E-commerce B2B(Busines to Busines) & B2C(Busines to Consumer)

What E-commerce?

E-commerce atau electronic commerce adalah penyebaran,pembelian,penjualan,pemasaran barang dan jasa yang melalui sistim electrionic mulai dari internet televisi atau dari jaringan computer lainya. E-commerce juga melibatkan transfer dana electrionic yang berisi pertukaran data electronic system manajemen inventori otomatis dan system pengumpulan data yang otomatis

Who E-commerce?

E-commere adalah suatu system yang dapat membantu setiap manusia yang ingin menjalan usaha secara cepat dan efisien tanpa harus melakukan kegiatan yang ekstra karena e-commerce dapat melalui media media yang sudah sering dilihat orang contohnya internet dan televisi.

When E-commerce?

E-commerce pertama kali di kenalkan pada tahun 1994 yang saat itu benar benar pertama kali banner elektronik di gunakan untuk tujuan promosi dan dan periklanan dalam suatu halaman web. Menurut Riset E-commerce menghasilkan penjualan lebih dari AS$12,2 miliar pada tahun 2003.

Where E-commerce?

E-commerce biasanya terdapat dalam berbagai media electronic yang terbesar biasanya berada dalam internet ataupun banner internet yang akan mengeluarkan semua iklan perdangan secara electronic atau online yang dapat di akses oleh semua orang dan dapat membuat semua lebih muda dalam berdagang atau membeli.

Why E-commerce?

Kenapa E-commerce sangat di gandrungi sekarang karena penjualan dengan E-commerce dapat dilakukan secara global dan membuat produsen menjual produknya kepada konsumen lebih banyak dan dapat membuat produsen atau perusahaan lebih mudah untuk mengcover pasar yang lebih luas.

How E-commerce?

Bagaimana cara kerja E-commerce kerja E-commerce sangat simple dan mudah untuk mengembangkan suatu usaha yang di rilis oleh perusahaan dan sangat menguntungkan bagi konsumen karena dapat mempermudah mencari barang dan membuat waktu lebih efisien.

 

E-commerce B2B(Busines to Busines) & B2C(Busines to Consumer)

*E-commerce B2B(Busines to Busines).
E-commerce ini adalah jenis e-commerce meliputi akan semua transaksi elektronik barang atau jasa yang dilakukan oleh antara perusahaan. Yang biasanya Produsen dan pedagang tradisional menggunakan jenis e-commerce B2B.

Pada umumnya E-Commerce B2B dilakukan dengan menggunakan EDI(Electronic Data Interchange) dan email dalam proses pembelian barang dan jasa, informasi dan konsultasi,atau pengiriman dan permintaan dengan proposal bisnis.

EDI(Electronic Data Interchange) yaitu proses transfer data yang terstruktur biasanya dalam format standart yang di setujui, dari satu system computer ke system computer yang lain, dalam bentuk electronic.

Contoh dari website E-Commerce B2B adalah Bizzy,Ralali dan Krakatau Steel.

Karakteristik E-Commerce B2B.

  • Pertukaran informasi yang dilakukan antar pembisnis tersebut atas dasar kebutuhan dan kepercayaan.
  • Pertukaran Informasi yang dilakukan dengan format yang sudah disepakati dan Service sistem yang digunakan antar kedua pembisnis juga menggunakan standard yang sama.
  • Salah satu pelaku bisnis tidak harus menunggu rekan bisnisnya untuk mengirimkan datanya.
  • Sarana yang digunakan EDI (Electronic Data Interchange )
  • Model yang umum digunakan adalah peer-to-peer, dengan model ini antar pelaku bisnis lebih mudah untuk mendistribusikan informasi yang dimilikinya

*E-commerce B2C(Business to Consumers(B2C)

Business to Consumers (B2C) adalah jenis bisnis yang dilakukan antara pelaku bisnis dengan konsumen, seperti antara produsen yang menjual dan menawarkan produknya ke konsumen umum secara online. Disini pihak produsen akan melakukan bisnis dengan menjual dan memasarkan produknya ke konsumen tanpa adanya feedback dari konsumen untuk melakukan bisnis kembali kepada pihak produsen, yang artinya produsen hanya menjual atau memasarkan produk ataupun jasanya dan pihak konsumen hanya sebagai pemakai atau pembeli.

 

Karakteristik E-commerce B2C

  1. Terbuka untuk umum, dimana informasi disebarkan ke umum.

 

  1. Servis yang diberikan bersifat umum (generic) dengan mekanisme yangdapat digunakan oleh khalayak ramai. Sebagai contoh, karena sistemWeb sudah umum digunakan maka servis diberikan denganmenggunakan basis Web.

 

3.Servis diberikan berdasarkan permohonan (on demand). Konsumer melakukan inisiatif dan produser harus siap memberikan respon sesuaidengan permohonan.

4.Pendekatan client/server sering digunakan dimana diambil asumsi client(consumermenggunakan sistem yang minimal (berbasis Web) dan processing (business procedure) diletakkan di sisi server.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Referensi

dinus.ac.id/repository/docs/ajar/Pengantar_e-commerce.ppt

https://www.progresstech.co.id/blog/jenis-e-commerce/

http://www.arsdaniel.web.id/2015/03/pengertian-dan-contoh-website-e.html

https://id.wikipedia.org/wiki/Perdagangan_elektronik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *