BI Akan Hancurkan Rupiah Berstempel 2019 Ganti Presiden

(BI) akan menghancurkan uang rupiah berstempel 2019 ganti presiden | PT Rifan Financindo Berjangka

Rifanfinancindo Berjangka

Apabila uang tersebut masuk BI, akan masuk dalam kelompok uang yang akan dimusnahkan, karena kotor dan ada tinta yang tidak seharusnya, kata Buwono.

Apabila uang tersebut beredar di Sulut Buwono mengingatkan masyarakat untuk lebih peduli. Dan apabila ada yang memegang uang tersebut tak segan-segan untuk menyerahkan uang tersebut langsung ke BI.

Sebelumnya, masyarakat dihebohkan lembaran berbentuk uang kertas pecahan Rp50 ribu yang ada tulisan “Prabowo: Satria Piningit, Heru Cakra Ratu Adil”.

Sesuai info sudah beredar uang dengan stempel ganti presiden 2019 dan Prabowo Subianto. Untuk dipahami bahwa BI mengklasifikasikan uang seperti itu adalah uang yang tidak layak edar, artinya uang berstempel itu apabila disetorkan ke BI akan dimusnahkan sesuai dengan clean money policy BI,” tegas Buwono.

Sejauh ini, khususnya di Sulut, Buwono mengatakan belum menemukan uang fisik seperti itu.

“Kami belum dapat uangnya sehingga belum dapat mengklarifikasi uang asli atau bukan,” katanya.

Buwono menjelaskan uang yang diberi cap dengan tulisan Prabowo Subianto, secara otomatis tidak bisa digunakan untuk transaksi atau dengan kata lain tidak layak edar.

Deputi Direktur Kantor Perwakilan BI Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Buwono Budi Santoso, mengatakan Bank Indonesia (BI) akan menghancurkan uang rupiah berstempel 2019 ganti presiden yang marak terjadi saat ini.

“BI tidak perna mengeluarkan uang rupiah yang berstempel ganti presiden 2019 dan Prabowo Subianto,” katanya di Manado, Jumat (22/6/2018).

Dia mengatakan jika sampai mendapati fisik uang tersebut pihaknya siap untuk memusnahkannya.

 

Uang Berstempel ‘Ganti Presiden 2019’, BI: Akan Dimusnahkan |PT Rifan Financindo Berjangka

 

Kalau masuk di BI (dimusnahkan), kalau di masyarakat kan tersebar (masih) bisa digunakan alat bayar, tapi kalau masuk ke BI ya sesuai standar BI,” tekannya.

Dia menyatakan, perlu cara-cara yang tepat untuk tak meresahkan masyarakat terkait peredaran uang berstempel tersebut. “Masa kita tarik, panik dong masyarakat, kita harus pakai cara baik menjaga ketenangan stabilitas,” katanya.

Intinya kalau uang sudah rusak atau ada diberi stempel atau apa masuk di BI pasti dimusnahkan, pasti dianggap tidak lagi layak edar,” ujarnya di Gedung BI, Jakarta, Jumat (22/6/2018).

Kendati demikian, dia menilai uang tersebut bisa digunakan sebagai alat bayar bila masih tersebar di masyarakat. Namun, jika masuk kembali ke Bank Indonesia maka harus dimusnahkan karena dianggap tidak layak edar.
( Baca : Lebaran 2018, Permintaan Uang Kartal Capai 2 T )

 

BI soal uang distempel untuk kampanye: Masih bisa digunakan transaksi | PT Rifan Financindo Berjangka

Sebelumnya, masyarakat dihebohkan lembaran berbentuk uang kertas pecahan Rp 50.000 yang ada tulisan “Prabowo: Satria Piningit, Heru Cakra Ratu Adil”.

Deputi Direktur Kantor Perwakilan BI Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Buwono Budi Santoso menyebut, BI tidak pernah mengeluarkan uang Rupiah yang berstempel ganti presiden 2019 dan Prabowo Subianto.

“Sesuai info sudah beredar uang dengan stempel ganti presiden 2019 dan Prabowo Subianto. Untuk dipahami bahwa BI mengklasifikasikan uang seperti itu adalah uang yang tidak layak edar, artinya uang berstempel itu apabila disetorkan ke BI akan dimusnahkan sesuai dengan clean money policy BI,” tegas Buwono.

Ya intinya kalau uang sudah rusak atau ada diberi stampel atau apa masuk di BI pasti dimusnahkan pasti dianggap tidak lagi laik edar,” ungkapnya saat ditemui di Kantornya, Jakarta, Jumat (22/6).

Agusman mengatakan, saat ini uang berstampel yang sudah terlanjur beredar di masyarakat akan tetap dibiarkan. Meski demikian, dia menegaskan apabila uang itu kembali masuk ke Bank Indonesia maka harus dimusnahkan karena dianggap tidak laik edar.

“(Kalau tersebar di masyarakat?) Kalau di masyarakat kan tersebar (masih) bisa digunakan alat bayar, tapi kalau masuk ke BI sesuai standard BI. Sepanjang masih digunakan transaksi di masyarakat ya masih berlangsung, tapi begitu datang ke BI tugas kami adalah memusnahkan,” jelasnya.

Direktur Eksekutif Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI), Agusman, menyoroti kabar adanya uang berstampel Ganti Presiden 2019 yang kini sempat beredar. Dia mengatakan uang tersebut nantinya akan dimusnahkan karena dianggap tak laik edar.
Rifanfinancindo Berjangka

Ferrari Sewaan Hancur Lepas Keluar Diler

Ferrari 458 yang memiliki tenaga putaran bawah mesin 540 Nm | PT Rifan Financindo Berjangka

Rifanfinancindo Berjangka

Tak hanya Ferrari serta mobil yang ditabrak alami kerusakan, beberapa mobil juga mengalami kerusakan setelah menabrak pagar pembatas jalan ataupun saling bertabrakan karena menghindari kecelakaan tersebut.

Jalanan basah juga menjadi salah satu faktor penyebab mobil sulit dikendalikan karen traksi ban yang tak maksimal. Mobil langsung berputar dan menabrak pagar pembatas jalan sementara, dan terhenti saat menghajar mobil yang tengah melintas.

Pada rekaman tersebut seperti dilansir dari Daily Mail, terlihat, wanita yang mengemudikan Ferrari kehilangan kendali dan menabrak mobil yang tengah melintas di jalan. Diperkirakan wanita tersebut kaget dan tak bisa mengendalikan mobil saat mesin menyemburkan tenaga besar.

Berada di balik kemudi supercar dengan tenaga putaran bawah besar memang tak mudah, terlebih pengalaman mengemudikannya minim. Seperti seorang wanita di China yang baru pertama mengemudikan Ferrari alami kecelakaan di jalan.

Ferrari 458 yang memiliki tenaga putaran bawah mesin 540 Nm yang baru disewa seorang wanita dari diler langsung alami kecelakaan. Detik-detik kecelakaan tersebut sempat terekam kamera CCTV yang terdapat dekat dari diler penyewaan supercar.

( Baca : Mulai 1 Juli, Tarif Kereta Api Ekonomi dan Bersubsidi Berlaku Parsial, Ini Ketentuannya )

Wanita Ini Menangis, Ferrari Pinjamannya Ringsek Tabrakan | PT Rifan Financindo Berjangka

Diduga kecelakaan terjadi akibat pengemudi wanita tersebut mematikan fitur kontrol traksi. Sehingga mobil menjadi ‘liar’ dan sulit dikendalikan untuk seorang pengemudi pemula seperti perempuan tersebut.

Akibat kejadian ini, mobil Ferrari 458 Italia tersebut mengalami kerusakan di bagian depan. Bahkan kap mesin terlihat menganga, bumper terlepas, serta ban depan sebelah kiri berubah posisi akibat benturan dengan pagar pembatas jalan. Dipastikan, perempuan itu mesti siap keluar uang banyak untuk merestorasi Ferrari tersebut.

Dari sebuah rekaman kamera CCTV, terlihat mobil melaju cukup cepat di kondisi jalanan basah. Tak lama, mobil tersebut kehilangan kendali dan menghantam pagar pembatas jalan, dan menyenggol mobil SUV BMW yang melaju dari arah berlawanan.

Nahasnya mobil itu merupakan mobil pinjaman dari sebuah rental kendaraan. Perempuan itu memang sengaja menyewanya untuk sekadar menjajal sensasi mobil sport.

Seperti dilansir Carscoops, Minggu 24 Juni 2018, seorang perempuan terlihat menangis setelah mobil Ferrari 458 Italia yang dikemudikannya mengalami kecelakaan. Dia tak menyangka pengalaman pertamanya mengemudi mobil sport Ferrari berakhir dengan kondisi mobil yang berantakan.

Pengalaman mengemudi Ferrari 458 Italia ternyata menjadi mimpi buruk bagi seorang perempuan di China. Alih-alih mendapatkan pengalaman berbeda, perempuan tersebut malah mengalami kecelakaan setelah beberapa menit berada di balik kemudi mobil buatan Italia tersebut.

Mengemudi mobil Ferrari 458 Italia memang menjadi impian banyak orang. Meski demikian, menyetir mobil kencang ini dibutuhkan keahlian untuk mengurangi risiko kecelakaan di jalan raya.

 

Mobil Impian Masa Kecil Neymar yang Kini Sudah Terwujud | PT Rifan Financindo Berjangka

 

Selain Ferrari, beberapa mobil keren juga menjadi tunggangan Neymar. Mobil pertamanya adalah Volvo XC60. Dia membeli mobil ini setelah mendapatkan Surat Izin Mengemudi (SIM). Menurut Neymar da Silva Santos Junior mobil ini merupakan salah satu mobil yang enak untuk mereka yang baru belajar mengemudi.

Setelah mulai tajir, Neymar melirik mobil-mobil lain yang lebih kencang, dan tentunya lebih mahal. Pilihannya jatuh pada versi terkencang dari Porsche Panamera Turbo saat itu.

Sebuah Audi R8 Spyder juga dilirik. Neymar da Silva memilih menunggangi Audi R8 Spyder berwarna putih.

“Terima kasih, Tuhan, karena telah memberi aku kesehatan dan buah dari kerja kerasku dapat mewujudkan impian masa kecil,” tulis Neymar sebagai keterangan fotonya dalam akun Instagramnya.

Dalam foto itu, terlihat pemilik nama lengkap Neymar da Silva Santos Junior itu duduk di atap Ferrari 458 Spider. Dengan keterangan foto tersebut, Neymar seakan ingin menginspirasi penggemarnya agar tetap bekerja keras untuk meraih impiannya.
Sebagai pesepak bola sukses, Neymar sudah bisa mewujudkan impian masa kecilnya. Dia memimpikan punya mobil keren seperti Ferrari.

Pesepak bola berkebangsaan Brasil yang tampil di panggung Piala Dunia 2018 itu telah berhasil meraih impiannya. Beberapa waktu lalu, Neymar membeli mobil Ferrari berkelir merah.

Ferrari 458 Spider menjadi pilihan bagi Neymar. Mobil itu dianggap sebagai buah dari kerja kerasnya selama ini. Pada 2015 lalu, Neymar mengunggah foto dirinya bersama Ferrari berwarna merah tersebut di Instagram.

 

Rifanfinancindo Berjangka

 

Terakhir Penukaran 30 Desember 2018, Ini Penampakan 4 Uang yang Ditarik BI

BI telah mencabut dan menarik empat pecahan uang kertas tahun emisi 1998 dan 1999 | PT Rifan Financindo Berjangka

 

Rifanfinancindo Berjangka
Untuk itu, BI mengimbau masyarakat yang masih mempunyai uang pecahan tersebut untuk melakukan penukaran uang paling lambat hingga tanggal 30 Desember 2018.

Penukaran sendiri bisa dilakukan di Kantor Pusat Bank Indonesia dan Kantor Pewakilan Bank Indonesia Dalam Negeri. Demikian seperti dilansir laman resmi bi.go.id, Jakarta, Minggu (24/6/2018).

Jika tidak ditukarkan hingga batas waktu yang ditentukan, uang tersebut tidak berlaku lagi.

Pecahan uang kertas dimaksud antara lain uang kertas pecahan Rp10.000 bergambar Cut Nyak Dien Tahun Emisi (TE) 1998.

Bank Indonesia (BI) masih memberikan waktu kepada masyarakat untuk menukarkan empat pecahan uang kertas tahun emisi 1998 dan 1999 hingga tanggal 30 Desember 2018.

Sebab, BI telah mencabut dan menarik empat pecahan uang kertas tahun emisi 1998 dan 1999. Hal ini sesuai dengan Peraturan Bank Indonesia No.10/33/PBI/2008 tanggal 25 November 2008.

 Ditarik BI, 4 Pecahan Uang Ini Tidak Bisa Ditukar Lagi Setelah 30 Desember 2018 | PT Rifan Financindo Berjangka

Sekedar informasi, keempat pecahan ini sudah dicabut BI pada tanggal 31 Desember 2008. Dengan pencabutan dan penarikan uang Rupiah dari peredaran maka terhitung mulai tanggal 31 Desember 2008, empat pecahan uang tersebut tidak berlaku lagi sebagai alat pembayaran yang sah (legal tender).

Namun demikian, bagi masyarakat yang masih memegang uang pecahan-pecahan tersebut dapat melakukan penukaran dengan uang rupiah pecahan yang sama atau pecahan lainnya yang masih berlaku di kantor-kantor Bank Indonesia.

Untuk itu, BI mengimbau masyarakat yang masih mempunyai uang pecahan tersebut untuk melakukan penukaran uang paling lambat hingga tanggal 30 Desember 2018.

Penukaran sendiri bisa dilakukan di Kantor Pusat Bank Indonesia dan Kantor Pewakilan Bank Indonesia Dalam Negeri. Demikian seperti dilansir laman resmi bi.go.id, Jakarta, Minggu (24/6/2018).

Bank Indonesia (BI) telah mencabut dan menarik empat pecahan uang kertas tahun emisi 1998 dan 1999. Hal ini sesuai dengan Peraturan Bank Indonesia No.10/33/PBI/2008 tanggal 25 November 2008.

Pecahan uang kertas dimaksud antara lain uang kertas pecahan Rp10.000 bergambar Cut Nyak Dien Tahun Emisi (TE) 1998, uang kertas pecahan Rp20.000 bergambar Ki Hadjar Dewantara TE 1998, uang kertas pecahan Rp50.000 TE 1999 bergambar WR Soepratman dan uang polymer/plastik pecahan Rp100.000 TE 1999 bergambar Soekarno-Hatta.
( Baca : Catat, 4 Pecahan Uang Rupiah Ini Kedaluwarsa Akhir 2018 )

 

4 Pecahan Uang Ini Tak Bisa Ditukar Lagi Setelah 30 Desember 2018 | PT Rifan Financindo Berjangka

Sekedar informasi, keempat pecahan ini sudah dicabut BI pada tanggal 31 Desember 2008. Dengan pencabutan dan penarikan uang Rupiah dari peredaran maka terhitung mulai tanggal 31 Desember 2008, empat pecahan uang tersebut tidak berlaku lagi sebagai alat pembayaran yang sah (legal tender).

Namun demikian, bagi masyarakat yang masih memegang uang pecahan-pecahan tersebut dapat melakukan penukaran dengan uang rupiah pecahan yang sama atau pecahan lainnya yang masih berlaku di kantor-kantor Bank Indonesia.

Bank Indonesia (BI) telah mencabut dan menarik empat pecahan uang kertas tahun emisi 1998 dan 1999. Hal ini sesuai dengan Peraturan Bank Indonesia No.10/33/PBI/2008 tanggal 25 November 2008.

Pecahan uang kertas dimaksud antara lain uang kertas pecahan Rp10.000 bergambar Cut Nyak Dien Tahun Emisi (TE) 1998, uang kertas pecahan Rp20.000 bergambar Ki Hadjar Dewantara TE 1998, uang kertas pecahan Rp50.000 TE 1999 bergambar WR Soepratman dan uang polymer/plastik pecahan Rp100.000 TE 1999 bergambar Soekarno-Hatta.

 

Rifanfinancindo Berjangka

 

Transaksi di Pasar Saham Mulai Dibuka Besok

Transaksi perdagangan di pasar saham Indonesia akan kembali dibuka esok hari | PT Rifan Financindo Berjangka

 

Rifanfinancindo Berjangka
Indeks LQ45 turun 22,9 poin atau 2,35% menjadi 953,55, Jakarta Islamic Index (JII) turun 4 poin atau 1,73% ke 683,29, indeks IDX30 turun 14,5 poin atau 2,73% ke 516,43 dan indeks MNC36 turun 8,4 poin atau 2,42% ke 336,36.

Mayoritas sektor penggerak IHSG melemah, dengan sektor infrastruktur memimpin pelemahan hingga 2,49%, disusul perkebunan turun 1,43%.

“Saat ini mata uang Indonesia sedang cukup volatile bergerak, tingkat bunga juga sedang berpotensi merangkak keatas. Jadi bayangkan jika Anda punya investasi di negara yang jauh dari Anda tinggal, mendengar mata uangnya bergejolak, lalu bursanya mau tutup 2 minggu, apa yang Anda akan lakukan ke investasi anda? ” ujarnya kepada wartawan melalui pesan singkat WhatssApp di Jakarta, Selasa (1/5/2018) silam.

Sementara itu, pada perdagangan terakhir menjelang libur Lebaran 2018, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) anjlok dengan turun 113 poin atau 1,8% ke level 5.993,62. IHSG pun lengser dari level 6.000 yang sebelumnya bertahan seminggu terakhir.

Menutup perdagangan Jumat (7/6/2018) silam, ada 116 saham menguat, 269 saham melemah, dan 103 saham stagnan. Transaksi perdagangan mencapai Rp10,7 triliun dari 7,9 miliar saham diperdagangkan.

Sebelumnya, Direktur Bursa Efek Indonesia Tito Sulisto mengatakan, investor asing sempat mengeluh kepadanya terkait panjangnya libur. Sebab, investasi mereka terpaksa ikut libur. Tito mengaku banyak mendapatkan pertanyaan terutama investor mancanegara mengenai “ wajib libur” yang membuat bursa efek harus tutup hampir dua minggu penuh.

Pasca libur Lebaran 2018, transaksi perdagangan di pasar saham Indonesia akan kembali dibuka esok hari. Merujuk kepada poin keempat dalam Penjelasan Tindak Lanjut SKB 3 Menteri Tentang Cuti Bersama Idul Fitri 1439 Hijriah, disebutkan bahwa bahwa transaksi pasar saham akan dibuka pada tanggal 20 Juni 2018.

Adapun hari libur cuti bersama Bursa Efek Indonesia (BEI) jatuh pada tanggal 11, 12, 13, 14, 15, 18, dan 19 Juni 2018.

 

Dirut BEI berharap pemerintah tak liburkan perdagangan saat pilkada | PT Rifan Financindo Berjangka

Dia menjabarkan bahwa dengan tambahan liburan lebaran kemarin, perdagangan di BEI sudah diliburkan hingga sekitar 23 hari dalam satu tahun.

Ia mengatakan bahwa libur di Bursa Efek Indonesia tersebut merupakan liburan terlama jika dibandingkan dengan negara-negara yang lain. Hal ini menurut Tito juga memicu perlemahan indeks cukup dalam kemarin.

Pemilihan Kepala Daerah, (Pilkada) serentak bakalan dilaksanakan pada pekan depan, tepatnya pada tanggal 27 Juni yang akan datang. Direktur Utama Bursa Efek Indonesia (BEI) Tito Sulistio berharap perdagangan bursa efek tak akan diliburkan lagi.

“Bursa kita sudah terlalu banyak libur, tolong jangan libur lagi,” kata Tito, Rabu (20/6).
( Baca : 290 Saham Anjlok, IHSG Terjun Bebas ke 5.884 )

 

IHSG Balik Melemah 12,13 Poin, Rupiah Jatuh 167 Poin | PT Rifan Financindo Berjangka

Dari 547 saham, 205 tertekan, 188 stagnan, dan 154 menguat. Nilai transaksi saham mencapai Rp12,97 triliun dari 10,38 miliar lembar saham. Transaksi bersih asing minus Rp2,02 triliun, dengan aksi jual asing Rp8,12 triliun dan aksi beli asing Rp6,09 triliun.

Sementara itu, nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) di pasar spot pada jeda siang Kamis ini, bertambah melemah 167 poin atau 1,20% menjadi Rp14.099 per USD. Awal perdagangan, mata uang NKRI dibuka melemah 158 poin atau 1,13% ke level Rp14.090 per USD.

Awal perdagangan, indeks berhasil rebound dengan naik tipis 0,1% atau 6,03 poin ke level 5.890,06. Kenaikan ini ditopang oleh menguatnya tujuh indeks sektoral, dimana sektor tambang berkontribusi 0,92% dan sektor keuangan menguat 0,73%.

Delapan indeks sektoral berbalik memerah sehingga menyeret indeks di bawah garis. Kenaikan sektor pertambangan 1,09% tidak mampu menahan. Sedangkan aneka industri melemah 1,07%.

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada sesi I perdagangan Kamis (21/6/2018) berbalik melemah setelah dibuka menguat. Indeks ditutup pada jeda siang menurun 12,13 poin atau 0,21% menjadi 5.871,91.
Rifanfinancindo Berjangka

BI Awalnya Menilai Aset BDNI Cukup untuk Lunasi Pinjaman BLBI

BDNI bermasalah dan tak mampu melunasi | PT Rifan Financindo Berjangka

Rifanfinancindo Berjangka

Menurut jaksa, Syafruddin selaku Kepala BPPN diduga melakukan penghapusan piutang BDNI kepada petani tambak yang dijamin oleh PT Dipasena Citra Darmadja (PT DCD) dan PT Wachyuni Mandira (PT WM).

Selain itu, Syafruddin disebut telah menerbitkan Surat Pemenuhan Kewajiban Pemegang Saham. Padahal, menurut jaksa, Sjamsul Nursalim belum menyelesaikan kewajibannya terhadap kesalahan dalam menampilkan piutang BDNI kepada petambak, yang akan diserahkan kepada BPPN. Kesalahan itu membuat seolah-olah sebagai piutang yang lancar (misrepresentasi).

“Kalau saya tidak salah lihat neraca, masih cukup. Pokoknya, waktu itu asetnya masih lebih besar dari kewajiban,” ujar Iwan. Awalnya, pada September hingga Desember 1997, BDNI mendapat dana talangan BLBI sebesar Rp 10 triliun. Menurut Iwan, aset yang dimiliki BDNI lebih besar dari jumlah dana nasabah dan dana antar bank yang menjadi kewajiban BDNI.

Namun, menurut Iwan, ada penarikan uang cukup besar pada Januari sampai Maret 1998. Hal itu membuat BDNI tidak cukup melunasi pinjaman BLBI. “Karena asetnya tidak cukup, bank-nya ditutup, di-take over,” kata Iwan. Meski demikian, proses pengembalian uang BLBI tetap dilakukan terhadap pemegang saham bank.

Selanjutnya, hal itu ditangani oleh BPPN. Dalam kasus ini, Syafruddin didakwa merugikan negara sekitar Rp 4,5 triliun terkait penerbitan Surat Keterangan Lunas (SKL) BLBI kepada Bank Dagang Negara Indonesia (BDNI). Menurut jaksa, perbuatan Syafruddin telah memperkaya Sjamsul Nursalim, selaku pemegang saham pengendali BDNI tahun 2004. Keuntungan yang diperoleh Sjamsul dinilai sebagai kerugian negara.

Bank Indonesia awalnya menilai, Bank Dagang Nasional Indonesia (BDNI) masih memiliki aset yang cukup untuk melunasi Bantuan Likuiditas Bank Indonesia ( BLBI) yang disalurkan sebesar Rp 10 triliun. Namun, pada kenyataannya, BDNI bermasalah dan tak mampu melunasi.

Hal itu dikatakan mantan Direktur Pengawasan Bank pada Bank Indonesia, Iwan Ridwan Prawiranata saat bersaksi di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Kamis (21/6/2018). Iwan bersaksi untuk terdakwa mantan Kepala Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN), Syafruddin Arsyad Temenggung.

Pengacara Syafruddin Sebut Korupsi BLBI Terjadi Akibat Pengawasan BI yang Lemah | PT Rifan Financindo Berjangka

Menurut jaksa, Syafruddin selaku Kepala BPPN diduga melakukan penghapusan piutang BDNI kepada petani tambak yang dijamin oleh PT Dipasena Citra Darmadja (PT DCD) dan PT Wachyuni Mandira (PT WM). Selain itu, Syafruddin disebut telah menerbitkan Surat Pemenuhan Kewajiban Pemegang Saham.

Padahal, menurut jaksa, Sjamsul Nursalim belum menyelesaikan kewajibannya terhadap kesalahan dalam menampilkan piutang BDNI kepada petambak, yang akan diserahkan kepada BPPN. Kesalahan itu membuat seolah-olah sebagai piutang yang lancar (misrepresentasi).

Dalam persidangan, jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menghadirkan mantan Direktur Pengawasan Bank di BI Iwan Ridwan Prawiranata. Iwan sempat dicecar oleh pengacara Syafruddin terkait adanya temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terkait penyaluran BLBI.

Menurut Ahmad Yani, audit investigatif yang dilakukan BPK pada Januari 1999, menemukan dugaan penyimpangan dari ketentuan yang berlaku sebesar Rp 84 triliun. Penyimpangan itu terjadi pada 44 bank penerima BLBI. Iwan mengatakan, atas dugaan itu, BI telah melakukan pemeriksaan dengan data yang ada.

Kemudian, memanggil pemegang saham bank terkait, serta memberikan surat teguran. Namun, menurut Ahmad Yani, dalam laporan BPK tidak pernah ada tindak lanjut dari BI terkait temuan penyimpangan dana. “Tapi dari audit BPK, itu tidak pernah dilakukan. Tidak ada peringatan dari BI,” kata Ahmad Yani.

Dalam kasus ini, Syafruddin didakwa merugikan negara sekitar Rp 4,5 triliun terkait penerbitan Surat Keterangan Lunas (SKL) BLBI kepada Bank Dagang Negara Indonesia (BDNI). Menurut jaksa, perbuatan Syafruddin telah memperkaya Sjamsul Nursalim, selaku pemegang saham pengendali BDNI tahun 2004. Keuntungan yang diperoleh Sjamsul dinilai sebagai kerugian negara.

Pengacara mantan Kepala Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN) Syafruddin Arsyad Temenggung menganggap pengawasan yang lemah dari Bank Indonesia menjadi penyebab banyak masalah. Salah satunya terkait kasus penyalahgunaan dana Bantuan Likuiditas Bank Indonesia ( BLBI). “Inikan fungsi pengawasan BI tidak berjalan dengan baik. Akibatnya bobol terus. Ini yang menjadi penyebab banyak masalah,” ujar pengacara Syafruddin, Ahmad Yani, dalam persidangan di Pengadilan Tipikor Jakarta, Kamis (21/6/2018).
( Baca : Eks Pejabat BI Ungkap Penyimpangan BLBI yang Dilakukan BDNI )

 

Mantan Kepala BPPN Akui Ada Penyalahgunaan Dana BLBI oleh Sjamsul Nursalim | PT Rifan Financindo Berjangka

Padahal, menurut jaksa, Sjamsul Nursalim belum menyelesaikan kewajibannya terhadap kesalahan dalam menampilkan piutang BDNI kepada petambak, yang akan diserahkan kepada BPPN. Kesalahan itu membuat seolah-olah sebagai piutang yang lancar (misrepresentasi).

Menurut jaksa, perbuatan Syafruddin telah memperkaya Sjamsul Nursalim, selaku pemegang saham pengendali BDNI tahun 2004. Keuntungan yang diperoleh Sjamsul dinilai sebagai kerugian negara.

Menurut jaksa, Syafruddin selaku Kepala BPPN diduga melakukan penghapusan piutang BDNI kepada petani tambak yang dijamin oleh PT Dipasena Citra Darmadja (PT DCD) dan PT Wachyuni Mandira (PT WM). Selain itu, Syafruddin disebut telah menerbitkan Surat Pemenuhan Kewajiban Pemegang Saham.

Menurut Ridwan, pasca BLBI disalurkan, Bank Indonesia mengawasi penggunaan dana yang disalurkan kepada bank-bank yang membutuhkan. Menurut dia, setiap keputusan ada penjelasan dan ada usulannya dari pengawas.

“Yang saya lihat sesuai dengan peraturan yang berlaku. Tapi, bisa terjadi (tidak sesuai ketentuan),” kata Ridwan. Dalam kasus ini, Syafruddin didakwa merugikan negara sekitar Rp 4,5 triliun terkait penerbitan Surat Keterangan Lunas (SKL) BLBI kepada Bank Dagang Negara Indonesia (BDNI).

Mantan Kepala Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN) Iwan Ridwan Prawiranata bersaksi untuk terdakwa mantan Kepala BPPN Syafruddin Arsyad Temenggung di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Kamis (21/6/2018).

Dalam persidangan, Ridwan mengakui adanya penyalahgunaan dalam penggunaan dana Bantuan Likuiditas Bank Indonesia ( BLBI) kepada Bank Dagang Negara Indonesia (BDNI).

Saat itu, pemegang saham pengendali BDNI adalah Sjamsul Nursalim. “Yang saya lihat dalam laporan pengawasan bank, ada pemberian kredit kepada grupnya sendiri,” ujar Ridwan kepada jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Rifanfinancindo Berjangka
 

 

Mulai Pagi Ini Pemudik Bisa Cari Lokasi SPBU Pertamina di Waze

PT Pertamina (Persero) sudah menyiapkan peta titik-titik stasiun pengisian bahan bakar umum | PT Rifan Financindo Berjangka

Rifanfinancindo Berjangka

Selain itu, disiapkan pula sebanyak 20 unit mobil dispenser pengisi bahan bakar di titik khusus dan rawan macet seperti di Tol Cipali, Tol Pejagan-Pemalang hingga Gempol-Pasuruan. Pertamina juga menyiapkan Serambi Pertamax yang menjual bahan bakar Pertamax mulai dari 1 liter, 5 liter hingga 10 liter. “Semuanya tersebar di 63 titik sepanjang tol baik fungsional maupun operasional,” kata Adiatma.

Adiatma menuturkan, Pertamina juga telah menyiapkan sebanyak total 200 motoris pengangkut BBM untuk membantu pemudik yang mengalami kehabisan bahan bakar di tengah jalan. Nantinya, para petugas motoris itu akan dikawal oleh pihak kepolisian guna mendistribusikan BBM jika ada kendaraan yang tiba-tiba kehabisan bahan bakar karena lokasinya jauh dari SPBU.

Adiatma mengatakan untuk mendukung terdistribusinya BBM untuk kebutuhan mudik, Pertamina juga telah menyiagakan sebanyak 6.600 petugas untuk melayani pemudik. Khusus di jalur tol, Adiatma melanjutkan, Pertamina juga menyiapkan 35 SPBU yang akan beoperasi selama 24 jam dari Merak hingga Pasuruan.

Menurut Adiatma, dengan adanya aplikasi ini para pemudik bisa dengan segera mengetahui di mana titik-titik pengisian bahan bakar minyak (BBM) terdekat. Nantinya, setiap akan melewati titik-titik pengisian BBM, pengguna apikasi Waze mendapat pemberitahuan melalui pesan pop up yang muncul.

PT Pertamina (Persero) sudah menyiapkan peta titik-titik stasiun pengisian bahan bakar umum atau SPBU yang bisa diakses secara online bagi pemudik menjelang arus mudik 2018. Vice President Corporate Communication PT Pertamina, Adiatma Sardjito mengatakan peta tersebut akan terhubung langsung dengan aplikasi peta online yakni Waze.

“Jadi mulai besok Jumat pagi, 8 Mei 2018 pukul 07.00 WIB peta SPBU sudah bisa muncul di aplikasi Waze,” kata Adiatma dalam acara buka bersama PT Pertamina dengan wartawan di Hotel Pullman, Jakarta Pusat, Kamis malam, 7 Juni 2018.

Pemerintah Pertimbangkan Usul Subsidi Pertalite dan Pertamax | PT Rifan Financindo Berjangka

Ketika ditanya, apakah itu akan bisa terealisasi pada tahun depan, Djoko pun berharap demikian. “Mudah-mudahan,” ucapnya.

Dia melanjutkan, untuk pembahasan secara internal di Kementerian saat ini memang belum dilakukan. Kendati demikian, usulan itu lebih lanjut akan masuk dalam pertimbangan pemerintah dan ditegaskan bisa jadi opsi ke depannya.

“Itu kan masyarakat enggak mau tahu jenisnya, tapi harganya. Bagus juga itu usulannya, jadi biarkan saja premium dimahalin, jadi enggak ada yang belikan. Jadi belinya yang kualitas bagus. Ini lagi dibahas,” tuturnya.

“Memang yang di raker (DPR) kemarin usulannya DPR bagus, diterima dan sedang dibahas. Jadi someday ya yang akan disubsidi itu BBM kualitas bagus, pertalite atau pertamax,” kata Djoko Siswanto di kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Kamis, 7 Juni 2018.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi, Djoko Siswanto mengatakan, hal itu memang sedang dipertimbangkan oleh pihaknya. Alasannya, dengan pemberian subsidi untuk pertalite dan pertamax akan mempermudah masyarakat membeli BBM dengan kualitas yang lebih bagus.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bakal menindaklanjuti usulan DPR untuk mempertimbangkan alokasi subsidi bahan bakar minyak (BBM) kualitas bagus dengan Research Octane Number (RON) 90 ke atas, seperti Pertalite dan Pertamax.

 

Musim Mudik, Pertamina Jual Premium dalam Kemasan | PT Rifan Financindo Berjangka

Karena penugasan dari pemerintah. Ini dispesifikkan untuk motor. Tapi tren dari tahun lalu mereka tidak pakai Premium, maunya pakai Pertalite,” imbuh dia. Di sisi lain, Adiatma juga memastikan bahwa Pertamina telah menambah jumlah SPBU yang menjual Premium di Jawa, Madura, dan Bali (Jamali) sesuai dengan penugasan dari pemerintah.

“Jadi, kita di Jawa ada tambahan 571 SPBU. Dari 3 ribu sekian SPBU yang ada kan 1.500 jual Premium. Lalu nambah 571. Jadi sekarang ada sekitar 2.000 SPBU lewat nozel,” pungkas Adiatma.

Keputusan itu merupakan yang pertama kali diambil Pertamina mengingat pada musim mudik sebelumnya yang BBM yang dijual dalam kemasan hanya Pertamax dan Dex. “Kalau biasanya itu BBM dalam kemasan yang dijual hanya Pertamax dan Dex. Mudik tahun ini ada Premium dengan kemasan satu liter,” ujar VP Corporate Communication Pertamina Adiatma Sardjito di Jakarta, Kamis (7/6/2018).

( Baca : 200 Motor Pengangkut BBM Tersebar di Jalur Mudik Jateng-DIY )

Pemasaran Premiun dalam kemasan tersebut juga tak terlepas dari penugasan yang diberikan pemerintah ke Pertamina. Adapun stok BBM Premium dalam kemasan yang disediakan Pertamina selama musim mudik Lebaran 2018 adalah sebesar 2 kiloliter.

PT Pertamina (Persero) memutuskan menjual bahan bakar minyak (BBM) jenis Premium dalam kemasan selama musim mudik Lebaran 2018.

Rifanfinancindo Berjangka

 

Tol Fungsional Brebes Timur-Semarang Dibuka Jumat

Jalan tol fungsional Brebes Timur-Semarang bisa menjadi jalur alternatif bagi pemudik | PT Rifan Financindo Berjangka

 

PT Rifan Financindo Berjangka
Selama penyelesaian pembangunan jembatan, kendaraan akan diarahkan keluar Gringsing sejauh 500 meter untuk melintasi Kali Kuto dan masuk kembali ke tol menuju gerbang tol keluar di Krapyak (Semarang). Arus balik melalui Jembatan Kali Kuto akan lebih lancar karena pembangunan sudah selesai dan jembatan bisa dilalui.

Ada pun jalan tol Brebes Timur sampai Semarang tidak akan dibuka hingga malam hari karena sifatnya yang fungsional dan menyesuaikan kepadatan di Jalur Pantura. “Tergantung situasinya. Kalau padat betul pasti dikawal, kalau tidak ya ditutup lewat Pantura. Makanya rekayasa lalu lintas tergantung Korlantas,” kata dia.

Basuki menambahkan kondisi jalan tol Batang-Semarang saat ini memang masih berdebu dan banyak kerikil, namun saat akan dilalui pemudik, jalan akan dibersihkan.

Dalam kesempatan yang sama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengatakan titik kritis pada ruas Tol Batang-Semarang berada pada lokasi pembangunan Jembatan Kali Kuto. Jembatan Kali Kuto ditargetkan baru bisa dilalui pada H-2 Lebaran.

“Jembatan Kali Kuto ini merupakan titik rawan pertama. Setelah ini baru dipasang girdernya di bawah untuk bisa memasang lantai jembatannya. Kami optimistis H-2 bisa dilewati,” kata Basuki.

Kami rembukkan dengan Menteri PUPR, Kakorlantas, Kapolda, kami akan buka fungsional pada Jumat jam 6 pagi,” kata Menteri Budi Karya pada kunjungan kerja meninjau Tol Batang-Semarang, Selasa (5/6).

Budi Karya menjelaskan puncak arus mudik diperkirakan terjadi pada 8 Juni (H-7) dan 9 Juni (H-6) mendatang. Oleh karenanya, jalan tol fungsional sepanjang 150 kilometer tersebut diharapkan dapat menjadi alternatif bagi pemudik yang menuju ke Semarang, selain melewati jalur Pantura.

Pemudik yang melalui tol fungsional dari Pejagan-Pemalang, Pemalang-Batang, dan Batang-Semarang, ini nantinya tidak dikenakan tarif. Ada pun kondisi jalan tol fungsional terdiri dari 132 kilometer lapisan beton (rigid) dan 18 km berupa aspal.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyatakan jalan tol fungsional dari Brebes Timur hingga Semarang mulai dibuka pada Jumat (8/6) pagi. Ruas tol fungsional ini juga siap dilewati untuk arus mudik Lebaran 2018.

Cegah Macet Saat Mudik, Exit Tol Krapyak Semarang Ditutup| PT Rifan Financindo Berjangka

Sebelumnya, PT Jasa Marga akan melakukan rekayasa lalu lintas khusus digerbang tol Manyaran yang menjadi titik bertemunya kendaraan dari tol fungsional Batang-Semarang. Salah satunyadengan menambah kapasitas gerbang tol (GT) menjadi 12 GT.

Rekayasa lainnya adalah dengan menetapkan lawan arus atau contraflow pada jalur dari Semarang menuju Jakarta. Contraflow dimungkinkan dilakukan sejak simpang susun Krapyak hingga GT Manyaran.

Jadi itu mengurangi traffic ke Jrakah dan Krapyak. Sekali lagi untuk exit tol Krapyak kami tutup, bagi yang ingin ke Kota Semarang kami arahkan melalui exit Tol Gayamsari, ” katanya.

Akibat penutupan tol Krapyak, kendaraan pemudik yang hendak menuju ke dalam Kota Semarang bisa keluar via Exit Tol Gayamsari. Menurut Hendrar, penutupan exit tol Krapyak diprediksi membantu arus lalu lintas di jalan Pantura Semarang ke arah Jakarta, maupun masuk ke dalam kota.

“Pak Kapolrestabes (Semarang) sudah sampaikan ke pengelola tol Jasa Marga agar exit tol Krapyak tidak dibuka (saat arus mudik), ” kata Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi usai meninjau kesiapan jalur tol Semarang, Rabu, 6 Juni 2018.

Penutupan itu dilakukan setelah Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi meninjau langsung tol Jrakah-Ngaliyan, bersama Kapolrestabes Semarang Komisaris Besar Abiyoso Seno Aji seta Forkominda terkait.

Fokus utama jalur tol fungsional di Kota Semarang, Jawa Tengah adalah potensi kemacetan panjang di exit tol Krapyak. Lantaran itu, kepolisian akhirnya menutup exit tol yang menjadi titik temu pemudik tol fungsional dan jalur Pantura tersebut.

 Jalan Tol Fungsional Pemalang-Batang Dibuka 8 Juni 2018 |PT Rifan Financindo Berjangka

Oleh karena itu, lanjut dia, di sepanjang jalan tol fungsional ini sudah disiapkan sejumlah tempat beristirahat.

Ia meminta pemudik selalu menjaga konsentrasi dalam berkendara. Untuk membantu pengendara, telah disiagakan petugas kepolisian di tiap lima kilometer.

Ia menjelaskan, kendaraan yang melintas di jalur tol fungsional ini dibatasi hanya 60 kilometer per jam. Hal tersebut melihat kondisi tol fungsional yang belum sepenuhnya selesai.

( Baca : Begini Rekayasanya Jika Pemudik Menumpuk di Tol Salatiga-Kartasura )

Menurut dia, Jawa Tengah merupakan titik pengemudi mengalami kelelahan saat mudik Lebaran berdasarkan evaluasi penyelenggaraan mudik Lebaran 2017.

Condro Kirono menyatakan jalan tol fungsional ini hanya diperuntukkan bagi kendaraan kecil. “Untuk bus dan truk tetap harus lewat jalur konvensional,” katanya.

Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Condro Kirono mengatakan jalan Tol Pemalang-Batang-Semarang dan Salatiga-Kartasura akan beroperasi secara fungsional saat arus mudik Lebaran, tepatnya mulai Jumat, 8 Juni 2018.

“Sesuai kesepakatan dengan Menteri PUPR akan dibuka mulai 8 Juni,” katanya di Semarang, Rabu, 6 Juni 2018.
PT Rifan Financindo Berjangka

Kala Jokowi Bandingkan Bandara Baru Ahmad Yani dengan Kertajati

(Jokowi) menyebut terminal baru Bandara Ahmad Yani Semarang memiliki desain bagus | PT Rifan Financindo Berjangka

 PT Rifan Financindo Berjangka

Dia menambahkan, Bandara Ahmad Yani saat ini bisa menampung 6,5 juta penumpang per tahun. Jumlah tersebut jauh lebih tinggi dari bandara lama yang hanya berkapasitas 800.000 penumpang per tahun. Selain itu, kapasitas kargo juga ditambah dari 10.000 ton per tahun menjadi 16.000 ton per tahun.

“Bandara ini awalnya merupakan merupakan pangkalan udara tentara kemudian berkembang menjadi penerbangan sipil domestik. Kemudian menjadi bandara internasional. Dulu kapasitasnya hanya 800.000 penumpang per tahun yang sekarang meloncat menjadi 6,5 juta penumpang per tahun lompatannya hampir delapan kali,” tandasnya.

Mantan Wali Kota Solo itu juga memberikan banyak pujian terhadap terminal baru yang mulai beroperasi sejak Rabu 6 Juni tersebut. Meski tak pernah ditinjaunya selama proses pembangunan, namun bangunan tersebut selesai sebelum batas waktu yang ditentukan dengan hasil memuaskan.

“Yang menyebabkan kaget adalah saat itu target selesainya adalah Desember ini. Tapi kita lihat sekarang ini telah selesai dan bisa digunakan (beroperasi). Alhamdulillah,” ujarnya yang kembali disambut gemuruh tepuk tangan.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut terminal baru Bandara Ahmad Yani Semarang memiliki desain bagus dengan konsep bangunan yang ramah lingkungan. Terminal baru itu berdiri di atas lahan seluas 58.000 meter persegi yang di kelilingi rawa.

“Saya tadi barusan terbang dari Bandara Kertajati di Jawa Barat. Kalau dibandingkan dengan sini (Bandara Ahmad Yani) ya sama-sama bagus, tapi lingkungannya lebih cantik di sini,” kata Jokowi yang disambut tepuk tangan ratusan audiens, Kamis (7/6/2018).

 

Presiden Jokowi Resmikan Terminal Baru Bandara Ahmad Yani Sore Ini | PT Rifan Financindo Berjangka

Bangunan terminal baru Bandara Ahmad Yani memiliki luas 58.652 meter persegi, serta apron baru yang mampu menampung 12 pesawat. Selain itu, terminal ini dilengkapi dengan 30 konter check-in, 8 eskalator, 8 elevator, 2 travelator, serta 3 buah garbarata. Tersedia pula gedung parkir yang mampu menampung 1.200 kendaraan.

Dengan seluruh fasilitas tersebut, maka pengguna jasa bandara akan semakin nyaman berada di bandara. Potensi pertumbuhan penumpang sebesar 10 persen tiap tahunnya juga dapat diakomodir oleh keberadaan terminal dan infrastruktur baru Bandara Ahmad Yani, yang diposisikan sebagai bandara bisnis dan industri.

“Selain itu, pengoperasian terminal baru ini juga merupakan bentuk kontribusi kami merespons perkembangan perekonomian daerah, Semarang khususnya dan Jawa Tengah pada umunnya,” imbuh Faik Fahmi.

Pada momen mudik lebaran tahun ini, masyarakat sudah bisa menikmati fasilitas serba modern dan mutakhir di terminal baru Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang. Terminal ini memiliki luas hampir sembilan kali lipat dari luas terminal lama, dan bisa menampung 6,9 juta penumpang per tahun,” kata Faik, Kamis (7/6/2018).

Desain bandara mengadopsi konsep eco-airport dengan sebagian besar bangunan berdiri di atas air. Dengan segala kelebihan dan keunikan tersebut, maka bandara ini layak menjadi ikon baru dan kebanggaan masyarakat Semarang dan Jawa Tengah.

Menurut Faik, hadirnya terminal baru ini merupakan wujud komitmen Angkasa Pura I kepada pengguna jasa bandara serta masyarakat Semarang dan Jawa Tengah untuk meningkatkan tingkat layanan kebandarudaraan dengan mengutamakan kenyamanan tanpa mengesampingkan aspek keselamatan dan keamanan.

Beroperasinya terminal baru yang dibangun dengan investasi Rp2,075 triliun ini sekaligus menjawab permasalahan lack of capacity yang telah berlangsung beberapa tahun terakhir di bandara ini.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan meresmikan terminal baru Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang Jawa Tengah. Terminal baru dengan bangunan megah tersebut telah beroperasi sejak Rabu 6 Juni.

Direktur Utama PT Angkasa Pura I, Faik Fahmi, mengatakan terminal baru itu menempati lahan sangat luas dengan sejumlah fasilitas modern. Dia juga mengatakan telah melalukan serangkaian persiapan untuk acara peresmian oleh Presiden Jokowi.

 

Jokowi Sedih saat Resmikan Terminal Baru Bandara Semarang, Simak Ceritanya | PT Rifan Financindo Berjangka

Setelah selesai dibangun, Terminal Baru Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang yang mempunyai tiga lantai ini akan mampu menampung sebanyak 7 juta penumpang per tahun atau 19 ribu penumpang setiap harinya, sedangkan kapasitas terminal lama hanya 800 ribu penumpang per tahun.

Selain terdapat 30 unit counter check in untuk mempercepat pelayanan kepada penumpang maskapai penerbangan, Terminal Baru Bandara Internasional Ahmad Yani juga dilengkapi tiga unit garbarata. Luasan apron baru mencapai 72.522 meter persegi yang dapat menampung 13 pesawat narrow body atau konfigurasi sepuluh pesawat narrow body dan dua pesawat wide body kargo.

Proyek pengembangan Bandara Internasional Ahmad Yani terdiri dari lima paket yakni Paket 1 pekerjaan lahan dan jalan akses sudah selesai 100 persen, Paket 2 pekerjaan apron dan taxiway juga sudah 100 persen, Paket 3 pekerjaan pembangunan terminal akan selesai November 2018, sedangkan Paket 4, yakni bangunan penunjang dan lansekap, serta Paket 5 pekerjaan water management akan selesai pada 2019.

Terminal Baru Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang dibangun oleh PT Angkasa Pura I (Persero) dengan nilai investasi sebesar Rp2,2 triliun dan merupakan bandara di atas air (floating) yang pertama di Indonesia.

Terminal Baru Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang memiliki luas area 58.652 meter persegi atau hampir sembilan kali lebih besar dibanding luasan terminal bandara lama yang hanya 6.708 meter persegi.

( Baca : Jokowi kaget dengan hasil pembangunan Bandara Ahmad Yani )

Menurut dia, hadirnya terminal baru ini merupakan wujud komitmen PT Angkasa Pura I kepada penguna jasa bandara serta masyarakat Provinsi Jawa Tengah untuk meningkatkan tingkat layanan kebandarudaraan dengan mengutamakan kenyamanan tanpa mengesampingkan aspek keselamatan dan keamanan.

“Selain itu, pengoperasian terminal baru ini juga merupakan bentuk kontribusi kami merespon perkembangan perekonomian daerah, Semarang khususnya dan Jawa Tengah pada umunnya,” katanya.

Pengembangan Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang termasuk dalam Proyek Strategis Nasional yang tertuang dalam Peraturan Presiden No. 58 Tahun 2017 tentang Percepatan Proyek Strategis Nasional (PSN).

Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi mengatakan, bahwa beroperasinya terminal baru ini untuk menjawab permasalahan lack of capacity yang telah berlangsung beberapa tahun terakhir di Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang.

Kendati demikian, Presiden Jokowi memerintahkan secara khusus Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi terkait dengan penambahan panjang landasan Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang menjadi 3.000 meter.

“Landasannya masih kurang panjang, saya minta akhir tahun depan sudah 3.000 meter, tidak seperti sekarang yang hanya 2.500 meter,” kata Presiden.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam sambutannya mengaku bangga dengan Terminal Baru Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang yang merupakan karya anak bangsa. “Bandara ini membanggakan karena merupakan karya anak bangsa, masyarakat Jateng mendapat hadiah dari Bapak Presiden,” ujarnya.

Saat memberikan pidato sambutan, Presiden Jokowi mengungkapkan kesedihan dan keprihatinannya melihat kondisi terminal lama Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang.

“Empat tahun lalu, terakhir saya gunakan terminal lama, saya masuk sedih gitu. Katanya ini bandara internasional tapi kok terminalnya seperti ini, berdesak-desakan, bangunannya juga kumuh banget, bertahun-tahun tidak dibangun,” kata Presiden, Kamis (7/6/2018).

Melihat kondisi Bandara tersebut, dua tahun yang lalu Presiden Jokowi memerintahkan Menteri BUMN dan PT Angkasa Pura 1 agar membenahi Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang.

“Alhamdulillah sekarang sudah selesai dan bisa digunakan, saya tidak mengecek, tahu-tahu jadi, arsitekturnya bagus, lingkungan cantik, arus lalu lintas keluar masuk bandara bagus,” ujar Presiden.

Presiden Jokowi yang mengenakan kemeja putih lengan panjang tiba di Terminal Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang pada pukul 16.00 WIB.

Tampak hadir mendampingi Presiden Jokowi dalam acara tersebut, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini Soemarno, Pelaksana Tugas Gubernur Jawa Tengah Heru Sudjatmoko.

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo meresmikan pengoperasian Terminal Baru Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang, Jawa Tengah, Kamis petang.

Dalam kunjungan kerja di Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah hari ini, Presiden yang didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo juga meresmikan Gedung Menara Pengawas Airnav Indonesia Semarang.

PT Rifan Financindo Berjangka

Gandeng TNI dan Polri, Buwas Jual Sembako Murah di 17 Titik

Perum Bulog menjual sembako murah di 17 titik di Jabodetabek | PT Rifan Financindo Berjangka

 PT Rifan Financindo Berjangka

Sementara itu, harga komoditi pangan yang dijual dalam kegiatan ini, yakni Beras KITA Premium 5 Kg dengan harga Rp 59.000 hingga Rp 61.000, Beras KITA Medium 5 Kg harga Rp 43.000 hingga Rp 45.000, Gula Manis KITA 1 Kg Rp 11.500 hingga Rp 12.500, Minyak Goreng KITA 1 Ltr Rp 12.000, Terigu KITA 1 Kg Rp 7.400, daging sapi 1 Kg Rp 80.000, daging kerbau 1 Kg Rp 70.000 hingga Rp 80.000 dan daging ayam Rp 31.000 hingga Rp 32.000/ekor.

“Giat ini sudah dilakukan sejak hari Senin tanggal 4 Juni 2018 dan direncanakan hingga tanggal 8 Juni 2018, dan dapat diperpanjang bila diperlukan,” katanya di Gudang Drive DKI Jakarta, Jakarta, Rabu (7/6/2018).

Nantinya, bakal ada 9 bahan pokok yang dijual di antaranya beras, daging kerbau, daging sapi beku, daging ayam, gula, minyak, dan tepung terigu.

“Komoditi beras, gula, minyak, tepung terigu dan daging kerbau kami sediakan dengan brand KITA milik BULOG dengan kualitas terbaik,” sambungnya.

Perum Bulog menjual sembako murah di 17 titik di Jabodetabek. Dalam kegiatan ini, Bulog bekerja sama dengan polisi dan Tentara Negara Indonesia (TNI).

Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso (Buwas) mengatakan ada sebanyak 17 titik di Jabodetabek yang disasar oleh kantor polisi dan kantor TNI. Misalnya, kelurahan, pasar, rumah susun dan ruang publik lainnya.

Ia menjelaskan pada dasarnya kegiatan ini telah dilaksanakan sejak tanggal 4 Juni kemarin dan akan terus digiatkan hingga tanggal 8 Juni 2018.

 

Ini Penampakan Beras Renceng yang Bakal Dijual Bulog | PT Rifan Financindo Berjangka

Direktur Komersial Bulog, Tri Wahyudi Saleh menyatakan, jika beras tersebut diproduksi bukan hanya untuk Lebaran saja. Namun memang ide membuat produk beras sachet ini baru muncul sebelum Ramadan.

“Terus (diproduksi dan dijual). Kebetulan ide ini baru muncul menjelang puasa,” ujar dia ujar di di ‎Gudang Bulog Divisi Regional (Divre) DKI Jakarta dan Banten, Rabu (6/6/2018).

Menurut Tri, saat ini masing-masing Divisi Regional Bulog tengah memproduksi produk pangan ini. Rencananya lebih dari 100 ton akan diproduksi di tahap awal.

“100 ton lebih. Segera mungkin (dipasarkan), sudah selesai langsung kita distribusikan,” tandas dia.

Sejumlah tulisan terdapat pada bagian depan kemasan, seperti bagian paling atas tertulis BUMN Hadir untuk Negeri. Kemudian ada juga tulisan Kini Hadir dalam Kemasan Sachet.

Kemudian di bagian bawah tertulis Diproduksi/Dikemas oleh Perum Bulog serta ada keterangan mengenai berat per sachet yaitu Berat Bersih: 200 gr.‎

Sementara untuk bagian belakang kemasan berwana orange yang dilengkapi dengan keterangan terkait produk tersebut.

Perum Bulog siap menjual produk terbarunya, beras premium dalam kemasan renceng atau sachet. Lantas seperti apa bentuk kemasan dari produk tersebut?

Dari foto yang diterima Liputan6.com, Rabu (6/6/2018), beras dengan merek BerasKita Premium tersebut dikemas dalam plastik berwarna kuning dan orange, serta akses transparan ditengahnya yang memungkinkan pembeli melihat beras di dalamnya.

 

Jual Beras Renceng di Warung, Bulog Tak Ambil Untung | PT Rifan Financindo Berjangka

Enggak (menutupi biaya produksi). Kita enggak bicara bisnis. 50:50, zero enggak apa-apa (zero profit),. Yang penting ketersediaan beras di mana-mana,” ujar Buwas di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (5/6/2018).

Selain itu, dia juga mempersilakan pihak swasta jika ingin memproduksi dan menjual beras dalam kemasan renceng ini. Karena tujuan dari produk ini bukan semata mencari keuntungan, tetapi menyediakan beras yang berkualitas bagus dengan harga terjangkau.‎

“(Swasta) Oh silakan aja. Enggak apa-apa. Itu kan tujuannya bukan bisnis, tapi bagaimana beras sebagai bahan pokok ada di mana-mana. Enggak ada lagi kelangkaan beras. Enggak takut enggak makan nasi,” kata Buwas.

( Baca : Bulog Luncurkan Beras Premium Kemasan 200 gram, Harganya Rp 2.500 )

 

Hal tersebut membuat penjualan produk ini tidak akan memberikan keuntungan bagi Bulog, bahkan hampir tidak menutupi biaya produksinya.‎

Perum Bulog akan menjual beras dalam kemasan sachet atau beras renceng. Dalam menjual beras ini, perusahaan pelat merah tersebut mengaku tidak mendapatkan untung.

Direktur Utama Perum Bulog, Budi Waseso atau yang akrab disapa Buwas mengatakan, beras yang dijual kemasan dalam sachet tersebut merupakan jenis premium. Sedangkan per sachet dibanderol dengan harga Rp 2.500.
PT Rifan Financindo Berjangka

PT KAI Palembang siapkan 59 ribu tiket mudik, 42 ribu terjual

PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) Divre III Palembang menyiapkan 59.444 tiket untuk mudik lebaran | PT Rifan Financindo Berjangka

 

PT Rifan Financindo Berjangka
Kami pastikan semua calon penumpang terlayani, terangkut semua, tidak ada yang kecewa karena tiket habis,” ujarnya.

Dikatakannya, jumlah pemudik yang menggunakan kereta api saat mudik semakin meningkat dari tahun ke tahun. Hal ini seiring pelayanan kereta terus membaik, baik ketepatan waktu berangkat dan tiba, tidak ada lagi gangguan di jalur kereta batubara yang membuat penumpang menunggu.

“Kereta api sekarang jadi transportasi favorit buat kemana pun, termasuk mudik lebaran. Semakin banyak pengguna kereta api,” pungkasnya.

“Total ada 59 ribu lebih tiket atau tempat duduk yang disiapkan, saat ini sudah terjual 42 ribu, semua kelas dan jurusan dari Palembang,” ungkap Herley, Rabu (6/6).

Menurut dia, lonjakan penumpang diperkirakan akan terjadi mulai H-3 hingga H+3 lebaran. Agar semua penumpang terlayani, pihaknya menyiapkan gerbong tambahan di setiap rute pada tanggal ganjil.

Kepala PT KAI Divre III Palembang Herly Hendy mengungkapkan, total tempat duduk yang disiapkan tersebut untuk semua kelas pada jurusan Kertapati (Palembang)-Tanjung Karang (Lampung) dan Kertapati-Lubuklinggau. Dari seluruh tiket yang disediakan, pihaknya memperkirakan 51 tiket terjual habis.

PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) Divre III Palembang menyiapkan 59.444 tiket untuk mudik lebaran tahun ini. Sebanyak 42 ribu diantaranya terjual atau persentasenya sudah 81 persen.

Antisipasi Lonjakan Pemudik Lebaran, 393 Kereta Api Disiapkan | PT Rifan Financindo Berjangka

“Tahun ini, pertumbuhan penumpang akan meningkat sebesar 3 persen, memang peningkatan yang terjadi tidak signifikan. Namun, bila dilihat dari jumlah penumpangnya diperkirakan akan melayani 4,5 juta penumpang dan ini suatu jumlah yang banyak. Saya sempat berbincang dengan penumpang, alhamdulillah penumpang memberi respon yang baik terhadap sevis dari kereta api dan kepercayaan ini harus terus dijaga dengan baik,” ungkap Menhub.

Lebih lanjut, Menhub menguraikan telah melakukan berbagai upaya untuk mewujudkan mudik yang aman diantaranya melakukan rampcheck kereta api, mendirikan beberapa posko diberbagai lokasi terutama di daerah yang rawan longsor, dan adanya kerja sama yang erat dengan TNI dan Polri.

“Kami juga telah melakukan rampcheck terhadap keseluruhan prasarana dan sarana perkeretaapian, juga mendirikan Posko Angkutan Lebaran baik Posko Tingkat Nasional di Kementerian Perhubungan dan Posko Angkutan Lebaran di daerah, termasuk Posko di Pusat Pengendalian Operasi Kereta Api (Pudalopka) di lingkungan PT. KAI. Tak lupa, untuk memaksimalkan keamanan kita juga telah melakukan kerja sama yang erat dengan TNI dan Polri,” jelas Menhub.

Demi mendukung penyelenggaran Angkutan Lebaran untuk moda kereta api tahun 2018, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi telah menyiapkan 393 kereta api baik kereta reguler maupun tambahan. Hal ini untuk mengantisipasi pemudik yang melonjak.

“Kereta api adalah angkutan yang paling diminati oleh masyarakat. PT. Kereta Api Indonesia (KAI) bersama Direktorat Jenderal Perkeretaapian sudah menyelesaikan persiapan dengan baik. Kami telah menyiapkan 393 kereta api baik kereta reguler maupun tambahan,” ujar Menhub lewat keterangan resmi di Jakarta, Rabu (6/6/2018).

Menhub menjelaskan bahwa ini merupakan upaya Pemerintah dalam hal ini Kementerian Perhubungan untuk memberikan level of service yang baik bagi masyarakat. Dimana, pertumbuhan penumpang pada tahun ini meningkat sebesar 3 persen.
( Baca : Ini Kereta Tambahan Lebaran di KAI Daop 5 Purwokerto )

 

Puncak Arus Mudik via Kereta Api H-2 dan H+5 | PT Rifan Financindo Berjangka

“Bekerjalah sesuai SOP dan penuh keikhlasan dalam melayani para pengguna jasa layanan kereta api,” pintanya. Maka itu, guna menyuseskan masa angkutan lebaran 2018, seluruh jajaran pegawai PT KAI tidak diperbolehkan mengambil cuti selama masa angkutan.

Guna memberikan rasa aman bagi para pemudik, pihak PT KAI Daop 4 Semarang akan mengerahkan tenaga keamanan dengan jumlah total sebanyak 574 personel. Terdiri dari tenaga keamanan organik KAI sebanyak 106 personel dan tenaga keamanan non organik KAI sebanyak 468 personel.

“Yang menjadi fokus pantauan di antaranya keamanan di dalam stasiun, keamanan di atas kereta api, keamanan di sepanjang jalur kereta api, dan keamanan aset vital yang terkait dengan operasional perjalanan kereta api,” sebut Dwi.

Menurut dia, selama operasi Lebaran, pihaknya mengoperasikan 118 perjalanan kereta api. Yaitu 10 KA jarak menengah atau jauh dengan kapasitas tempat duduk 5.758 penumpang per hari. Kemudian, 40 KA jarak jauh atau menengah dengan kapasitas tempat duduk 21.136 penumpang per hari; serta 9 KA jarak lokal dengan kapasitas tempat duduk 8.924 penumpang per hari.

Sementara, Executive Vice President Dwi Erni Ratnawati berharap agar pelaksanaan angkutan Lebaran di bidang transportasi kereta api harus lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Dia menyebutkan, keselamatan, keamanan, ketepatan waktu, dan pelayanan yang prima merupakan empat faktor yang menjadi fokus setiap petugas posko agar bisa terlaksana dengan baik.

PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 4 Semarang memprediksi puncak arus mudik untuk angkutan Lebaran bakal terjadi pada 13 Juni atau H-2 Lebaran.

Sebanyak 21.192 penumpang akan menaiki kereta api (KA) di hari itu menuju sejumlah wilayah. Sedangkan untuk puncak arus balik diprediksi terjadi pada 21 Juni atau H+5 dengan estimasi 27.416 orang akan kembali ke Semarang.

Manager Humas PT KAI Daop 4 Semarang, Suprapto mengungkapkan, masa angkutan lebaran melalui transportasi KA mulai 5 Juni sampai 26 Juni 2018 atau H+10 Lebaran. “Jumlah pengguna jasa layanan kereta api di wilayah Daop 4 Semarang mencapai 464.923 orang atau naik sebesar 4,6% dibandingkan 2017 sebanyak 444.646 orang,” sebut Suprapto, seusai gelar pasukan posko lebaran di Stasiun Tawang Semarang, Selasa 5 Juni 2018.

 

PT Rifan Financindo Berjangka