[ Pertemuan Pertama ] INTERAKSI MANUSIA & KOMPUTER

A. LATAR BELAKANG
– Manusia ( User ) ingin bisa mengoperasikan komputer meskipun awam dengan komputer itu sendiri.
– Manusia biasanya tidak tahu menau bagaimana proses yang terjadi dalam sistem komputer.
– Muncul istilah User Friendly , WYSWYG ( What You See What You Got )
Pada dasarnya , prinsip komputer adalah input -> proses -> Output

B. DEFINISI INTERAKSI MANUSIA & KOMPUTER
– Disiplin ilmu yang berhubungan dengan perancangan, evaluasi, dan implementasi sistem komputer yang interaktif untuk digunakan manusia
– Satu disiplin ilmu yang mengkaji komunikasi atau interaksi diantara pengguna dengan sistem.

C. BENTUK KOMUNIKASI MANUSIA & KOMPUTER
– User Interface ( antar muka pemakai ) adalah Bagian sistem komputer yang memungkinkan manusia berinteraksi dengan komputer. antar muka yang berkembang adalah dari tekstual menjadi berbasis grafis ( GUI / Graphical User Interface )

D. TUJUAN USER INTERFACE
– Aspek kemudahan user :
1. Efektifitas
2. Feksibilitas
3. Kemudahan dipelajari
4. Sikap orang terhadap sistem teredukasi

E. TUJUAN DISUSUNNYA INTERAKSI MANUSIA & KOMPUTER
– Untuk memudahkan manusia dalam mengoperasikan komputer
– Mendapatkan berbagai umpan balik selama berkerja pada sistem komputer
– menghasilkan sebuah sistem yang mudh digunakan, aman, dan efektif
Contoh : Pop Up Persetujuan / Peringatan

F. FAKTOR PENDEWASA INTERAKSI MANUSIA & KOMPUTER
aaaaaaaaa

*HCI : Human Computer Interface

hci

1. Faktor Linguistik :
– Peran bahasa sebagai antarmuka
– Bahasa yang digunakan harus sopan
– Memudahkan dalam penggunaan sistem
– Menghidari kasalah pahaman dalam penggunaan sistem

2. Faktor Kecerdasan Buatan / AI ( Artificial Intelligence )
Bertujuan agar komputer dapat melakukan pekerjaan seperti yang dilakukan oleh manusia, dimana merupakan penggabungan cara berfikir.

3. Faktor Ergonomik
– Ilmu yang mempelajari bentuk tubuh manusia terhadap suatu benda
– Berhubungan aspek fisik untuk mendapatkan lingkungan kerja yang nyaman
– Ilmu yang mempelajari perancangan dan pengaturan barang-barang yang dibutuhkan oleh manusia

4. Faktor Antropologi
– Mmemberikan gambaran tentang cara kerja kelompok yang masing-masing diharapkan dapat memberikan kontribusi sesuai bidang masing-masing
– dapat memberikan pandangan yang mendalam tentang cara kerja dari setiap kelompok karyawan yang ada dalam satu perusahaan dimana terjadi komunikasi antara manusia dan peralatan yang digunakan

F. MANUSIA
Manusia dipandang sebagai sistem yang memproses informasi :
1. Informasi diterima dan ditanggapi dengan proses input – output
2. Informasi disimpan dimemori
3. Informasi diproses dan diaplikasikan dengan berbagai cara

Manusia merupakan suatu vision ( input – output ) melalui 2 tahap :
1. Pemasukkan secara fisik dan stimulatis
2. Pengelolaan dan interprestasi dari stimulus

Alat Fisik untuk mndapatkan VISI adalah mata. lalu bagaimana proses yang terjadi pada mata ?
1. Penerimaan Cahaya di transformasi kedalam energi elektrik, cahaya memantul daro objek tersebut yang di fokuskan secara terbalik pada retina.
2. Retina mengandung Rod ( Organ berbentuk batang ) : untuk pandangan lemah
3. Retina mengandung Cone ( Organ berbentuk kerucut ) : untuk pandangan berwarna
4. Sel Ganglion ( Pusat Syaraf ) berfungsi untuk mendeteksi pola pergerakkan

G. KOMPUTER
Sistem kompute terdiri dari processor , memory , modul I/O . fungsi dasar yang terbentuk oleh sistem komputer adalah eksekusi program. program yang dieksekusi berisi sejumlah instruksi yang disimpan kedalam memori.CPU akan melakukan tugas sebagai pengeksekusi program. Mesin yang menerima input untuk di proses menjadi output.

1. Prinsip Kerja Sistem Komputer
cpu

H. INTERAKSI
Merupakan jembatan yang menghubungkan antara user dan komputer ( User Interface ). Interaksi sangat membantu manusia karena merupakan implementasi dari apa yang terjadi antara user dan sistem

I. JENIS – JENIS ANTARMUKA KOMPUTER
1. Antarmuka berbasis teks
2. Antarmuka berbasis grafis / GUI
3. Antarmuka berbasis web
4. Antarmuka berbasis mobile

*Antar muka apa yang diinginkan oleh user ? yaitu antar muka yang sesuai dengan usernya. Harus tau profile dari usernya

J. USER FRIENDLY
dapat terjadi karena :
1. antarmuka yang bagus
2. mudah dioperasikan dan dipelajari
3. pengguna merasa senang menggunakan software tersebut

K. FAKTOR MANUSIA DALAM INTERAKSI MANUSIA & KOMPUTER :
1. pengelihatan
2. pendengaran
3. sentuhan
4. memori (otak)
5. suara
6. gerakan
7. berfikir ( thinking )
8. emosi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *