Manfaat Kurma untuk Ibu Hamil, Bisa Perlancar Persalinan

kurma

Kurma merupakan buah yang kaya akan kandungan kalium, magnesium, tembaga dan mangan. Tidak heran jika kurma menjadi buah yang baik untuk dikonsumsi, tak terkecuali bagi ibu hamil. 

Manfaat kurma untuk ibu hamil, tidak cuma bisa dinikmati ibu yang hamil tua tapi juga ibu yang hamil muda. Meski memiliki kandungan gula cukup tinggi, tapi kurma mampu memenuhi kebutuhan vitamin dan nutrisi untuk ibu hamil dan janin. 

Lantas apa saja manfaat buah kurma untuk ibu hamil? Berapa takaran yang benar mengonsumsi kurma? Jenis kurma apa yang paling disarankan untuk ibu hamil? Berikut informasinya.

Manfaat Kurma untuk Ibu Hamil Tua

Manfaat kurma untuk ibu hamil yang pertama, yaitu memudahkan persalinan. Terutama bagi ibu hamil yang sudah memasuki trimester ketiga, konsumsi kurma secara rutin berguna untuk mendorong hormon oksitoksin agar melakukan kontraksi di rahim. Dengan demikian, sensitivitas uterus akan meningkat.

Di samping itu, kurma mengandung serotonin, tanin dan kalsium yang dapat membantu kontraksi otot rahim sehingga proses persalinan memungkinkan untuk berjalan lebih cepat.  

Manfaat kurma untuk ibu hamil 9 bulan yang paling utama yakni di minggu-minggu terakhir. Rutin mengonsumsi kurma pada 4 minggu terakhir sebelum persalinan dapat mengurangi kebutuhan induksi dan augmentasi saat proses persalinan. Baca juga: Informasi Kehamilan

Induksi adalah upaya menstimulasi rahim untuk memulai proses persalinan. Sementara augmentasi merupakan upaya meningkatkan frekuensi, durasi dan kekuatan kontraksi rahim (uterus) ketika proses persalinan. 

Manfaat Kurma untuk Ibu Hamil Muda

Buah kurma mengandung banyak serat sehingga sistem pencernaan tetap sehat dan menghindarkan ibu hamil dari sembelit. Kurma juga bermanfaat untuk mengenyangkan dan mengurangi kadar kolesterol.

Asam folat yang terkandung dalam buah kurma bermanfaat untuk pencegahan cacat lahir pada bayi, yang biasanya menyerang otak dan tulang belakang. 

Selain itu, ibu hamil muda disarankan mengonsumsi kurma karena kaya akan vitamin K. vitamin K bermanfaat untuk membantu pertumbuhan tulang. Saat bayi lahir, ia memiliki kadar vitamin K rendah.

Apabila semasa kehamilan, ibu rutin konsumsi kurma, maka tubuhnya punya vitamin K yang cukup untuk diserap oleh bayi selama masa menyusui. 

Aturan Makan Kurma Saat Hamil

Meski makan kurma saat hamil sangat bermanfaat, namun ibu tetap harus bijak mengonsumsinya. Apalagi bagi ibu hamil yang punya riwayat alergi makanan tertentu, makan kurma saat hamil harus dilakukan dengan hati-hati.

Sebelum mengonsumsi makanan baru apapun, sebaiknya ibu hamil berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. 

Di samping itu, kurma mengandung karbohidrat dan kalori yang tinggi. Jadi, ibu disarankan untuk makan kurma saat hamil maksimal 5 butir perhari.

Kurma apa yang baik untuk ibu hamil?

Dibandingkan dengan jenis kurma lainnya, kurma Ajwa memiliki kandungan nutrisi dan gizi yang sangat baik untuk ibu hamil baik yang sedang hamil muda maupun hamil tua. Manfaat kurma Ajwa untuk ibu hamil muda di antaranya bisa mengurangi rasa mual.

Selain itu, kandungan gula pada kurma Ajwa dapat membantu proses pembentukan energi sehingga ibu hamil bisa beraktivitas dengan nyaman. Kurma jenis ini juga bermanfaat untuk melancarkan saluran pencernaan.

Kurma Sukari juga baik untuk ibu hamil. Kandungan glukosa alami pada kurma Sukari bermanfaat untuk memberikan tambahan energi yang dibutuhkan ketika ibu hamil menjalani masa persalinan.

Kandungan kalium pada kurma Sukari bermanfaat untuk kecerdasan otak dan daya ingat janin. 

Mengonsumsi kurma Sukari pascamelahirkan juga sangat disarankan. Hal ini karena kurma Sukari berkhasiat untuk membantu memperlancar produksi ASI yang kaya vitamin dan nutrisi. Kandungan kalsium dan zat besi dalam kurma Sukari bermanfaat untuk membantu menormalkan kadar darah dalam tubuh. 

Manfaat Sari Kurma untuk Ibu Hamil

Selain dapat dimakan langsung sebagai camilan, olahan herbal seperti sari kurma juga tidak kalah bermanfaat. Kabar baiknya, sari kurma tidak punya risiko atau efek samping bagi janin. 

Berikut sederet manfaat sari kurma untuk ibu hamil

  •  Membantu pembentukan Hb (hemoglobin) untuk cegah anemia
  • Gula alami dalam sari kurma bermanfaat untuk sumber energi tambahan
  • Jika dikonsumsi menjelang persalinan, dapat merangsang pembukaan
  • Kandungan kalium yang tinggi bermanfaat untuk atasi diare pada ibu hamil

Manfaat buah kurma untuk ibu hamil memang sangat beragam. Akan tetapi, semua manfaat itu hanya bisa diperoleh apabila ibu mengonsumsinya dengan porsi secukupnya. Apabila dikonsumsi berlebihan, justru akan timbul efek samping, seperti kenaikan kadar gula darah, risiko diabetes dan berat badan selama kehamilan akan berlebih. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar