Home » Bisnis » 18 Tips Kritis Jika Ingin Memiliki Bisnis Startup Yang Sustainable !

18 Tips Kritis Jika Ingin Memiliki Bisnis Startup Yang Sustainable !

18 Tips Kritis Jika Ingin Memiliki Bisnis Startup

Mungkin banyak dari kalian yang masih bingung dengan istilah bisnis startup. Bisnis startup adalah fase awal sebuah perusahaan yang masih berkembang dan belum lama beroperasi. Biasanya, bisnis startup bergerak pada bidang teknologi, terutama website. Kira-kira apa saja ya, hal yang sebaiknya dilakukan ataupun dipertimbangkan sebelum memulai bisnis startup ? Yuk kita simak!

1. Mulailah, Jangan Hanya Dipikirkan.

Hal pertama yang harus kamu lakukan saat akan memulai bisnis startup milikmu adalah berhenti berpikir. Eits, maksudnya bukan sama sekali ngga mikir lho, ya. Tapi, janganlah berpikir terlalu panjang terutama terkait kesuksesan bisnis startup-mu. Jalani, dan mulai saja bisnismu. Jangan sampai ide bisnismu yang brilian justru diambil orang.

2. Jual Apa Saja.

Banyak orang yang ingin membuat bisnis startup kebingungan akan menjual produk seperti apa. Padahal, kamu dapat menjual apa saja, lho. Ingatlah jika tidak ada bisnis yang benar-benar baru. Yang ada hanyalah bisnis yang berbeda atau bisnis yang lebih baik. Jadi, ayo segera wujudkan!

3. Tentukan Strategi Bisnismu.

Sebelum membuat startup, tentukanlah strategi yang akan kamu lakukan. Tentukan visi dan misi dari startup milikmu, atau bagaimana menghasilkan produk yang sesuai. Dengan begitu kamu dan tim tidak akan kehilangan arah di tengah jalan. Jangan sampai tim sudah direkrut tapi kebingungan akan melakukan hal apa

4. Meminta Nasehat Kepada yang Sudah Ahli.

Saat kamu memulai bisnis startup, pasti banyak pertanyaan yang muncul dalam benakmu. “bagaimana cara menjualnya, ya?” atau “perusahaan ini didaftarkan kemana, ya?”. Agar pertanyaanmu terjawab, mintalah nasehat kepada orang-orang yang ahli pada bidangnya. Hayo, kamu nggak mau tersesat di jalan, kan?

5. Agar Efisien, Kamu Juga Bisa Mempekerjakan Orang Secara Jarak Jauh.

Mempekerjakan karyawan jarak jauh atau istilah Bahasa Inggrisnya remote workers dapat juga dijadikan alternatif saat kamu membuka bisnis startup. Alasannya, kamu akan kesulitan menemukan pekerja yang kompeten yang dapat hadir di lingkunganmu. Selain lebih efisien, kamu juga dapat menghemat banyak biaya dengan tips ini.

6. Cari Partner yang Sepadan.

Perusahaan yang baik tidak akan bisa maju oleh satu individu. Untuk itu carilah partner startup bisnis yang sesuai dan memiliki satu tujuan denganmu. Setelah bertemu dengan pasangan yang pas untuk memulai startup, bicarakan dan kembangkan ide-ide kalian.

7. Cari Pekerja yang Mau Bekerja Keras.

Saat berencana membuat startup bisnis, usahakan untuk merekrut orang-orang terpilih yang pekerja keras. Jika kesulitan untuk menilainya, mintalah referensi orang terdekatmu. Siapa tahu mereka memiliki kolega atau keluarga yang sesuai dengan kriteriamu. Dengan merekrut orang-orang yang memiliki “kedekatan” denganmu, adaptasi yang dilakukan juga akan menjadi lebih mudah. Menarik bukan?

8. Jangan Dulu Mencari Keuntungan.

Meskipun tidak dapat dipungkiri jika setiap perusahaan pasti menginginkan keuntungan yang besar, hal ini jangan kamu gunakan jika startup bisnismu belum stabil. Fokuslah menghasilkan produk yang unggul sehingga barang yang akan dijual dapat bersaing. Jika barang yang dihasilkan unggul, tentunya keuntungan akan datang dengan sendirinya.

9. Fokuskan Uangmu Pada Pemasaran.

Jika startup bisnis baru kamu mulai, fokuskan juga perusahaanmu dalam hal pemasaran. Karena tanpa pemasaran yang baik, belum tentu produk yang telah dibuat dengan baik oleh tim milikmu dapat laku terjual. Jangan sampai usaha yang telah mati-matian kamu buat terbuang sia-sia hanya karena startup bisnismu tidak siap dalam segi pemasaran.

10. Pilihlah Orang Yang Ahli Pada Bidangnya.

Untuk membawahi bidang-bidang pada perusahaan startup milikmu, cobalah untuk merekrut tenaga siap pakai yang memang sudah ahli. Jika sulit untuk menemukannya, kamu juga bisa merekrut orang-orang pintar dari kampusmu untuk bersama-sama membangun startup bisnismu. Jangan lupa untuk memilih orang dengan loyalistas yang tinggi agar tidak mudah menyerah. Kamu tidak mau kan startup bisnismu berhenti ditengah jalan?

11. Beranilah Untuk Menerima Kritik.

Sebagai pendiri sebuah startup bisnis, bukan berarti derajatmu lebih tinggi dari semua tim-mu. Terimalah kritik yang diutarakan oleh mereka. Apalagi jika hal tersebut merupakan kritik yang membangun dan baik untuk perusahaanmu. Kamu tidak mau kan, kondisi perusahaanmu tidak harmonis cuma karena bosnya diktator dan anti kritik?

12. Cintailah Bisnis Startup-mu.

Meskipun terdengar begitu sentimentil, mencintai bisnis merupakan hal yang paling krusial dalam sebuah startup. Logikanya, kamu tidak akan lelah mengorbankan apapun demi orang yang kamu cintai tanpa merasa lelah. Hal yang sama juga berlaku pada startup bisnis. Semakin kamu mencintai dan berusaha, tentunnya hasil yang besar akan kamu dapatkan.

13. Kemudian Buat Tim Kamu Jatuh Cinta Pada Pekerjaannya.

Setelah jatuh cinta pada bisnismu, buatlah tim kamu jatuh cinta pada perusahaan dan pekerjaan mereka. Satu lagi logika terkait hal ini, kamu tidak akan mempekerjakan pengasuh yang tidak mencintai anakmu bukan? Jika pekerjamu mencintai dan menikmati pekerjaan mereka, tentunya mereka tidak akan merasa terbebani bekerja demi diri mereka sendiri dan perusahaan.

14. Lakukan Penelitian Pasar.

Sebelum memulai startup bisnis milikmu, jangan lupa untuk meninjau pasar terlebih dahulu. Tentukan apa kebutuhan konsumen, apa yang mereka inginkan atau apa yang sedang menjadi trend. Dengan melakukan riset pasar, tentunya kamu dapat menentukan harga dan membuat produk yang tepat sasaran.

15. Membuat Video Pemasaran yang Mudah Dipahami.

Buatlah video pemasaran terkait startup dan produknya agar mudah dipahami oleh konsumen. Tidak perlu panjang, buatlah secara sederhana namun pesannya tersampaikan. Apalagi sekarang sudah banyak media yang dapat dijadikan tempat promosi bagi startup milikmu. Bagaimana, menarik bukan?

16. Endorsement Artis.

Satu lagi metode pemasaran startup yang cocok di Indonesia. Yap, apalagi kalau bukan menggunakan jasa para artis. Mintalah bantuan endorsement pada mereka agar mengiklankan produk dari startup milikmu. Selain efisien, promosi dengan cara ini juga relatif membawa kesuksesan.

17. Rajin-rajinlah Datang Ke Seminar Startup.

Sebagai pemula dalam dunia bisnis, tentunya kamu tidak mau salah jalan. Untuk itu, datanglah ke berbagai seminar tentang startup yang menghadirkan orang-orang yang profesional dan berpengalaman dalam bidangnya. Dengan begitu, kamu akan mengetahui berbagai halangan, kesusahan serta keuntungan yang kamu dapatkan setelah memulai startup milikmu sendiri.

18. Hindari Perselisihan Antar Partner.

Setelah membuat produk dan siap untuk memulai startup, jangan sampai kamu berselisih paham dengan partner startup-mu sendiri. Tidak mungkin sebuah perusahaan berjalan jika pemimpinnya tidak satu paham. Untuk itu, penting sekali bagi kamu untuk memilih partner yang tepat. Serta jangan lupa untuk selalu mengelola emosimu dengan baik.

Begitulah kira-kita 18 tips yang dapat kamu pertimbangkan sebelum mengembangkan startup. Jangan lupa untuk dilakukan ya sebelum memulai startup bisnis milikmu. Kira-kira apalagi ya, yang harus dipertimbangkan sebelum memulai startup ?