Inilah Aplikasi Yang Berguna untuk Analisis Data Penelitian

Hampir semua kegiatan penelitian dan pengambilan keputusan bisnis korporasi bekerja dengan berbagai pengolahan data dan angka-angka.

Pengolahan data adalah satu proses penggalian informasi dari kumpulan data-data dan mengubahnya menjadi struktur yang dapat dimengerti untuk satu pengambilan keputusan.

Dahulu kala menguji hipotesis penelitian dan analisis statistik mengunakan perhitungan secara manual dengan parameter tradisional seperti membandingkan visual probabilitas tabel statistik dan sebagainya.

aat ini aktivitas pengolahan data secara manual menjadi pekerjaan yang sangat tidak efesien, bahkan bisa disebut tak mungkin. Model-model data semakin kompleks, bahkan pengolahan data membutuhkan simulasi yang rumit.

software analisis data
Image : siberuang.com

Software dan hosting cloud pengolahan data menjadi solusi untuk mengatasi persoalan tersebut. Ratusan ribu sampel dengan puluhan variabel dan beberapa uji hanya dilakukan dengan sekali klik.

Banyak aplikasi pengolahan data di pasaran, baik yang berlisensi (komersial) ataupun open source (free dan shareware). Berikut merupakan daftar beberapa produk top vendor software olah data yang populer dan bagus digunakan.

1. IBM SPSS Modeler

IBM SPSS Statistics Terbaru memiliki antarmuka visual yang memungkinkan pengguna memanfaatkan algoritma statistik dan tanpa pemrograman. Fitur termasuk klasifikasi otomatis (biner dan angka), pengelompokan dan deteksi anomali.

Juga apriori, Bayesian, CARMA, regresi cox, analisis faktor, K-means, Kohonen, diskriminan, support vector machine (SVM), Regresi linear, GenLin (GLM), generalized linear mixed models (GLMM), linear equation modeling dan lain-lain.

Beberapa versi yang sering digunakan diantaranya IBM SPSS Statistics 24 dan 22

2. SAS Data Mining

Proses pengolahan data langsung dari persiapan pencarian model dirampingkan sAS Data Mining memungkinkan membangun model prediksi dan deskriptif bersama sampai hasil terbaik dengan GUI dan elemen lainnya untuk.

Fitur tergolong set alat persiapan data, teknik modifikasi dimensi, visualisasi interaktif dan eksplorasi, pemodelan canggih, pengembangan model, proses evaluasi otomatis dan pengolahan scalable.

3. Microsoft Analysis Services

Microsoft Analysis Services adalah piranti lunak data mining yang disediakan oleh Microsoft.

4. Oracle Data Mining

Pandangan baru yang tersembunyi ke dalam data dan penggunaan fasilitas di Oracle teknologi database ditemukan oleh oracle Data Mining menyediakan fungsi SQL asli ke dalam database Oracle yang memungkinkan pengguna.

5. Think Analytics

Think EDM dikenal sebagai platform terintegrasi Business Analysis Automation yang menggabungkan temuan pengetahuan dan teknik data mining yang dirancang untuk pengguna bisnis.

Sumber Reffrensi : https://tu.laporanpenelitian.com/2014/12/31.html