Memilih Burung Pleci Yang Bagus

Burung pleci merupakan salah satu burung kicau yang memiliki banyak jenis serta ragam di Indonesia. Burung ini memiliki warna yang berbeda-beda dengan ciri-ciri yang berbeda pula. Meski dikatakan berbeda, memilih burung kicau jenis ini untuk diperlombakan, harus hati-hati dan selektif. Maka dari itu dibutuhkan ketelitian cukup tinggi untuk memilih burung kicau ini sebagai burung master. Berikut tips yang bisa diterapkan untuk memilih burung kicau tersebut.

 

Tips Memilih Burung Pleci

  1. Postur Badan

Pertama yang harus diperhatikan adalah postur badan yang proposional dari ujung kepala hingga ujung kaki. Burung pleci gacor yang memiliki suara indah biasanya memiliki badan bagus serta ekor panjang yang rapi, dan berbentuk V pada bagian ekornya. Burung ini juga memiliki sayap yang simetris saat mengetup rapat. Selain itu burung ini juga mampu berdiri dengan posisi 30 – 45 derajat.

  1. Kaki Dan Bulu Yang Kering

Ciri selanjutnya adalah kaki yang kering dengan jenjang serta jari-jari yang panjang. Selain itu burung pleci yang juga memiliki bulu kering yang mengkilap serta terlihat kontras.

  1. Kepala Kotak

Burung pleci yang bagus bisanya memiliki kepala besar berbentuk kotak atau cepak seperti kebanyakan burung kicau lainnya. Hal ini bisa dilihat dari bentuk kepala yang tampak lebih besar, berbeda dengan burung lain. Kepala dari burung tersebut akan terlihat seperti kotak karena bulu-bulu di daerah kepala seperti terpotong cepak. Pada bagian leher memiliki diameter yang besar dan padat.

  1. Uban di Kepala dan Lingkaran di Mata

Selanjutnya Anda bisa melihat bagian kepala dari burung pleci tersebut, salah satu ciri pleci jantan adalah memiliki bulu halus seperti uban atau tidak. Jika di kepala burung tersebut terdapat bulu halus seperti uban, bisa dipastikan burung tersebut mempunyai kualitas yang baik. Selain itu pada lingkaran sekitar mata (kacamata) memiliki garis yang tebal.

  1. Dada Lebar dan Lebih Dewasa

Burung pleci yang bagus juga mempunyai bentuk dada yang lebar. Burung yang memiliki dada lebar atau bidang biasanya memiliki suara yang sangat merdu. Selain itu anda juga harus memperhatikan usia dari burung tersebut. Semakin tua burung tersebut, maka semakin indah pula suara yang dihasilkan.

  1. Pangkal Paruh Lebar

Selanjutnya, burung pleci yang memiliki suara merdu memiliki pangkal paruh yang lebar. Pada bagian paruh memanjang dan mengerucut dari pangkal sampai ke ujungnya. Selain itu paruh burung tersebut tidak terlalu tebal, namun tidak terlalu tipis, paruhnya terjulur panjang dengan ketebalan yang pas.

  1. Gesit

Anda juga harus memastikan gerakan dari burung tersebut lincah dan gesit. Burung pleci yang memiliki gerakan lincah biasanya mempunyai birahi yang tinggi saat berhadapan dengan lawan di perlombaan.