Home » Bisnis » Trik Bernegosiasi Dalam Berbisnis

Trik Bernegosiasi Dalam Berbisnis

Trik Bernegosiasi Dalam Berbisnis

Trik Bernegosiasi Dalam Berbisnis untuk para pengusaha tentunya akan sangat di butuhkan. Karena dalam bisnis negosiasi merupakan hal yang sangat vital. Negosiasi dalam berbisnis ini akan memiliki dampak kedepannya untuk bisnis yang sedang di lakukan, Maka dari itu pengusaha atau pebisnis haruslah menguasai dalam hal tersebut. Nah lalu apa saja trik bernegosiasi dalam berbisnis? Berikut ini jawabannya. Simak di bawah ini;

Pahami tentang karakter konsumen serta mencari solusi

Dengan berbagai karakter konsumen maka kita di tuntut untuk dapat memposisikan diri sesuai dengan karakter ataupun watak dari setiap konsumen. Ada beberapa cirri konsumen diantaranya ada yang senag protes, suka mendengar, kemudian ada yang pasif dan juga aktif. Dalam menghadapi hal tersebut kita terkadang juga kwalahan untuk menghadapi hal tersebut serta terkadang juga kwalahan dalam menanggapinya. Dengan berbagai karakter yang ada tersebut tentunya Anda juga harus memiliki referensi mengenai cara menghadapi para konsumen tersebut.

Sampaikan keunggulan produk Anda

Mengenal competitor di dalam dunia bisnis merupakan sebuah hal yang murah, dalam upaya mengantisipasi kegagalan dalam negosiasi bisnis, maka Anda tentunya juga harus pandai dalam memberikan penjelasan kepada konsumen mengenai keunggulan dari produk Anda.

Senyum, salam, sapa

Pernahkah Anda datang kesebuah Bank dimana petugasnya disana sangat ramah walaupun sebelumnya kita belum mengenal sama sekali. Walaupun itu hanyalah sebatas senyuman saja akan tetapi ini akan justru menjadi awal pembicaraan atau negosiasi pada bisnis yang akan Anda lakukan. Kemudian setelah senyum kemudian Anda memperkenalkan nama kemudian Jabatan pada perusahaan Anda dan Anda jangan dengan intonasi yang terburu-buru, memiliki intonsi yang tegas serta tunjukkan keramahan pada lawan bicara Anda.

Berikan Jawaban Dengan Lengkap

Pada saat konsumen bertanya dengan mendetail mengenai profil Anda serta rincian pada produk Anda,  maka ini akan dapat sangat membantu untuk konsumen mengetahui mengenai kredibilitas dari usaha atau bisnis Anda. Maka dari itu itu, cobalah Anda untuk menjawab pertanyaan konsumen dengan lengkap serta mendetail dan jangan pernah Anda menjawab dengan menggunakan nada yang meragukan. Jadi, sebaiknya untuk melakukan negosiasi bisnis maka para pemilik usaha juga harus tahu mengenai profil, kemudian juga filosofi, serta untuk membelalaki diri mereka dengan produk knowledge yang akan Anda negosiasikan kepada calon konsumen ataupun investor.

Tawar menawar itu wajar

Jika kita mengenal dengan istilah tawar menawar ini meupakan hal yang wajar di dalam dunia bisnis Tawar menawar harga ini biasanya dilakukan kalau memang dari perhitungan rincian yang kita berikan perlu untuk dilakukan perbaikan. Namun Anda juga harus berhati-hati pada saat tawar menawar, jangan sampai dengan harga yang Anda negosiasikan ini tidak masuk range untuk omset Anda. Kemudian Anda Jelaskan secara rinci, kenapa sampai terjadi harga segitu dari yang kita tawarkan.

Jadilah pendengar

Selama saya menjalankan bisnis Anda juga harus selalu menanyakan berkenaan dengan kritikan-kritikan yang akan dapat membangun tentang kualitas dari produk Anda. Mendapatkan pujian ini mungkin biasa saja, akan tetapi pada waktu konsumen memberikan kritikan serta mensupport kita supaya lebih baik, ini akan dapt membantu supaya bisnis kita semakin kuat ada di pasaran. Maka dari itu, cobalah untuk menjadi pendengar pada saat konsumen menceritakan mengenai kurang puasnya mereka pada saat  memesan atau membeli produk Anda. Dengan Anda mendengar, maka konsumen akan dapat merasa dihargai dan kita akan dapat mengetahui mengenai apa yang konsumen inginkan.

Menentukan Kebijakan harga

Harga merupaka hal yang sangat sensitif dalam dunia bisnis. Kebijakan harga harus disesuaikan dengan perhitungan yang matematis dari semua modal yang sudah Anda gunakan atau habiskan. Yakin dengan kualitas service serta keunggulan dari produk Anda, tak ada salahnya memilih kisaran harga yang berbeda dengan pasaran. Yang terpenting, yaitu dengan memberikan kelebihan yang tidak dimiliki oleh kompetitor lainnya ketika melakukan negosiasi bisnis. Dengan begitu, kita bisa untuk memainkan emosional dari konsumen pada saat melakukan negosiasi.

Baca juga :

Itulah beberapa Trik Bernegosiasi Dalam Berbisnis yang tentunya bisa Anda coba terapkan. Jangan sampai bisnis yang Anda geluti tersebut rugi haanya karena cara negosiasi yang Anda lakukan salah.