvensional,” katanya.

Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Condro Kirono mengatakan jalan Tol Pemalang-Batang-Semarang dan Salatiga-Kartasura akan beroperasi secara fungsional saat arus mudik Lebaran, tepatnya mulai Jumat, 8 Juni 2018.

“Sesuai kesepakatan dengan Menteri PUPR akan dibuka mulai 8 Juni,” katanya di Semarang, Rabu, 6 Juni 2018.
PT Rifan Financindo Berjangka

Kala Jokowi Bandingkan Bandara Baru Ahmad Yani dengan Kertajati

(Jokowi) menyebut terminal baru Bandara Ahmad Yani Semarang memiliki desain bagus | PT Rifan Financindo Berjangka

 PT Rifan Financindo Berjangka

Dia menambahkan, Bandara Ahmad Yani saat ini bisa menampung 6,5 juta penumpang per tahun. Jumlah tersebut jauh lebih tinggi dari bandara lama yang hanya berkapasitas 800.000 penumpang per tahun. Selain itu, kapasitas kargo juga ditambah dari 10.000 ton per tahun menjadi 16.000 ton per tahun.

“Bandara ini awalnya merupakan merupakan pangkalan udara tentara kemudian berkembang menjadi penerbangan sipil domestik. Kemudian menjadi bandara internasional. Dulu kapasitasnya hanya 800.000 penumpang per tahun yang sekarang meloncat menjadi 6,5 juta penumpang per tahun lompatannya hampir delapan kali,” tandasnya.

Mantan Wali Kota Solo itu juga memberikan banyak pujian terhadap terminal baru yang mulai beroperasi sejak Rabu 6 Juni tersebut. Meski tak pernah ditinjaunya selama proses pembangunan, namun bangunan tersebut selesai sebelum batas waktu yang ditentukan dengan hasil memuaskan.

“Yang menyebabkan kaget adalah saat itu target selesainya adalah Desember ini. Tapi kita lihat sekarang ini telah selesai dan bisa digunakan (beroperasi). Alhamdulillah,” ujarnya yang kembali disambut gemuruh tepuk tangan.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut terminal baru Bandara Ahmad Yani Semarang memiliki desain bagus dengan konsep bangunan yang ramah lingkungan. Terminal baru itu berdiri di atas lahan seluas 58.000 meter persegi yang di kelilingi rawa.

“Saya tadi barusan terbang dari Bandara Kertajati di Jawa Barat. Kalau dibandingkan dengan sini (Bandara Ahmad Yani) ya sama-sama bagus, tapi lingkungannya lebih cantik di sini,” kata Jokowi yang disambut tepuk tangan ratusan audiens, Kamis (7/6/2018).

 

Presiden Jokowi Resmikan Terminal Baru Bandara Ahmad Yani Sore Ini | PT Rifan Financindo Berjangka

Bangunan terminal baru Bandara Ahmad Yani memiliki luas 58.652 meter persegi, serta apron baru yang mampu menampung 12 pesawat. Selain itu, terminal ini dilengkapi dengan 30 konter check-in, 8 eskalator, 8 elevator, 2 travelator, serta 3 buah garbarata. Tersedia pula gedung parkir yang mampu menampung 1.200 kendaraan.

Dengan seluruh fasilitas tersebut, maka pengguna jasa bandara akan semakin nyaman berada di bandara. Potensi pertumbuhan penumpang sebesar 10 persen tiap tahunnya juga dapat diakomodir oleh keberadaan terminal dan infrastruktur baru Bandara Ahmad Yani, yang diposisikan sebagai bandara bisnis dan industri.

“Selain itu, pengoperasian terminal baru ini juga merupakan bentuk kontribusi kami merespons perkembangan perekonomian daerah, Semarang khususnya dan Jawa Tengah pada umunnya,” imbuh Faik Fahmi.

Pada momen mudik lebaran tahun ini, masyarakat sudah bisa menikmati fasilitas serba modern dan mutakhir di terminal baru Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang. Terminal ini memiliki luas hampir sembilan kali lipat dari luas terminal lama, dan bisa menampung 6,9 juta penumpang per tahun,” kata Faik, Kamis (7/6/2018).

Desain bandara mengadopsi konsep eco-airport dengan sebagian besar bangunan berdiri di atas air. Dengan segala kelebihan dan keunikan tersebut, maka bandara ini layak menjadi ikon baru dan kebanggaan masyarakat Semarang dan Jawa Tengah.

Menurut Faik, hadirnya terminal baru ini merupakan wujud komitmen Angkasa Pura I kepada pengguna jasa bandara serta masyarakat Semarang dan Jawa Tengah untuk meningkatkan tingkat layanan kebandarudaraan dengan mengutamakan kenyamanan tanpa mengesampingkan aspek keselamatan dan keamanan.

Beroperasinya terminal baru yang dibangun dengan investasi Rp2,075 triliun ini sekaligus menjawab permasalahan lack of capacity yang telah berlangsung beberapa tahun terakhir di bandara ini.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan meresmikan terminal baru Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang Jawa Tengah. Terminal baru dengan bangunan megah tersebut telah beroperasi sejak Rabu 6 Juni.

Direktur Utama PT Angkasa Pura I, Faik Fahmi, mengatakan terminal baru itu menempati lahan sangat luas dengan sejumlah fasilitas modern. Dia juga mengatakan telah melalukan serangkaian persiapan untuk acara peresmian oleh Presiden Jokowi.

 

Jokowi Sedih saat Resmikan Terminal Baru Bandara Semarang, Simak Ceritanya | PT Rifan Financindo Berjangka

Setelah selesai dibangun, Terminal Baru Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang yang mempunyai tiga lantai ini akan mampu menampung sebanyak 7 juta penumpang per tahun atau 19 ribu penumpang setiap harinya, sedangkan kapasitas terminal lama hanya 800 ribu penumpang per tahun.

Selain terdapat 30 unit counter check in untuk mempercepat pelayanan kepada penumpang maskapai penerbangan, Terminal Baru Bandara Internasional Ahmad Yani juga dilengkapi tiga unit garbarata. Luasan apron baru mencapai 72.522 meter persegi yang dapat menampung 13 pesawat narrow body atau konfigurasi sepuluh pesawat narrow body dan dua pesawat wide body kargo.

Proyek pengembangan Bandara Internasional Ahmad Yani terdiri dari lima paket yakni Paket 1 pekerjaan lahan dan jalan akses sudah selesai 100 persen, Paket 2 pekerjaan apron dan taxiway juga sudah 100 persen, Paket 3 pekerjaan pembangunan terminal akan selesai November 2018, sedangkan Paket 4, yakni bangunan penunjang dan lansekap, serta Paket 5 pekerjaan water management akan selesai pada 2019.

Terminal Baru Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang dibangun oleh PT Angkasa Pura I (Persero) dengan nilai investasi sebesar Rp2,2 triliun dan merupakan bandara di atas air (floating) yang pertama di Indonesia.

Terminal Baru Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang memiliki luas area 58.652 meter persegi atau hampir sembilan kali lebih besar dibanding luasan terminal bandara lama yang hanya 6.708 meter persegi.

( Baca : Jokowi kaget dengan hasil pembangunan Bandara Ahmad Yani )

Menurut dia, hadirnya terminal baru ini merupakan wujud komitmen PT Angkasa Pura I kepada penguna jasa bandara serta masyarakat Provinsi Jawa Tengah untuk meningkatkan tingkat layanan kebandarudaraan dengan mengutamakan kenyamanan tanpa mengesampingkan aspek keselamatan dan keamanan.

“Selain itu, pengoperasian terminal baru ini juga merupakan bentuk kontribusi kami merespon perkembangan perekonomian daerah, Semarang khususnya dan Jawa Tengah pada umunnya,” katanya.

Pengembangan Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang termasuk dalam Proyek Strategis Nasional yang tertuang dalam Peraturan Presiden No. 58 Tahun 2017 tentang Percepatan Proyek Strategis Nasional (PSN).

Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi mengatakan, bahwa beroperasinya terminal baru ini untuk menjawab permasalahan lack of capacity yang telah berlangsung beberapa tahun terakhir di Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang.

Kendati demikian, Presiden Jokowi memerintahkan secara khusus Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi terkait dengan penambahan panjang landasan Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang menjadi 3.000 meter.

“Landasannya masih kurang panjang, saya minta akhir tahun depan sudah 3.000 meter, tidak seperti sekarang yang hanya 2.500 meter,” kata Presiden.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam sambutannya mengaku bangga dengan Terminal Baru Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang yang merupakan karya anak bangsa. “Bandara ini membanggakan karena merupakan karya anak bangsa, masyarakat Jateng mendapat hadiah dari Bapak Presiden,” ujarnya.

Saat memberikan pidato sambutan, Presiden Jokowi mengungkapkan kesedihan dan keprihatinannya melihat kondisi terminal lama Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang.

“Empat tahun lalu, terakhir saya gunakan terminal lama, saya masuk sedih gitu. Katanya ini bandara internasional tapi kok terminalnya seperti ini, berdesak-desakan, bangunannya juga kumuh banget, bertahun-tahun tidak dibangun,” kata Presiden, Kamis (7/6/2018).

Melihat kondisi Bandara tersebut, dua tahun yang lalu Presiden Jokowi memerintahkan Menteri BUMN dan PT Angkasa Pura 1 agar membenahi Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang.

“Alhamdulillah sekarang sudah selesai dan bisa digunakan, saya tidak mengecek, tahu-tahu jadi, arsitekturnya bagus, lingkungan cantik, arus lalu lintas keluar masuk bandara bagus,” ujar Presiden.

Presiden Jokowi yang mengenakan kemeja putih lengan panjang tiba di Terminal Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang pada pukul 16.00 WIB.

Tampak hadir mendampingi Presiden Jokowi dalam acara tersebut, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini Soemarno, Pelaksana Tugas Gubernur Jawa Tengah Heru Sudjatmoko.

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo meresmikan pengoperasian Terminal Baru Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang, Jawa Tengah, Kamis petang.

Dalam kunjungan kerja di Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah hari ini, Presiden yang didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo juga meresmikan Gedung Menara Pengawas Airnav Indonesia Semarang.

PT Rifan Financindo Berjangka

Gandeng TNI dan Polri, Buwas Jual Sembako Murah di 17 Titik

Perum Bulog menjual sembako murah di 17 titik di Jabodetabek | PT Rifan Financindo Berjangka

 PT Rifan Financindo Berjangka

Sementara itu, harga komoditi pangan yang dijual dalam kegiatan ini, yakni Beras KITA Premium 5 Kg dengan harga Rp 59.000 hingga Rp 61.000, Beras KITA Medium 5 Kg harga Rp 43.000 hingga Rp 45.000, Gula Manis KITA 1 Kg Rp 11.500 hingga Rp 12.500, Minyak Goreng KITA 1 Ltr Rp 12.000, Terigu KITA 1 Kg Rp 7.400, daging sapi 1 Kg Rp 80.000, daging kerbau 1 Kg Rp 70.000 hingga Rp 80.000 dan daging ayam Rp 31.000 hingga Rp 32.000/ekor.

“Giat ini sudah dilakukan sejak hari Senin tanggal 4 Juni 2018 dan direncanakan hingga tanggal 8 Juni 2018, dan dapat diperpanjang bila diperlukan,” katanya di Gudang Drive DKI Jakarta, Jakarta, Rabu (7/6/2018).

Nantinya, bakal ada 9 bahan pokok yang dijual di antaranya beras, daging kerbau, daging sapi beku, daging ayam, gula, minyak, dan tepung terigu.

“Komoditi beras, gula, minyak, tepung terigu dan daging kerbau kami sediakan dengan brand KITA milik BULOG dengan kualitas terbaik,” sambungnya.

Perum Bulog menjual sembako murah di 17 titik di Jabodetabek. Dalam kegiatan ini, Bulog bekerja sama dengan polisi dan Tentara Negara Indonesia (TNI).

Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso (Buwas) mengatakan ada sebanyak 17 titik di Jabodetabek yang disasar oleh kantor polisi dan kantor TNI. Misalnya, kelurahan, pasar, rumah susun dan ruang publik lainnya.

Ia menjelaskan pada dasarnya kegiatan ini telah dilaksanakan sejak tanggal 4 Juni kemarin dan akan terus digiatkan hingga tanggal 8 Juni 2018.

 

Ini Penampakan Beras Renceng yang Bakal Dijual Bulog | PT Rifan Financindo Berjangka

Direktur Komersial Bulog, Tri Wahyudi Saleh menyatakan, jika beras tersebut diproduksi bukan hanya untuk Lebaran saja. Namun memang ide membuat produk beras sachet ini baru muncul sebelum Ramadan.

“Terus (diproduksi dan dijual). Kebetulan ide ini baru muncul menjelang puasa,” ujar dia ujar di di ‎Gudang Bulog Divisi Regional (Divre) DKI Jakarta dan Banten, Rabu (6/6/2018).

Menurut Tri, saat ini masing-masing Divisi Regional Bulog tengah memproduksi produk pangan ini. Rencananya lebih dari 100 ton akan diproduksi di tahap awal.

“100 ton lebih. Segera mungkin (dipasarkan), sudah selesai langsung kita distribusikan,” tandas dia.

Sejumlah tulisan terdapat pada bagian depan kemasan, seperti bagian paling atas tertulis BUMN Hadir untuk Negeri. Kemudian ada juga tulisan Kini Hadir dalam Kemasan Sachet.

Kemudian di bagian bawah tertulis Diproduksi/Dikemas oleh Perum Bulog serta ada keterangan mengenai berat per sachet yaitu Berat Bersih: 200 gr.‎

Sementara untuk bagian belakang kemasan berwana orange yang dilengkapi dengan keterangan terkait produk tersebut.

Perum Bulog siap menjual produk terbarunya, beras premium dalam kemasan renceng atau sachet. Lantas seperti apa bentuk kemasan dari produk tersebut?

Dari foto yang diterima Liputan6.com, Rabu (6/6/2018), beras dengan merek BerasKita Premium tersebut dikemas dalam plastik berwarna kuning dan orange, serta akses transparan ditengahnya yang memungkinkan pembeli melihat beras di dalamnya.

 

Jual Beras Renceng di Warung, Bulog Tak Ambil Untung | PT Rifan Financindo Berjangka

Enggak (menutupi biaya produksi). Kita enggak bicara bisnis. 50:50, zero enggak apa-apa (zero profit),. Yang penting ketersediaan beras di mana-mana,” ujar Buwas di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (5/6/2018).

Selain itu, dia juga mempersilakan pihak swasta jika ingin memproduksi dan menjual beras dalam kemasan renceng ini. Karena tujuan dari produk ini bukan semata mencari keuntungan, tetapi menyediakan beras yang berkualitas bagus dengan harga terjangkau.‎

“(Swasta) Oh silakan aja. Enggak apa-apa. Itu kan tujuannya bukan bisnis, tapi bagaimana beras sebagai bahan pokok ada di mana-mana. Enggak ada lagi kelangkaan beras. Enggak takut enggak makan nasi,” kata Buwas.

( Baca : Bulog Luncurkan Beras Premium Kemasan 200 gram, Harganya Rp 2.500 )

 

Hal tersebut membuat penjualan produk ini tidak akan memberikan keuntungan bagi Bulog, bahkan hampir tidak menutupi biaya produksinya.‎

Perum Bulog akan menjual beras dalam kemasan sachet atau beras renceng. Dalam menjual beras ini, perusahaan pelat merah tersebut mengaku tidak mendapatkan untung.

Direktur Utama Perum Bulog, Budi Waseso atau yang akrab disapa Buwas mengatakan, beras yang dijual kemasan dalam sachet tersebut merupakan jenis premium. Sedangkan per sachet dibanderol dengan harga Rp 2.500.
PT Rifan Financindo Berjangka

PT KAI Palembang siapkan 59 ribu tiket mudik, 42 ribu terjual

PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) Divre III Palembang menyiapkan 59.444 tiket untuk mudik lebaran | PT Rifan Financindo Berjangka

 

PT Rifan Financindo Berjangka
Kami pastikan semua calon penumpang terlayani, terangkut semua, tidak ada yang kecewa karena tiket habis,” ujarnya.

Dikatakannya, jumlah pemudik yang menggunakan kereta api saat mudik semakin meningkat dari tahun ke tahun. Hal ini seiring pelayanan kereta terus membaik, baik ketepatan waktu berangkat dan tiba, tidak ada lagi gangguan di jalur kereta batubara yang membuat penumpang menunggu.

“Kereta api sekarang jadi transportasi favorit buat kemana pun, termasuk mudik lebaran. Semakin banyak pengguna kereta api,” pungkasnya.

“Total ada 59 ribu lebih tiket atau tempat duduk yang disiapkan, saat ini sudah terjual 42 ribu, semua kelas dan jurusan dari Palembang,” ungkap Herley, Rabu (6/6).

Menurut dia, lonjakan penumpang diperkirakan akan terjadi mulai H-3 hingga H+3 lebaran. Agar semua penumpang terlayani, pihaknya menyiapkan gerbong tambahan di setiap rute pada tanggal ganjil.

Kepala PT KAI Divre III Palembang Herly Hendy mengungkapkan, total tempat duduk yang disiapkan tersebut untuk semua kelas pada jurusan Kertapati (Palembang)-Tanjung Karang (Lampung) dan Kertapati-Lubuklinggau. Dari seluruh tiket yang disediakan, pihaknya memperkirakan 51 tiket terjual habis.

PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) Divre III Palembang menyiapkan 59.444 tiket untuk mudik lebaran tahun ini. Sebanyak 42 ribu diantaranya terjual atau persentasenya sudah 81 persen.

Antisipasi Lonjakan Pemudik Lebaran, 393 Kereta Api Disiapkan | PT Rifan Financindo Berjangka

“Tahun ini, pertumbuhan penumpang akan meningkat sebesar 3 persen, memang peningkatan yang terjadi tidak signifikan. Namun, bila dilihat dari jumlah penumpangnya diperkirakan akan melayani 4,5 juta penumpang dan ini suatu jumlah yang banyak. Saya sempat berbincang dengan penumpang, alhamdulillah penumpang memberi respon yang baik terhadap sevis dari kereta api dan kepercayaan ini harus terus dijaga dengan baik,” ungkap Menhub.

Lebih lanjut, Menhub menguraikan telah melakukan berbagai upaya untuk mewujudkan mudik yang aman diantaranya melakukan rampcheck kereta api, mendirikan beberapa posko diberbagai lokasi terutama di daerah yang rawan longsor, dan adanya kerja sama yang erat dengan TNI dan Polri.

“Kami juga telah melakukan rampcheck terhadap keseluruhan prasarana dan sarana perkeretaapian, juga mendirikan Posko Angkutan Lebaran baik Posko Tingkat Nasional di Kementerian Perhubungan dan Posko Angkutan Lebaran di daerah, termasuk Posko di Pusat Pengendalian Operasi Kereta Api (Pudalopka) di lingkungan PT. KAI. Tak lupa, untuk memaksimalkan keamanan kita juga telah melakukan kerja sama yang erat dengan TNI dan Polri,” jelas Menhub.

Demi mendukung penyelenggaran Angkutan Lebaran untuk moda kereta api tahun 2018, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi telah menyiapkan 393 kereta api baik kereta reguler maupun tambahan. Hal ini untuk mengantisipasi pemudik yang melonjak.

“Kereta api adalah angkutan yang paling diminati oleh masyarakat. PT. Kereta Api Indonesia (KAI) bersama Direktorat Jenderal Perkeretaapian sudah menyelesaikan persiapan dengan baik. Kami telah menyiapkan 393 kereta api baik kereta reguler maupun tambahan,” ujar Menhub lewat keterangan resmi di Jakarta, Rabu (6/6/2018).

Menhub menjelaskan bahwa ini merupakan upaya Pemerintah dalam hal ini Kementerian Perhubungan untuk memberikan level of service yang baik bagi masyarakat. Dimana, pertumbuhan penumpang pada tahun ini meningkat sebesar 3 persen.
( Baca : Ini Kereta Tambahan Lebaran di KAI Daop 5 Purwokerto )

 

Puncak Arus Mudik via Kereta Api H-2 dan H+5 | PT Rifan Financindo Berjangka

“Bekerjalah sesuai SOP dan penuh keikhlasan dalam melayani para pengguna jasa layanan kereta api,” pintanya. Maka itu, guna menyuseskan masa angkutan lebaran 2018, seluruh jajaran pegawai PT KAI tidak diperbolehkan mengambil cuti selama masa angkutan.

Guna memberikan rasa aman bagi para pemudik, pihak PT KAI Daop 4 Semarang akan mengerahkan tenaga keamanan dengan jumlah total sebanyak 574 personel. Terdiri dari tenaga keamanan organik KAI sebanyak 106 personel dan tenaga keamanan non organik KAI sebanyak 468 personel.

“Yang menjadi fokus pantauan di antaranya keamanan di dalam stasiun, keamanan di atas kereta api, keamanan di sepanjang jalur kereta api, dan keamanan aset vital yang terkait dengan operasional perjalanan kereta api,” sebut Dwi.

Menurut dia, selama operasi Lebaran, pihaknya mengoperasikan 118 perjalanan kereta api. Yaitu 10 KA jarak menengah atau jauh dengan kapasitas tempat duduk 5.758 penumpang per hari. Kemudian, 40 KA jarak jauh atau menengah dengan kapasitas tempat duduk 21.136 penumpang per hari; serta 9 KA jarak lokal dengan kapasitas tempat duduk 8.924 penumpang per hari.

Sementara, Executive Vice President Dwi Erni Ratnawati berharap agar pelaksanaan angkutan Lebaran di bidang transportasi kereta api harus lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Dia menyebutkan, keselamatan, keamanan, ketepatan waktu, dan pelayanan yang prima merupakan empat faktor yang menjadi fokus setiap petugas posko agar bisa terlaksana dengan baik.

PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 4 Semarang memprediksi puncak arus mudik untuk angkutan Lebaran bakal terjadi pada 13 Juni atau H-2 Lebaran.

Sebanyak 21.192 penumpang akan menaiki kereta api (KA) di hari itu menuju sejumlah wilayah. Sedangkan untuk puncak arus balik diprediksi terjadi pada 21 Juni atau H+5 dengan estimasi 27.416 orang akan kembali ke Semarang.

Manager Humas PT KAI Daop 4 Semarang, Suprapto mengungkapkan, masa angkutan lebaran melalui transportasi KA mulai 5 Juni sampai 26 Juni 2018 atau H+10 Lebaran. “Jumlah pengguna jasa layanan kereta api di wilayah Daop 4 Semarang mencapai 464.923 orang atau naik sebesar 4,6% dibandingkan 2017 sebanyak 444.646 orang,” sebut Suprapto, seusai gelar pasukan posko lebaran di Stasiun Tawang Semarang, Selasa 5 Juni 2018.

 

PT Rifan Financindo Berjangka

 

Jasa Marga Tambah CCTV hingga Mobile Reader di Jalur Mudik

PT Jasa Marga (Persero) menyiapkan sejumlah fasilitas tambahan untuk kelancaran pada arus mudik 2018 | PT Rifan Financindo Berjangka

PT Rifan Financindo Berjangka

Sedangkan untuk rest area, untuk tahun ini Jasa Marga menyiapkan 67 di ruas-ruas yang dikelolanya. Rest area tersebut terdiri dari rest area tipe A dengan layanan yang lengkap, hingga rest area untuk parking bay. Rest arena juga disediakan di jalan tol dengan status fungsional.

“Di Jakarta-Cikampek, selain tempat istirahat besar ada juga yang kecil. Pada ruas fungsional yang Batang-Semarang, kita juga siapkan 8, ada 4 rest area, dan 4 tambahan untuk kepentingan pengguna jalan di jalur fungsional, kemudian Semarang-Solo kita siapkan 4, 1 sudah operasi, kemudian 3 sediakan dengan fasilitas minimum. Ngawi-Kertosono juga ada 4 kita siapkan, Gempol-Pasuruan juga ada,” tuturnya.

Tak hanya itu, Jasa Marga juga bekerja sama dengan pihak perbankan untuk menambah layanan top up atau isi ulang uang elektronik di 43 titik. Layanan gerak dari perbankan juga ditambah di 24 titik rest area ruas tol yang dikelola Jasa Marga.

“Kemudian di samping itu bagi pengguna jalan, first time user, kita di seluruh jalan tol juga bekerja sama dengan bank penjualan kartu tol. Tapi kita berharap pengguna jalan menyiapkan lebih awal agar kelancaran di gerbang bisa terjaga,” jelasnya.
Selain itu, kata Sofyan, dengan penerapan transaksi 100% non tunai di seluruh ruas tol, Jasa Marga juga menambah layanan mobile reader di ruas jalan tol yang dikelolanya untuk memperlancar arus kendaraan di gerbang tol.

“Mobile reader ini kita siapkan 25 unit di Jakarta, 4 unit Semarang, 3 di Banyumanik, ini lokasi GT yang kita prediksi kepadatannya cukup tinggi, terutama Cikarang Utama, Semarang, Banyumanik, lalu Purbaleunyi tersebar 18 unit, 35 dalam kota, khususnya di arah menuju Cengkareng,” tuturnya.

Direktur Operasi I Jasa Marga Mohammad Sofyan mengatakan penambahan fasilitas mudik tahun ini lantaran jumlah ruas tol yang dioperasikan perseroan lebih panjang dibanding tahun lalu. Tambahan fasilitas di jalan tol ini untuk memperkuat layanan mudik menjadi lebih lancar.

“Untuk mudik ini kita menambah beberapa fasilitas, contoh Variable Message Sign (VMS) itu kita tambah 14 unit, tahun kemarin 106, sekarang jadi 120 unit. Kemudian CCTV juga kita tambah 14 unit, selain itu layanan jalan tol seperti rescue kita tambah 17 dan lainnya,” kata Sofyan di kantor pusat Jasa Marga, Jakarta, Rabu (6/6/2018).

PT Jasa Marga (Persero) menyiapkan sejumlah fasilitas tambahan untuk kelancaran pada arus mudik 2018. Fasilitas tambahan tersebut mulai dari kamera CCTV hingga mobile reader di gerbang tol (GT).

 

Begini Strategi Jasa Marga Antisipasi Antrean di Rest Area | PT Rifan Financindo Berjangka

“Jadi ke rest area itu memang hanya pada kondisi yang sangat dibutuhkan,” imbuhnya.

Antrean lain juga terjadi di toilet, khususnya di toilet perempuan. Untuk mengantisipasi hal ini, Jasa Marga menambah kapasitas toilet di beberapa rest area.

“Kalau toilet yang pria relatif cukup, ya. Yang wanita kita tambah di beberapa titik. Kita ingin meningkatkan kapasitasnya,” lanjutnya.

Pemudik juga diimbau membawa perbekalan makanan yang cukup sehingga tidak perlu mencari makan di rest area. Terakhir, pemudik diimbau tidak berlama-lama di rest area agar memberi kesempatan kepada pengguna tol yang lain.

Jasa Marga berkoordinasi dengan pihak Pertamina untuk ketersediaan BBM di rest area. Sementara itu, pemudik diimbau mengisi full bahan bakar kendaraan sebelum berangkat mudik.

Berdasarkan kepentingan ini, kita mencoba melakukan pengaturan kepentingan di dalam. Kita coba melakukan pengaturan lalu lintas di dalam,” katanya.

Jasa Marga menyiapkan jalur khusus bagi pengguna jalan yang memiliki tiga kepentingan tersebut.

“Pertama, ada jalur khusus yang ke SPBU, jadi untuk yang istirahat dan makan menggunakan jalur lain, sehingga orang yang mau ke SPBU tidak perlu mengantre. Waktunya bisa lebih cepat,” katanya.
Pihak Jasa Marga juga mengelompokkan pengguna kendaraan di rest area. Dengan adanya pengaturan ini, diharapkan antrean di rest area bisa teratasi.

“Ada tiga keperluan yang bisa kita kategorikan orang untuk ke rest area. Pertama untuk keperluan ke toilet, kedua memang untuk istirahat dan makan, ketiga untuk (mengisi bensin di) SPBU,” terangnya.

Salah satu rekayasa yang disiapkan untuk mengantisipasi hal tersebut adalah memberlakukan contra flow dan sistem buka-tutup di rest area. Jasa Marga menginstruksikan pengelola benar-benar mengoptimalkan fungsi lahan parkir.

“Kita instruksikan (pengelola) rest area untuk tidak menggunakan lahan parkir untuk menambah fasilitas sementara untuk komersial. Kita minta tenant-tenant itu ditiadakan, sehingga fasilitas parkir yang ada betul-betul melayani pengguna jalan,” terangnya.

Lalu lintas kendaraan di Tol Jakarta-Cikampek per jam mencapai 6.000 kendaraan. Sedangkan parking bay yang ada hanya memuat 1.700 kendaraan.

“Kalau kita hitung kapasitas yang ada, parking bay-nya itu 1.700 kendaraan. Jadi ada 6.000 dikurangi 1.700 yang antre, bagaimana kita antisipasi hal ini?” katanya.

Jasa Marga mengantisipasi antrean di rest area yang kerap mengakibatkan kemacetan di ruas Tol Jakarta-Cikampek. Jasa Marga menyiapkan rekayasa di rest area untuk mengantisipasi kemacetan tersebut.

“Yang perlu belajar dari pengalaman adalah rest area. Rest area menjadi salah satu titik yang menghambat pergerakan lalu lintas,” kata Direktur Operasional 1 PT Jasa Marga Mohammad Sofyan di kantornya di kawasan TMII, Jakarta Timur, Rabu (6/6/2018).

( Baca : Proyek di Tol Jakarta-Cikampek Disetop Mulai H-10 Lebaran )

 

Puncak Arus Mudik di Jalan Tol Cikampek Diperkirakan Sabtu Ini | PT Rifan Financindo Berjangka

Menurut dia, semua potensi kepadatan bakal terjadi di Jalan Tol Jakarta-Cikampek. Namun pengelola jalan itu telah melakukan berbagai antisipasi, seperti buka-tutup rest area, rekayasa lalu lintas, dan contra flow melalui diskresi dari kepolisian. “Hari ini, kami gelar pasukan gabungan sebagai persiapan menghadapi mudik,” ujarnya.

Ia menuturkan diberhentikannya tiga proyek strategis nasional, di antaranya Jalan Tol Jakarta-Cikampek 2 Elevated, light rail transit (LRT), dan kereta cepat Jakarta-Bandung, diharapkan mampu meminimalkan kepadatan di Jalan Tol Jakarta-Cikampek selama arus mudik Lebaran berlangsung. “Diberhentikannya mulai H-10,” katanya.

Raddy berujar, lalu lintas normal pada hari itu hanya sekitar 70 ribu kendaraan. Namun, karena menjadi puncak arus mudik, pihaknya memprediksi bakal ada 120 ribu kendaraan yang meninggalkan Jakarta menuju Cikampek melalui gardu tol Cikarang Utama. “Puncak arus mudik ini berbeda dari mudik sebelumnya yang rata-rata H-3,” tuturnya.

Awalnya, kata Raddy, pihaknya khawatir, pada puncak arus mudik, truk ber-tonnage berat masih beroperasi di Jalan Tol Jakarta-Cikampek. Sebab, kebijakan sebelumnya, batas truk beroperasi mulai empat hari menjelang Lebaran. “Dinas Perhubungan Jawa Barat mengeluarkan kebijakan baru, mulai H-7, truk tidak diperbolehkan melintas,” ucap Raddy.

PT Jasa Marga memprediksi puncak arus mudik di Jalan Tol Jakarta-Cikampek terjadi pada Sabtu, 9 Juni 2018. Diperkirakan, kendaraan yang meninggalkan Jakarta melalui gardu tol Cikarang Utama meningkat hingga 60 persen atau mencapai 120 ribu kendaraan.

General Manajer PT Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek Raddy R. Lukman mengatakan prediksi itu muncul setelah ada tambahan libur Lebaran yang ditetapkan pemerintah. Jadi, Jumat pekan ini ini merupakan hari terakhir orang bekerja. “Besoknya (Sabtu) baru mulai mudik,” ucap Raddy di Bekasi, Selasa, 5 Juni 2018.

PT Rifan Financindo Berjangka

 

Ancaman Pilot Mogok Hingga Luhut Turun Tangan

PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) tengah menjadi sorotan | PT Rifan Financindo Berjangka

PT Rifan Financindo Berjangka

Luhut sendiri mengaku ikut campur karena Kementerian Perhubungan berada di bawah koordinasinya sehingga dia perlu untuk memediasi para pemangku kepentingan. Adapun satgas tersebut akan dipimpin Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Purbaya Yudhi Sadhewa.
“Jadi intinya itu mengenai Garuda, pertemuannya nanti antara manajemen Garusa Indonesia, APG, Sekarga, Kementerian Perhubungan, Kementerian BUMN, dan Kementerian Ketenagakerjaan. Jadi di situ (task force), mereka akan bicara. Saya hanya memediasi. Saya mau dorong kembali untuk ditangani Kementerian BUMN,” kata Luhut di kantornya, Selasa (5/6).
Selain Luhut, juga ada pihak lain yang mencoba ikut memberikan masukan pada para karyawan dan Garuda Indonesia agar mereka duduk bersama mencari solusi atas permasalahan perusahaan, misalnya Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko.

Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan membentuk task force atau semacam satgas untuk membantu mengatasi masalah yang terjadi antara Garuda Indonesia, karyawan, dan pilotnya. Satgas ini nantinya akan mengurusi permasalahan antara Garuda Indonesia dan serikat pekerjanya.

Ahmad juga berjanji, nantinya rencana mogok kerja itu akan dipublikasikan kepada publik paling lambat 7 hari sebelum dilaksanakan. Ia mengaku pihaknya sampai saat ini masih menunggu respons pemerintah selama 30 hari sejak konferensi pers digelar pada 2 Mei 2018.
Meski begitu, mereka memastikan tidak akan mogok kerja pada saat peak season seperti Lebaran nanti. Garuda Indonesia tetap terbang dan melayani penumpang yang hendak mudik dan balik dari libur Lebaran.

Setelah membeberkan kondisi Garuda Indonesia dan menyampaikan berbagai tuntutan, karyawan dan pilot Garuda mengancam akan melakukan aksi mogok kerja. Ancaman dilakukan jika permintaan mereka tidak penuhi atau tidak ada jalan keluar dari masalah ini.
“Besar harapan kami pemerintah atau pemegang saham dapat memenuhi permintaan tersebut jika tidak dipenuhi, maka dengan berat hati kami di waktu yang tepat akan melakukan mogok,” kata Ketua Umum Sekarga, Ahmad Irfan Nasution, beberapa waktu lalu.

Selanjutnya, mereka juga menilai Direktur Personalia banyak mengeluarkan aturan yang bertentangan dengan perjanjian kerja bersama (PKB) tanpa berunding dengan serikat pekerja.
Untuk dapat menyelesaikan permasalahan yang terjadi, Sekarga bersama Asosiasi Pilot Garuda (APG) mendesak manajemen GIAA segera merestrukturisasi jumlah Direksi GIAA dari 8 orang menjadi 6 orang. Sekarga juga mendesak pergantian direksi dengan mengutamakan profesional yang berasal dari internal GIAA.

Selain menyoroti masalah kerugian perusahaan, karyawan Garuda juga menuntut agar direksi yang baru dirombak. Mereka mengkritisi adanya posisi Direktur Kargo karena dinilai tidak diperlukan. Sebab, GIAA tidak memiliki pesawat khusus kargo (freughter aircraft). Adanya Direktur Kargo hanya meningkatkan biaya organisasi.

“Hasil RUPS tidak menunjukkan fitur Garuda Indonesia yang lebih baik. Kami karyawan/karyawati Garuda ingin menyampaikan kondisi keuangan perusahaan, membengkaknya jumlah direksi dan nilai terakhir saham GIAA,” kata Irfan di Jakarta, Rabu (2/5).
Ia menjelaskan selama ini telah terjadi banyak kegagalan di tubuh GIAA. Masih negatifnya kinerja keuangan GIAA sepanjang 2017 bukan tanpa sebab. Ia menuding kondisi ini akibat kegagalan manajemen.
Sepanjang 2017 GIAA menderita kerugian bersih (nett loss) USD 213,4 juta. Padahal, periode yang sama tahun sebelumnya Garuda untung USD 9,36 juta. Selain itu, Irfan menyebutkan terus turunnya nilai saham GIAA dari Rp 750 per saham dari 2011 menjadi Rp 292 per saham per 25 April 2018.

Ketua Umum Sekarga, Ahmad Irfan Nasution, mengatakan ancaman ini terkait hasil RUPS Garuda yang dinilai belum memenuhi tuntutan para pekerja. Hasil keputusan RUPS dianggap belum memberikan harapan untuk memperbaiki kondisi perusahaan berkode emiten GIAA ini.

Pada Kamis (19/4) lalu, GIAA telah mengadakan Rapat Usaha Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang merombak jajaran direksi dan komisaris, serta menetapkan obligasi senilai Rp 10 triliun.
Dua hari kemudian, Serikat Bersama Garuda Indonesia yang terdiri atas Asosiasi Pilot Garuda (APG) dan Serikat Karyawan Garuda (Sekarga) menolak hasil RUPSLB ini. Mereka merasa keputusan pemegang saham tidak memberikan harapan perbaikan bagi kondisi maskapai tersebut, seperti penyelesaian masalah kerugian perusahaan yang terjadi hingga 2017 lalu.

PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) tengah menjadi sorotan. Para karyawan dan pilot Garuda mengancam akan mogok kerja lantaran tuntutan mereka terhadap manajemen yang berada di bawah kepemimpinan Dirut Garuda Indonesia Pahala Mansury belum juga dipenuhi.

( Baca : Pilot TNI AU Siap Terbangkan Pesawat Garuda )

 

Tak Banyak Pilot TNI AU Bisa Gantikan Pilot Garuda yang Mogok | PT Rifan Financindo Berjangka

Gerry menyatakan bahwa rata-rata pesawat Garuda berjenis Boeing 737-800. Sementara TNI AU diklaim hanya memiliki satu pesawat dengan jenis tersebut. “Karena cuma punya satu pesawat jenis itu maka enggak banyak pilot TNI AU dengan type rating menerbangkan pesawat Garuda. Butuh waktu antara 2 minggu sampai 3 bulan buat mereka dapat type rating Boeing 737-800,” sambungnya.

Oleh karena itu, Gerry menilai rencana penggunaan pilot TNI AU sebagai pengganti pilot Garuda yang mogok adalah langkah tak realistis. “Jadi, kalau menurut saya rencana mengganti pilot dengan anggota TNI AU itu enggak realistis, sama sekali enggak realistis,” pungkas Gerry.

” Pilot TNI AU yang punya rating untuk pesawat Garuda ada berapa, itu pertanyaannya. Kan enggak banyak. Selain itu, enggak boleh juga kalau belum punya ratingnya di sini untuk terbang pakai itu,” kata Gerry saat dihubungi Kompas.com, Selasa (5/6/2018). Gerry menilai, rating dan lisensi menerbangkan pesawat komersil seperti Garuda sangat penting dimiliki oleh pilot.

Seberapa banyak pengalaman terbang pilot TNI AU tak menjadi acuan bagi mereka untuk bisa menerbangkan Garuda. “Mereka punya license sipil atau enggak. Itu yang pertama karena aturannya sudah jelas kalau pesawat sipil harus diterbangkan oleh pilot yang punya license sipil,” ungkap Gerry. Selain itu, dari segi jenis pesawat pun antara pilot Garuda dan TNI AU memiliki perbedaan yang sangat jelas.

Pengamat penerbangan Gerry Soejatman mempertanyakan wacana penggunaan pilot TNI AU sebagai pengganti pilot Garuda yang mogok kerja. Pasalnya, saat ini jumlah pilot TNI AU yang memiliki izin dan lisensi menerbangkan pesawat sipil tidak banyak.

 

Nalar Berpikir Rancu Dirut Garuda Indonesia Soal Kru Cadangan | PT Rifan Financindo Berjangka

Sebagai gambaran, subjek pelatihan minimal (ground) Initial New-Hire Training yang harus dilaksanakan oleh “kru cadangan” ini (bila mereka memiliki type rating B737-800, populasi pesawat terbanyak di Garuda) adalah sebagai berikut; (1) Basic Indoctrination 24 jam.

(2) Emergency and Safety Equipment 16 jam. (3) Aviation Security 16 jam. (4) Dangerous Goods 16 jam. (5) Crew Resource Management 40 jam. (6)Emergency Evacuation and Coordination 7 jam. (7) Safety Management System 8 jam. (8) Operation Requirement/Specification 2 jam. (9) Routes and Airport Qualification 4 jam dan (10) Flight Crew Incapacitation 2 jam.

Sementara untuk total durasi kegiatan kelas adalah 135 jam yang bila dibagi 7 jam per hari adalah 20 hari. Setelah itu, para “kru cadangan” akan memasuki tahap simulation training sebanyak 5 sesi (termasuk check) yang akan memakan waktu selama 30 jam. Dilanjutkan dengan kegiatan Line Training (Operating Experience) selama dua minggu atau 25 jam terbang. Total alokasi waktu pelatihan bagi para “kru cadangan” ini adalah 135 jam kelas + 30 jam simulator + 25 jam Line Training = 190 jam per orang.

Guna memitigasi hal itu, Garuda sebagai pemegang Air Operator Certificate 121 berkewajiban menerapkan pelatihan atas “kru cadangan” ini sesuai CASR dan Operation Manual yang berlaku serta memasukkan para “kru cadangan” ini ke dalam kategori pelatihan Initial New-Hire Training (ref: “all personnel not previously employed by the Garuda Indonesia must complete Initial New-hire Training” OM-D1 2.2.1 (a) hal 1).

Initial New-Hire Training diterapkan bagi orang-orang yang memiliki klasifikasi tertentu. Pertama, belum pernah memiliki pengalaman bekerja di Garuda. Kedua, Karyawan Garuda yang belum pernah memiliki posisi sebagai pilot di Garuda.

Mungkin memang bukan pilot seperti ini yang dimaksud oleh Dirut Garuda sebagai “kru cadangan”. Membajak captain dan/atau first officer berpengalaman dari operator lain adalah pilihan langkah yang paling umum. Namun perlu dipahami bahwa pindahnya seorang pilot secara terburu-buru dari sebuah operator dengan budaya kerja tertentu menuju operator lain dengan budaya kerja yang berbeda dapat melahirkan kendala-kendala pada pelaksanaan tugasnya sehari-hari yang bukan mustahil dapat berdampak pada keselamatan dan keamanan.

Menjadi pilot di sebuah operator penerbangan adalah sebuah proses yang kompleks, berawal saat seorang calon pilot mendaftarkan diri dan menjalani seleksi panjang pada lembaga pendidikan penerbangan yang setelahnya akan melewati kegiatan ground training, simulation training, serta flight training pada tingkat private pilot sampai commercial pilot yang umumnya memakan waktu satu sampai dua tahun.

Pilot-pilot lulusan pendidikan awal seperti ini tentunya belum langsung dapat dipekerjakan sebagai second in command pada operator-operator karena mereka perlu dididik kembali untuk menerbangkan pesawat-pesawat dengan tipe dan lingkungan operasi berbeda yang umumnya memakan waktu pelatihan selama enam bulan atau lebih sampai mereka benar-benar dapat menjadi qualified copilot dengan pangkat first officer.

Pada tanggal 19 April 2018 PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk melaksanakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) dengan hasil tersusunnya suatu dewan direksi yang kemudian ditolak oleh Serikat Karyawan. Penolakan yang disuarakan Serikat Karyawan Garuda pada 2 Mei 2018 itu didasari pada susunan dewan direksi yang diisi pejabat-pejabat lama yang dianggap tidak kompeten dalam menjalankan tugas pada masa bakti sebelumnya. Penolakan ini menuntut penggantian susunan dewan direksi dengan ancaman pemogokan.
PT Rifan Financindo Berjangka

Tiket Kereta Mewah untuk Mudik Sudah Ludes

Meski mewah dan mahal, kereta wisata menjadi salah satu alat transportasi mudik yang diminati masyarakat | PT Rifan Financindo Berjangka

 

Rifan Financindo Berjangka
Perihal total penumpang yang diangkut, pihaknya tak bisa menyebutkan. Sebab, untuk pola charter sendiri tak selalu diisi penuh sesuai kapasitasnya.

“Kalau charter atau sewa jumlah penumpangnya nggak selalu sama dengan jumlah seat-nya. 1 kereta kapasitas 20 mungkin orangnya hanya 15 saja,” tutupnya.

Evi mengatakan, untuk pola pemakaian perorangan tersedia dalam 325 kali perjalanan pergi-pulang. Kereta yang tersedia 7 kereta dengan kapasitas per keretanya 28 orang.

“325 kali itu berangkat dan kembali,” ujarnya.

Sementara, untuk pola charter tersedia dalam 23 kali perjalanan pergi dan kembali. “23 perjalanan untuk pola charter dengan kereta wisata non Priority,” ujarnya.

Kalau charter terakhir pemesanan minggu lalu,” sambungnya.

Dia menerangkan, kereta wisata ini sendiri melayani masyarakat ke beberapa lokasi, antara lain Bandung, Semarang, Yogyakarta, Solo, Surabaya, Malang.

Dia menerangkan, kereta wisata sendiri terdiri dari 7 tipe yakni Kereta Bali, Nusantara, Toraja, Jawa, Sumatera, Imperial, dan Priority. Evi bilang, hanya Kereta Priority yang dipakai untuk pola penggunaan perorangan.

Adapun untuk layanan mudik digelar dari 8 Juni-17 Juni 2018. Sementara, layanan balik 17 Juni-26 Juni 2018.
Meski mewah dan mahal, kereta wisata menjadi salah satu alat transportasi mudik yang diminati masyarakat. Buktinya, kereta untuk mudik mewah sudah ludes dipesan untuk mudik.

Kepala Humas Kereta Api Pariwisata Evi Sarifah mengatakan, pemakaian untuk kereta wisata ini terdiri 2 pola yakni perorangan dan sewa (charter). Keduanya sudah habis dipesan.

“Kalau perorangan sudah dari akhir April sudah habis,” kata dia kepada detikFinance di Jakarta, Minggu (3/6/2018).

 

Ini Rute Kereta Mewah untuk Mudik | PT Rifan Financindo Berjangka

Sementara, untuk pola charter tersedia dalam 23 kali perjalanan pergi dan kembali, dengan kapasitas maksimal 22 kursi. “23 perjalanan untuk pola charter dengan kereta wisata non Priority,” tutupnya.

Kemudian, dia menuturkan, adapun pola pemakaiannya terbagi menjadi 2 yakni sewa (charter) dan perorangan. Evi bilang, hanya Kereta Priority yang dipakai untuk pola penggunaan perorangan.

Adapun untuk layanan mudik digelar dari 8 Juni-17 Juni 2018. Sementara, layanan balik 17 Juni-26 Juni 2018.

Evi menambahkan, untuk pola pemakaian perorangan tersedia dalam 325 kali perjalanan pergi-pulang. Kereta yang tersedia 7 buah dengan kapasitas per kereta 28 orang.

“325 kali itu berangkat dan kembali,” ujarnya.

PT Kereta Api Pariwisata menyediakan kereta mewah untuk mudik masyarakat. Kereta dengan fasilitas mewah ini melayani perjalanan dari Jakarta ke sejumlah titik dan sebaliknya.

“Dengan tujuan dari Gambir-Bandung, Gambir-Semarang, Gambir-Yogyakarta, Gambir-Solo, Gambir-Surabaya, Gambir-Malang,” kata Kepala Humas Kereta Api Pariwisata Evi Sarifah kepada detikFinance di Jakarta, Minggu (3/6/2018).

Dia menerangkan, kereta wisata untuk mudik sendiri terdiri dari 7 tipe yakni Kereta Bali, Nusantara, Toraja, Jawa, Sumatera, Imperial, dan Priority.
( Baca : Kapan Tiket Kereta Sleeper Bisa Dipesan Buat Mudik 2018? )

 

Sewa Kereta Mewah untuk Mudik, Paling Mahal Rp 33 Juta | PT Rifan Financindo Berjangka

Lebih lanjut, untuk perorangan pemesanan tiketnya tak berbeda dengan pembelian kereta reguler. Namun, khusus charter mesti menghubungi langsung layanan Kereta Api Pariwisata.

“Tapi kalau charter langsung ke kita telepon, website,” tutupnya.

Kemudian, untuk charter jarak pendek bisa sampai Rp 22 juta. Kemudian, untuk jarak jauh bisa mencapai Rp 33 juta. Charetr di sini, penumpang bisa memesan satu gerbong penuh dengan kapasitas maksimal 22 kursi, tergantung dengan jenis keretanya.

Kereta wisata sendiri memiliki 7 tipe yakni Kereta Bali, Nusantara, Toraja, Jawa, Sumatera, Imperial, dan Priority. Khusus untuk layanan perorangan hanya ditujukan untuk Kereta Prority dan sisanya menerapkan pola charter.

“Jarak pendek Rp 22 jutaan plus PPN 10% untuk pola sewa yang non-Priority. Jarak jauh sampai dengan Malang sekitar Rp 33 jutaan plus PPN 10%,” ujarnya.

Kepala Humas Kereta Api Pariwisata, Evi Sarifah menerangkan, kereta ini melayani rute jarak pendek dan menengah jauh. Jarak pendek sendiri seperti Jakarta Bandung, sementara menengah jauh seperti dari Jakarta ke Semarang, Yogyakarta, Solo, Surabaya, dan Malang. Kemudian, penggunaannya terbagi 2 pola yakni sewa (charter) dan perorangan.

Dia mengatakan, tarif penggunaan untuk mudik perorangan berbeda-beda tergantung jarak. Dia bilang, untuk jarak pendek Jakarta-Bandung sekitar Rp 300 ribu sedangkan jarak jauh Jakarta-Malang bisa sampai Rp 1 juta.

“Kalau perorangan dari mulai kalau Jakarta-Bandung jarak pendek itu Rp 250 ribu hari biasa (bukan mudik), kalau Lebaran sekitar Rp 300 ribu. Kalau jarak menengah itu dari mulai starting Rp 650 ribu, kalau Lebaran bisa Rp 750 ribu ke atas sampai Rp 1 jutaan,” kata dia kepada detikFinance di Jakarta, Minggu (3/6/2018).

PT Kereta Api Pariwisata melayani mudik masyarakat dengan kereta wisata. Kereta wisata ini memiliki fasilitas mewah karena terdapat ruang rapat, kamar tidur, hingga karaoke di dalamnya. Berapa tarifnya?
Rifan Financindo Berjangka

Sri Mulyani Sambangi BPK Terima Hasil Audit Laporan Keuangan

Sri Mulyani siang ini rapat dengan Pimpinan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) | PT Rifan Financindo Berjangka

Rifan Financindo Berjangka

 
Berdasarkan keterangan resmi dari Kementerian Keuangan, Sri Mulyani hari ini juga diagendakan melakukan penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan Bagian Anggaran Bendahara Umum Negara di Kantor BPK.

(Yang akan dibahas dalam rapat) untuk penyerahan laporan keuangan,” kata Sri Mulyani saat tiba di lokasi, Selasa (5/6/2018).

( Baca : Asumsi Makro Rancangan APBN 2019 Diketok, Ini Rinciannya )

Tak berselang lama, Direktur Jenderal Bea dan Cukai Heru Pambudi juga datang ke Kantor BPK. Dirinya juga menghadiri undangan rapat tersebut.

Menteri Keuangan Sri Mulyani siang ini rapat dengan Pimpinan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Rapat berlangsung di Kantor BPK, Jakarta.

Sri Mulyani tiba di lokasi sekitar pukul 13.20 WIB. Dia didampingi oleh Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini menyampaikan yang dibahas dalam rapat adalah mengenai laporan hasil pemeriksaan keuangan. Hanya saja Sri Mulyani tak menjelaskan secara rinci.

 

Butuh Rp 5.441 T Bikin Ekonomi RI Tumbuh Jadi 5,8% | PT Rifan Financindo Berjangka

Untuk menjaga momentum investasi, Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini menyebut pemerintah akan terus memberikan kemudahan perizinan. Sebab, nilai investasi yang dibutuhkan mayoritas berasal dari swasta.

“Agar momentum investasi di awal agar tetap terjaga di 2018, melalui kebijakan insentif investasi, dan melalui simplifikasi, untuk mendukung investasi di 2019 13,8% maka kita perlu meyakinkan seluruh sektor,” tutup dia.

Dia merinci, nilai investasi Rp 5.441 triliun yang berasal dari capex (capital expenditure) atau belanja modal sebesar Rp 635 triliun atau serendah-rendahnya 80-83%, belanja pemerintah Rp 275 triliun, PMA Rp 599 triliun, sedangkan korporasi Rp 3.998 triliun.

Sedangkan untuk merealisasikan pertumbuhan 5,4%, Sri Mulyani menuturkan, butuh investasi sebesar Rp 5.397 triliun, di mana capex BUMN sebesar Rp 613 triliun, belanja pemerintah Rp 242 triliun, PMA sebesar Rp 594 triliun, dan korporasi Rp 3.948 triliun.

Pemerintah sudah mengusulkan asumsi dasar makro ekonomi kepada dewan perwakilan rakyat (DPR). Hal itu juga menjadi awalan pembahasan dalam merancang APBN tahun 2019.

Pemerintah mengusulkan pertumbuhan ekonomi di 2019 sekitar 5,4-5,8%. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan, butuh investasi Rp 5.441 triliun untuk merealisasikannya.

“Kebutuhan investasi kita untuk menopang ekonomi kalau 5,8% butuh Rp 5.441 triliun,” kata Sri Mulyani di ruang rapat Komisi XI DPR, Jakarta, Senin (4/6/2018).

 

 

Kata Sri Mulyani Soal Subsidi Listrik Temuan BPK | PT Rifan Financindo Berjangka

Menteri Keuangan menetapkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) belanja subsidi tahun anggaran (TA) 2017 sebesar Rp 178,81 triliun. Jumlah anggaran itu terdiri dari Rp 168,84 triliun merupakan anggaran murni belanja subsidi, Rp 2,19 triliun pergeseran dari belanja lain-lain, Rp 2,55 penambahan anggaran, dan Rp 5,22 merupakan penambahan pagu on top untuk membayar kurang bayar subsidi listrik tahun 2015 yang belum dianggarkan.

Realisasi subsidi listrik sebesar Rp 50,59 triliun terdiri subsidi tahun berjalan sebesar Rp 45,37 triliun dan pembayaran atas kurang bayar subsidi listrik TA 2015 sebesar Rp 5,22 triliun.

“Kalau harga minyak berubah ya tentu aja. ICP ini selalu bergerak dengan harga minyak dunia. Sedangkan harga solar dan premium ditetapkan sama,” tutup dia.

Berdasarkan, Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Kepatuhan Terhadap Peraturan Perundang-undangan, realisasi belanja subsidi pemerintah Rp 166,40 triliun atau 98,53% dari jumlah yang dianggarkan Rp 168,87 triliun. Dalam realisasi belanja tersebut, belanja subsidi listrik Rp 50,59 triliun atau 111,50% dari anggarannya Rp 45,37 triliun atau melebihi pagu Rp 5,22 triliun.

Dia menjelaskan salah satu faktor yang membuat pemerintah menambah anggaran mengacu pada harga minyak mentah dunia.

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menemukan permasalahan dalam penyaluran subsidi listrik di tahun 2017. Temuan BPK menyatakan penambahan pagu anggaran subsidi listrik tahun 2017 sebesar Rp 5,22 triliun tidak sesuai dengan UU APBN.

Menanggapi itu, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, penetapan anggaran subsidi listrik sebesar Rp 5,22 triliun sudah diputuskan bersama antara pemerintah dan DPR.

“Status perbedaan di tahun 2017 antara apa yang mereka bayar dan apa yang mereka harus tanggung terutama PLN dan Prrtamina akan ditetapkan. Tahun 2017 kami akan lakukan kalkulasi, seperti yang disebutkan BPK ini harus ditetapkan bersama-sama dari sisi APBN,” kata Sri Mulyani di Komplek Istana, Jakarta, Senin (4/6/2018).

Rifan Financindo Berjangka

Sudirman MR Pensiun dari Daihatsu

Sudirman MR memutuskan pensiun | PT Rifan Financindo Berjangka

 

Rifan Financindo Berjangka

Menjelang pensiun, Sudirman MR berpesan agar ADM terus melanjutkan pengembangan menjadi product base bagi kendaraan yang diproduksi ADM dan di-develop oleh insan ADM. Sudirman MR ingin menghabiskan masa pensiunnya dengan tetap menjaga kesehatan, lebih rajin beribadah, dan meluangkan waktu lebih banyak bersama keluarga,” tulis Daihatsu.

Sudirman MR menduduki beberapa posisi strategis tak hanya sebagai Presiden Direktur di ADM (2011-2017), tetapi juga sebagai Direktur di PT Astra International Tbk (2010-2017) dan sebagai Direktur di Daihatsu Motor Company, Ltd., Jepang (2011-2017).

Selama hampir empat dasawarsa Sudirman MR telah berjuang bersama melewati pasang surut ADM hingga menjadi pabrikan otomotif terbesar di Indonesia dengan kapasitas produksi 530 ribu unit per tahun, sekaligus menjadi production base mobil Daihatsu maupun Toyota.

Sudirman MR atau yang akrab disapa Pak Dirman memulai karir di dunia otomotifnya dari bawah. Pria asal Tasikmalaya, Jawa Barat itu bergabung dengan PT Daihatsu Indonesia pada 15 November 1978, saat perusahaan joint venture antara PT Astra International dan Daihatsu Motor Company., Ltd., ini baru berusia lima bulan. PT Daihatsu Indonesia yang berdiri sejak 31 Mei 1978 merupakan perusahaan cikal bakal berdirinya ADM hingga saat ini.

Setelah berkarir selama 40 tahun di Daihatsu, Sudirman MR memutuskan pensiun. Posisi Sudirman MR sebagai Presiden Direktur PT Astra Daihatsu Motor (ADM) digantikan oleh Tetsuo Miura.

Demikian hasil Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Daihatsu pada Rabu, 16 Mei 2018 lalu di Jakarta, yang diumumkan Daihatsu dalam siaran pers, Senin (4/6/2018).

Jajaran Dewan Direksi yang baru, hasil RUPST PT ADM tersebut adalah :
1. Presiden Direktur : Tetsuo Miura, sebelumnya menjabat sebagai Senior Direktur.
2. Wakil Presiden Direktur, Pongky Prabowo, sebelumnya adalah Direktur Produksi.
3. Senior Direktur yang baru adalah Masaki Ogita.
4. Sedangkan Direktur berturut-turut adalah Amelia Tjandra, Masaomi Takeda, Lina Djafar, Shinya Takeda, Erlan Krisnaring Cahyono, Kazuya Tomura, dan Yuko Mochida.

 

Presiden Direktur Daihatsu Indonesia Resmi Diganti Orang Oleh Jepang | PT Rifan Financindo Berjangka

Sudirman MR bergabung dengan PT Daihatsu Indonesia pada 15 November 1978, saat perusahaan joint venture antara PT Astra International dan Daihatsu Motor Company., Ltd., ini baru berusia lima bulan. PT Daihatsu Indonesia yang berdiri sejak 31 Mei 1978 merupakan perusahaan cikal bakal berdirinya ADM hingga saat ini.

Sudirman MR berhasil menapaki karier hingga menduduki beberapa posisi strategis tak hanya sebagai Presiden Direktur di ADM (2011-2017), tetapi juga sebagai Direktur di PT Astra International Tbk (2010-2017) dan sebagai Direktur di Daihatsu Motor Company, Ltd., Jepang (2011-2017).

Pengangkatan Dewan Direksi yang baru ini sekaligus menandai berakhirnya periode masa bakti yang panjang dari Sudirman MR, salah satu tokoh otomotif nasional yang memulai karir otomotifnya dari bawah.

Sudirman MR, demikan ia akrab disapa, mengestafetkan posisi Presiden Direktur PT ADM kepada orang kebangsaan Jepang, Tetsuo Miura yang sebelumnya menjabat sebagai Senior Direktur.

Presiden Direktur PT Astra Daihatsu Motor (ADM) yang selama ini dijabat oleh orang Indonesia, akhirnya berganti. Sudirman Maman Rusdi yang telah jadi nahkoda Daihatsu Indonesia kini resmi menyerahkan tampuk kepemimpinannya.

PT ADM hari ini baru saja mengumumkan adanya perubahan komposisi Dewan Direksi menyusul penyelenggaraan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada Rabu, 16 Mei 2018 lalu di Jakarta.

( Baca : Tunggu, Sebentar Lagi Ada Kejutan dari Sienta )

 

Boss Baru Daihatsu Indonesia Sebut 3 Merek Ini Sebagai Lawan Berat | PT Rifan Financindo Berjangka

Saat ini ia masih mengandalkan All New Terios sebagai gacoan utama dalam berkompetisi. Sebab, pria berkumis ini masih menutup rapat mengenai produk baru apa saja yang akan hadir selama masa kepemimpinannya.

“Strategi yang jadi prioritas pertama kami adalah meningkatkan tingkat kompetitif kami. Perkenalan produk, pricing, sales network dan tentu aktivitas manufaktur itu lah cara kami meningkatkan competitiveness untuk memenangi persaingan,” seru Miura-San yang kami temui di daerah Serpong, Banten.

Kompetisi di pasaran saat ini semakin berat dan akan semakin berat saja. Seperti yang Anda tahu, kami bersaing cukup ketat dengan Honda, ditambah saat ini Mitsubishi menjadi salah satu merek yang cukup kuat. Bahkan saat ini ditambah beberapa merek Chinese yang memasuki Indonesia,” ungkap Miura-San pada OtoDriver (4/6).

Presiden Direktur PT Astra Daihatsu Motor (ADM) yang baru, yakni Tetsuo Miura, mengakui tak ringan memangku jabatan barunya tersebut. Hal ini dikarenakan semakin ketatnya persaingan antar merek di pasar domestik Indonesia.

Bahkan Miura-San mengakui beberapa merek kini jadi seteru yang cukup kompetitif dan mengharuskannya berstrategi jitu. Kehadiran Wuling dan DFSK Sokon pun turut jadi perhitungannya Miura-San.

Rifan Financindo Berjangka