Bukit Terbaik di Jogja

Selain terkenal dengan pantainya Jogja juga mempunyai wisata alam lainnya, salah satunya yaitu perbukitan. Jogja mempunyai banyak sekali bukit yang bisa dijadikan tujuan wisata, berikut ini paket wisata Jogja berikan beberapa daftar bukit terbaik di jogja :

  1. SPOT RIYADI

Bagi sebagian orang mungkin nama ‘Spot Riyadi’ masih terdengar sedikit asing, namun siapa sangka bukit yang berada di Dusun Dawangsari, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman ini memiliki daya tarik yang tak kalah dari bukit lainnya.

Dari tempat wisata Jogja ini sobat semua dapat melihat ‘gagahnya’ Gunung Merapi sekaligus kokohnya Candi Prambanan. Ya jika datang ke tempat ini maka sobat semua akan disuguhi pemandangan yang memukau, selain itu jika berkunjung ke tempat ini pada saat menjelang terbenamnya matahari maka akan nampak keindahan sunset dari tempat ini. Dan pada malam harinya ada hal yang tak kalah menarik, yaitu keindahan berupa gemerlap lampu kota Yogyakarta.

spot-riyadi

Kelebihan lainnya tempat ini tidak mematok tarif bagi wisatawan yang datang ke tempat ini. sobat semua hanya dikenakan biaya parkir sebesar Rp. 2.000 bagi sepeda motor dan Rp. 5.000 bagi mobil. meskipun terbilang baru namun tempat ini sudah memiliki fasilitas yang memadai seperti tempat parkir, warung makan, toilet, dan beberapa spot foto menarik.

  1. TEBING WATU MABUR

Bukit yang selanjutnya adalah Tebing Watu Mabur, bukit yang satu ini berlokasi di Kawasan Mangunan, Dlingo, Bantul Yogyakarta. Ya Dlingo memang salah satu wilayah yang mempunyai banyak sekali potensi wisata alam yang tersembunyi. Selain terkenal dengan Kebun Buah Mangunan tempat ini juga memiliki satu lagi wisata alam yang juga memiliki sejuta keindahan, tempat tersebut bernama Tebing Watu Mabur.

tebing-watu-mabur

Tebing Watu Mabur menawarkan berbagai macam keindahan yang dimilikinya, salah satu yang paling diminati wisatawan adalah spot foto berupa landasan pacu yang ujungnya tepat menghadap ke jurang. Jika berada di spot tersebut sobat semua serasa berada di jalan yang tidak berujung. Selain landasan pacu tempat ini juga memiliki spot foto lain berupa bambu – bambu yang dirakit menjadi spot foto menarik.

Untuk dapat masuk ke Tebing Watu Mabur sobat semua akan dikenakan tarif sebesar Rp. 2.000 saja, sangat terjangkau bukan. Dan untuk foto di setiap spot foto dikenakan tarif sebesar Rp. 3.000,-/ spot nya.

Untuk fasilitasnya pun terbilang cukup lengkap dengan adanya tempat parkir yang luas, warung, toilet, mushola,beragam spot foto menarik, dan ada juga area perkemahan bagi pengunjung yang ingin mendirikan tenda.

  1. WISATA ALAM KALIBIRU

Kali ini beralih ke daerah Kulon Progo, salah satu kabupaten di Provinsi Yogyakarta yang juga mempunyai wisata alam yang tak kalah dengan daerah yang ada di Jogja lainnya. Salah satunya adalah Wisata Alam Kalibiru, wisata alam ini berupa perbukitan yang ketinggiannya berada 450 m diatas permukaan laut.

Dari atas bukit ini sobat semua akan disugihi pemandangan berupa Waduk Sermo dan pepohonan hijau bukit menoreh. selain itu disini juga terdapat beberapa spot foto menarik. dari tempat ini juga akan nampak keindahan sunrise di pagi hari.

Fasilitas yang ada di tempat ini pun terbilang cukup lengkap dengan adanya tempat parkir yang luas, warung makan, toilet, camping ground, dan bagi yang ingin bermalam di tempat ini, terdapat penginapan disekitar kawasan ini dengan harga yang terjangkau.

  1. PUNCAK SOSOK

Berikutnya ada Puncak Sosok, destinasi wisata yang satu ini memang masih terbilang baru dan belum begitu terkenal dikalangan wisatawan lokal maupun luar. Lokasinya berada di Dusun Jambon, Desa Bawuran, Kecamatan Pleret, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Dari pusat Kota Yogyakarta tidak terlalu jauh, dengan waktu tempuh normal sekitar 50 menit.

Jika berkunjung ke tempat ini sobat semua akan disuguhi pemandangan berupa hijauhnya hamparan sawah milik warga setempat. Selain itu jika berkunjung ke tempat ini di sore hari maka akan terlihat keindahan sunset dari atas bukit.

Untuk urusan makan sobat semua tidak perlu khawatir, ditempat ini terdapat warung – warung dengan arsitektur bangunan yang  unik sehingga menjadi spot foto favorit pengunjung yang datang kesini.

Fasilitas lain yang ada ditempat ini berupa tempat parkir, toilet, mushola, spot foto menarik, dan bagi yang menyukai olahraga extreme, ditempat ini terdapat track downhill sepanjang 2.000 m.

  1. BUKIT PARALAYANG PARANGTRITIS

Yang terakhir ada Bukit Paralayang Parangtritis, bukit yang satu ini berlokasi di timur Pantai Parangtritis. Lokasinya yang tidak jauh dari Parangtritis ini membuat bukit yang satu ini selalu ramai dikunjungi wisatawan, baik ketika week end maupun ketika week day.

Dari atas bukit ini terdengar gemuruh ombak Pantai Parangtritis, selain itu sobat semua juga dapat menikmati keindahan sunset di sore hari. Bagi yang menyukai tantangan tak ada salahnya mencoba salah satu wahana extreme yang ada di tempat ini, sesuai namanya tempat ini biasa digunakan sebagai tempat olahraga paralayang. Dengan mebayar tarif sebesar Rp. 300.000 Anda akan merasakan sensasi berada di ketinggian dengan ditemani instrukstur yang berpengalaman.

Untuk fasilitas sendiri di Bukit Paralayang Parangtritis terdapat beberapa fasilitas yang memadai seperti tempat parkir yang luas, toilet, mushola, dan juga ada banyak warung makan yang menyuguhkan berbagai macam olahan makanan.