Cara Mengatasi Morning Sickness

Morning sickness merupakan perubahan hormone yang terjadi pada trimester pertama yang terjadi pada wanita hamil. Beberapa pakar yang menduga bahwa ada kaitan antara hCG dengan terjadi morning sickness. Yang dimaksud dengan hcG (Human chorionic Gonadoptrin) yaitu suatu hormone yang terbentuk selama masa kehamilan.

cara-mengatasi-morning-sickness Hormon ini biasanya dihasilkan oleh plasenta. Hormon inilah yang menjaga selama kehamilan dan juga menjaga produksi hormon kehamilan agar tetap stabil. Biasanya morning sickness dipengaruhi oleh penciuman yang meningkat sangat signifikan. Hal tersebut membuat ibu hamil lebih sensitif terhadap bau tertentu dan kondisi yang dapat memicu rasa mual dan muntah.

 

Mengatasi Morning Sickness

Jika morning sickness masih tergolong normal , Anda dapat menanganinya sendiri di rumah. Jangan sampai morning sickness mengganggu aktivitas sehari-hari Anda. Berikut beberapa cara yang dapat mengurangi morning sickness :

morning-sickness

    1. Usahakan istirahat yang cukup, karena jika kelelahan dapat memicu morning sickness lebih parah
    2. Pada waktu bangun tidur di pagi hari, sebelum beranjak dari tempat tidur ada baiknya Anda langsung makan roti kering atau bisa juga biskuit. Lakukan juga hal tersebut saat terbangun pada malam hari.
    3. Konsumsi air putih yang cukup disaat pagi hari dapat membantu mengurangi rasa mual.
    4. Hindari makan makanan yang panas, karena aromanya akan lebih tercium dibandingkan dengan makanan yang sudah dingin.
    5. Pilih makanan yang tinggi akan protein dan karbohidrat serta makanan yang mudah dicerna. Misalnya keju, susu dan yoghurt, selai kacang, atau bisa juga apel

morning-skiness

  1. Jauhi makanan yang berlemak, makanan dengan kandungan garam tinggi, dan juga makanan pedas
  2. Makanlah makanan dengan porsi sedikit namun sering, dari pada makan dengan porsi yang besar sekaligus. Ibu hamil biasanya sering merasa lapar pada 1-2 jam sekali.
  3. Konsumsi prosuk yang berbahan dasar jahe, seperti minuman jahe atau permen jahe, untuk menghindari rasa mual.
  4. Jauhi makanan yang memiliki bau-bauan yang berlebihan, karena dapat memicu rasa mual
  5. Sebaiknya Anda dapat berjalan-berjalan di luar rumah pada pagi hari dan juga sore hari untuk mendapatkan udara segar.
  6. Untuk ibu hamil dilarang merokok dan dianjurkan untuk menjauhi asap rokok agar tidak mudah mual
  7. Konsumsi makanan yang mengandung vitamin B6 seperti biji-bijian dan juga kacang-kacangan
  8. Jangan terlalu memikirkan morning sickness. Alihkan perhatian Anda pada aktivitas ringan yang menyenangkan, karena seiring berjalannya waktu gejala morning sickness akan membaik.

 

 

Larangan Mengkonsumsi Nanas Untuk Ibu Hamil

Untuk kebanyakan ibu hamil salah satu pantangan yang sering kita dengar yaitu makan buah nanas. Berikut ada beberapa alasan dari larangan memakan buah nanas :

bahaya-nanas

  1. Kontraksi sebelum waktunya

Untuk kehamilan di trimester pertama, biasanya kehamilan tersebut sangat rentan terhaadap berbagai masalah kehamilan apalagi jika Anda memiliki rahim yang tidak kuat. Dibulan pertama pasti Anda dilarang untuk mengkonsumsi nanas atau mungkin minum jus nanas. Nanas mengandung bromelain yang dapat melemahkan serviks atau leher rahim, sehingga dikhawatirkan apabila dikonsumsi dengan jumlah yang banyak, kandungan tersebut akan menggangu kehamilan Anda.

Untuk sebagian orang memillih untuk tidak mengkonsumsi buah ini, tetapi jika Anda memang menginginkan buah nanas, Anda dapat mengkonsumsi buah nanas setelah memalui trimester pertama dengan jumlah yang terbatas dan sebaiknya Anda memilih buah nanas yang benar-benar matang.

nanas-untuk-bumil

  1. Keguguran

Buah nanas memiliki kandungan bromelain yang dikhawatirkan dapat mengganggu kondisi kandungan Anda. Hal ini lebih rentan apabila Anda memiliki riwayat keguguran sebelumnya. Sebaiknya hindari makan nanas yang masih muda dengan kulit yang berwarna hijau, meskipun demikian bukan berarti Anda dilarang memakan buah nanas, Anda tetap dapat mengkonsumsinya dengan jumlah yang terbatas,  dan usahakan pilihlah buah nanas yang benar-benar matang.

 

  1. Masalah kesehatan kehamilan

Rasa asam yang dimiliki buah nanas dapat mengakibatkan gangguan kesehatan pada lambung, apalagi ibu hamil yang memiliki riwayat penyakit maag. Meskipun buah nanas tetap dapat dikonsumsi oleh ibu hamil, namun untuk ibu hamil yang menderita gastritis sebaiknya tidak mengkonsumsi buah tersebut, karena akan menggangu kesehatan ibu dan janin.

Disini dapat kita simpulkan buah nanas memiliki kandungan vitamin C dan memiliki banyak nutrisi. Buah tersebut boleh saja dikonsumsi untuk ibu hamil dengan jumlah yang terbatas dan juga pilihan buah nanas yang telah matang.

nanas

Tidak semua ibu hamil dapat mengkonsumsi buah ini meskipun Anda memakannya dalam jumlah yang sedikit, namun bagi Anda yang memiliki masalah dengan maag dan gastritis lebih baik Anda menghindarinya terlebih  dahulu. Konsultasikan selalu kehamilan Anda dengan bidan atau dokter, begtu juga dengan makanan yang lainnya, pilihlah makanan yang terbaik untuk kehamilan Anda, dikarenakan setiap ibu hamil memiliki kondisi kesehatan yang berbeda-beda.

Meningkatkan Kesuburan Menggunakan Tauge

Semua pasangan yang telah menikah tentunya menantikan kehadirang seorang momongan didalam kehidupannya. Adanya seorang anak merupakan bukti dari buah kasih antara seorang wanita dan juga seorang pria. Seorang suami akan sangat bahagia apabila mendengar kabar jika istrinya telah mengandung seorang anaknya.

manfaat-tauge

Namun tidak semua pasangan suami istri yang belum dikaruniai seorang anak meskipin telah lama menikah. Hal tersebut merupakan persoalan besar bagi mereka dimana kondisi ini pasti membuat merekan menjadi was-was. Perasaan gelisah yang muncul sering manghantui dan tentunya mereka khawatir apakah mereka akan mendapatkan keturunan atau tidak.

manfaat-tauge-untuk-kesuburan

Untuk saat ini banyak pasangan suami istri yang menjalankan program kehamilan dengan mengkonsumsi tauge. Sayuran yang satu ini memiliki manfaat yang baik yaitu dapat meningkaykan kesuburan. Terlepas drai benar atau tidaknya penemuan tersebut, namun kita harus mengetahui nutrisi dan gizi yang terkandung didalamnya.

Salah satu bahan masakan ini sering dijadikan sebagai pelengkap suatu masakan. Sayuran ini memilliki bentuk kecil dan sangat bermanfaat untuk tubuh. Selain untuk menyembuhkan suatu penyakit sayuran ini jug diperkaya untu meningkatkan kesuburan wanita dan juga pria. Tauge memiliki kandungan gizi dan juga kandungan vitamin yang melimpah diantaranya, vitamin A, B, D, E, K, B1,B6, selain itu tauge juga memiliki berbagai nutrisi seperti magnesium, kalium, fosfor, zat besi, kalsium, asam lemak, omega 3 dan mangan.

subur-dengan-tauge

Kandungan enzim yang terdapat di dalam tauge sangatlah dibutuhkan oleh tubuh manusia karena dapat meningkatkan jumlah oksigen didalam tubuh. Vitamin E yang dikandung dalam taugae mampu meningkatkan kesuburan pada pria. Tidak hanya itu, vitamin E pada tauge bersifat anti oksidan dapat melindungi sel-sel tidur dari radikal bebas. Dengan Anda mengkonsumsi tauge dengan teratur, kemungkinan vitamin E yang terkandung pada tauge dapat menjaga dan melindungi sperma dari kerusakan akibat dari serangan radikal bebas.

Untuk wanita, tauge dapat membantu untuk menigkatkan kesuburan pada sel-sel telur dan juga menjaga kesehatan rahim. Nutrisi yang dikandung tauge dapat mengurangi resiko dari bayi terlahir cacat dan juga resiko keguguran. Tidak hanya itu saja, tauge juga mampu membersihkan tubuh drai kelebihan hormone yang biasa dialami oleh wanita.