Simaklah Penguatan Literasi Hate Free Day dalam Pembelajaran Sekolah

Evaluasi berbasiskan e-learning di bangku SD-SMA mesti memperkuat ciri-ciri cinta damai sesuai dengan Ketentuan Presiden (Perpres) Nomer 87/2017 mengenai Penguatan Pendidikan Ciri-ciri (PPK). Dari 17 ciri-ciri itu, tidak hanya cinta damai, evaluasi mesti fokus pada kompetensi semangat berkebangsaan, cinta tanah air, perduli lingkungan, perduli sosial, serta bertanggungjawab.

Artikel Terkait : strategi pembelajaran PDF

Mengkonsumsi content ramah mesti dimasukkan dalam evaluasi berbasiskan e-learning. Modelnya, anak-anak memakai gadget (gawai) di kelas yang tidak sebatas belajar materi sekolah saja. Tetapi jadi wahana memperkuat hate free day (hari bebas kedengkian).

Penguatan ini periode panjangnya memberantas benih radikalisme di sekolah. Periode pendeknya, anak-anak serta pelajar dapat bebas dari hate speech (ajaran kedengkian) yang sekarang menjalar.

Guru, dosen, serta periset alat evaluasi begitu bertindak membumikan serta memperkuat hate free day. Tidak cuma berupa pembiasaan, tetapi mesti terkonsep rapi lewat evaluasi. Ide penguatan ini sesuai dengan arah pemerintah membumikan literasi era 21 menjadi jalan keluar menjawab rintangan masa Revolusi Industri 4.0 ini.

Penguatan Berbasiskan MLM

Apa yang dikerjakan guru di kelas tidak sebatas konseptual, tetapi telah tataran tehnis dalam evaluasi. Waktu menulis serta mempelajari tesis, ada penemuan evaluasi konvensial seperti cara ceramah sudah tidak wajar. Di tahap SD, anak-anak hampir 85 % condong kaku, monoton, serta jemu di kelas bila metodenya kuno. Satu diantara jalan keluarnya meningkatkan evaluasi berbasiskan mobile learning alat (MLM) sesuai dengan prinsip literasi era 21.

MLM begitu pas jadikan alat serta skema evaluasi untuk memperkuat hate free day. Teknisnya, guru dapat membuat aplikasi simpel lewat power poin atau pdf, yang dibuat dengan aplikasi atau flash. Di dalamnya, dikasih content/materi inti pelajaran sesuai dengan gagasan evaluasi. Lantas lagu-lagu daerah, video ramah berbasiskan kearifan lokal, serta lingkup alat online dan sosmed. Lalu dikaitkan literasi hate free day serta bahayanya buat anak-anak.

Penguatan ini dapat dalam beberapa lingkup sesuai dengan materi pelajaran serta kaitan materi bermuatan hate free day. Pertama, arah materi literasi alat, anak-anak dapat sampai standard kompetensi serta kompetensi basic melek alat, sumber berita, info, serta berita ramah, radikal serta hate speech. Dalam MLM spesial kolom ini, dapat diaplikasikan dengan menyambungkan gadget anak-anak untuk lihat langsung berita hate speech, hoaks serta berita kredibel.

Baca Juga : metode pembelajaran kooperatif

Ke-2, lagu-lagu serta video kearifan lokal dapat memperkuat kompetensi nasionalisme/semangat berkebangsaan, perduli lingkungan, perduli sosial, bertanggungjawab, sampai pada ketercapaian sikap bela negara. Bila ini telah tertanam di bangku sekolah, anak-anak tentu berjiwa nasionalis, setia NKRI, pancasilais, serta menghormati ketidaksamaan.

Ke-3, dalam MLM menyediakan karya anak berisi tulisan-tulisan puisi, cerpen, yang dapat tingkatkan perasaan halus serta damai. Tulisan ini dapat waktu evaluasi berjalan atau waktu di dalam rumah. Maksudnya supaya mereka mempunyai spirit cinta damai tanpa ada radikalisme.

Memutuskan Akarnya

Pemutusan akar-akar radikal dapat dikerjakan evaluasi sekolah. Dalam evaluasi, ada tiga elemen mesti dilihat. Pertama, materi sekolah mesti memutuskan akar radikalisme. Di SD, misalnya, materi tematik seperti Matematika, Bahasa Indonesia, PKn, mesti dikuatkan untuk memutuskan akar radikalisme.

Ke-2, cara, taktik, pendekatan serta mode evaluasi mesti memperkuat karakter-karakter sesuai dengan PPK diatas untuk bangun generasi nasionalis. Ke-3, alat evaluasi berbasiskan MLM telah sesuai dengan kompetensi literasi era 21. Anak-anak dapat nikmati gadget di sekolah dengan evaluasi berbasiskan e-learning menyenangkan, aktif, serta membuat anak melek literasi alat.

Ke empat, guru mesti jadi pioner pemutus hate speech melalui peranan serta manfaatnya dalam evaluasi. Semuanya dikerjakan dengan menggerakkan hate speech day jadi iklim evaluasi. Melalui kelas literasi fokus memberantas hate speech berikut jadi langkah strategis membagun generasi santun, cinta damai serta antiradikalisme.

Guru mesti aktif bekerjasama dengan orangtua melalui mengirim photo/video semua kegiatan anak-anaknya di sekolah. Skema ini mesti dikerjakan guru supaya orangtua dapat mengatur anak-anaknya walau jarak jauh.

Tanpa ada mode semacam ini, guru sulit memutuskan akar radikalisme. Karena, anak-anak memang tidak dapat diminta tinggalkan gadget. Tetapi, guru mesti pintar dengan manfaatkan gadget dalam sekolah berbasiskan e-learning fokus hate speech day. Bila terwujud, pembangunan generasi berkarakter cinta damai akan terwujud serta dengan automatis memutuskan akar radikalisme di sekolah.

Simaklah Laba Bersih Bank Mandiri Triwulan I 2018 Capai Rp 5,9 Triliun

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk membukukan laba bersih sejumlah Rp5,9 triliun pada triwulan I 2018. Dengan perolehan itu, jadi penambahan yang berlangsung adalah sebesar 43,7 % dengan year-on-year. Bank pelat merah itu mengaku perolehan itu didorong oleh penghasilan operasional tidak hanya bunga atau fee based penghasilan yang tumbuh relatif relevan. Pada tiga bulan pertama 2018, fee based penghasilan yang diraup Bank Mandiri sampai Rp6 triliun atau tumbuh 14,7 % (year-on-year). Diluar itu, semua cost operasional juga teratasi tumbuh sebesar single digit.

Baca Juga : format laporan laba rugi

“Perseroan pun sukses melakukan perbaikan kualitas credit yang tampak dari penurunan rasio NPL dari 3,98 % jadi 3,32 % (year-on-year) hingga memotong alokasi cost pencadangan perseroan jadi Rp3,8 triliun,” kata Direktur Penting Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo dalam info sah pada Selasa (24/4/2018). Selanjutnya, Kartika mengatakan jika Bank Mandiri sudah melakukan penyaluran credit sebesar Rp703 triliun di akhir Maret kemarin. Dengan begitu, credit yang dialirkan juga bertambah 7,1 % dengan year-on-year, yang manakah peran pembiayaan produktifnya sebesar 77,5 % dari keseluruhan portofolio credit. “Kinerja baik itu juga sukses mengangkat nilai asset perseroan jadi Rp1.098,2 triliun di akhir triwulan I 2018, tumbuh 6,2 % dengan year-on-year,” papar Kartika. Selain itu, penyaluran credit investasi pun terdaftar naik 6,4 % (year-on-year) jadi Rp199,7 triliun. Perolehan itu juga disertai oleh credit modal kerja yang mencatatkan angka sebesar Rp276,5 triliun. Di lain sisi, perkembangan laba dengan usaha disumbang oleh fragmen korporasi serta ritel.

Lihat Juga : teknik pengumpulan data menurut para ahli

Terhitung di akhir Maret 2018, pembiayaan fragmen korporasi besar sampai Rp20,9 triliun atau tumbuh 8,9 % dengan year-on-year, credit mikro tumbuh 22,6 % jadi Rp85,6 triliun, serta credit konsumer yang tumbuh 14,7 % sampai Rp79,8 triliun. Simak juga: Bank Mandiri Ubah Rugi Rp260 Juta ke 140 Nasabah Korban Skimming Tiga Terduga Pembobol Bank Mandiri Rp1,4 Triliun Dicekal Kartika lalu mengutarakan jika Bank Mandiri sudah mengalirkan credit untuk infrastruktur sebesar Rp137 triliun atau sama dengan 59 % dari keseluruhan prinsip yang sudah dikasihkan sampai akhir triwulan I 2018, yaitu sebesar Rp232,6 triliun. “Kredit itu dialirkan pada tujuh bidang penting, yaitu transportasi, tenaga listrik, migas (minyak serta gas) serta daya terbarukan, konstruksi, perumahan rakyat serta sarana kota, telematika, jalan tol, serta infrastruktur yang lain,” tutur Kartika. Berkaitan dengan penyaluran Credit Usaha Rakyat (KUR), Bank Mandiri sudah memberi Rp3,55 triliun pada triwulan I 2018. Angka itu adalah 24,4 % dari tujuan penyaluran pada tahun ini yang sebesar Rp14,56 triliun. Mengenai Rp1,49 triliun salah satunya sudah dialirkan pada sektor-sektor seperti pertanian, perkebunan, serta perikanan. Menjadi satu diantara bank yang berperan pada program pertolongan sosial nasional, Bank Mandiri sudah mengalirkan pertolongan untuk Program Keluarga Keinginan sebesar Rp746,04 miliar pada 1,2 juta keluarga penerima faedah di semua Indonesia. Sedang untuk program Pertolongan Pangan Non Tunai (BPNT), Bank Mandiri terdaftar sudah mengalirkan sekitar Rp12,27 miliar pada 33 ribu keluarga penerima faedah.

Simaklah Ini Biaya Pendaftaran Sekolah Dinas

Pemerintah buka peluang pada siswa yang ingin masuk dengan sekolah ikatan dinas.

Ada delapan sekolah ikatan dinas yang buka pendaftaran serentak tahun ini.

Tetapi, ada yang berlainan dibanding tahun kemarin.

Simak Juga : sekolah ikatan dinas gratis

Kesempatan ini, pemerintah memungut cost sebesar Rp 50 ribu buat peserta yang akan ikuti SKD dengan CAT.

Hal tersebut sesuai Ketentuan Pemerintah No. 63/2016 mengenai Type serta Tarif atas Type Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang laku di Tubuh Kepegawaian Negara.‎

Diluar itu, ada banyak Sekolah Kedinasan yang memungut cost pendaftaran, yaitu PKN STAN (Kemenkeu), STTD (Kemenhub), STIS (BPS) serta STMKG (BMKG).

“Pengaturannya dikerjakan oleh semasing kementerian/instansi,” kata Deputi SDM Perangkat Kementerian Pendayagunaan Perangkat Negara serta Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Setiawan Wangsaatmadja di Jakarta, Rabu (1/3).

Menurut Setiawan, cuma peserta yang sudah dikatakan lulus keseluruhnya tingkatan seleksi yang dapat ikuti pendidikan.
Sedang pengangkatan jadi CPNS baru dikerjakan sesudah peserta dikatakan lulus pendidikan.

Diluar itu, peserta harus juga telah mendapatkan ijazah dari instansi pendidikan kedinasan berkaitan.

Peserta pun diletakkan di jabatan tersendiri berdasar pada saran dari kementerian/instansi berkaitan serta pemda yang lakukan skema pembibitan buat lulusan STTD.

Baca Juga : fungsi siklus krebs

Tetapi, semuanya berdasar pada susunan yang diputuskan MenPAN-RB.

Setiawan memperingatkan penduduk waspada pada peluang berlangsungnya penipuan yang dihubungkan dengan proses penerimaan calon siswa/taruna pada delapan sekolah kedinasan ini.

“Tidak ada satu orang atau pihak manakah juga yang dapat menolong kelulusan dengan keharusan menyiapkan uang dalam jumlahnya tersendiri. Jadi janganlah yakin calo,” tegas Setiawan.

Beginilah Meneliti Efek Rumput Laut dan Pemanasan Global, Nilai Ekonomis Tinggi, Mampu Ubah CO2 Jadi O2

SUHU bumi selalu alami penambahan. Makin panas. Satu diantara sebabnya ialah penambahan kandungan karbon dioksida (CO2) yang berada di atmosfer yang memunculkan dampak rumah kaca (green house gas/GHG).

Beberapa rujukan tunjukkan pada tahun 2013 suhu rata-rata permukaan bumi 14,6 derajat celcius. Serta tahun 2030 suhu permukaan bumi diperkirakan naik 2,1 derajat celcius. Bahkan juga pada 2050 suhu kembali naik tiga derajat celcius.

Data lainnya pun mengatakan Amerika Serikat menjadi penyumbang emisi CO2 paling besar. Sampai 21,9 % dari keseluruhan emisi CO2 dunia pada 2004. Hal tersebut dibarengi Tiongkok (17,4 %) serta India (4,1 %). Mengenai Indonesia cuma memberi emisi 1,2% dari keseluruhan emisi CO2 dunia.

Simak Juga : arah mata angin vector

Kenapa? Hal tersebut tidak lepas dari rumput laut. Siapa kira tanaman kecil semacam itu dapat menghalangi penambahan suhu bumi. Nur Indah Sari Arbit memaparkan dalam disertasinya. Dalam penelitiannya, dia temukan rumput laut bisa kurangi efek pemanasan global

Tanaman rumput laut dapat menyerap CO2 yang banyak terlarut di laut serta mengubah jadi O2 (oksigen). Proses fotosintesis. Diluar itu penyerapan CO2 terlarut di air laut dapat memantapkan kandungan asam air laut. Dimana bila kandungan asam begitu tinggi dapat memengaruhi ekosistem yang lain di laut.

Penambahan CO2 di atmosfer (termasuk juga dalam laut) sangat banyak karena kegiatan manusia. Seperti pembakaran bahan bakar fosil serta industri moderen. Bila tidak dikontrol akan tingkatkan dampak rumah kaca yang berimbas pada penambahan suhu bumi.

“Penelitian skenario pemanasan global jika berlangsung sesuai dengan simulasi penelitianku, jadi titik gawat dampak skenario pemanasan global pada rumput laut gracilaria changii berlangsung pada 2100 dengan kandungan CO2 1000 ppm (2018 kandungan CO2 400 ppm),” kata Nur Indah Sari Arbit, Rabu 10 April.

Selanjutnya wanita yang akrab dipanggil Indah ini bercerita dalam penelitiannya memakai spesies rumput laut type Gracillaria changii resapan CO2 lumayan besar. Dapat menyerap 15 % CO2 yang terlarut di air laut dalam taraf laboratorium saat 1x siklus hidup (45 hari).

Diluar itu, tanaman rumput laut pun cukuplah gampang dibudidayakan karena tahan pada pergantian lingkungan serta mempunyai daya penyesuaian yang cukuplah tinggi.

Rumput laut tidak hanya menyerap CO2 serta merubah jadi O2 (proses fotosintesis) ikut juga menyerap material lainnya seperti posfat, nitrat, logal berat, dan sebagainya. Senyawa itu terbawa waktu air tawar yang datang dari darat masuk dalam laut.

“Rumput laut dapat disebutkan menjadi tanaman penyaring air laut serta penstabil laut. Hingga begitu bagus untuk mengawasi lingkungan,” katanya.

Wanita kelahiran Pangkajene 30 tahun kemarin ini pula menerangkan jika peningkatan atau budidaya rumput laut seperti type gracillari changii begitu menguntungkan. Selain bisa kurangi pemanasan global, pun mempunyai nilai ekonomis yang lumayan baik. Tanaman ini adalah bahan penting pembuatan supaya.

Simak Juga : dampak efek rumah kaca

Hingga begitu diperlukan untuk berbagai industri makanan, pakan ternak, obat-obatan sampai industri kecantikan. Dengan situasi laut Indonesia yang begitu luas, komoditi rumput laut ini dapat jadi komodit andalan yang cukuplah menjanjikan.

Tanaman ini pun tidak mempunyai karakter yang patogen pada lingkungan bila tumbuh dalamn jumlahnya banyak (blooming). Pasalnya tanaman ini tidak membuahkan senyawa dapat mengakibatkan kerusakan lingkungan. Bahkan juga pada situasi alami tanaman Gracillaria sp jadi makanan untuk beberapa hewan laut.

“Kini banyak hasil riset yang mengatakan komoditi laut menjadi satu diantara tanaman yang mempunyai potensi kurangi pemanasan global, termasuk juga rumput di dalamnya. Bahkan juga tertuang di sejumlah pertemuan pergantian iklim dunia yang mengatakan elemen biotik (termasuk juga rumput) dapat jadi jalan keluar untuk menangani penamasan global,” kuncinya.

Simaklah Buka Tabungan Jenius, Bisa Punya 5 Kartu Debit Sekaligus

Buka rekening tabungan sekarang tidak butuh kembali ribet pergi ke bank. Perihal itu yang memicu PT Bank Tabungan Pensiun Nasional (BTPN) Tbk meluncurkan produk digital banking yang dinamakan Jenius.

Jenius adalah produk tabungan yang pembuatan rekeningnya perlu mengambil aplikasi di iOS ataupun Android. Keunggulannya, tabungan Jenius dapat digunakan untuk mengendalikan pengeluaran dengan begitu maksimal.

Product and Value Proposition Head Jenius, Irwan Trisnabudi menerangkan, nasabah dapat memperoleh 5 kartu debet sekaligus juga untuk penyusunan pengeluaran. Waktu buka tabungan jenius, nasabah automatis memperoleh 2 kartu debet yaitu e-Card menjadi kartu debet virtual seperti e-money, dan m-Card berbentuk kartu fisik yang diantar ke alamat nasabah.

Artikel Terkait : pengenalan bilangan prima
Tiga kartu yang lain yaitu x-Card, sama dengan e-Card serta m-Card, kartu itu dapat digunakan untuk tarik tunai serta transaksi berbelanja online serta off line di beberapa merchant berlogo Visa. Kartu debet x-Card sendiri baru dapat didapat dengan mendaftarnya di aplikasi Jenius serta di kirim 2 minggu lalu.

Irwan Trisnabudi, menerangkan pemakaian x-Card diperuntukkan supaya nasabah dapat membagi pengeluaran ke pos-pos tersendiri sesuai dengan keperluan, dan membagikan dana dari rekening Jenius ke semasing x-Card.

Nasabah akan memperoleh 3 kartu dengan warna berlainan yakni biru, hijau, serta ungu. Tiap-tiap kartu x-Card juga diperlengkapi 6 nomer pin menjadi pengaman.

“Fungsinya untuk batasi pengeluaran, contohnya warna ungu buat berbelanja bulanan, biru untuk beli bensin saja, hijau untuk keperluan darurat. Saldo tinggalkan pindahkan dari rekening Jenius ke kartu debet,” kata Irwan di acara Pengembangan Digital untuk Keringanan di Intro Jazz, BSD, Tanggerang Selatan, Rabu (25/1/2017).

Melalui alokasi pada semasing kartu, pengeluaran dapat ditata dengan begitu maksimal. Bahkan juga begitu berguna untuk pengawasan berbelanja.

“Contohnya untuk supir, kasih kartu biru spesial untuk beli bensin, dengan saldo demikian dapat beli demikian liter. Atau kasih anak kartu x-Card untuk keperluan beli buku, tetapi si anak nyatanya digunakan buat tonton bioskop. Semua transaksi semasing kartu dapat dicek di transaction history. Apa benar kartunya digunakan untuk beli buku atau ke bioskop, dapat tahu semua,” jelas Irwan.

Irwan menyatakan, Jenius bukan uang eletronik, tetapi tabungan dari tehnologi digital banking. Uang tabungan yang disimpan di Jenius juga memperoleh bunga yang nilainya 5% per tahun.

Simak Juga : pengertian neraca saldo

“Ini bukan uang eletronik tetapi tabungan, ada bunganya 5% per tahun bila menaruh uangnya di Jenius, ini produk tabungan yang dilindungi OJK. Pengisian saldo Jenius dapat melalui ATM atau transfer dari semua bank,” pungkas Irwan.

Simaklah Enam tonggak sokong pertumbuhan mapan

Pergantian yang berarti butuh untuk kembalikan keyakinan serta kepercayaan rakyat, ambil duga rumor serta cabaran yang ditemui kerajaan baharu.

Dia khususnya terkait defisit keyakinan pada kerajaan terdahulu.

Susulan itu kerajaan dalam laporan Analisis Separuh Penggal Perancangan Malaysia Ke-11 (RMKe-11), mengenalkan reformasi lengkap untuk memperkukuhkan kapasiti pentadbiran serta meningkatkan baik tadbir urus.

Tonggak pertama mempunyai tujuan mereformasi tadbir urus mengarah tingkatkan ketelusan serta kecekapan perkhidmatan pemula, dibarengi tonggak ke-2 buat memperkukuh pembangunan inklusif serta kesejahteraan rakyat.

Tonggak ke-3 mempunyai tujuan untuk wujudkan pembangunan lokasi yang seimbang, sesaat tonggak ke empat ialah untuk memperkasa modal insan.

Tonggak ke lima memberikan sandaran untuk tingkatkan kemampanan alam seputar lewat perkembangan hijau. Tonggak paling akhir menempatkan azas untuk memperkukuh perkembangan ekonomi mencakup semua bidang ekonomi.

Tonggak I: Mereformasi Tadbir Urus mengarah Tingkatkan Ketelusan serta Kecekapan Perkhidmatan Pemula

Satu dibanding bagian sandaran KSP ialah meningkatkan baik tadbir urus dan memberi dukungan akauntabiliti serta ketelusan dalam pentadbiran Kerajaan. Langkah yang tegas serta terkesan akan dilaksana untuk meningkatkan agenda reformasi mengarah memperkukuh proses semak serta imbang pada semua rangking buat kembalikan sebelumnya keyakinan serta kepercayaan rakyat.

Dalam soal ini, ide yang terkait dengan empat bagian keutamaan akan dilaksana iaitu meningkatkan baik tadbir urus pada semua rangking, tingkatkan integriti serta akauntabiliti, menguatkuasa pengurusan kewangan pemula yang berhemat serta memperkukuh penyampaian perkhidmatan pemula.

Bagian Keutamaan serta Taktik

Tadbir urus pada semua rangking akan ditambah baik lewat penguatkuasaan tegas doktrin pengasingan kuasa pada eksekutif, perundangan serta kehakiman seperti yang termaktub dalam Perlembagaan Persekutuan.

Kewangan pemula selalu diperkukuh dengan menguatkuasakan penerapan pengurusan dengan berhemat. Bagian keutamaan ini akan dilaksana dengan mempertingkat skema belanjawan, meningkatkan baik pengurusan pencapaian dan memperkukuh rangka kerja pengurusan prestasi, pemantauan serta penilaian.

Selain itu, usaha mengarah mentransformasi perkhidmatan pemula yang lebih berpaksikan rakyat akan dipergiat.

Tonggak II: Memperkukuh Pembangunan Inklusif serta Kesejahteraan Rakyat

Penerapan pembangunan inklusif akan diperkukuh buat tingkatkan kemakmuran serta kesejahteraan rakyat Malaysia.

Berasaskan penekanan pada perkembangan ekuiti, penerapan ini akan menyiapkan kesempatan yang saksama buat membolehkan rakyat ikut serta serta mendapatkan faedah dibanding perkembangan ekonomi serta pembangunan inklusif.

Selain itu, usaha akan dipergiat untuk tingkatkan kesejahteraan rakyat lewat berbagai langkah. Matlamat ini akan diraih lewat dua bagian keutamaan, iaitu memperkukuh inklusiviti mengarah penduduk yang saksama serta tingkatkan kesejahteraan untuk semua.

Bagian Keutamaan serta Taktik

Penambahan penghasilan serta kuasa beli isi rumah B40 ialah terpenting buat meningkatkan baik kualiti hidup serta ketahanan dan mengurangkan ketidaksamarataan penghasilan keseluruhannya.

Dalam soal ini, program tingkatkan penghasilan dan penyediaan kepentingan azas selalu dikasihkan pada kelompok isi rumah miskin serta berpenghasilan rendah.

Usaha akan dipergiat buat tingkatkan kapasiti serta keupayaan isi rumah B40 untuk meningkatkan baik kebolehpasaran serta produktiviti dan menggalakkan keusahawanan.

Ide penting termasuk juga tingkatkan akses pada pendidikan serta latihan kemahiran yang berkualiti pada semua rangking, menyiapkan program pembangunan keusahawanan yang lengkap serta bersepadu dan menggalakkan penerima gunaan tehnologi moden serta amalan terunggul.

Baca Juga : soal bilangan bulat

Taktik untuk membangunkan BEC yang berkapasitas tahan serta mampan akan dilanjutkan buat tingkatkan pembabitan Bumiputera dalam ekonomi.

Langkah penting termasuk juga tingkatkan kebolehpasaran Bumiputera dalam pekerjaan berpenghasilan tinggi, tingkatkan kawalan efisien serta kemampanan pemilikan korporat Bumiputera dan membangunkan PKS yang berkapasitas tahan serta dapat menembusi market global.

Selain itu, program ciri khas akan dilaksana buat Orang Asli, Anak Negeri Sabah serta Bumiputera Sarawak di lokasi luar bandar serta pedalaman dan kelompok tersendiri dalam kelompok penduduk India serta Cina untuk membangunkan kekuatan ekonomi serta memberantas kemiskinan.

Kesejahteraan rakyat abadi menjadi keutamaan paling tinggi dalam merealisasi pendekatan pembangunan seimbang. Mengarah ini, usaha akan ditumpu buat tingkatkan kuasa beli, menyiapkan perumahan dapat punya serta berkualiti, memperkukuh skema penyampaian penjagaan kesihatan, jadikan negara lebih selamat serta terjamin dan menggalakkan nilai murni serta pola hidup aktif.

Penguatkuasaan buat membendung manipulasi bekalan serta harga akan dipergiat pada saat semakin banyak ruangan yang tawarkan barangan serta perkhidmatan di harga pantas akan disiapkan buat mengatasi penambahan kos sara hidup.

Program perumahan akan dilanjutkan lewat penyediaan perumahan dapat punya serta berkualiti pada isi rumah miskin dan berpenghasilan rendah serta simpel.

Tonggak III: Ke arah Pembangunan Lokasi yang Seimbang

Usaha akan digiatkan untuk mengatasi tidak seimbangan pembangunan dalam kelompok enam lokasi iaitu Utara, Timur, Tengah, Selatan, Sabah serta Sarawak buat menggalakkan perkembangan yang saksama serta tingkatkan kesejahteraanrakyat.

Sandaran akan dikasih buat tingkatkan aktiviti ekonomi terpenting di lokasi kurang bangun dalam negeri serta lokasi dan mengurangkan jurang pembangunan pada bandar serta luar bandar.

Artikel Terkait : bilangan cacah dan bilangan asli

Selain itu, bandar penting serta lokasi perkembangan yang diketahui juga bakal digunakan untuk percepat perkembangan ekonomi. Kerja sama pada negeri selalu dipertingkat buat pastikan pembangunan lokasi yang seimbang.

Pada saat sama, kerja sama serantau ASEAN akan dipergiat buat percepat serta memudah langkah aktiviti ekonomi di lokasi sempadan. Justeru, tiga bagian keutamaan diketahui tentu untuk sampai pembangunan lokasi yang seimbang, iaitu memperkukuh pembangunan ekonomi lokasi, merapatkan jurang pembangunan pada bandar serta luar bandar dan percepat pembangunan di Sabah serta Sarawak.

Bagian Keutamaan serta Taktik

Percepat perkembangan ekonomi dan mengatasi tidak seimbangan pada serta dalam lokasi buat ke arah pembangunan lokasi yang seimbang.

Langkah ini termasuk juga memperkukuh serta memperkemas perancangan pembangunan negeri serta lokasi untuk merangsang pembangunan ekonomi dalam menggalakkan perkembangan seimbang.

Usaha akan dipergiat untuk memoden serta mempelbagai azas ekonomi buat perkembangan ekonomi yang rancak serta dinamik.

Selain itu, bandar penting akan digunakan menjadi pemangkin buat menarik pelaburan serta perdagangan dan tingkatkan ketersambungan dengan lokasi luar bandar serta tepi bandar.

Selain itu, kerja sama serantau ASEAN akan digiatkan untuk percepat serta memudah langkah pembangunan ekonomi di zon ekonomi ciri khas dan tingkatkan ketersambungan buat menggalakkan aktiviti pelancongan serta perdagangan.

Infrastruktur luar bandar akan dipertingkat untuk meningkatkan aktiviti sosioekonomi dalam usaha merapatkan jurang pada bandar serta luar bandar. Hubung kait pada bandar serta luar bandar akan ditambah baik untuk menggalakkan integrasi ekonomi yang lebih baik serta memperluas perkhidmatan ke lokasi luar bandar.

Selain itu, aktiviti ekonomi ditempat di luar bandar akan diwujudkan untuk menjana penghasilan dan tingkatkan kesempatan pekerjaan serta perniagaan buat penduduk luar bandar.

Pembangunan di lokasi Sabah serta Sarawak selalu jadi keutamaan dengan sandaran dikasih pada pengukuhan pembangunan inklusif serta saksama untuk memberikan faedah pada rakyat. Usaha berterusan untuk meningkatkan aktiviti ekonomi di Sabah serta Sarawak akan dilaksana dengan manfaatkan sumber kekayaan serta bagian dipilih lewat penerapan berbagai taktik.

Tonggak IV: Memperkasa Modal Insan

Pembangunan modal insan selalu jadi keutamaan untuk memperkasa tenaga kerja dalam menyangga perkembangan ekonomi. Sandaran akan dikasih untuk wujudkan modal insan yang berkemahiran, berpengetahuan serta inovatif buat penuhi kepentingan industri.

Ide pembangunan modal insan akan menyiapkan kesempatan untuk pekerjaan yang berkualiti dan pastikan akses pada pendidikan serta latihan berkualiti mengarah membina negara yang lebih inklusif, saksama serta makmur.

Ide ini akan dilaksana lewat empat bagian keutamaan, iaitu mereformasi market buruh, meningkatkan baik kecekapan serta produktiviti buruh, tingkatkan akses pada pendidikan serta latihan yang berkualiti dan memupuk hubungan industri-akademik yang lebih kokoh.

Bagian Keutamaan serta Taktik

Kerajaan akan mempergiat usaha dalam mengatasi rumor pewujudan pekerjaan mahir yang tidak memenuhi, perkembangan upah yang rendah, kandungan pengangguran yang tinggi dalam kelompok belia serta untuk tenaga tidak penuh dalam kelompok siswazah dan ketidakpadanan kemahiran.

Usaha akan diambil untuk mengurangkan kebergantungan pada pekerja asing dengan menggalakkan semakin banyak automasi serta mengawal selia bilangan pekerja asing dengan ketat lewat pengenalan pada skema levi berperingkat.

Selain itu, kecekapan serta produktiviti buruh akan ditambah baik dengan memperkukuh hak pekerja untuk melakukan perbaikan kondisi kerja dan tingkatkan penyertaan wanita dalam tenaga buruh buat memperluas kelompok talenta.

Tonggak V: Mempertingkat Kemampanan Alam Seputar lewat Perkembangan Hijau

Ide perkembangan hijau akan dipertingkat buat pastikan kemampanan sumber asli serta tingkatkan ketahanan pada pergantian iklim serta musibah di samping sampai perkembangan ekonomi yang tambah tinggi.

Usaha mengarah perkembangan hijau selalu dipergiat untuk sampai pembangunan mampan buat membuat perlindungan khazanah sebelumnya jadi untuk generasi saat ini serta hadapan. Matlamat ini akan diraih lewat tiga bagian keutamaan, iaitu memperkukuh tadbir urus, memulihara sumber asli dan mengatasi pergantian iklim serta mengurangkan resiko musibah.

Bagian Keutamaan serta Taktik

Susunan tadbir urus yang dipertingkat akan memudah langkah peralihan mengarah perkembangan hijau serta membolehkan pengurusan sumber yang lebih baik. Oleh itu, usaha untuk memperkukuh tadbir urus alam seputar lewat taktik penting akan dilaksana dalam tempoh akhir perancangan.

Taktik ini termasuk juga pengukuhan rangka kerja basic, perundangan serta institusi, penambahan kapasiti serta keupayaan dalam penguatkuasaan serta pemantauan dan tingkatkan kesedaran serta memupuk tanggungjawab bersama dengan dalam kelompok pihak memiliki kepentingan.

Kerajaan selalu pastikan pemuliharaan serta pengurusan sumber asli yang lebih baik. Pengurusan yang cekap serta pemakaian sumber asli dengan mampan akan dikasih penekanan dalam pastikan kemampanan alam seputar serta akses dengan berterusan pada sumber asli oleh generasi saat ini serta waktu hadapan.

Dalam soal ini, taktik penting akan dilaksana lewat pemuliharaan lokasi terestrial serta air daratan dan pesisir pantai serta marin. Selain itu, punca penghasilan serta keupayaan orang asli serta penduduk ditempat akan dipertingkat untuk menyangga pemuliharaan sumber asli.

Usaha untuk mengatasi pergantian iklim akan dipergiat lewat pengurangan pelepasan gas rumah kaca (GHG) dibanding bidang penting pelepasan GHG, terpenting tenaga, pengangkutan serta bekas.

Selain itu, usaha untuk manfaatkan nilai ekonomi lewat amalan kecekapan sumber akan dipergiat dengan memperluas penerapan amalan SCP.

Tonggak VI: Memperkukuh Perkembangan Ekonomi

Usaha akan dilaksana untuk memperkukuh perkembangan ekonomi dengan tingkatkan produktiviti serta daya saing industri.

Pada saat sama, langkah akan dipergiat untuk tingkatkan pembangunan bidang serta membangunkan aktiviti nilai ditambah yang tinggi dengan kandungan yang berintensifkan pengetahuan.

Langkah ini didukung oleh tenaga kerja mahir dalam bidang perkhidmatan, pembuatan, pertanian serta pembinaan. Selain itu, penyediaan infrastruktur serta utiliti selalu diperkukuh untuk menyangga dan memudah langkah aktiviti ekonomi.

Justeru, tiga bagian keutamaan diketahui tentu, iaitu memperkukuh perkembangan sektoral serta mereformasi susunan, tingkatkan pengembangan serta penerimagunaan tehnologi dan menyiapkan infrastruktur berkualiti.

Bagian Keutamaan serta Taktik

Taktik untuk memperkukuh perkembangan bidang serta melaksana reformasi susunan termasuk juga tingkatkan perkembangan sektoral, tingkatkan keupayaan eksport serta meningkatkan baik kecekapan market dan memudah langkah masalah menjalankan perniagaan.

Dalam soal ini, langkah akan diambil untuk percepat pemodenan bidang ekonomi, tingkatkan kesediaan eksport serta pengantarabangsaan, menggalakkan pertarungan yang adil dan meningkatkan baik kawal selia serta amalan perdagangan.

Selain itu, PKS akan digalak untuk mempertingkat aktiviti dalam rantaian nilai mengarah membuahkan barangan serta perkhidmatan yang memiliki nilai ditambah yang tambah tinggi. Selain itu, dalam bidang pertanian, taktik akan dilaksana buat pastikan agunan bekalan serta keselamatan makanan.

Keutamaan akan dikasih untuk percepat pengembangan serta penerimagunaan tehnologi dalam kelompok firma tempatan, terpenting PKS buat melonjakkan produktiviti serta berkompetisi pada rangking global.

Langkah yang akan diambil termasuk juga manfaatkan kekuatan Revolusi Perindustrian Ke empat (4IR) yang bisa menyiapkan kesempatan perniagaan serta penjanaan kekayaan baharu.

Penyediaan infrastruktur yang berkualiti serta utiliti yang cekap akan diperkukuh untuk melonjakkan pembangunan ekonomi dan pastikan kemampanan buat penuhi keinginan saat ini serta waktu hadapan.

Penekanan yang lebih akan dikasih untuk selalu mengintegrasi mod pengangkutan yang berbeza buat menyiapkan ketersambungan yang lancar untuk penumpang serta barangan.

Logistik serta keringanan perdagangan akan diperkukuh untuk meningkatkan baik kecekapan serta keberkesanan perkhidmatan di selama rantaian nilai buat tingkatkan daya saing.

Infrastruktur digital akan ditambah baik lewat peluasan serangkaian gentian optik dengan pembangunan komersial buat infrastruktur komunikasi yang menyiapkan ketersambungan pada semakin banyak isi rumah.

Simaklah Menguak Misteri Umur Bumi dan Semesta

Periset memprediksi usia Bumi sampai 4,54 miliar tahun dengan margin error 50 miliar tahun. Menjadi perbandingan, galaksi Bima Sakti tempat tata surya berumur seputar 13,2 miliar tahun atau 3x lebih tua dari umur tata surya serta Bumi. Sesaat umur semesta sendiri diprediksikan berumur 13,8 miliar tahun.

Angka ini didapatkan hasil dari penyatuan riset di Bumi serta luar angkasa. Usaha riset usia Bumi sendiri sudah berjalan semenjak 400 tahun kemarin. Tetapi, usaha untuk mengukur usia Bumi ini tidak gampang. Baru pada 1953 periset sukses menyimpulkan usia Bumi yang berada di angka 4,54 miliar tahun itu.

Simak Juga : urutan lapisan bumi

Awal mulanya, mereka sudah sempat berupaya memastikan usia Bumi dari pergantian tinggi permukaan laut, kandungan garam air laut, serta dengan mengukur temperatur dari perhitungan waktu yang diperlukan Bumi atau Matahari jadi dingin. Tetapi dengan tehnologi yang ada, cara pengukuran ini nyatanya tidak pas. Karena pergantian permukaan laut nyatanya ialah proses yang selalu beralih alih-alih berlangsung dengan setahap saat sekian tahun.
Lihat pula:Periset Papar Gambar 3D Galaksi Bima Sakti
Mereka lalu coba mengukur usia Bumi dari mempelajari batuan-batuan paling tua di Bumi, sampai mencari data batuan di Bulan serta meteorit yang datang di Bumi.
Masalah riset batuan

Tetapi, riset batuan miliki kesulitannya sendiri, karena, pelat tektonik Bumi selalu berjalan. Ini membuat batuan juga selalu terbaharui. Hingga batuan pertama juga hampir susah untuk diketemukan, sebab mereka sudah terdaur lagi, meleleh, serta tercipta jadi batuan baru.

Saat mereka coba memerhatikan susunan batuan Bumi, ada masalah lainnya yang dimaksud Great Unconformity (Ketidakcocokan Besar). Beberapa pakar temukan susunan batuan Bumi seperti di Grand Canyon contohnya, tidak tersusun sesuai dengan posisi waktu. Susunan batuan di ngarai yang begitu dalam itu kehilangan batuan berusia 1,2 miliar tahun.
Lihat pula:Grab Kasih Gratis 1 Bulan Wanita di Video Pria Rusak Motor
Ada beberapa keterangan kenapa batuan ini menghilang. Pada 2019 satu diantaranya studi memprediksi hilangnya susunan batuan ini karena Jaman Es yang mengakibatkan glasier menggerus susunan batuan di waktu itu Serta mengakibatkan ketidakharmonisan ini. Pelat tektonik lalu menggerakkan batuan yang hancur ini ke sisi perut Bumi, menghilangkan jejak batuan jaman itu serta membuat jadi batuan baru.

Pada awal era 20, ilmuwan melakukan perbaikan proses riset dengan proses pengukuran usia radiometrik. Akhirnya, penemuan batu paling tua sekarang ini diketemukan di barat laut Kanada dekat Danau Great Slave berusia 4,03 miliar tahun. Tetapi, batuan dengan usia 3,5 miliar tahun dapat diketemukan di beberapa benua di dunia.

Sesaat mineral paling tua di dunia diketemukan oleh sekumpulan periset Australia yakni kristal sikokat zirconium berusia 4,3 miliar tahun. Tetapi, sumber batuan dari mineral ini belum juga diketemukan. Penemuan batu serta mineral ini jadi batas paling tua usia Bumi. Karena planet ini tentunya mesti berusia lebih tua dari semua materi yang berada di atasnya.
Lihat pula:Misteri Lama Satu Hari di Saturnus Teratasi
Mahkluk hidup pertama

Artikel Terkait : urutan lapisan atmosfer

Lalu kapan mahkluk hidup pertama diatas Bumi ada? Satu diantaranya penemuan di Australia Barat tunjukkan filamen kecil yang diketemukan diatas batu berusia 3,4 miliar tahun yang disangka adalah fosil. Beberapa studi memprediksi kehidupan Bumi berawal lebih awal kembali.

Bijih besi di batuan vulkanik di Quebec tunjukkan mikroba yang hidup 3,77 serta 4,29 miliar tahun kemarin. Beberapa periset yang memerhatikan bebatuan di barat daya Greenland pula lihat susunan seperti kerucut yang diprediksikan dikelilingi koloni mikroba seputar 3,7 miliar tahun yang kemarin.

Data dari Benda Luar Angkasa

Untuk tahu selanjutnya usia Bumi, periset coba mengukurnya dari usia Bulan. Karena, material yang membuat tata surya diprediksikan tercipta di waktu yang sama. Dengan pelajari beberapa bagian tata surya ilmuwan memiliki pendapat dapat jadi panduan bagaimana riwayat Bumi tercipta.
Lihat pula:NASA Dapatkan Kawah Baru Berdiameter 1 Km di Mars
Jadi mereka coba mencari bukti dari Bulan yang tidak alami banyak pergantian pada permukaannya semenjak pertama tercipta. Batuan yang berada di permukaan Bulan tidak terganggu habitatnya semenjak Bulan pertama tercipta.

Sampel Bulan yang dibawa Apollo 11 di AS serta misi Luna oleh Rusia tunjukkan jika usia Bulan ada direntang 4,4-4,5 juta tahun. Ini jadi panduan usia Bumi.

Menjadi penambahan, periset pula pelajari meteorit yang jatuh ke Bumi. Benda ini hadir dari beberapa sumber. Ada yang datang dari planet lainnya sesudah tabrakan besar. Ada pula yang disebut bekas serpihan dari skema tata surya awal.

Ada lebih dari 70 meteorit yang dicheck dengan radiometrik. Meteorit paling tua berumur 4,4 sampai 4,5 miliar tahun. Batuan ini diambil dari kawah meteor di Arizona. Meteor itu jatuh 50 juta tahun kemarin.

Pada 1953, Clair Cameron Patterson, ilmuwan geokimia di Institut Tehnologi California mengukur rasio dari isotop penting pada sampel meteorit yang memberi pengukuran lebih detil usia Bumi serta diprediksikan berumur pada 4,53 miliar sampai 4,58 miliar tahun. Beberapa ilmuwan menerjemahkan kurun waktu ini diperlukan oleh skema tata surya untuk berevolusi dengan setahap saat 50 juta tahun.

Simaklah Generasi Millennial Sudah Mengenal Game Online, Maka Jangan Lupakan Permainan Tradisional

ISTILAH generasi Millennial tidak asing kembali terdengar di Indonesia. Menurut beberapa periset serta pengamat sosial, Generasi Y alias “Generasi Millennial” ialah generasi muda yang lahir pada rentang tahun 1980an sampai sekarang ini. Dalam kata lainnya, anak-anak muda yang sekarang ini berumur pada 15-35 tahun. Karena anak-anak muda ini lahir di masa kecanggihan digital, tehnologi serta internet menjadi sumber penting dalam kelangsungan hidup mereka.

Generasi ini rata-rata mengubah perhatiannya pada beberapa alat tehnologi salah satunya seperti tablet, laptop, PC ,serta biasanya generasi ini sejumlah besar pemakai smartphone atau hp pandai, di mana semua info mereka dapatkan secara cepat, gampang, serta lebih praktis lewat hp. Smartphone ialah satu diantaranya tehnologi yang dibuat untuk mendapatkan manfaat yang praktis hingga dapat mencapai info di beberapa lokasi.

Dengan kecanggihan-kecanggihan yang ada, harusnya anak-anak mesti lebih berlaku gawat pada perubahan zaman serta tidak lepas kontrol dari pengawasan orangtua serta lingkungan keluarga.

Simak Juga : macam macam bahasa pemrograman

Sebenarnya belakangan ini generasi Millennial banyak diperbincangkan di sosial media, dari mulai sisi kepribadian, budaya, pendidikan, norma, atau pemakaian tehnologi. Tehnologi tidak hanya bertindak positif pada generasi millennial nyatanya pula berefek negatif. Ini dapat dibuktikan serta bisa kita lihat dilingkungan seputar, beberapa generasi Millennial dipengaruhi dengan skema serta pola hidup, norma serta kepribadian mereka saat telah kenal permainan berbasiskan internet alias Game Online.

Hadirnya Game Online ini sebetulnya yang kita kenali menjadi aplikasi atau alat hiburan dengan online. Tetapi, sebagaian anak-anak muda sekarang ini kurang pas dalam menanggapi serta memakainya hingga nampaklah arti ketagihan Game Online atau ketergantungan terlalu berlebih pada Game Online. Ketagihan ini lah yang membuat beberapa dari generasi millenial melupakan kegiatan terpenting yang lainnya seperti melaksanakan ibadah, bersekolah, bersosial, dan kegiatan yang lain yang berguna di lingkungan alam terbuka.

Berdasar pada hasil penilaian serta interviu, dampak negatif Game Online yang sangat menonjol salah satunya ialah membuat beberapa anak-anak muda condong tertutup, malas bersosial, malu berkomunikasi serta berhubungan dengan cara langsung, dan membuat anak-anak muda itu malas untuk bermain di alam terbuka bersama dengan rekan tutor sepantarannya. Kejadian ini tentu saja butuh disikapi oleh orangtua, sekolah serta pemerintah yang disebut pemeran penting dalam membuat generasi Millennial yang berakhlak mulia, berpendidikan, berprestasi, serta berkarakter positif.

Saat ini kegiatan generasi Millennial yang hampir terbenam bahkan juga punah ialah bermain di alam terbuka bersama dengan rekan tutor sepantarannya. Satu diantaranya permainan yang bisa menyebabkan anak-anak muda untuk sama-sama berhubungan, bersosial serta mendidik ialah permainan tradisionil. “Permainan tradisionil adalah hasil penggalian dari budaya sendiri yang didalamnya banyak terkandung nilai-nilai pendidikan sebab dalam pekerjaan permainannya memberi perasaan suka, senang, ceria pada anak yang memainkannya. Diluar itu permainannya dikerjakan dengan berkelompok hingga memunculkan perasaan demokrasi antar rekan main serta alat permainan yang dipakai juga relatif sederhana” (BP-PLSP, 2006: https://porosbumi.com/pengertian-permainan-tradisional/, di akses pada tanggal 26 Februari 2019). “Permainan tradisionil akan meningkatkan kekuatan tiap-tiap anak yang diperlihatkan dalam tingkah laku rekonsilasi sosial dengan masih melestarikan serta menyukai budaya bangsa” (Kurniati, 2006: https://porosbumi.com/pengertian-permainan-tradisional/, di akses pada tanggal 26 Februari 2019).

Artikel Terkait : gambar topologi jaringan

Berdasar pada opini beberapa pakar diatas, bisa diambil kesimpulan jika permainan tradisionil ialah permainan yang memiliki kandungan unsur budaya, sosial serta nilai-nilai pendidikan yang bisa memunculkan perasaan suka, bahagia, serta kecintaan pada budaya lokal. Satu diantaranya daerah yang mempunyai banyak permainan tradisionil serta tentu saja memiliki kandungan kearifan lokal ialah Kalimantan Tengah.

Beberapa macam permainan tradisionil yang berada di Kalimantan Tengah, menurut Choirul Fuadi (Sumber: http://choirulfuadi.blogspot.com/2015/10/permainan-tradisional-khas-kalteng.html, di akses pada tanggal 25 Februari 2019) yakni:

1. Manyipet (Menyumpit)

Pengucapan Manyipet dalam bahasa Dayak Ngaju bila ditranslate dalam Bahasa Indonesia bermakna menyumpit. Dari nama itu bisa didapati bhwa pekerjaan penting permainan ini ialah menyumpit, yaitu satu kepandaian membidikkan anak sumpitan (damek) ke satu tujuan dengan memakai satu sumpitan. Permaianan mentumpit menjadi satu permainan untuk melatih ketrampilan umumnya dikerjakan pada saat siang hari.

2. Sepak Sawut

Sepak sawut adalah permainan tradisionil yang banyak disukai oleh penduduk tidak cuma kelompok muda tapi banyak pula orangtua yang menyukai permainan yang satu ini terpenting masyarakat Kalimantan. Sepak sawut yakni satu permainan seperti permainan sepak bola biasanya. Tetapi yang memperbedakan dengan permainan sepak bola yakni pada bola yang dipakai untuk bermain adalah bola yang berapi.

3. Bagasing

Bagasing ini seperti gasing pad biasanya. Tapi gaing di tempat ini terbuat dari batang atau pohon karet. Umumnya bermain dalam 2 model yaitu beradu lama serta beradu tikam. Dalam beradu lama, gasing yang sangat lama berputar-putar itu yang keluar menjadi pemenang. Tengah dalam beradu tikam, satu gasing di mainkan terlebih dulu baru lalu lawan akan melemparkan gasingnya sampai tentang gasing yang tengah berputar-putar, serta yang dapat bertahan apa ada pemenangnya. Ada beberapa macam permainan gasing, yaitu :

a. Gasing Balanga

Gasing Balanga pula adalah type gasing tradisionil Suku Dayak ciri khas Kalimantan Tengah yang seringkali dipermainkan dalam kebiasaan “Bagasing”. Bila pada Gasing Awasi dapat berputar-putar lebih lama dan keluarkan bunyi yang nyaring, jadi tidak demikian perihal dengan Gasing Balanga, gasing type Balanga ini ialah gasing yang biasanya dibikin serta dimainkan untuk arah diadu dengan gasing lainnya. Kebiasaan mengadu Gasing Balanga ini diketahui masyarakat Dayak di Kalimantan Tengah dengan panggilan Batikam yaitu mengadu ketahanan Gasing Balanga waktu keduanya sama-sama bersentuhan. Dalam pekerjaan Batikam ini sering satu diantaranya gasing akan pecah atau terbelah karena bentrokan yang begitu keras. Gasing yang terjatuh, keluar dari ajang permainan, ditambah lagi sampai terpecah jadi dengan automatis bisa menjadi pihak yang kalah. Bentuk Gasing Balanga mirip satu tempayan atau dalam Bahasa Dayak Kalimantan Tengah diketahui dengan arti “Balanga”. Ukuran Gasing Balanga atau gasing aduan ini umumnya mempunyai diameter lingkaran seputar 9 Cm serta tinggi seputar 7 Cm.

b. Gasing Awasi

Gasing Awasi adalah salah satu type gasing tradisionil ciri khas Propinsi Kalimantan Tengah, Dalam budaya penduduk Dayak Kalimantan Tengah kebiasaan mainkan gasing ini diketahui dengan arti “Bagasing”. Gasing Awasi ialah gasing yang dimainkan demikian rupa agar berputar-putar dalam tempo yang lumayan lama. Keunikan Gasing Awasi yang membedakannya dengan type gasing tradisionil ciri khas Kalimantan Tengah yang lain yaitu Gasing Balanga ialah Gasing Awasi dapat keluarkan bunyi. Kombinasi pada lamanya rotasi gasing dalam satu poros dengan dinamika suara yang dikeluarkan oleh Gasing Awasi berikut yang membuat type gasing ini lumayan menarik serta seringkali diperlombakan pada beberapa festival seni serta budaya Suku Dayak. Gasing Awasi yang dapat berputar-putar lebih lama serta keluarkan bunyi yang nyaring umumnya akan keluar menjadi pemenang.

4. Balap Egrang

Egrang ialah permainan anak tradisionil ciri khas Kalimantan Tengah yang terbuat dari bambu dengan panjang 2 mtr. lalu dikasih pijakan untuk kaki. Permainan ini memercayakan kesetimbangan agar berdiri di atas alat ini.

5. Tembak tutus

Tembak tutus ialah nama satu permainan masayrakat Kalimantan Tengah, menurut info permaianan ini datang dari lokasi sungai kahayan serta kapuas. Tembaka tutus datang dari bahasa dayak ngaju yang terdiri atas dua kata, yakni tembak serta tutus. Tembak berarti bedil serta tutus bermakna tusuk atau tekan. Jadi temabak tutus ialah nama permainan yang terbuat dari bambu yang bisa keluarkan bunyi letupan.

6. Sebumbun
Sebumbun ialah permainan anak tradisionil ciri khas Kalimantan Tengah yaitu dengan sembunyikan suatu, umumnya kayu, ranting atau batu didasar sungai.

7. Balian Sakei Uei

Balian sakei uei ialah semacam panjat pinang serta terbuat dari rotan. Nama ini datang dari bahasa dayak yang terdiri atas dua suku kata, yakni Sakei : memanjat serta Uei : rotan.

8. Balogo

Satu diantaranya cabang permainan tradisionil yang tetap dilombakan di setiap penyelenggaraan Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) ialah balogo. Di cabang berolahraga permainan ini,semua kontingen peserta FBIM mengikutkan team perwakilannya baik putra ataupun putri. Permainan balogo memang tetap mendapatkan perhatian ketertarikan dari kontingen semua daerah. Hal itu lumrah, mengingat kebiasaan permainan mengarahkan potongan batok kelapadengan pemukul kayu simpel ini berada di seluruh pelosok lokasi Kalimantan Tengah. Ada narasi menarik dibalik permainan balogo yang sekilas terlihat simpel ini. Balogoternyata memiliki kandungan mitos sekaligus juga filosofi yang mulia menjadi kebiasaan permainan yangdiwariskan nenek moyang suku dayak Kalimantan Tengah. (Permainan Balogo, Sumber: https://id.scribd.com/doc/202668309/PERMAINAN-BALOGO , di akses pada tanggal 28 Februari 2019).

Beberapa permainan tradisionil di Kalimantan Tengah itu butuh dikenalkan serta dilestarikan kembali pada generasi Millennial menjadi satu diantaranya usaha mengawasi kearifan serta keaslian budaya lokal Kalimantan Tengah supaya tidak tenggelem tergeser oleh permainan berbasiskan internet alias Game Online.

Ada banyak fungsi serta usaha yang mungkin menolong generasi Millennial untuk kembali kenal, memeragakan, menjaga serta ikut juga melestarikan keaslian budaya di Kalimantan Tengah lewat permainan tradisionil lokal yakni seperti berikut:

1. Orang paling dekat seperti orangtua serta lingkungan keluarga, menjadi fungsi penting untuk mengenalkan kembali pada anak tentang permainan tradisionil di Kalimantan Tengah bahkan juga memperagakannya.

2. Lingkungan rumah, menjadi fungsi simpatisan atau dampak untuk mengenalkan serta memeragakan permainan tradisionil di Kalimantan Tengah lewat pekerjaan publikasi, lomba-lomba pada peringatan hari besar seperti hari kemerdekaan, hari raya, tahun baru, serta hari besar yang lain dan bila perlu masuk dalam program gagasan desa atau keluruhan.

3. Lingkungan sekolah serta universitas, menjadi fungsi penyalur bakat dan minat untuk ikut juga dalam mengenalkan serta memeragakan permainan tradisionil di Kalimantan Tengah lewat pekerjaan sekolah atau universitas seperti program ekstrakulikuler, serta bila perlu jadikan menjadi alat evaluasi serta bahan penilaian praktikum dalam evaluasi khsusunya evaluasi seni budaya serta berolahraga dan muatan lokal.

4. Pemerintah, menjadi fungsi penguat serta penyelenggara selalu untuk memberi suport, dorongan, sarana serta motivasi untuk mengenalkan serta memeragakan permainan tradisionil di Kalimantan Tengah lewat pekerjaan seminar-seminar, publikasi, serta bila perlu dijadi menjadi program harus buat tiap-tiap instansi atau lembaga yang linear di bidangnya.

Pada umumnya faedah dari permainan tradisionil di Kalimantan Tengah buat beberapa generasi millennial yakni seperti berikut:

1. Meningkatkan serta tingkatkan kecerdasan intelektual

2. Menolong merangsang kecerdasan dengan mental serta emosional

3. Meningkatkan serta tingkatkan daya kreativitas, kegiatan, serta pengembangan

4. Tingkatkan yakin diri serta jiwa sosial yang tinggi

5. Mempermudah pekerjaan hubungan, komunikasi serta solidaritas

6. Memperdalam pengetahuan serta perbanyak pengalaman positif

7. Melatih perubahan motorik anak

8. Mengawasi kesetimbangan, konsistensi serta kesehatan badan

9. Serta faedah positif yang lain yang didapat dari permainan tradisionil.

Simaklah Pakar Fisika Penemu “Partikel Tuhan” Meninggal pada Usia 96 Tahun

Leon Lederman, pemenang Hadiah Nobel untuk Pengetahuan Fisika tahun 1988 wafat di dalam rumah jompo di negara sisi Idaho tanggal 3 Oktober.

Lederman populer sebab membuat arti “Partikel Tuhan” yang mengacu pada penemuan apakah yang dimaksud “Higgs Boson”, yang sudah didapati terdapatnya semenjak beberapa puluh tahun tetapi baru dapat dibuktikan pada tahun 2012. Lederman sempat jadi kepala Fermi National Accelerator Lab dimana dia temukan “Partikel Tuhan” itu.

Lihat Juga : penemu televisi

Beberapa ahli fisika keberatan dengan pemakaian arti “Partikel Tuhan” itu sebab dipandang sangat spektakuler, tetapi arti itu sekarang sudah jadi sisi dari arti fisika. Higgs Boson ialah salah satunya teori fisika partikel mengenai bagaimana alam raya tercipta.

Kata beberapa ahli semuanya ada 12 type partikel, yang terbagi dalam enam type quarks serta enam type leptons. Quarks dapat dipecah kembali jadi proton serta neutron, sesaat dalam grup lepton ada electron serta neutrino.

Tetapi dalam teori mengenai “model standar” alam raya itu masih tetap ada satu sisi yang belumlah didapati, itu yang lalu dinamakan Higgs Boson.

Baca Juga : cara menghitung rumus slovin

Yang memilukan ialah Lederman sangat terpaksa jual Hadiah Nobelnya tahun 2015 untuk membayar biaya perawatan penyakit demensia yang dideritanya. Amerika ialah hanya satu negara maju serta kaya dalam dunia yang tidak jamin service kesehatan buat rakyatnya.

Hadiah Nobel yang di jual Lederman itu dibeli oleh seorang yang tidak ingin dimaksud namanya di harga 765.000 dollar.

“Sangat memilukan,” kata istri Lederman, Ellen tahun 2015 pada jaringan tv NBC, mengenai penjualan Hadiah Nobel itu.

“Sangat berat buat saya, tetapi dia suka di mana dia tinggal serta dapat bermain dengan kucing, anjing serta kuda. Dia tidak terlihat kuatir serta saya suka dia dapat hidup semacam itu,” imbuhnya.

Simaklah Warga Lumajang Jual Senpi Rakitan, Ini Barang Bukti yang Disita

Seseorang masyarakat Dusun Krajan, Desa Jarit, Kecamatan Candipuro, diamankan sesudah didapati membuat serta jual senjata api rakitan. Dari rumah pria bernama Joni Mahendra (35), polisi mengambil alih senjata api rakitan serta beberapa ratus amunisi.

“Ada senjata api rakitan type revolver, beberapa ratus amunisi dan alat serta piranti untuk bikin Senpi. Semua telah kita sita menjadi tanda bukti,” jelas Paur Subbag Humas Polres Lumajang Ipda Catur Budi Bhaskara, Minggu (3/11/2018) pagi hari.

Polisi, lanjut Catur, masih tetap menulusuri dari tempat mana terduga mendapatkan bahan serta material untuk bikin senpi rakitan itu. Demikian pula tentang asal mula beberapa ratus amunisi yang diketemukan di dalam rumah terduga.

Simak Juga :  jangka sorong digital
“Masih juga dalam lidik, terduga selalu dicheck dengan intens,” tuturnya.

Simak juga: Jual Senjata Api Rakitan, Masyarakat Lumajang Diamankan Polisi

Tersebut beberapa tanda bukti yang diambil alih polisi dari rumah terduga Joni Mahendra:

1. Ramset panjang kaliber 22 sekitar 189 biji
2. Ramset Kosong/hampa sekitar 26 biji
3. Ramset tajam sekitar 30 biji
4. Laras Softgun 1 buah ukuran 12 Ml
5. Tabung gas Co2 kosong sekitar 14 biji
6. Tabubg gas Co2 sekitar 1 biji
7. Gotri plastik serta gotri metal sekitar 300 butir
8. Mimis timah sekitar 165 biji
9. 1 Pcs Revolver S&W Rakitan warna hitam
10. Gotri timah sekitar 45 Biji
11. Amunisi Aktif Cal 38 Istimewa 6 buah
12. Per Spring sekitar 13 biji
13. Mata bor sekitar 8 biji
14. Lem plastik stel sekitar 2 buah
15. Bekas bubuk Ramset
16. Mata amplas sekitar 10 biji

Artikel terkait : cara menghitung Mikrometer Sekrup
17. Kertas gosok amplas sekitar 1 lembar
18. Periode sorong digital sekitar 1 buah
19. Tang warna kuning sekitar 2 buah
20. Obeng kecil 1 buah
21. Kunci L sekitar 1 buah
22. Gerinda Bor sekitar 1 unit
23. 1 Laras Senapan Angin
24. 1 Unit Laptop merk Lenovo warna hitam
25. 1 buah batako
26. 1 Buah HP merk Xiaomi tersebut simcard-ny.
27. 2 buah KTA Lumajang Shooting Club serta Viper Shooting Club An. Joni Mahendra Dusun Krajan RT 48 RW 06 Desa Jarit Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang