Mengenal Pointer bahasa c

Apasih itu pointer? nah pada kesempatan kali ini kita akan belajar pointer, masih ingatkah sobat dengan variable & konstanta?. pointer ini merupakan variable yang menyimpan memory didalam system, nah setiap variable yang kita buat di bahasa c pasti memiliki suatu alamat memory didalam komputer, lalu bagaimana cara aksesnya? jawabanya : Dengan Pointer.

 

pointer

 

setiap variable yang dibuat akan memiliki alamat memori yang berbeda-beda, namun bisa kita atur disetiap variablenya. perbedaan dengan variable biasa adalah variable pointer memerlukan simbol (*) asterik dalam pendefinisianya, contoh :

#include 

int main(){
    
    /* definisi variable biasa */
    int angka=10;

    /* definisi variable pointer */
    int *p;

    /* alamat pointer P mengambil dari alamat variable angka */
    p=&angka;
    printf("%d", *p);
    return 0;
}

 

Keterangan :

  • variable angka dideklarasikan dengan nilai awal 10 dan type data integer.
  • *p adalah variable pointer karena menggunakan (*)
  • p=&angka artinya kita membuat pointer p untuk merujuk ke alamat dari variable angka, jadi isi dari *p sama dengan angka dan bila kita merubah isi dari p, maka angka akan berubah juga karena alamat angka lah yang ada didalam pointer.

Download artikel ini dalam bentuk .pdf disini :

download

Bagaimana sudah paham kan pengertian pointer ? sekian mengenai penjelasan singkat pointer dalam bahasa c. semoga bermanfaat untuk kita semua. terima kasih 🙂 .

Terima kasih kepada rekan-rekan yang membantu mencari ide serta menyusun kata-kata, terima kasih juga kepada Universitas Dian Nuswantoro.

Skip to toolbar