Home » Ide Usaha » Peluang Bisnis Batu Bata, Cocok Untuk Anda Yang Berdomisili Di Desa

Peluang Bisnis Batu Bata, Cocok Untuk Anda Yang Berdomisili Di Desa

Peluang Bisnis Batu Bata

Peluang Bisnis Batu Bata- Bagi anda warga yang tinggal di pedesaan, banyak sekali hasil alam yang bisa diolah salah satunya adalah tanah liat. Tanah liat bisa diolah menjadi berbagai macam kerajinan gerabah, genteng, atau batu-bata. Seiring dengan kemajuan zaman, sektor pembangunan tumbuh dan bergerak secara dinamis.

Oleh sebab itu, kenapa Anda tidak mencoba memanfaatkan tanah liat di lahan kosong Anda untuk dijadikan batu-bata sebagai ladang bisnis ? Batu-bata merupakan bahan dasar bangunan yang sangat penting karena digunakan untuk pembangunan pondasi, tembok, pagar dan bangunan lainnya. Bagaimana peluang bisnis tersebut ke depannya? Untuk itu, berikut beberapa ulasan singkat tentang peluang bisnis batu-bata yang membantu memecahkan masalah finansial Anda:

Beberapa Hal Mengenai Peluang Bisnis Batu Bata

  1. Peralatan dan Bahan yang Dibutuhkan

Dalam pembuatannya, batu-bata termasuk salah satu komponen bangunan yang mudah dalam membuatnya. Selain itu, bahan bakunya pun mudah ditemukan dan tentunya harganya juga terjangkau. Namun, hal yang harus Anda perhatikan adalah peralatan-peralatan yang digunakan dalam proses pembuatannya. Peralatan yang dibutuhkan pun sederhana yakni adalah cangkul dan mesin pencetak batu-bata. Bahan bakunya pun sangat mudah ditemukan seperti tanah liat, sekam, kayu bakar, abu sisa pembakaran, dan air.

  1. Kualitas Produk

Dalam produksi batu-bata. Anda harus memperhatikan kualitas produk Anda agar para konsumen akan merasa puas dengan produk yang Anda buat. Batu-bata yang baik adalah batu-bata yang berwarna jingga kecoklatan dan tahan banting. Maka dari itu, pemilihan kualitas tanah liat, proses pencetakan, dan proses pembakaran yang tepat adalah solusi yang digunakan agar produk Anda menjadi tahan banting dan kuat.  

  1. Analisa Modal dan Keuntungan

Melihat kesempatan berbisnis batu-bata yang sangat menjajikan hasilnya, maka Anda harus memperhatikan analisa modal yang Anda jadikan sebagai patokan keuntungan dan kerugian. Pada dasarnya, bisnis pembuatan batu-bata menghabiskan modal yang lumayan besar karena Anda harus membeli berbagai mesin yang digunakan dalam proses pencetakan atau pembakaran. Berikut adalah  rancangan modal dan keuntungan dalam bisnis batu bata:

Mesin cetak batu-bata berdiesel : Rp. 18.000.000
Kayu bakar, sekam, dan cangkul  : Rp.      700.000
Tanah liat (lahan sendiri)  : –
Biaya operasional : Rp.   2.000.000
Gaji 5 karyawan per-bulan : Rp.   2.500.000
Biaya tidak terduga per-bulan : Rp.      500.000
Total  : Rp. 23.700.000

Apabila dalam sehari Anda memproduksi batu-bata sekitar 1.200 buah dengan harga Rp.750 per-batu-bata maka laba yang Anda peroleh dalam sebulan adalah sebagai berikut:

Pendapatan harian (1200x Rp.750)  : Rp.      900.000
Pendapatan bulanan (Rp.900.000 x 30 hari)  : Rp. 27.000.000
Keuntungan yang didapat (Rp.27.000.000 – Rp.23.700.000) : Rp.   3.300.000

Demikianlah beberapa ulasan mengenai peluang bisnis batu-bata yang sangat berguna bagi Anda yang hidup desa dengan memanfaatkan lahan kosong Anda. Semoga informasi tersebut bermanfaat!