Home » Startup » Keuntungan Membangun Bisnis Start Up Secara Bootstrapping

Keuntungan Membangun Bisnis Start Up Secara Bootstrapping

Keuntungan Membangun Bisnis Start Up Secara Bootstrapping

Seperti apa itu bootstrapping? Secara umum bootstrapping ini merupakan sebuah opsi didalam pendanaan operasional start up bisnis yang nantinya akan mengandalkan uang pribadi ataupun uang tim pembentuk startup tersebut.

Tentunya hal ini sangat berbeda dengan ketika start up yang kita lakukan mencari permodalan dari pihak investor yang mungkin memiliki prinsip dan konsep bisnis yang berbeda dengan yang kita miliki.

Ada beberapa aspek yang menjadi keuntungan dalam membangun bisnis start up bootstrapping. Dan beberapa keuntungan dari start up bootstrapping akan kami uraikan informasi lengkapnya berikut ini!

Keuntungan Membangun Bisnis Start Up Boostrapping

Ada beberapa aspek yang menjadi keuntungan utama dari bisnis start up bootstrapping. Beberapa keuntungan utama dari membangun bisnis start up secara bootstrapping diantaranya :

Fokus terhadap produk yang dikembangkan

Tanpa produk tak akan ada yang namanya sebuah bisnis start up. Karena itu produk sebagai hasil dari bisnis tentunya harus dikonsep dengan sangat sempurna supaya dapat meraih target pasar yang dituju. Akan tetapi memang ada satu masalahnya yaitu jika kita memulai sesuatu bisnis dengan sokongan dari pihak investor ataupun venture capital kadang kita akan dipaksa untuk memenuhi ekspektasi mereka padahal kita juga punya ekspektasi sendiri yang berbeda konsep terkadang dengan mereka.

Hal ini tentu saja akan membawa perbedaan ketika kita menjalankan bisnis startup dengan cara sistem bootstrap. Kita tidak akan terkekang didalam pengembangan ide produk dan kita dapat menerapkan ide sesuai dengan kreativitas kita dan tentunya sesuai dengan pengharapan kita tentang kualitasnya nanti.

Bahkan sistem marketing sampai dengan produk sampai di tangan konsumen bisa kita sesuaikan dengan ekspektasi kita sendiri.

Lebih mudah dalam melakukan eksekusi

Selain tentang produk yang lebih bisa difokuskan dengan ekspektasi kita sendiri, ketika kita menjalankan bisnis startup dengan konsep bootstrap nantinya kita juga dapat menjalankan proses eksekusi produk startup ke pasar dengan lebih luwes karena kita tidak terikat dan tidak tergantung dengan keberadaan investor yang terkadang malah menjadi beban untuk kita.

Hubungannya dengan pihak yang memiliki modal, memang benar jika mereka yang melakukan bisnis startup dengan sokongan pemodal dapat menjalankan eksekusi dan target yang lebih besar akan tetapi masalahnya ketika sebuah startup bisnis sudah memiliki nilai didalam melakukan evaluasi yang cukup besar nantinya tentu akan memberikan imbas pada besarnya juga sebuah ekspektasi yang diharapkan oleh pemangku kebijakan atau dalam kata lain yaitu pihak investor itu sendiri. Dan kalau tidak berhasil tentu saja resiko yang lebih besar akan didapat karena tentu saja pihak investor tidak ingin rugi dalam jumlah yang besar.

Mungkin itu beberapa hal yang Anda perlu pertimbangkan soal bootstrapping. Semoga informasi yang kami berikan diatas mengenai Keuntungan Membangun Bisnis Start Up Boostrapping bermanfaat.

Artikel menarik lainnya 18 tips kritis jika ingin memiliki bisnis startup yang sustainable