Macam-Macam Virus Android yang Bisa Menyerang Smartphonemu!

Macam-Macam Virus Android yang Bisa Menyerang Smartphonemu! Virus merupakan hal yang bisa merusak baik membuat aplikasi tidak berjalan seperti seharusnya ataupun menghilangkan data-data penting yang kamu punya. Jika dulu virus hanya menyerang komputer, saat ini smartphone bisa terserang virus. Kamu harus mewaspadainya, maka dari itu sebelumnya kamu harus mengetahui macam-macam virus. Berikut ini ulasannya!

 virus Android

virus Android

Baca juga artikel lain di : http://student.blog.dinus.ac.id/teresa

Adware

Adware memang bukan termasuk virus seperti virus-virus lainnya. Namun sangat sering muncul dan mengganggu aktivitasmu ketika menggunakan smartphone. Adware adalah iklan-iklan yang mendadak muncul saat kamu sedang menggunakan aplikasi. Iklan yang biasa muncul merupakan iklan aplikasi yang juga dapat mengundang Adware.

Untuk mengatasi virus Android yang satu ini kamu harus membuka setting lalu security dan pilih Device Administrator. Setelahnya kamu akan melihat tampilan aplikasi dengan administrasi aktif. Jika kamu menemukan aplikasi yang mencurigkan, kamu bisa mencopot aplikasinya, sudah saatnya kamu membersihkan smartphone-mu dari aplikasi yang tidak wajar.

Malware

Malware merupakan virus yang sangat berbahaya bagi smartphone. Pada awalnya virus Malware menyerang komputer, tetapi karena perkembangan smartphone yang semakin melonjak membuat para pembuat virus pun akhirnya menciptakan virus Malware untuk smartphone. Virus Malware bisa mengacaukan sistem Android, membuat Androidmu menjadi bootlop, membuat memorimu tiba-tiba penuh, membuat koneksi internet menjadi lama, merusak data pengguna, dan dapat membengkakkan pemakaian data.

Cara mengatasi virus Android Malware, kamu bisa mengunduh dan menginstall antivirus pada smartphone-mu. Sudah banyak antivirus yang tersebar pada platform-platforn di Android. Untuk langkah lain, kamu bisa mencopot aplikasi-aplikasi yang mencurigakan di smartphone-mu. Jika kamu sudah menginstall aplikasi antivirus, maka akan terdeteksi dan kamu harus langsung menghapusnya.

Jika smartphone-mu terlanjur terkena virus Malware, kamu bisa mereset smartphone ke versi pabrik. Sebelum mereset pabrik, kamu bisa mem-back up data-data penting yang memang kamu butuhkan. Karena mereset pabrik artinya kamu akan kehilangan semua data yang ada pada smartphone-mu.

Baca juga : http://student.blog.dinus.ac.id/teresa/2019/02/14/aplikasi-office-android-harus-kamu-tahu/

Itulah ulasan mengenai macam-macam virus Android yang mesti kamu tahu beserta cara mengatasinya. Agar lebih pasti, kamu bisa hanya dengan mereset pabrik smartphone-mu. Namun, jika kamu menyayangkan, kamu bisa ikuti langkah termudah dulu untuk mengatasinya. Semoga artikel ini bermanfaat.

Comments are closed.