URBAN LEGEND JEPANG

Selain terkenal dengan Budaya, makanan, orang nya yang hansamu + kawaii, Jepang juga mempunyai banyak urban legend. Urban Legend yang terkenal diantaranya:

1. Kuchisake Onna alias si mulut robek.


Pakai masker untuk menutupi wajah dari debu memang udah biasa ya, tapi hati-hati kalau di Jepang kamu bertemu wanita pakai masker di malam hari. Jangan-jangan itu Kuchisake Onna. Ia dipercaya sebagai hantu yang akan menanyakan korbannya, apa ia cantik atau tidak dengan mulutnya yang robek sampai ke telinga. Bagaimanapun korban menjawab ia akan membunuh korbannya dengan gunting yang ia bawa.

Konon hantu ini dulunya adalah perempuan cantik berselingkuh sehingga sang suami membelah mulut Kuchisake dan berkata “Sekarang siapa yang bakal bilang kamu cantik dengan keadaan begini?”.

2. Daruma-san

Hantu ini keluar dari dalam bath-up dengan mata melotot. Orang yang melihat hantu ini bakalan diikutin terus sepanjang hari sebelum dibunuh. Konon ceritanya Daruma dulunya adalah perempuan yang terpeleset di kamar mandi, dan meninggal disitu.

3. Hanako-san

Toire No Hanako-san adalah legenda terkenal yang berkaitan dengan sekolah dasar di Jepang. Hanako bisa muncul jika kamu masuk ke toilet umum di bilik ketiga dan mengetuk tiga kali dan menanyakan apakah ada orang. Tak lama ia akan membuka pintu dengan tubuh berdarah-darah. Hanako diduga sebagai arwah seorang murid yang bunuh diri karena ditindas murid lain.

4. Puisi mematikan, ‘Neraka Tomino’


Neraka Tomino adalah puisi kematian yang dapat membunuh siapapun yang berani membacanya dengan suara lantang. Menurut legenda, jika seseorang membaca puisi Tomino dengan suara keras, maka ia akan mengundang kematian atau bencana bagi dirinya sendiri. Dari beberapa sumber, cerita ini berawal dari Tomino, seorang anak kecil yang cacat dan membuat puisi yang menyeramkan. Lalu orangtuanya mengurung Tomino dan tidak diberi makan. Karena hal itulah, Tomino meninggal dengan cara yang tidak wajar. Hmmm… Jadi penasaran sama puisinya deh.

5. Teke-teke


Legenda ini mengisahkan tentang seorang gadis yang badannya terlindas oleh kereta api dan terbagi menjadi dua. Hantu ini memiliki keinginan yang besar untuk membalas dendam.

Konon ia selalu membawa sabit dan berjalan dengan kedua tangannya dan akan mengejar korban dengan sangat cepat. Saat berlari itulah asal mula ia dinamai Teke-teke karena akan terdengar suara tek-tek atau teke-teke.

6. Aka Manto

Hantu ini adalah salah satu hantu toilet yang populer di Jepang. Dengan mengenakan jubah merah, ia akan menghantui korbannya dan menanyakan mau tisu biru atau merah. Jika korban menjawab merah, maka Aka Manto akan memotong leher korban hingga seluruh tubuhnya berlumuran darah merah. Namun jika korban memilih biru, Aka Manto bakalan mencekik leher korban hingga tubuhnya berubah jadi kebiruan. There’s no way out guys!

7. Sadako

Mungkin hantu ini yang cukup populer nggak hanya di Jepang bahkan di Indonesia pun tahu hantu ini. Ia adalah hantu yang menaruh dendam pada orang yang menyakitinya selama masa hidupnya.

8. Kokkuri-san Game


Mirip dengan Jelangkung yang ada di Indonesia, kalau Jepang punya yang namanya Kokkuri-san. Dalam permainan ini dibutuhkan sebuah kertas bertuliskan huruf-huruf hiragana dan sebuah koin. Telunjuk masing-masing peserta harus menempel pada koin di atas kertas. Setelah mantra pemanggil Kokkuri-san dibacakan, koin akan bergerak untuk menandakan bahwa ada arwah yang datang.

Nah yang harus diingat dalam permainan Kokkuri-san, para peserta tidak boleh lupa mengucapkan selamat tinggal pada Kokkuri-san setelah permainan selesai atau kalau tidak mereka akan dihantui terus-menerus. Cara lain agar selamat dari gangguan arwah Kokkuri-san adalah peralatan permainan tersebut harus dibuang dalam waktu tertentu, atau membelanjakan koin yang dipakai saat bermain. Jika tidak, para peserta akan dihantui terus menerus dan dapat berakibat pada kematian.

9. Himuro Mansion

Kalau yang ini pasti familar bagi penggemar video game Fatal Frame. Dalam permainan tersebut diceritakan bahwa kisah tentang Himuro Mansion diangkat berdasarkan kisah nyata. Himuro Mansion adalah sebuah rumah tradisional Jepang yang terletak di area terjal berbatuan di perbatasan Tokyo. Tempat ini menjadi terkenal karena pernah terjadi pembantaian besar-besaran di sana.

10. Red Room

Legenda ini adalah tentang pop-up internet yang muncul di layar komputer atau smartphone diiringi dengan suara yang imut dan menggoda, “kamu suka red room (ruang merah)?”. Kalau seseorang mendapatkan pop-up ini, maka sebentar lagi ajalnya akan datang. Waduh!

11. Makura Gaeshi

Hantu ini akan muncul dikala seseorang sedang tidur dan akan mengganggu tidur orang itu dengan memindahkan bantal korban dikaki korban.

12. Kayako-san

Cerita ini adalah tentang wanita yang sejak kecil diabaikan oleh orang tuanya, menghabiskan waktunya dalam keadaan kesepian dan tertekan, serta berakhir dibunuh oleh suaminya. Hantu Kayako tetap menghantui rumah dimana ia meninggal dengan memunculkan suara minta tolong.

13. Onibaba

Kisah legenda ini bercerita tentang monster yang berubah bentuk menjadi nenek yang meminta tolong korbannya. Namun akan berakhir menangkap mereka kemudian dimasak dan dimakan oleh Onibaba. Wah!

14. Hitori Kakurenbo

Hitori Kakurenbo ini adalah permainan petak umpet, dengan mengajak hantu sebagai teman bermain. Ritual Hitori Kakurenbo ini sebenarnya digunakan di Jepang untuk berkomunikasi dengan roh dengan boneka digunakan sebagai pengganti tubuh manusia sebagai media.

Di permainan ini, seseorang harus benar-benar bermain petak umpet secara serius, jangan mengintip apalagi melongok keluar. Dikatakan bahwa apabila makhluk halus tersebut berhasil menemukan korban, maka dia akan menusuknya dengan pisau. Haduh jangan macam-macam deh ya kalau mau main-main.

15. Manga Ibitsu.

Hantu ini berwujud perempuan dengan pakaian lolita. Ia akan mendatangi seseorang dan bertanya, “Kamu punya adik perempuan nggak?”. Apapaun yang dijawab, Ibitsu bakalan tetap ingin jadi adik dari calon korbannya, dan menjadi obsesif. Dan berakhir akan membunuhnya karena gagal menjadi kakak yang ideal.

Skip to toolbar