Mengenal Berbagai Jenis Versi Android, Dari Perama Hingga Terbaru

Mengenal Berbagai Jenis Versi Android, Dari Pertama Hingga Terbaru! Android merupakan salah satu sistem pengoperasian mobile yang dibuat oleh Google. Sistem ini sudah melakukan pembaruannya sejak lama.

jenis versi Android

jenis versi Android

Baca juga artikel lain di : http://student.blog.dinus.ac.id/teresa

Perlu kamu ketahui, bahwa dari dulu hingga sekarang, setiap versi Android selalu diikuti dengan nama-nama makanan manis, yang awalan hurufnya berurutan. Penggunaan nama tersebut mungkin mempunyai maksud tertentu, salah satunya yang bisa dirasakan adalah lebih mudah dalam membedakan setiap jenis Android.

Bagi yang belum mengetahuinya, berikut beragam jenis versi Android serta penjelasannya. Sebenarnya, Android versi pertama hadir pada sebuah ponsel HTC Dream.

Sebagai awalan, Android ini hanya diberikan nama dengan sebuah angka saja (Android 1.0), tanpa tambahan nama makanan manis seperti yang terdapat pada versi di atasnya.

Android 1.5 Cupcake

Pada jenis versi Android yang pertama ini, mulailah sistem moblie dinamai Android 1.5 Cupcake. Kelebihan yang dibawanya ini yaitu fitur onscreen keyboard, yang telah menggantikan pemakaian papan ketik fisik sebelumnya. Lalu, mereka juga menambahkan fitur baru, yakni kemampuan merekam video melalui ponsel.

Android 1.6 Donut

Karena terus melakukan pembaruan, Google akhirnya menciptakan Android 1.6 Donut. Pada versi ini fitur baru yang ditambahkan adalah sistem jaringan dan layar ponsel, yang mendukung penggunaan jaringan CDMA. Layar yang dihadirkan pun banyak ukurannya dan keren. Lalu ada pula fitur search box pada layar utama.

Android 2.0 Eclair

Selanjutnya Google menciptakan jenis versi Android 2.0 Eclair. Versi ini telah menambahkan fitur yang bisa membantu dalam berpergian hingga mencari tempat. Google Map namanya, yang dilengkapi dengan peta, sistem navigasi, hingga voice guidance. Lalu ada pula fitur berupa dukungan HTML5 pada browser, pemutar video, serta lock screen yang telah dikembangkan dengan cara swipe.

Android 2.2 Froyo

Fitur baru pada versi ini adalah adanya homescreen yang bisa ditambah hingga 5 buah, dukungan mobile hotspot, hingga lock screen.

Android 2.3 Gingerbread

Pada jenis versi Android yang satu ini terdapat penambahan fitur battery management, yang bisa menginformasikan pemakaian daya pada setip aplikasi.

Android 3.0 Honeycomb

Versi ini membawa perubahan tema yang lebih baru, serta memunculkan tombol-tombol navigasi pada layar utama.

Android 4.0 Ice Cream Sandwich

Fitur baru banyak dibawa jenis versi Android ini seperti face unlock, jejak penggunaan data internet, aplikasi email, kalender baru, hingga dukungan sistem NFC.

Android 4.1 Jellybean

Dalam versi ini, Android membawa fitur teknologi asisten digital Google Now, dengan cara akses menggunakan sapuan jari pada home screen. Proses navigasinya pun lebih mulus.

Android 4.4 Kitkat

Jenis versi Android Kitkat mempersembahkan tempilan yang lebih bagus, bahkan aplikasi bawaan mempunyai desain baru. Serta adanya fitur baru perintah suara “OK Google” yang berguna untuk menggunakan Google Now secara cepat.

Android 5.0 Lollipop

Pada versi kali ini, Android membawa fitur antarmuka serba “flat” pada ponsel, dan dukungan format gambar RAW yang berkualitas.

Android 6.0 Marshmallow

Pada jenis versi Android ini ada fitur baru berupa search bar dan tambahan dukungan sensor pemindai sidik jari, sehingga lock screen lebih aman.

Android 7.0 Nougat

Fitur yang baru pada versi ini yaitu dukungan multiwindow, dimana pengguna dapat melakukan dua aplikasi dengan jendela terpisah. Pengguna juga bisa mengatur pembatasan pemakaian kuota.

Android 8.0 Oreo

Fitur pada jenis versi Android ini menambahkan fitur baru PictureinPicture, serta merombak sistem notifikasi sebelumnya, sehingga penggunaannya lebih lancar.

Android 9.0 Pie

Sistem yang paling terbaru ini, membawa fitur baru dengan mengganti tiga tombol navigasinya menjadi bentuk elips, serta mendukung multitasking kamu.

Baca juga : http://student.blog.dinus.ac.id/teresa/2019/06/15/android-versi-8-0-oreo/

Itulah beragam jenis versi Android yang dapat kamu ketahui, dari dulu hingga kini.

Comments are closed.