Manfaat Buah Gooseberry Dan Madu Untuk Menghilangkan Jerawat

Manfaat Buah Gooseberry Dan Madu Untuk Menghilangkan Jerawat

Buah gooseberry yang penampakannya mirip buah ceremai adalah buah yang awalnya ditemukan di India. Buah ini dapat dimakan langsung dan tentu saja rasanya cukup asam dan tajam sehingga sering digunakan untuk membuat acar. Namun gooseberry yang kecil ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit, rambut, dan tubuh secara keseluruhan.

Yang pasti, buah ini kaya akan antioksidan dan vitamin C. Gooseberry merupakan salah satu jenis buah yang juga direkomendasikan sebagai salah satu bahan alami untuk melakukan perawatan kecantikan wajah. Dalam hal ini, Anda bisa mengolahnya menjadi masker wajah sebab salah satu manfaat kecantikan dari buah gooseberry adalah untuk mengatasi jerawat.

Dengan begitu, buah ini dapat digunakan sebagai bahan masker jerawat.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini manfaat kecantikan yang dapat Anda peroleh dari sebutir kecil buah gooseberry

Manfaat buah gooseberry untuk jerawat

  1. Mengatasi masalah jerawat dengan sifat anti bakteri yang dimilikinya.
  2. Mengatasi masalah kulit yang terbakar atau kecoklatan akibat sinar UV dengan cara mencerahkan kulit secara alami dan perlahan-lahan.
  3. Antioksidan pada buah gooseberry dapat membantu menjaga kulit Anda terlihat lebih kencang dan mencegah penuaan dini.
  4. Menyingkirkan bintik-bintik usia dan noda gelap (pigmentasi) pada kulit sehingga membuatnya terlihat bersinar lebih muda. Hal ini diperoleh dari antioksidan dan vitamin C yang terdapat pada buah gooseberry.
  5. Vitamin C pada buah gooseberry akan merangsang produksi kolagen yang berperan dalam mencegah penuaan dini pada kulit wajah seiring bertambahnya usia. Dengan terproduksinya kolagen secara alami, hal itu akan membuat kulit wajah Anda menjadi kencang.
  6. Sifat asam alami dari buah gooseberry menjadikannya sebagai agen pengelupasan kulit yang efektif. Dalam hal ini, asam akan bereaksi dengan minyak pada kulit Anda dan membuatnya kembali bersih.
  7. Melembabkan kulit secara alami. Inilah beberapa keunggulan dari manfaat buah gooseberry, untuk itu Anda tak perlu ragu lagi untuk menggunakannya sebagai salah satu bahan alami untuk membuat sendiri masker jerawat Anda.

Berikut ini resep masker jerawat berbahan buah gooseberry yang patut Anda coba:

Resep Masker Buah Gooseberry + Madu

buah gooseberry dicampur madu untuk menghilangkan jerawat di wajah

Buah gooseberry yang memiliki sifat anti bakteri akan bekerja efektif bila dipadukan dengan madu yang juga memiliki sifat anti bakteri. Selain itu, keduanya juga akan membuat kulit Anda nampak lebih sehat dan cerah.

Cara membuat:

  1. Haluskan sekitar 3 biji buah gooseberry dengan menggunakan sendok/garpu pada sebuah wadah yang bersih.
  2. Tambahkan 1 sendok teh madu organik/madu murni.
  3. Aduk merata campuran ke-2 bahan tersebut hingga berbentuk pastahalus dan masker jerawat ini siap untuk digunakan.

Tips penggunaan:

  1. Bersihkan terlebih dahulu wajah sebelum memakai masker dengan air hangat untuk membuka pori-pori agar masker dapat meresap lebih jauh ke dalam jaringan kulit.
  2. Oleskan masker jerawat ini secara merata ke seluruh wajah kecuali area mata dengan gerakan melingkar dan memberikan pijatan lembut pada saat dioleskan.
  3. Diamkan masker pada wajah selama sekitar 15 – 20 menit.
  4. Sebelum dibersihkan dengan air, Anda bisa menggosok-gosok lembut wajah Anda terlebih dahulu sebab buah gooseberry merupakan salah satu agen pengelupasan kulit yang baik. Dengan begitu Anda akan mendapatkan wajah yang lebih halus dan lembut setelah pemakaian.
  5. Setelah itu, bersihkan kembali wajah Anda dengan air hangat, kemudian air dingin.

Sudah jelas bahwa dari beberapa kandungan atau manfaat buah gooseberry ini dapat dijadikan masker jerawat yang paling efektif dan tak kalah penting lagi bila di gabungkan dengan madu.

Kedua jenis bahan alami ini  memiliki fungsi utama sebagai  agen anti mikroba dan bakteri yang menempel pada kulit dengan kontribusinya untuk mencegah jerawat tidak pecah dan mempercepat keringnya jerawat.

Manfaat Jahe Untuk Menghilangkan Jerawat Dan Kecantikan Kulit

Manfaat Jahe Untuk Menghilangkan Jerawat Dan Kecantikan Kulit

Jahe adalah ramuan yang telah digunakan sebagai bumbu penambah cita rasa masakan sejak jaman dahulu. Namun disamping itu, beberapa kandungan jahe ini telah terpercaya dan terbukti sangat ampuh dalam menangani berbagai permasalah kulit.

Akar jahe yang telah matang mengandung fibril ini  dapat diolah menjadi sebuah masker wajah, minyak esensial dan senyawa fenolik, seperti gingerol dan shogaols. Aroma tajam dari jahe ini memang akan memberi nuansa khas tersendiri. Tetapi perlu diketahui bahwa, jahe ini  juga telah banyak digunakan sebagai salah satu bahan konsentrat untuk produk perawatan kecantikan kulit.

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa jahe memiliki sifat antiseptik yang kuat dengan daya kerja yang cepat untuk berbagai permasalahan kulit utamanya jerawat yang sangat baik di jadikan masker jerawat. Selain jerawat, jahe juga memiliki beragam manfaat kecantikan dapat diperoleh. Anda penasaran?

Berikut ini manfaat jahe untuk kecantikan kulit:

1. Membersihkan noda dan jerawat.

Dalam hal ini, jahe menjadi agen antiseptik dan pembersihan yang kuat. Jahe akan membantu dalam menjaga kulit tetap bersih, halus, bercahaya, dan bebas dari noda. Selain itu, jahe juga menyegarkan dan merangsang pertumbuhan sel-sel kulit yang baru. Jahe juga menjadi salah satu bahan alami terbaik dalam membasmi jerawat karena dapat meminimalkan laju pertumbuhan jerawat dengan cara membunuh dan membersihkan bakteri penyebab jerawat secara cepat.

2. Menghambat tanda-tanda penuaan.

menghambat-penuaan

Jahe mengandung sekitar 40 senyawa antioksidan yang akan melindungi terhadap penuaan. Hal ini dapat meningkatkan penampilan kulit Anda dengan cara menghapus racun dan merangsang sirkulasi, sehingga akan terjadi pengiriman nutrisi yang lebih banyak di kulit. Antioksidan akan mencegah kerusakan dari radikal bebas, sehingga menjaga penampilan muda kulit Anda. Hal ini sekaligus akan meningkatkan elastisitas, serta membuat kulit Anda lebih kencang.

3. Mengatasi hipopigmentasi.

Noda hipopigmentasi terjadi ketika kulit kehilangan pigmentasinya, dan umumnya berwarna putih atau jauh lebih pucat dari warna kulit yang sebenarnya. Jahe dapat mengurangi penampilan kulit hipopigmentasi sampai batas yang signifikan.

Inilah beberapa keutamaan jahe yang dapat dijadikan untuk perawatan kecantikan kulit utamanya dijadikan masker jerawatsecara cepat dan maksimal, maka Anda tak perlu ragu lagi untuk mencobanya. Apalagi jahe adalah salah satu jenis bumbu yang mudah diperoleh, mudah diolah, dan harganya terjangkau.

Jadi tunggu apalagi?

Anda bisa segera mempraktekkan salah satu dari 2 resep masker jerawat berbahan jahe berikut ini:

1. Jahe + Madu + Yoghurt + Lemon

Cara membuat:

  1. Parut jahe hingga menghasilkan 1 sendok teh pasta jahe dan simpan dalam wadah bersih.
  2. Tambahkan masing-masing 1 sendok teh madu dan krim yoghurt tawar.
  3. Tambahkan ½ sendok teh jus lemon.
  4. Aduk rata campuran ke-4 bahan tersebut hingga merata dengan baik dan masker jerawat ini siap untuk digunakan.

2. Jahe + Green Tea

Cara membuat:

  1. Parut jahe hingga menghasilkan 1 sendok teh pasta jahe dan simpan dalam wadah bersih.
  2. Tambahkan 1 sendok teh air seduhan green tea.
  3. Aduk rata campuran ke-2 bahan tersebut hingga merata dengan baik dan masker jerawat ini siap untuk digunakan.

Tips Penggunaan Resep Masker 1 dan 2 :

  • Bersihkan terlebih dahulu wajah sebelum memakai masker dengan air hangat untuk membuka pori-pori agar masker dapat meresap lebih jauh ke dalam jaringan kulit.
  • Oleskan masker secara merata ke seluruh wajah kecuali area mata dengan gerakan melingkar dan lembut.
  • Diamkan masker pada wajah selama sekitar 30 menit.
  • Setelah itu, bersihkan kembali wajah Anda dengan air hangat, kemudian air dingin.

Untuk masalah penyiapan bahan-bahan diatas tidaklah begitu sulit, beberapa rekomensasi untuk perpaduan bahan  untuk masker jerawat yang satu ini sangat sering kita temukan.

Perlu diketahi bahwa perpaduan antara beberapa bahan diatas sangat maksimal dan terbukti cepat dalam memerangi jerawat.

Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Bahan Tradisional Alami

Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Bahan Tradisional Alami

Jerawat adalah masalah yang pernah dialami siapa saja. Umumnya muncul ketika kita mulai puber saat remaja.

Tahukah kamu jika jerawat itu muncul karena adanya perubahan hormon dalam tubuh kita, inilah alasan mengapa saat puber jerawat akan bermunculan. Jadi jangan panik jika saat sedang puber kamu jerawatan, karena yang mengalaminya ada banyak.

Baiklah, pada kesempatan kali ini saya akan coba berbagi tips bagaimana caranya menghilangkan jerawat secara alami dengan menggunakan bahan-bahan yang ada di sekitar kita.

Menghilangkan jerawat secara alami ini tidak selamanya 100% berhasil, mungkin kamu akan mendapatkan hasil yang berbeda dengan orang lain yang melakukannya.

Mengapa?

Karena jenis kulit setiap orang itu berbeda-beda, selain itu parah atau tidaknya jerawat juga berpengaruh. Jika jerawatmu itu besar-besar, dalam, dan bruntusan, alangkah baiknya jika berobatnya ke dokter saja.

Cara alami ini mungkin akan bekerja dengan baik untuk mengatasi jerawat yang kecil-kecil dan tidak parah.

Berikut ini adalah 5 cara menghilangkan jerawat secara alami yang katanya ampuh:

1. Menghilangkan jerawat dengan madu

madu-untuk-menghilangkan-jerawat-secara-alami-tradisional

Cara menghilangkan jerawat secara alami yang pertama bisa dilakukan dengan madu. Pastinya kamu sudah tahu jika madu adalah bahan tradisional yang telah digunakan sebagai obat berbagai macam penyakit sejak dulu.

Madu memang memiliki banyak sekali khasiat, salah satu yang bisa dimanfaatkan untuk mengobati jerawat adalah kemampuannya untuk meredakan peradangan dan mencegah infeksi.

Zat yang terkandung di dalam madu bisa mematikan bakteri yang menjadi penyebab jerawat, dan khasiat antiinflamasinya akan menghentikan peradangan yang terjadi pada jerawat kamu.

Ciri jerawat meradang adalah terlihat kemerahan dan terasa sakit bila tersentuh, terkadang bisa juga muncul seperti bengkak yang membuat jerawat terlihat lebih besar.

Madu bisa mengatasi jerawat bengkak yang meradang ini, menghentikan infeksinya, dan mempercepat penyembuhan.

Dengan menggunakan madu mungkin kamu tidak perlu lagi memencet jerawat hingga berdarah yang hanya akan membuatnya semakin parah, juga bisa menimbulkan bekas parut yang jelek.

Cara menggunakan madu untuk menghilangkan jerawat secara alami juga tidaklah sulit, kamu bisa menggunakannya secara langsung dengan dioles, atau dicampur dengan bahan lain untuk dijadikan masker.

Cara membuat masker madu untuk mengatasi jerawat meradang:

  1. Siapkan madu. Pastikan kamu menggunakan madu asli yang belum ada bahan campurannya.
  2. Cuci muka hingga bersih, lebih bagus lagi jika diuapi dengan uap air hangat.
  3. Aplikasikan madu pada wajah secara merata, atau bisa juga hanya pada bagian yang ada jerawatnya saja.
  4. Diamkan hingga madu mengering sendiri, lalu setelah itu bilas wajah dengan air bersih dan sabun.
  5. Pastikan tidak ada sisa madu yang tertinggal di wajah kamu.

2. Menggunakan tea tree oil

tea-tree-oil

Jerawat juga bisa dihilangkan dengan bahan alami bernama tea tree oil. Jangan tertipu dengan namanya, sekilas pasti kamu akan mengira jika bahan ini adalah teh, padahal bukan.

Tea tree oil adalah sejenis tanaman herbal yang berasar dari Australia, tanaman ini bukan teh seperti yang biasa kita minum. Tea tree oil juga sudah terkenal khasiatnya untuk menghilangkan jerawat, saat ini sudah banyak dijual produk tea tree oil yang bisa kamu beli dengan mudah di pasaran.

Khasiat utama tea tree oil hampir sama dengan madu, hanya saja ia lebih keras jadi mungkin efeknya lebih cepat terasa. Tea tree oil mampu menghentikan infeksi dan mengatasi peradangan pada jerawat.

Dikarenakan bahan ini cukup keras, maka sebaiknya dilakukan pengetesan terlebih dahulu pada bagian kulit lain seperti punggung tangan sebelum mengaplikasikannya pada wajah.

Hal ini bertujuan untuk menghindari terjadinya reaksi alergi atau terbakar yang biasanya terjadi pada mereka dengan kulit sensitif. Saat pengetesan, lihat reaksinya, jika ada reaksi alergi maka sebaiknya pemakaian dihentikan.

Untuk menggunakannya juga cukup mudah:

  1. Siapkan tea tree oil murni, gunakan yang konsentrasinya 5%. Jika lebih dari itu maka bisa diencerkan dengan air.
  2. Siapkan cotton bud.
  3. Teteskan tea tree oil secukupnya pada cotton bud.
  4. Oleskan langsung pada jerawat.
  5. Diamkan hingga kering.
  6. Bilas wajah dengan air.

3. Menghilangkan jerawat dengan lidah buaya

aloe-vera-lidah-buaya-untuk-jerawat

Bahan ketiga yang bisa digunakan untuk mengatasi jerawat di wajah secara alami adalah aloe vera atau yang lebih dikenal dengan lidah buaya.

Bahan ini mudah didapat, bahkan mungkin ada di pekarangan rumah kamu.

Aloe vera diyakini juga mampu menghilangkan jerawat ringan yang kecil-kecil.

Beberapa studi sudah pernah dilakukan untuk menguji apakah lidah buaya ampuh untuk menghilangkan jerawat, dah hasilnya memang menunjukkan adanya potensi tersebut.

Berikut ini adalah cara menghilangkan jerawat dengan menggunakan aloe vera:

  1. Ambil daun tanaman lidah buaya, cukup 1 helai saja.
  2. Cuci hingga bersih.
  3. Kupas dengan cara membelah dua daunnya, kemudian ambil gelnya.
  4. Masukkan gel dalam wadah kecil, geprek-geprek dengan sendok hingga agak encer.
  5. Aplikasikan sebagai masker pada bagian wajah yang berjerawat.
  6. Diamkan hingga mengering, lalu bilas dengan air bersih.

4. Menggunakan Masker lumpur

Selanjutnya kamu juga bisa mencoba menghilangkan jerawat secara alami dengan masker lumpur.

Masker lumpur digunakan untuk mengangkat kotoran yang menyumbat pori dan menyerap kelebihan minyak, yang mana kedua faktor ini bisa menyebabkan munculnya jerawat.

Nah untuk mengatasinya masker lumpur bisa digunakan.

Berikut ini cara memakai masker lumpur yang baik dan benar untuk menghilangkan jerawat:

  1. Siapkan masker lumpur. Beli yang asli, saat ini sudah banyak dijual di apotik atau toko-toko online.
  2. Cuci muka terlebih dahulu.
  3. Campur masker dengan air, aduk hingga agak kental.
  4. Aplikasikan masker pada wajah secara merata.
  5. Diamkan hingga mengering.
  6. Seteleh kering bersihkan masker dengan menggunakan air dingin.

5. Mencuci muka secara teratur

Seperti yang sudah kamu tahu jika jerawat bisa muncul pada wajah yang kotor. Mengapa?

Karena kotoran yang menempel pada wajah bisa menyumbat pori-pori yang mengakibatkan jerawat muncul.

Karena itu penting menjaga kebersihan wajah agar jerawat tidak muncul.

Cara yang paling gampang adalah dengan mencuci muka secara teratur menggunakan sabun muka yang cocok dengan jenis kulitmu.

Tapi ingat, mencuci muka tidak boleh dilakukan terlalu sering. Cukup lakukan secara teratur 2 kali sehari, terutama seusai beraktifitas di luar ruangan atau sehabis mengendarai sepeda motor.

Itulah 5 cara menghilangkan jerawat secara alami yang diyakini banyak orang cukup ampuh.

Selamat mencoba dan semoga berhasil yaaaa…

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami

Tips menghilangkan bekas jerawat secara alami – jika dilihat secara kesehatan, bekas jerawat ini memang tidaklah mengganggu, namun bekas jerawat yeng membandel juga bisa menurunkan rasa percaya diri seseorang. Kebanyakan bekas jerawat ini akan memudar dengan sendirinya setelah beberapa bulan.

Akan tetapi ada cara tertentu yang bisa dilakukan dalam membantu mempercepat proses dan juga menghindari timbulnya kembali jerawat secara alami. Akan tetapi cara alami ini juga mempunyai kelebihan dibanding menggunakan bahan kimia, yaitu biaya yang murah dan cara mendapatkan nya yang mudah.

Berikut beberapa tips menghilangkan bekas jerawat secara alami dengan bahan tradisional yang ada di sekitar kita:

1. Minyak zaitun

minyak zaitun bahan tradisional menghilangkan bekas jerawat

Tips menghilangkan bekas jerawat secara alami, minyak zaitun ini memang dikenal sejak zaman dahulu, selain dapat di pakai untuk memasak, ternyata minyak zaitun ini juga sangat baik bagi kesehatan kulit. Anda dapat membeli minyak zaitun dengan kemasan. Adapun cara pemakaiannya anda lumayan mudah dengan cara mengoleskan minyak tersebut ke bagian bekas jerawat di malam hari menjelang tidur.

2. Madu

Madu adalah bahan sebagai pelembap yang alami yang digunakan untuk membersihkan jerawat serta mengurangi bekas jerawat. Hal ini disebabkan madu yang mengandung sifat antibakteri yang bisa membantu menetralisir zat-zat yang berada di kulit dan juga mengurangi peradangan. Supaya lebih efektif, maka lebih baik memakai madu alami atau bukan madu olahan. Adapun cara penggunaannya lumayan mudah, anda bisa mengoleskan madu ini langsung ke daerah bekas jerawat.

3. Lidah buaya

Lidah buaya merupakan sumber vitamin potensial yang bisa membantu untuk menyembuhkan bekas jerawat. Gelnya yang sangat lembut ini tidak akan merusak kulit anda semua. Lidah buaya ini bisa berfungsi sebagai pelembap yang alami, yang menjadikan kulit akan menjadi sehat dan lembut. Cara pemakaiannya juga lumayan mudah, anda bisa memotong lidah buaya ini sesuai dengan kebutuhan. Setelah memperoleh cukup gel lidah buaya, kemudian oleskan ke daerah bekas jerawat dengan cara melakukan pijatan-pijatan lembut.

4. Mentimun

Mentimun merupakan bahan alami yang bagus untuk melakukan perawatan wajah. selain baik digunakan untuk sayuran, mentimun yang mengandung vitamin A serta vitamin C dan magnesium ini bermanfaat baik bagi kulit. Adapun cara memakai mentimun untuk penyembuhan bekas jerawat ini anda cukup untuk membeli mentimun kemudian potong beberapa irisan yang tipis. Setelah itu, letakkanlah irisan mentimun ini pada kulit bekas jerawat. Setelah hampir sekitar tiga puluh menit, maka ambil irisan mentimun ini kemudian bilas menggunakan air bersih. Setelah itu, ulangilah setiap hari untuk memperoleh hasil yang maksimal.

5. Teh Hijau

Cara yang selanjutnya untuk menghilangkan bekas jerawat ialah memakai es teh hijau.

Es batu adalah bahan alami yang sangat sederhana yang bisa membantu memudarkan bekas jerawat, selain itu kulit yang meradang dan mengurangi kulit kemerahan di wajah. Cara memakaianya juga lumayan mudah. Anda bisa membuat teh hijau kemudian dibungkus dengan plastik. Selanjutnya taruhlah ke dalam lemari es dan jadikan menjadi es batu. Setelah menjadi es, maka anda bisa mengoleskannya di area luka hingga kurang lebih 1 hingga 2 menit sampai kulit terasa mati rasa. Sebab teh hijau ini mempunyai sifat anti-inflamasi yang melengkapi efek pendingin es.

Demikian beberapa tips menghilangkan bekas jerawat secara alami yang dapat anda coba di rumah, pastinya dengan biaya yang murah serta menggunakan bahan yang mudah diperoleh. Anda bisa menerapkan satu dari delapan tips diatas yang sekiranya tepat untuk kulit anda semua.

Cara Membuat Masker Pepaya Untuk Jerawat Beserta Manfaatnya

Cara Membuat Masker Pepaya Untuk Jerawat Beserta Manfaatnya

Pepaya adalah salah satu jenis buah yang mengandung betakaroten yang kaya dan diisi dengan enzim yang kuat dan phytochemical yang baik untuk kulit.

Salah satu manfaat besar yang dimiliki enzim pada buah pepaya adalah menangkal radikal bebas yang dapat menyerang jaringan sel kulit yang sehat sehingga bisa menimbulkan berbagai macam gangguan pada kulit wajah, termasuk jerawat salah satunya.

Buah pepaya adalah salah satu bahan alami yang baik digunakan dalam perawatan kecantikan kulit wajah, salah satunya dengan menjadikan pepaya sebagai bahan masker wajah.

Dengan sifat anti bakteri yang juga terdapat di dalamnya, menjadikan buah pepaya direkomendasikan sebagai salah satu bahan alami untuk membuat masker jerawat.

Adapun kandungan nutrisi lengkap pada buah pepaya yang bermanfaat untuk perawatan kecantikan kulit wajah  adalah sebagai berikut:

  1. Papain: Meningkatkan regenerasi kulit, mengandung sifat anti inflamasi yang dapat menyembuhkan kondisi gangguan kulit wajah seperti jerawat, rosacea, dan eksim, agen pengelupasan kulit, mencerahkan warna kulit dan mengurangi pigmentasi, serta bertindak sebagai pelembut kulit yang dapat melembutkan kulit kasar dan membersihkan jerawat.
  2. AHA (Alpha Hidroxy Acid): agen pengelupasan kulit dengan melepaskan ikatan antara sel-sel kulit mati.
  3. Potassium: menghidrasi dan melembabkan kulit wajah.
  4. Vitamin A: mengatasi masalah kulit kering dan kusam, mengurangi noda bekas jerawat dan bintik-bintik gelap pada wajah, serta membuat kulit nampak awet muda.
  5. Vitamin C: meningkatkan produksi kolagen, serta meningkatkan elastisitas dan kekencangan kulit wajah. Dengan sejumlah manfaat dari tiap kandungan nutrisi yang terdapat pada buah pepaya, Anda dapat membuat masker jerawat, yang tidak hanya mengatasi masalah jerawat, tetapi juga masalah kulit wajah lainnya yang sedang Anda alami.

Namun perlu diketahui bahwa sebelum menerapkan masker jerawat berbahan pepaya ini, ada baiknya Anda melakukan pengujian terlebih dahulu, sebab kandungan AHA yang dimilikinya terkadang bisa mengiritasi kulit wajah. Jadi pastikan melakukan pengujian terlebih dahulu pada bagian siku lengan.

Jika tidak terjadi masalah, Anda bisa mulai mencoba membuat masker jerawat berbahan pepaya dengan beberapa resep berikut ini:

1. Pepaya + Madu + Jeruk Nipis

masker-pepaya-untuk-jerawat

Perpaduan ke-3 bahan tersebut benar-benar efektif dalam menyingkirkan jerawat sekaligus noda bekas jerawat, dimana ketiganya mengandung anti bakteri yang akan membunuh kuman penyebab bakteri pada kulit wajah. Pepaya dan madu juga akan menghidrasi dan melembabkan kulit. Sementara itu, jeruk nipis akan menyegarkan kulit wajah.

Cara membuat:

  1. Haluskan/blender ¼ potong pepaya matang hingga berbentuk pasta.
  2. Masukkan 1 sendok makan pasta pepaya dalam wadah.
  3. Tambahkan 1 sendok teh madu organik.
  4. Tambahkan ½ sendok teh air perasan jeruk nipis.
  5. Aduk rata campuran ke-3 bahan tersebut hingga masker siap untuk digunakan.

2. Pepaya + Mentimun + Pisang

Perpaduan antara ke-3 bahan tersebut efektif dalam mengatasi jerawat di wajah sekaligus menghidrasi, melembabkan, dan menghaluskan kulit wajah.

Cara membuat:

  1. Setelah ke-3 bahan dikupas, blender ke-3nya dengan ukuran:
  2. ¼ potong pepaya matang.
  3. ¼ potong mentimun.
  4. ½ biji pisang.
  5. Ambil campuran masker secukupnya untuk digunakan pada wajah.

3. Pepaya + Putih Telur

Perpaduan ke-2 bahan tersebut efektif dalam mengatasi jerawat sekaligus mengurangi kelebihan minyak dan mengencangkan kulit wajah.

Cara membuat:

  1. Haluskan/blender ¼ potong pepaya matang hingga berbentuk pasta.
  2. Ambil 1 putih telur dalam wadah.
  3. Tambahkan 1 sendok makan pasta pepaya.
  4. Kocok lepas campuran ke-2 bahan tersebut hingga masker siap untuk digunakan.

Tips Penggunaan Masker 1 – 3:

  • Bersihkan wajah terlebih dahulu dengan menggunakan air hangat sebelum menggunakan masker jerawat ini.
  • Oleskan masker secara merata pada seluruh wajah kecuali area mata.
  • Diamkan selama sekitar 15 menit.
  • Bersihkan kembali wajah dengan air hangat, kemudian air dingin.

Beberapa kandungan nutris pepeya ini sangat ampuh dalam mengatsi jerawat.

Adapun perpaduan dari bahan-bahan tersebut diatas telah menjadi bahan referensi kami sebagi penulis baik dari mereka yang telah membuktikanya maupun saya sendiri sebagai penulis web ini.

Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Oatmeal

Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Oatmeal

Selama ini oatmeal yang merupakan bahan makanan yang diperoleh dari biji gandum identik sebagai salah satu makanan sehat untuk sarapan. Tapi apakah Anda tahu bahwa oatmeal juga dapat diterapkan untuk membuat kulit bersinar dan bebas jerawat?

Hal ini tentu sangat baik sebagai salah satu bahan alami untuk membuat masker jerawat Anda. Tahukah Anda bahwa dalam sebutir oatmeal terkandung penyerap alami yang akan membuka penyumbatan pori-pori di wajah akibat kelebihan minyak di permukaan kulit?

Dengan demikian, hal ini akan meminimalkan jerawat serta pembentukan komedo. Selain itu, oatmeal juga merupakan agen pengelupasan sel kulit mati yang baik dan ramah terhadap mereka yang berkulit super sensitif sekalipun juga untuk semua jenis kulit.

Untuk lebih meyakinkan, Anda perlu menyimak kandungan nutrisi yang dimiliki oatmeal yang membuatnya bermanfaat untuk kecantikan kulit wajah:

  1. Zinc adalah jenis mineral yang baik untuk penderita jerawat. Dalam hal ini, zinc akan bekerja dalam membantu mencegah jerawat, sekaligus mengatur ketidakseimbangan hormon yang menyebabkan pertumbuhan jerawatdi wajah.
  2. Selenium adalah antioksidan kuat dalam melawan radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini pada kulit. Selain itu, selenium akan bekerja dalam melindungi kulit terhadap kerusakan akibat sinar matahari, membantu menjaga kekencangan dan elastisitas kulit sehingga membuatnya awet muda.
  3. Vitamin B (B1, B2, B3, B6, B9) dan folat yang diperlukan untuk regenerasi kulit dan juga memerangi radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini dan kerusakan kulit.
  4. Fiber (serat) yang akan mempromosikan buang air besar yang teratur dan tepat sehingga akan membantu dalam menghilangkan racun dan zat berbahaya pada tubuh.
  5. Polisakarida yang akan menutrisi kulit, mengencangkan kulit, sekaligus menghaluskan kulit. Setelah mengetahui kandungan nutrisi yang terdapat pada oatmeal, maka Anda tak perlu ragu untuk menjadikan oatmeal sebagai salah satu bahan alami untuk masker jerawat Anda.

Berikut ini 2 resep yang bisa Anda coba untuk membuat sendiri masker jerawat berbahan oatmeal:

1. Oatmeal + Pisang + Susu

Tak perlu mahal-mahal untuk melakukan perawatan kecantikan ala Ratu Cleopatra. Hanya dengan menggunakan kombinasi ke-3 bahan tersebut maka Anda akan merasakan kemewahan perawatan kecantikan kulit ala Cleopatra dengan bahan yang mudah ditemukan dan terjangkau. Selain efektif untuk jerawat, ketiganya akan bekerja lebih baik untuk menutrisi kulit sehingga akan menyehatkan kulit.

Cara membuat:

  1. Haluskan oatmeal dengan blender hingga menghasilkan 1 sendok makan oatmeal bubuk.
  2. Haluskan pula ½ biji pisang berukuran sedang hingga berbentuk pasta halus.
  3. Setelah itu ambil wadah bersih dan campurkan 1 sendok makan oatmeal bubuk dengan pasta pisang.
  4. Tambahkan 1 sendok teh susu murni.
  5. Aduk rata campuran ke-3 bahan tersebut hingga berbentuk pasta halus dan masker jerawat ini siap untuk digunakan.

2. Oatmeal + Madu + Yoghurt

oatmeal-madu-yogurt-untuk-jerawat

Perpaduan antara ke-3 bahan tersebut tidak hanya membuat wajah Anda bebas jerawat, namun juga akan memberikan kelembaban alami pada kulit wajah.

Cara membuat:

  1. Haluskan oatmeal dengan blender hingga menghasilkan 1 sendok makan oatmeal bubuk.
  2. Setelah itu ambil wadah bersih dan masukkan 1 sendok makan oatmeal bubuk.
  3. Tambahkan masing-masing dengan 1 sendok teh madu organik dan krim yoghurt tawar.
  4. Aduk rata campuran ke-3 bahan tersebut hingga berbentuk pasta halus dan masker jerawat ini siap untuk digunakan.
  5. Tips Penggunaan Masker 1 dan 2 :
  6. Bersihkan terlebih dahulu wajah sebelum memakai masker dengan air hangat untuk membuka pori-pori agar masker dapat meresap lebih jauh ke dalam jaringan kulit.
  7. Oleskan masker jerawat secara merata ke seluruh wajah kecuali area mata.
  8. Diamkan masker pada wajah selama sekitar 10 – 15 menit.
  9. Setelah itu, bersihkan kembali wajah Anda dengan air hangat, kemudian air dingin.

Banyak cara atau resep yang dapat dilakukan dalam membuat masker oatmeal ini, namun kedua cara diatas telah kami buktikan bahwa beberapa bahan alami atas sangat cocok bila digabungkan dengan oatmeal sebagai masker jerawat.

Buktikan dan rasakan sentuhan alaminya pada kulit!

5 Tips Menjaga Berat Badan Tetap Sehat dan Ideal

Memiliki berat badan yang ideal memang selalu keinginan setiap orang terutama bagi kaum wanita. Menjaga tubuh agar tetap ideal dengan cara yang paling mudah adalah dengan menjaga pola makan dan berolahraga. Tapi terkadang para wanita tidak suka dengan yang namanya olahraga.

Namun janganlah sekali-kali Anda memilih cara cepat dengan menggunakan obat-obatan kimia. Ini hanya akan mengganggu kesehatan dan bisa membuat anda ketagihan. Artinya, jika anda sudah tidak mengkonsumsi obat-obatan tersebut maka berat badan anda juga akan naik nantinya. Karena jika anda menggunakan obat pelangsing dan masih tetap mengkonsumsi makanan yang tidak sehat dan berlemak maka usaha Anda hanya sia-sia saja.

menjaga-berat-badan

Nah untuk memudahkan anda dalam menurunkan bera badan, anda bisa melakukan 5 tips turunkan berat badan menjadi ideal berikut ini:

Menjaga Pola Makan

Menjaga pola makan adalah pilihan yang sangat tepat dalam rangka menurunkan berat badan. Dengan menjaga pola makan yang sehat dan teratur pasti anda akan memiliki tubuh yang langsing ideal sesuai dengan keinginan anda. Pilihlah jenis makanan yang tanpa lemak dan berenergi sehingga walaupun anda tidak makan banyak maka anda akan dapat memiliki energi yang cukup saat beraktivitas.

Menjaga Pola Makan Menghindari Jenis Makanan Olahan

Membuat sendiri semua makanan yang akan dimakan adalah hal yang sangat disarankan. Makanan yang siap saji atau makanan yang memiliki bahan pengawet ini harus dihindari. Makanan siap saji bukan hanya akan bisa membuat tubuh anda menjadi gemuk, akan tetapi makanan siap saji juga mengandung bahan pengawet yang dapat beresiko tinggi untuk kesehatan tubuh anda.

Mengendalikan Makanan Dengan Porsi Gula dan Karbohidrat Tinggi

Karbohidrat dan gula adalah salah satu makanan yang memang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Akan tetapi, jika keduanya dikonsumsi dengan cara berlebihan ini juga akan sangat beresiko dan membuat tubuh anda menjadi gemuk. Bukan hanya gemuk saja, namun kemungkinan anda akan memiliki penyakit diabetes mellitus atau yang lainnya.

Mengkonsumsi Makanan Dari Sayur dan Buah

Memilih jenis makanan yang terbuat dari bahan buah dan sayur juga bisa Anda lakukan secara rutin untuk menurunkan berat badan. Sayur-sayuran dna buah-buahan adalah sumber makanan tak berlemak dan sangat baik dikonsumsi oleh tubuh anda. Karena didalam sayur-sayuran dan buah-buahan ini memiliki banyak sekali kandungan serat, zat besi, mineral, protein, kalsium, kalium dan vitamin yang memang sangat diperlukan oleh tubuh.

Konsumsi Sayur dan Buah Rutin Berolahraga

Setelah melakukan semua hal diatas, Anda juga tetap perlu dengan yang namanya olahraga supaya lemak bisa berkurang dan berat badan anda bisa turun ideal dengan cepat. Melakukan olah raga tidak harus dilakukan pada jenis olahraga yang berat. Cukup dengan berjalan kaki, berlari kecil, bersepeda atau olahraga ringan yang menghasilkan keringat, ini akan sangat membantu anda dalam menurunkan lemak dan berat badan anda.

Nah selain melakukan 5 tips di atas, masih ada beberapa tips yang bisa anda gunakan untuk menurunkan berat badan dengan cepat yaitu:

  • Tetap aktif dengan cara bekerja atau yang lainnya agar tubuh tetap beraktifitas.
  • Jangan ingin hasil instan, artinya jangan hanya memikirkan cara menurunkan berat badan dengan cepat saja, yang terpenting adalah sehat dan aman. Niatkan bahwa proses turunkan berat badan adalah proses mengatur pola hidup menjadi lebih sehat.
  • Menghindari minuman atau makanan yang bersoda dan beralkohol
  • Memilih frekuensi kadar makanan yang tepat.

Yang paling penting dalam menjaga tubuh anda agar tetap langsing dan ideal adalah anda harus mengingat bahwa anda masih melakukan proses diet dan disiplin dalam menjalankannya. Jika hasilnya belum terlihat dalam hitungan hari, maka Anda perlu melakukannya secara perlahan. Selama Anda konsisten semua upaya Anda pasti akan membuahkan hasil. Itulah 10 tips menjaga berat badan agar tetap ideal yang aman, mudah dan cepat, semoga dapat bermanfaat bagi anda yang membacanya Anda. Semoga berhasil menurunkan berat badan. Salam sehat !

3 Tips Merawat Kulit Kering dan Sensitif

Memiliki kulit kering dan sensitif memang merepotkan, kulit yang sensitif mudah sekali mengalami iritasi, gatal-gatal dan jerawat. Jika berada di ruangan ber-AC, pemilik kulit kering sensitif sering mengalami sensasi kulit yang serasa ditarik-tarik dan bahkan mengelupas di beberapa tempat. Bahkan, pemilik kulit kering dan sensitif bisa mendapat garis-garis halus di wajah walaupun masih muda.

kulit-kering-dan-sensitif

Untuk itu, perawatan kulit untuk kulit kering dan sensitif harus sedikit lebih spesial dibandingkan perawatan kulit normal. Berikut adalah beberapa cara untuk merawat kulit kering dan sensitif:

Mandi air hangat

Mulailah dari memperbaiki kebiasaan mandi anda, jika anda memiliki pancuran air hangat di rumah, jangan terlalu sering mandi dengan air yang suhunya terlalu tinggi melainkan cukup suam-suam kuku. Kecuali Anda memang harus membersihkan lapisan kotoran yang sangat tebal akibat aktifitas tertentu, jangan mandi terlalu lama apalagi jika airnya hangat karena hal itu bisa menghilangkan kelembaban alami kulit anda. Perawatan kulit kering saat mandi juga termasuk menggunakan sabun lembut yang memang diformulasikan untuk kulit kering serta tidak menggosok tubuh terlalu keras dengan handuk, gunakan gerakan menepuk-nepuk ketika mengeringkan tubuh.

Memakai pelembab kulit

Pilihlah produk yang tepat untuk perawatan kulit wajah, tubuh dan bibir anda sekalian; perhatikan dengan teliti sabun wajah dan sabun mandi yang anda beli dan pastikan keduanya mengandung ekstra pelembab, kandungan yang ramah untuk kulit kering dan sensitif seperti vitamin E dan minyak zaitun serta tidak mengandung alkohol. Rajin-rajinlah mengoleskan lotion pelembab tubuh tiap setelah mandi untuk menjaga kelembaban kulit. Lip balm juga merupakan produk yang wajib ada di tas anda untuk memastikan bibir anda senantiasa lembab dan tidak pecah-pecah.

Penuhi kebutuhan cairan dan nutrisi

Selain perawatan dari luar, lakukan juga perawatan kulit kering dan sensitif dari dalam. Jagalah asupan air minum Anda dalam sehari untuk menjaga kelembaban kulit. Paling tidak Anda harus minum air putih minimal 8 gelas setiap harinya. Selain itu Anda juga harus banyak memakan buah serta sayuran yang mengandung vitamin A, C dan E untuk menjaga kondisi kulit serta mengurangi dampak buruk sinar UV,  polusi dan stres terhadap kulit anda.

Nah dengan melakukan secara rutin 3 tips mudah untuk merawat kulit kering dan sensitif diatas mudah-mudahan semua permasalahan kesehatan kulit yang biasa dialami mulai berkurang. Anda harus tanamkan baik-baik bahwa kulit kering dan sensitif tidak selamanya menjadi masalah selama Anda bisa merawatnya dengan baik. Anda hanya perlu konsisten dan bersabar.

Demikianlah infromasi yang bisa kami berikan mengenai tips merawat kulit kering dan sensitif, semoga bermanfaat untuk Anda. Selamat mencoba dan salam sehat !

6 Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan dan Kecantikan

6 Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Lidah buaya memang sangat terkenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Tanaman yang namanya terdengar agak aneh ini mungkin sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Saat ini lidah buaya semakin mudah ditemukan karena sudah banyak orang yang menanam lidah buaya di dalam pot tanamannya masing-masing. Dalam bahasa ilmiahnya tanaman lidah buaya disebut aloe vera, manfaat atau khasiatnya juga sangat banyak, dan telah diuji secara klinis.

Lidah buaya bewarna hijau dan memiliki bentuk yang agak panjang dengan duri-duri yang mengelilingi disekitar kulitnya. Biasanya tanaman lidah buaya dapat ditemukan di daerah yang beriklim tropis. Sejak jaman dahulu, tanaman ini sudah digunakan oleh banyak orang untuk mengobati berbagai macam penyakit.

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas beberapa khasiat atau manfaat yang terkandung dalam lidah buaya, serta cara pengolahannya agar bisa digunakan sebagai obat alami.

manfaat-lidah-buaya-untuk-kecantikan-dan-kesehatan

Berikut ini adalah 6 manfaat lidah buaya untuk kesehatan dan kecantikan:

1. Melancarkan pencernaan

Lidah buaya memiliki sebuah enzim yang dapat melancarkan sistem pencernaan. Daging lidah buaya bisa kita konsumsi dengan dibuat jus ataupun dicampur dengan makanan lainnya. Dengan sering mengkonsumsi lidah buaya, maka kita dapat menjaga sistem pencernaan tubuh agar tetap sehat.

2. Menghilangkan jerawat

Manfaat lain dari lidah buaya adalah dapat menghilangkan jerawat. Caranya sangatlah mudah, ambil lidah buaya kemudian patahkan menjadi 2 bagian, lalu ambil getahnya dan oleskan pada bagian wajah yang terkena jerawat, setelah itu diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air hangat.

3. Menebalkan rambut

Sudah menjadi rahasia umum jika lidah buaya memiliki manfaat yang sangat bagus untuk rambut. Bahkan saat ini banyak sekali shampo yang menggunakan lidah buaya sebagai bahan bakunya karena dapat bermanfaat untuk menebalkan rambut. Caranya sangat mudah, ambil pelepah lidah buaya kemudian gosokkan pada rambut lalu tutup dengan handuk atau lap kering, diamkan selama kurang lebih 1 jam.

4. Menghilangkan stress

Kadar vitamin yang terdapat dalam lidah buaya juga dapat menghilangkan rasa stress. Caranya, ambil daging lidah buaya, lalu buatlah menjadi minuman jus dengan ditambahkan sedikit gula sehingga akan sangat nikmat saat dikonsumsi.Untuk mengeluarkan racun

Manfaat lain dari lidah buaya adalah sebagai media untuk mengeluarkan racun yang mengendap di dalam tubuh. Hal ini dikarenakan lidah buaya mengandung gelatin yang dapat menyerap racun.

5. Menurunkan kadar gula darah

Untuk Anda yang menderita penyakit diabetes, maka lidah buaya ini sangat cocok untuk dikonsumsi, hal ini dikarenakan kandungan pada daging lidah buaya mampu menurunkan kadar gula darah hingga lebih dari 30%. Minumlah jus lidah buaya setiap hari agar kadar gula darah Anda menjadi lebih stabil.

6. Meningkatkan keseimbangan tubuh

Lidah buaya memiliki kandungan mineral dan vitamin yang sangat bagus untuk menjaga keseimbangan tubuh. Oleh sebab itu lidah buaya bisa menjadikan pikiran kita lebih fokus dan membuat kita lebih bersemangat dalam menjalani berbagai aktifitas sehari-hari.

6 Dampak Kurang Tidur Bagi Kecantikan Kulit

Tidur merupakan aktivitas yang sangat penting untuk kesehatan. Namun tahukah anda, tidur dapat mempengaruhi kecantikan kulit anda? Usahakan tidur minimal 8 jam setiap hari untuk mendapatkan tidur yang berkwalitas dan mencegah timbulnya efek negatif pada kulit karena kurang tidur.

dampak-kurang-tidur-terhadap-kesehatan-kulit-01

Kenapa tidur dapat mempengaruhi kecantikan kulit? Sebab kurang tidur dapat menimbulkan jerawat, penuaan dini dan masih banyak lagi. Untuk lebih jelasnya mari kita simak ulasan berikut.

1. Dapat Memicu Jerawat

Jika anda tidak ingin berjerawat sebaiknya menjaga pola tidur yang berkwalitas dan sehat. Sebab jika anda kurang tidur dapat menyebabkan timbulnya jerawat yang memicu terjadinya peradangan dan akan meningkatkan kondisi alergi kulit.

2. Merusak kecantikan kulit alami

Kurang tidur dapat merusak kalogen dalam tubuh yang berfungsi membuat kulit sehat dan tetap muda. Jika kalogen rusak dapat menyebabkan kulit menjadi rentan terhadap kerusakan, mudah berkerut dan terlihat tidak kencang.

3. Merusak kekebalan kulit

Kurang tidur memang sangat berpengaruh pada kecantikan kulit sebab dapat menyebabkan peradangan dan sistem kekebalan tubuh pue akan melemah. Jika sistem kekebalan tubuh menurun dapat menyebabkan berbagai jenis penyakit kulit menyerang. Seperti penyakit eksim yang bisa saja menyerang.

4. Wajah menjadi rusak

Tidur malam merupakan waktu untuk kulit membangun sel-sel kulit yang rusak dan dan membangun sel kulit yang baru. Sementara kurang tidur dapat mengakibatkan timbulnya kantung mata, mata gelap, keriput, kekeringan, dan bintik-bintik pada kulit.

5. Proses penuaan akan cepat

Kurang tidur dapat mengendurkan kulit, menimbulkan keriput dan sel-sel kulit rusak yang belum diperbaiki. Kulit pun akan nampak terlihat tua, akibat dari proses penuaan dini.

6. Berat badan bertambah

Kurang tidur cendrung banyak mengkonsumsi makanan pada malam hari. Dan pada siang hari anda juga akan semakin lapar. Melonjaknya berat badan tak dapat di hindari.Untuk itu, tidurlah minimal 8 jam sehari, untuk menjaga tubuh agar selalu sehat dan kulit pun akan terlihat cantik.