Home » spiritual » Kesaktian keturunan pangeran diponegoro

Kesaktian keturunan pangeran diponegoro

Keturunan Pangeran Diponegoro punya banyak cerita. Keluarga mereka diisahkan tidak cukup waktu 2 jam untuk. Satu perihal yang menarik adalah tentang karomah atau kemampuan ‘spektakuler’ yang dimiliki pewaris-pewaris darah Sang Pangeran.

Kisah ini disampaikan oleh Ki Roni Sodewo, Abdul Wafa, Damon Yusuf Martadiredja dan Pancawati Dewi. Keempatnya merupakan generasi ketujuh dan kedelapan dari Pangeran Diponegoro.

“Aku pernah melihat tombak Kiai Singkir milik mbah buyut aku. Tombak tersebut dikeluarkan pas jemur padi gabah. Jika ada mendung mau hujan, tombak itu ditancapkan lalu lenyap mendungnya,” kata Ki Roni saat berbicara dengan detikcom di area pemakaman Pangeran Djunet Dipolinggo, anak pangeran Diponegoro, di area Ciapus, Bogor, Jabar, pekan lalu.keturunan-pangeran-diponegoro

salah satu sesepuh dari keluarga Pancawati bahkan memiliki ilmu kebatinan dan pengobatan tradisional. Sebab kemampuan mengobati tadi, sampai-sampai sang eyang pernah diberi penghargaan dari universitas di Prancis

“Ada juga eyang kami yang bisa menguasai ilmu horoskop Jawa,” imbuhnya.

Selain karomah, pusaka juga diwariskan oleh sesepuh-sesepuh sampai generasi mutakhir. Sebagian besar, pusaka itu berbentuk keris.

“Kebanyakan Keris. Di tempat kami ada. Namun aku tidak bisa berjanji apakah keris ini dari Pangeran Diponegoro atau keturunan lainnya,” terang Roni kembali menimpali.

Keris-keris tersebut kini dirawat dan diwariskan turun temurun. Mereka kadang mengeluarkannya bila ada acara-acara tertentu.

Di pulang seluruh cerita tentang pusaka dan kesaktian, keluarga memiliki ‘warisan’ yang lebih krusial dari leluhur-leluhur, yakni cara hidup simpel, jujur, tegas dan berani serta bijaksana.

“Jadi Diponegoro itu tak meninggalkan warisan apa-apa selain ilmu,” terangnya.


Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *