Macam-macam Kanker Yang Sering Terjadi di Indonesia

Penyakit kanker, termasuk kanker serviks merupakan salah satu penyakit yang dapat menjadi penyebab kematian utama di dunia. Di Indonesia sendiri pun, penyakit kanker juga cukup tingg. Bahkan, penyakit ini cenderung meningkat setiap tahunnya. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mengetahui jenis-jenis kanker serta bagaimana cara mencegahnya.

beautiful-beauty-blouse

Pada umumnya, gejala yang terjadi pada penderita kanker tidak disadari. Sehingga, banyak sekali penderita kanker baru mengunjungi atau periksa ke dokter apabila sudah ada keluhan. Tak jarang, bahkan kadang ketahuan pada saat kanker sudah dalam stadium lanjut.

Kanker yang Sering Terjadi di Indonesia

1. Kanker paru-paru

Kanker paru-paru adalah penyakit mematikan yang sangat tenang, dan penyakit ini merupakan jenis kanker tingkat kematian tertinggi menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Salah satunya yakni karena sulitnya diagnosis dari kanker paru-paru dini. Kurang dari 40% penderita kanker paru-paru baru mendapat diagnosis setelah penyakit ini berkembang.

Kanker paru-paru juga tidak pandang bulu, yakni dapat mempengaruhi pria dan wanita, dengan tingginya faktor risiko penting bagi seseorang yang mengalami kanker paru-paru adalah merokok. Bukan hanya pada perokok aktif yang menderita kanker paru-paru, tapi juga perokok pasif bisa mengalaminya.

2. Kanker payudara

Kanker payudara merupakan penyakit tumor ganas yang telah berkembang dari sel-sel di payudara. Tumor ganas merupakan kumpulan-kumpulan dari sel kanker yang berkembang cepat ke jaringan sekitarnya atau menyebar ke bagian-bagian tubuh yang lain. Penyakit ini pun hampir selalu terjadi pada wanita, namun bisa juga terjadi pada pria.

Kanker payudara pada umumnya dialami oleh wanita, walaupun para pria mungkin masih mengalaminya. Gejala utama pada kanker payudara adalah adanya benjolan yang dirasa berbeda pada jaringan-jaringan di sekitar payudara, kadang-kadang disertai rasa sakit, hingga keluarnya cairan yang tidak normal dari dada.

3. Kanker kolorektal

Kanker kolorektal merupakan salah satu istilah untuk pertumbuhan kanker yang dimulai dengan pertumbuhan sel tidak normall yang menyebar dan menyebabkan kerusakan sel di sekitarnya pada lapisan mukosa usus besar dan yang ada pada rektum. Kanker kolorektal ini bisa berupa kanker usus besar atau kanker dubur, tergantung dimana kanker pertama terjadi.

4. Kanker serviks

Kanker yang satu ini merupakan salah satu bentuk yang paling umum terjadi pada wanita yang ada di seluruh dunia. Namun, pap smear biasa dapat membantu bagaimana diagnosa kanker pada stadium awal. Kanker serviks ini pun seringkali dapat disembuhkan jika terlihat lebih dini. Selain itu, terdapat beberapa cara untuk mengendalikan risiko.

5. Kanker hati

Kanker hati ini disebabkan karena karsinoma pada sel hati yang paling umum terjadi, tumor yang penting tumbuh di hati dan tidak bisa disebabkan oleh penyebaran organ lain yang ada di dalam tubuh. Kanker hati ini bermula di sel hati. Hati merupakan organ yang ada di sudut kanan atas perut di bawah diafragma.

Tidak semua kanker yang mempengaruhi hati disebut dengan kanker hati. Kanker yang disebabkan oleh organ lain di dalam tubuh, misalnya seperti usus, paru-paru atau payudara dan kemudian akan menyebar ke hati, bisa disebut dengan kanker metastatik atau kanker yang menyebar.

Kondisi kesehatan yang mengalami kanker akan dapat menurun secara drastis. Hal ini pun memengaruhi bagaimana anda beraktivitas. Kesehatan memang harus dijaga mulai sejak masih dini, apabila tidak mau merasakan bagaimana sakitnya terkena kanker pada organ anda.