Home » Tips dan Trik » Gunakan 7 JURUS Ini Untuk Memenangkan Proposal Bisnis Anda

Gunakan 7 JURUS Ini Untuk Memenangkan Proposal Bisnis Anda

 

Dalam lingkungan yang sangat kompetitif dengan keterbatasan anggaran yang ketat, solusi proposal bisnis Anda tidak hanya harus sesuai tetapi juga responsif, kompetitif dan meyakinkan. Dari sisi biaya, hampir tidak mungkin berdampak pada proposal teknis. Tetapi Anda dapat mengikuti 7 jurus dasar yang akan sangat membantu Anda untuk membuat proposal bisnis menjadi proposal yang prospektif, diantaranya adalah :

Miliki dan manfaatkan informasi pelanggan saat ini  dan ketahui faktor-faktor pasar yang mendorong harga

Mengetahui apa yang pelanggan Anda lakukan adalah langkah pertama. Anda hanya menebak-nebak tentang pelanggan tanpa mengetahui riwayat pembelian mereka sebelumnya, tekanan anggaran mereka, pendanaan program resmi, deduksi untuk dukungan program, staf pelanggan dan cadangan serta perkiraan biaya independen mereka dan apakah mereka berorientasi pada harga atau berorientasi pada kinerja. Anda harus mendapatkan kecerdasan Anda secara etis.

Ketahui berapa biaya perusahaan Anda untuk berbisnis

Kami sering mendengar dari banyak perusahaan bahwa mereka tidak dapat mengetahui berapa biayanya untuk melakukan pekerjaan sampai RFP final keluar. Perlu Anda ketahui bahwa itu omong kosong. Dengan rancangan RFP, Anda dapat melakukan perkiraan awal berapa biaya yang harus Anda keluarkan untuk pekerjaan itu. Tanpa rancangan RFP, Anda harus memiliki cukup intelijen tentang pengadaan untuk memperkirakan berapa biayanya. Ingat ini bukan ilmu pasti dan Anda akan menjadi lebih akurat ketika Anda mendekati RFP yang sebenarnya. Mengetahui biaya awal akan membantu Anda menjadi kreatif di langkah terakhir. Jika Anda menunggu hingga RFP final keluar, maka Anda terlambat membuat perbedaan kreatif dalam harga Anda karena Anda terlalu sibuk menebak berapa biaya sebenarnya. Dengan pengetahuan tentang biaya Anda sejak awal, maka Anda dapat membuat banyak pilihan kreatif untuk menang.

Ketahui biaya pesaing Anda untuk melakukan bisnis yang sama

Tanpa informasi kompetitif, maka  Anda hanya menebak apa yang diperlukan untuk menang. Informasi ini sudah tersedia melalui GSA Advantage, pencarian internet, permintaan FOIA dan layanan pencarian berlangganan seperti EZGovOpps dan GovWin. Cari tahu siapa rekan tim pesaing Anda dan bagaimana mereka akan menawar dengan melihat kemenangan di masa lalu oleh pesaing Anda dan rekan satu tim mereka. Kumpulkan informasi intelijen tentang investasi korporat apa yang mungkin mereka buat dalam proyek dan apa kemungkinan pendekatan yang akan mereka tawarkan. Cari tahu trik kecil yang digunakan pesaing Anda untuk mendapatkan harga yang lebih rendah seperti mengubah lokasi kerja untuk mendapatkan basis yang lebih rendah, menanamkan alat yang ditingkatkan produktivitas dan penghijauan staf. Perusahaan cenderung melakukan hal yang sama dari waktu ke waktu. Anda juga perlu mempertimbangkan apakah pesaing Anda adalah pemain lama. Para pemain lama cenderung mengambil risiko lebih sedikit dan berpikir lebih sedikit ‘di luar kotak’.

Sediakan struktur perincian kerja yang dirancang dengan baik (WBS) yang terkait dengan pernyataan kinerja kinerja dan didukung oleh perkiraan dasar

Kami percaya bahwa tanpa WBS untuk memperkirakan pekerjaan yang digariskan dalam pernyataan kerja kinerja atau pernyataan kerja, maka Anda tidak dapat secara memadai memikirkan semua elemen yang terkait dengan kinerja. Anda cenderung meninggalkan beberapa elemen atau berpotensi melipatgandakan perkiraan Anda. Kami sering menemukan bahwa tiga level WBS cukup untuk memperkirakan pekerjaan. Selanjutnya, kami melihat bahwa kontraktor sering memperkirakan di semua tingkat WBS daripada hanya di tingkat ketiga, menyebabkan kebingungan dan perkiraan yang salah. Ketika Anda mengembangkan tingkat detail ini, maka lebih mudah untuk mendeteksi di mana Anda dapat melakukan koreksi, pemotongan atau penambahan pada biaya Anda.

Baca Juga Trik Bernegosiasi Dalam Berbisnis

Secara aktif tentukan investasi perusahaan Anda dalam proyek yang Anda tawarkan

Investasi perusahaan adalah barang-barang yang dibuat oleh perusahaan Anda untuk meningkatkan kinerja atau efisiensi proyek (pelatihan, perekrutan, transisi), investasi dalam properti, pabrik dan peralatan serta pengurangan spesifik proyek yang diambil oleh perusahaan dalam tingkat tidak langsung. Semua jenis investasi ini adalah yang ditanggung oleh perusahaan dan bukan merupakan item penggantian oleh Pemerintah.

Jadilah perusahaan yang mudah berbisnis

Perusahaan yang menang adalah perusahaan yang membuat evaluasi menjadi mudah, menyajikan data (teknis dan biaya) secara terorganisir dan menyajikan data dalam format tertulis serta elektronik. Bahkan jika RFP tidak meminta format elektronik, berikan kepada pemerintah dengan cara itu. Simpan semua rumus sehingga evaluator sehingga dapat dengan mudah mengikuti proses pemikiran Anda.

Bersikaplah kompetitif dan kreatiflah

Langkah ini paling mudah jika Anda telah memenuhi semua langkah yang tersisa sebelum langkah ini. Ini berarti Anda mengasah pensil dan pikiran Anda tentang tingkat tenaga kerja, penghijauan staf, de-eskalasi, struktur biaya kompetitif dan investasi perusahaan.

Itulah pembahasan mengenai Gunakan 7 JURUS Ini Untuk Memenangkan Proposal Bisnis Anda yang bisa diterapkan. Semoga bermanfaat


Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *