Universitas Jurusan Bisnis Manajemen

Universitas Jurusan Bisnis Manajemen

Apakah kamu tahu apa itu sebenarnya arti dari manajemen? Untuk kamu yang ingin mnlanjutkan kuliah di jurusan bisnis dan manajemen, kamu harus tahu apa itu arti kata manajemen yang sebenarnya. Ilmu manajemen adalah bisa dianggap sebagai ilmu paling tua di dunia karena pada zaman sebelum masehi pun, sebelum terciptanya suatu Bahasa, sebelum terciptanya mata uang, manusia manusia sudah mulai berkumpul untuk bertahan. Pada saat itu lah mereka mulai mengelola, mengatur, atau bahkan merencanakan bagaimana kelompok mereka seharusnya berjalan secara harmonis. Hal ini bisa dilihat dari peran seorang wanita yang memiliki tugas untuk memasak dan si lelaki yang memiliki tugas utnuk berburu oleh karena itulah ilmu manajemen dapat dikatakan sebagai ilmu paling tua jika dilihat dari pembagian peran yang telah dilakukan di masa tersebut.

Manajemen merupakan naluri manusia, mengapa? Karena hal tersebut dilakukan untuk mendapatkan suatu harmonisasi dan menghindari suatu kekacauan. Meskipun begitu, untuk kamu yang ingin sekali meneruskan pendidikan di bidang ini maka kamu harus siap untuk memimpin dan mengelola suatu instansi karena itulah tujuan dari pendidikan yang diselenggarakan di bidang bisnis manajemen. Oh, iya hal yan perlu kamu perhatikan adalah untuk memilih Universitas Jurusan Bisnis Manajemen.

Hal Yang Dipelajari di Universitas Jurusan Bisnis Manajemen

Setelah membaca apa yang sudah kami paparkan, banyak yang dari kalian yang pastinya sudah mendapatkan gambaran mengenai jurusan ini bukan? Memang nantinya kita akan belajar banyak sekali teori yang harus kita aplikasikan secara mandiri karena jika kta tidak seperti itu nantinya hal itu hanya akan menjadi teori saja. Banyak dari teman-teman dari penulis yang merasa desperate karena dia tidak terbiasa dengan hal hal yang perlu dihafal seperti itu. Sama yang sudah seperti dikatakan sebelumnya, akan lebih mudah untuk menerapkannya secara langsung jika hanya dijadikan bahan belajar saja. Justru, akan banyak sekali manfaatnya jika kita menerapkan ilmu manajemen. Berikut akan kami berikan garis besar hal-hal yang harus kamu pelajari jika kamu nantinya belajar di jurusan ini. Tips ini juga berlaku untuk mahasiswa-mahasiswa bisnis manajemen juga lhoo. Berikut Hal Yang Dipelajari di Universitas Jurusan Bisnis Manajemen

 

  1. Kamu harus memahami apa yang menjadi tujuan mu itu
  2. Mangumpulkan dan menganalisa data atau bahkan suatu informasi
  3. Menyusun rencana dan strategi yang efektif dan efisien
  4. Kamu harus mengaplikasikan rencana atau strategi yang sudah kamu buat tadi
  5. Mengevaluasi

Hal yang tersulit adalah untuk mengaplikasikan apa yang sudah kita rencanakan dengan matang karena nantinya, di lapangan, sudah menjadi bukan rahasia lagi jika keadaan tidak akan seperti apa yang kita bayangkan. Segala macam teori akan terpatahkan jika nyatanya, teori tersebut bertentangan dengan kenyataan yang hadir di lapangan itu seperti apa. Oleh karena itu, kita juga harus memiliki banyak rencana, mulai dari A aatau bahkan Z. hal itulah yang akan membuat kita terlihat penuh dengan kesiapan . banyak dari teman penulis sedang atau yang sudah lulus juga beranggapan bahwa teori saja tidak akan cukup untuk menghandle permasalahan tersebut, diperlukan yang adanya respons yang cepat dan ketanggapan yang super untuk mengatasi masalah yang muncul dilapangan, dan mereka juga berpesan kita harus fleksibel.

Universitas Jurusan Bisnis Manajemen

Baca juga : Sekolah Bisnis Terbaik di Indonesia

Daftar Universitas Jurusan Bisnis Manajemen

  1. Institut Pertanian Bogor

Siapa yang mengira bahwa kampus yang dinyatakan sebagai kampus paling hijau di Indonesia ini memiliki Fakultas Ekonomi Bisnis dan prodinya Manajemen ini memiliki akreditasi A. banyak yang mengira bahwa tidak aka nada prodi yang seperti itu di kampus hijau yang satu ini. Amat mengejutkan memang, tapi tidak disangka juga jika memilki akreditas A yang memang sudah diakui oleh Kementrian Riset dan Pendidikan Dikti kualitas dari penyelengaraan kegiatan belajr mengajarnya.

  1. Institut Teknologi Bandung

Nah, selain School of Business and Management nya yang terkenal, Intitut Teknik terbaik di Indonesia ini ternyata juga memiliki fakultas ekonomi bisnis yang berakreditasi A juga lho. Meski, konsentrasi ITB lebih mengacu ke dunia sains dan teknologi, nyatanya Institut yang terletak di kota Bandung ini juga begitu peduli dengan perkembangan dunia bisnis sehingga, ia membuka prodi Bisnis Manajemen yang hingga saat ini sudah diakui dan terkareditasi. Bagaimana? Tertarik? Namun, hal yang perlu kamu lakukan adalah belajar dengan giat ya, mengingat bahwa ITB tidak menyelenggarakan ujian mandiri sehingga para mahasiswanya hanya tersari melalui SNMPTN dan SBMPTN saja yang kalian semua tahu bagaimana atmosfer persaingan tersebut ya.

  1. Universitas Brawijaya

Universitas yang satu ini memang tidak perlu di bantah lagi kualitasnya karena memang sudah diakui melalui akreditasi Universitas yang sudah pernah dilakukan. Universitas Brawijaya dan akreditas yang di dapatkan adalah A. hingga sampai saat ini Universitas Brawijaya unggul dalam berbagai fakultas selain fakultas ekonomi bisnis tetapi juga fakultas Matematika dan IPA, Fakultas Kesehatan, dan lain-lain.

  1. Universitas Indonesia

Siapa yang tidak tahu dengan Universitas yamh digadamg-gadang sebagai universitas terbaik di Indonesia ini? Banyak sekali orang orang yang berkata “kalau ingin kuliah yang sudah pasti bagus, kuliah di UI aja” hal itu tidak berlebihan kok, nyatanya memang seperti itu lantaran Universitas Indonesia merupakan Universitas yang trtua di Indonesia sehingga pengembangan pengembangannya sudah sejak lama di lakukan oleh karena itulah yang membuat universitas yang terletak Depok, Jawa Barat ini sudah begitu siap kerena persiapan dan pengembangannya yang begitu lama sudah di lakukan. Hal itu, tidak berlaku di fakultas ekonomi dan bisnis saja ya. Akan tetapi, meliputi seluruh fakultas yang berada dalam naungan universitas tersebut.

  1. Universitas Jenderal Soedirman

Univeritas atau Perguruan Tinggi Negeri yang ada di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah ini berdiri pada tanggal 23 bulan September tahun 1963 ini memiliki lingkungan dan kondisi yang sangat tenang mengingat letaknya yang teramat dekat dengan kaki gunung Slamet memiliki udara ytang sejuk, suasana yang kondusif untuk melakuakn perkuliahan. Pada awal pendiriannya, memang fakultas ekonomi dan binsis sudah berdiri tapi hingga sekarangpun fakultas tersebut masih eksis dan malah mendapat akreditasi A dari kemenristek dikti.  Saat ini, Universitas Jenderal Soedirman memiliki lebih dari 50 program studi yang tersebar di 12 fakultas yang ada.

Akhir kata, memilih jurusan Bisnis atau Manajemen dapat membuat kamu lebih paham mengenai ilmu yang berguna untuk pengelolaan, perancangan strategi, hingga pengimplementasiannya. Tidak hanya itu, banyak sekali alumi di bidang ini yang dibutuhkan oleh perusahaan perusahaan terkenal karena pada saat ini banyak sekali perusahaan yang sudah aware dengan issue bisnis. Semoga bermanfaat.

About Author: dnfaizin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar