7 Tips Cara Mengatasi Kulit Berminyak Jadi Cantik

Apakah wajah anda berminyak?

Mempunyai wajah yang berminyak sangatlah menggangu penampilan anda. Apalagi bagi wanita pekerja yang harus berhadapan langsung dengan klien. Agar kondisi ini tidak menggangu dan memalukan sebaiknya segera atasi wajah berminyak anda.

Kulit wajah yang berminyak disebabkan oleh terlalu aktifnya kelenjar sebaceous yang mengakibatkan kulit wajah berminyak sehingga pori-pori akan tersumbat dan dapat menimbulkan komedo dan bintik-bintik pada wajah.

mengatasi-kulit-berminyak

Berikut adalah 7 tips mudah mengatasi kulit berminyak:

1. Jangan digosok

Hindari menggosok kulit wajah yang berminyak dengan tangan anda. Sebab dapat menimbulkan iritasi pada kulit wajah. Untuk membersihkan minyak cukup tekan-tekan dengan halus wajah dengan tisu atau kapas yang bersih.

2. Memakai pelembab

Kulit berminyak juga dapat mengering dan membutuhkan pelembab. Faktanya kulit yang berminyak akan lebih cepat mengering. Dan pelembab yang tidak mengandung lemak adalah solusinya.

3. Cuci Wajah dengan Air Hangat

Mencuci wajah berminyak cukup 2x sehari, mencuci wajah pada wajah yang berminyak akan menyebabkan memicunya produksi minyak meningkat. Usahakan cuci wajah cukup 2x sehari dengan air hangat.

4. Makanan yang tepat

Perhatikan makanan yang anda konsumsi sehari-hari, untuk wajah berminyak makanan yang cocok adalah makanan yang mengandung banyak Vitamin B5 dan B2, sayuran hijau dan buah segar, tak lupa minum banyak air putih untuk mengeluarkan toksin dalam tubuh. Hindari junk food, batasi gula, garam dan makanan yang mengandung lemak tak sehat.

5. Menjaga kebersihan wajah

Menghindari dan membersihkan wajah dari debu sangat penting untuk kulit wajah yang berminyak. Jika anda membersihkan wajah dengan cream pembersih, usahakan cream pembersih wajah anda mengandungSalicylic acid. Asam salisilat dapat mengelupaskan kelenjar produksi minyak sehingga dapat mengurangi produksi minyak pada kulit wajah.

6. Tabir surya

Melindungi wajah berminyak dari sinar UV dengan tabir surya dan SPF 30. Dan pastikan tabir surya yang anda pilih tidak mengandung pelembab.

7. Hindari pemakaian foundation

Untuk yang mempunyai wajah berminyak usahakan menggunakan make up minimalis, sebab penggunaan foundation dapat menyumbat pori-pori wajah sehingga dapat menimbulkan jerawat. Gunakan tinted moisturizers, powder, atau plain concealer.

Buruan dicoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *