Skip to toolbar

Looping (Perulangan) di Python

 

Jenis/Tipe Loop di Python

Python mempunyai 3 jenis Loop yaitu
  1. For Loop
  2. While Loop
  3. Nested loop ( digabung antara For dan While, contoh akan dibahas dibawah)

For Loop

Seperti pada bahasa pemrograman lainnya, for loop sudah menjadi standar namun berbeda-beda tata cara penulisan nya di setiap pemrograman.
Sekarang kita langsung buat contoh di Python.
#Contoh iterasi pada String 

for n in 'Python':  
    print 'Huruf :', n

 
#iterasi pada List biasa

mobil = ['sedan', 'truk', 'angkot'] 
for p in mobil:
    print 'Mobil :', mobil


#iterasi pada list melalui index

for i in range(len(mobil)): print ‘Mobil :’, mobil[i]


#iterasi angka / range

for a in range(1,10):
     print "Angka :", a
     if(a == 5): #ditambah conditional
         print "Saya dapat angka : ",a

#iterasi loop nested

for a in range(1,10):

for x in range(11,20): b = a * x print “Angka :”, b


#loop dgn break

for letter in ‘Python’: if letter == ‘h’: break print ‘Current Letter :’, letter

print "Good job !!!"

While Loop

WHile dipakai untuk looping dimana iterasi akan dilakukan selama kondisi yang diberikan benar. While ini juga bisa di pakai untuk Infinite loop.
 
#Contoh While
count = 0
while count < 100:
     print "Count ke : ", count
     count = count + 1

#infinite loop
'''
Set loop ini untuk kondisi dimana suatu syarat tidak pernah TRUE
'''

setvar =1
while setvar == 1
    input = input_raw("Masukan angka :")
    print "Angka anda : ", input

#loop diatas akan berhenti jika anda stop manual misal dgn CTRL+C di terminal
'''
ELSE statement di while loop. di Python kita bisa set WHile loop lalu dikasih kondisi
'''
count = 0
while count < 5:
     print "count : ",count
     count = count + 1
else:
    print "Lihat yang masuk sini apa : ",count

#while dgn break

angka = 10 while angka > 0: print ‘Angka :’, angka angka = angka 1 if angka == 7: break

Konsep Dasar Pemrograman

Konsep Dasar Pemrograman

Pengertian Dasar Program adalah rangkaian instruksi-instruksi dalam bahasa komputer yang disusun secara logika dan sistematis.

Pengertian Pemrograman adalah suatu kumpulan urutan perintah ke komputer untuk mengerjakan sesuatu, dimana instruksi tersebut menggunakan bahasa yang dimengerti  oleh komputer atau dikenal dengan bahasa pemrograman.

Konsep Dasar Pemrograman pada umumnya adalah IPO (Input Proses Output), lalu dikembangkan mejadi :
Originating -> input -> proses -> Output -> Distribution
||
Storage

Originating

Berhubungan dengan pengumpulan data yang biasanya merupakan pencatatan data kedokumen dasar. Setelah dikumpulkan dilakukan proses input.

Input

Tahapan ini merupakan proses pemasukan data kedalam proses komputer melalui peralatan input.

Proses

Tahap ini merupakan proses pengolahan data dari data yang sudah diinput berupa proses    menghitung membandingkan, mengurutkan, mengklasifikasikan, mengendalikan dan mencari di storage.

Output

Tahap ini merupakan proses untuk menghasilkan keluaran dari proses pengolahan data ke peralatan output berupa informasi (monitor, speaker, dsb)

Distribution

Tahap ini merupakan proses penyebaran informasi kepada pihak-pihak yang berhak dan membutuhkan informasi.

Storage

Tahap ini merupakan perekaman hasil pengolahan data storage yang nantinya dapat dipergunakan untuk input proses selanjutnya.

DATA

Data adalah bahan mentah yang akan diolah menjadi informasi sehingga  dapat dipergunakan oleh user atau pemakai.

1. Tipe Data Dasar : Merupakan tipe data primitif yang tidak terstruktur yang didefinisikan oleh bahasa pemrograman.

Tipe data dasar dibagi menjadi lima bagian yaitu :

a. Numerik, yaitu menyimpan data berupa angka

b. Enumerasi, yaitu suatu urutan list dari nilai-nilai yang berbeda.

c. Boolean, yaitu tipe data untuk merepresentasikan True atau False.

d. Character, yaitu tipe data untuk menyimpan rangkaian karakter.

e. Internationalization, disebut I18N

2. Tipe Data Terstruktur : Merupakan tipe data campuran dari berbagai tipe data dasar. Contohnya array, record, string, list dan file.

3. Tipe Data didefinisikan oleh Pemakai : Tipe data ini biasanya disebut Enumerasi.

4. Tipe Data Penunjuk : Contoh tipe data penunjuk adalah pointer

Model Komputasi

Model Komputasi adalah suatu kumpulan dari nilai dan operasi-operasi. Ada 3 dasar model komputasi :

1. Model Fungsional, yaitu model perhitungan yang fungsional terdiri dari satu set nilai-nilai, fungsi dan operasi, aplikasi, fungsi dan komposisi fungsi.

2. Model Logika, yaitu logika model perhitungan terdiri dari suatu set nilai-nilai, definisi hubungan dan kesimpulan logis.

3. Model Imperative, yaitu model perhitungan yang imperative terdiri dari satu set nilai-nilai yang mencakup suatu status dan operasi tugas-tugas untuk memodifikasi status tersebut.

Prinsip Bahasa Pemrograman

Empat prinsip dasar perancangan bahasa pemrograman adalah:

1. Sintaks, menjelaskan bagaimana struktur program yang benar.

2.Tipe sistem dan semantik, menunjukkan tipe nilai yang dapat dimanipulasi oleh program dan arti(semantik) dari program, mencakup juga aturan penamaan entitas (variabel,fungsi,class,parameter,dll).

3. Manajemen memori, menunjuk kepada sekumpulan teknik yg membantu kita untuk memahami pemetaan letak dari nilai, struktur data, dan struktur program di dalam memori.

4. Exception handling, mengenai penanganan exception (hal-hal yang tak terduga seperti kesalahan input ketika menjalankan program).

Definisi Sintaks, Semantik, dan Pragmatik

Sintaks   : Aturan gramatikal / komposisi suatu program yang mengatur tata cara penulisanhuruf, angka dan karakter lain.

Contoh : Pada pembuatan program Pascal antara 2 statement dipisahkan oleh ; (titik koma)

X:=1;  X:=X+1;

Semantik : Mendefinisikan arti dari program yang benar secara sintaks dari bahasa pemrograman tersebut.

Contoh : Pada pembuatan program C

int vector[10]

Arti semantiknya akan menyebabkan ruang sebanyak 10

Pragmatik  : Kemampuan pemakai dalam mengaitkan kalimat dengan kontek-kontek yang sesuai bagi kalimat tersebut.

Contoh : (A+B)*(A-B)