Sejarah Dan Perkembangan VOCALOID

Walaupun manga dengan tema vocaloid pernah terbit, namun sebenarnya pada awalnya vocaloid itu sendiri bukanlah judul manga atau anime. Vocaloid adalah nama dari sebuah program voice synthesizer buatan Yamaha yang saat ini kepopulerannya sudah merambha ke seluruh dunia. Hatsune Miku adalah salah satu karakter yang dibuat berdasarkan salah satu jenis suara yang terdapoat dalam program vocaloid ini. Karakter ini telah menjadi salah satu karakter Vocaloid yang paling terkenal.

vocaloid-vocaloid-16245545-1920-1200

Sebelum populer seperti sekarang ini, vocaloid hanyalah sebuah software pendukung pembuat musik. Namun setelah kemunculan Hatsune Miku dan beberapa karakter lainnya, banyak penggemar anime dan musik yang menyukai designnya dan menganggap seakan-akan mereka adalah penyanyi profesional. Seperti halnya penyanyi profesional, Hatsune Miku dan kawan-kawan juga mengadakan konser dan  telah merilis CD album dan single yang beberapa di antaranya menduduki peringkat teratas tangga lagu di Jepang.

fan-made-characters-vocaloid-fan-charaters-32468424-1024-768

Selain itu, mereka juga merilis beberapa DVD berisikan video musik dan rekaman konser mereka. Tidak hanya sampai di situ saja, kini mereka sudah memiliki banyak sekali merchandise misalnya action figure, t-shirt, manga, video game, dan lain sebagainya. Saat ini merka sudah menjadi sebuah trend dan bahkan dianggap sebagai idola yang sesungguhnya.

di Indonesia sendiri hanya baru ada yang cover contohnya : Rachie, Fleurishina, iMochi, Leon, Friday, dan Mimong.

Sebenarnya masih banyak lagi tapi apalah daya sepasang tangan yang mengetik beberapa artikel dalam seminggu.

Saya harap ada yg bisa bikin sendiri vocaloid di Indonesia, Salam Vocalover''
Skip to toolbar