Trik Mengatasi Ponsel Sering Nge-lag atau Macet Tiba-tiba

Trik Mengatasi Ponsel Sering Nge-lag atau Macet Tiba-Tiba! Berkat kemajuan teknologi yang semakin canggih. Saat ini, banyak sekali produk smartphone yang ditawarkan dengan berbagai spesifikasi, keunggulan, serta fitur-fitur tertentu. Awalnya, mungkin kamu akan terpesona akan kinerjanya. Namun, seiring waktu berjalan, performa ponselmu kian lambat dan mulai sering terjadi nge-lag. Pasti dalam pikiranmu terbersit ada yang salah dengan ponselmu.

 trik mengatasi ponsel sering nge-lag

trik mengatasi ponsel sering nge-lag

Baca juga artikel lain di : http://student.blog.dinus.ac.id/teresa

Hal tersebut cukup wajar terjadi mengingat keadaan smartphone yang kadang kamu isi aplikasi dengan memori cukup besar dan multitasking yang kamu lakukan. Tentunya ini berpengaruh pada spesifikasi dari ponselmu. Karena hal-hal yang disebutkan tadi mampu membuat ponselmu nge-lag atau macet tiba-tiba.

Nah, untuk mengatasinya, berikut beberapa trik mengatasi ponsel sering nge-lag yang bisa kamu terapkan agar performa ponselmu kembali seperti sedia kala.

Hindari Multitasking

Hindarilah menggunakan aplikasi secara bersamaan, segera tutup aplikasi yang telah digunakan tersebut untuk membebaskan RAM yang terpakai. Memang, multitasking akan memudahkan pengerjaan kita dalam berpindah aplikasi satu ke aplikasi lainnya. Namun, dampaknya adalah membuat ponsel berjalan lambat.

Hal ini mengganggu sistem dan mengakibatkan loading lama karena prosesor sebagai otak dari ponsel menjalankan tugasnya dengan berat. Trik mengatasi ponsel sering nge-lag adalah menutup aplikasi yang tidak digunakan.

Nonaktifkan Notifikasi dari Aplikasi Tidak Penting atau Tidak Digunakan

Adanya pemberitahuan atau notifikasi dari aplikasi yang terinstall memang membuatmu mudah mengetahui apa yang menjadi isi notifikasi. Namun, hal tersebut nyatanya memakan prosesor yang tak sedikit. Apalagi jika setiap aplikasi kamu aktifkan, bisa dibayangkan bagimana kinerjanya?

Hapus Cache atau File Sampah

Di mana-mana, sampah memang harus dibuang. Sedangkan cache adalah sisa data penyimpanan yang ditinggalkan oleh data sistem aplikasi yang dijalankan. Penumpukan cache nyatanya juga bisa membuat kinerja ponselmu lambat loh. Cache ini bisa juga disebut dengan history jika di browser. Untuk mengatasinya yaitu gunakan trik mengatasi ponsel sering nge-lag dengan menghapus cache atau file sampah. Chatting di inbox juga pengaruh ke memori internal dari ponsel yang bisa berakibat ke lemotnya kinerja dan sering nge-lag.

Baca juga : http://student.blog.dinus.ac.id/teresa/2019/04/10/tips-membersihkan-layar-ponsel/

Selain itu, trik mengatasi ponsel sering nge-lag yang lainnya yaitu hindari penggunakan widget, live wallpaper, dan lain sebagainya.

Comments are closed.