Lulusan Manajemen Perhotelan di Semarang Masih Minim Dibanding Peluang Kerja

perhotelan-talk-show_20160402_172357

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG – Banyaknya peluang bekerja di bidang perhotelan tidak sebanding dengan jumlah lulusan. Hal itu diungkapkan oleh sekretaris Dinas Pendidikan Kota Semarang, Dr Sudjono dalam talk show launching prodi D4 manajemen perhotelan Universitas Dian Nuswantoro di Rama Shinta Ballroom Patra Jasa Hotel, Semarang, Sabtu (2/4/2016).

Talk show yang mengangkat tema perkembangan industri perhotelan dan tantangannya bagi dunia pendidikan tersebut, Sudjono mencontohkan hanya ada dua SMK Negeri di Semarang yang didalamnya ada prodi perhotelannya dari total 11 SMK Negeri. Hal itu menunjukkan memang minimnya minat untuk menempuh studi perhotelan.

“Mindset anak-anak memang setelah SMK rata-rata mereka ingin meneruskan, kalau tidak meneruskan di jenjang kedokteran, ya teknik. Nah ini yang harusnya diubah,” ucapnya dihadapan puluhan peserta yang beberapa di antaranya adalah guru tingkat SMK tersebut.

Menurut, General Manajer Hotel Patra Jasa, Agus Santoso, minimnya minat yang berpengaruh pada jumlah lulusan itu juga terpengaruh pada citra buruk yang menempel saat orang bekerja di hotel.

“Bekerja dimana? di jawab di hotel. dulu orang mengernyitkan dahi karena memandang hotel sebagai tempat negatif, sekarang mungkin sudah tidak banyak pandangan tersebut,” imbuhnya.

Seiring dengan pudarnya pandangan itu, bisnis perhotelan berkembang, namun lulusan yang ahli dalam bidangnya masih sangat sedikit. Menjawab hal tersebut Kaprodi D4 Manajemen Perhotelan Udinus R Arief Nugroho meyakinkan bahwa prodi yang akan ia pimpin bisa memenuhi peluang tersebut.

“Apalagi bapak Rektor juga berkomitmen akan menyediakan laboratorium perhotelan sebagai tempat mahasiswa praktik nantinya, kami sudah mulai melakukan penerimaan mahasiswa baru semester ini dan kami buka dua kelas terlebih dahulu,” imbuh Arief.

Ia menambahkan, saat ini juga sudah bekerja sama dengan beberapa hotel di Semarang baik untuk urusan pembelajaran maupun penyaluran tenaga kerja. Selayaknya program D4 mahasiswa prodi tersebut nantinya akan mengenyam 144 sks yang 70 materinya adalah praktin dan sisanya teori. (*)

Sumber : http://jateng.tribunnews.com/2016/04/03/lulusan-manajemen-perhotelan-di-semarang-masih-minim-dibanding-peluang-kerja

Published by

Safira Tiara Sukma

Manajemen Perhotelan - Fakultas Ilmu Budaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *