Tips dan Tricks Main Call of Duty Mobile

Tips dan Tricks Main Call of Duty Mobile

Disini, kita akan membongkar total semua rahasia serta tips dan tricks main COD. Pastinya, mulai dari yang paling dasar, kayak mengatur Setting hingga tips pro yang bisa kamu pakai menghabisi musuh.

Sebelum masuk ke tips main Call of Duty mobile, kamu harus benar-benar ngerti dulu tentang Setting. Tujuannya simple kok, biar kamu nggak kalah main COD hanya gara-gara masalah sepele.

1. Perhatikan Minimal Requirement Call of Duty

Dari namanya aja udah tercium baunya kalau permainan yang satu ini emang keren. Grafik yang keren, pengaturan yang kompleks, serta banyaknya item yang update bikin Call of Duty jadi primadona. Bahkan, gamers sekarang lebih pilih COD daripada Free Fire ataupun PUBG.

Karena itulah jelas banget bahwa Call of Duty Mobile punya minimal requirement yang tinggi banget. Kamu musti punya iPhone dengan IOS 9 atau diatasnya, dengan type iPhone dari jenis S5 keatas. Selain itu, kamu juga bisa main game ini di iPod touch generasi ke-6 dan ke-7.

spesifikasi Call of Duty Mobile

Terus, apa kabar sama pengguna Android? Kalau kamu pakai Operating System (OS) Android, maka Android kamu musti minimal 5.1 dengan RAM paling kecil 2GB untuk bisa memainkan game ini dengan lancar.

 2. Matikan Aplikasi di Latar Belakang

Tau nggak kenapa smartphone kamu berat banget waktu buat main game?

Disamping game nya yang emang berat, kamu juga harus ngerti kalau aplikasi di background atau latar belakang juga makan RAM. Jadi, kalau smartphone atau HP kamu punya mode game, pastikan untuk aktifkan fitur itu untuk mengurangi notifikasi yang nggak kamu inginkan. So, kamu bisa fokus main HP tanpa ada gangguan.

Selain itu, fitur “Game Mode” ini juga punya peran yang vital banget buat kecepatan kamu main Call of Duty. Fitur ini akan menonaktifkan aplikasi lain yang berpotensi mengurangi performa HP atau smartphone yang kamu pakai pada saaat bermain game.

 3. Pakai Headphone Saat Main Call of Duty

Semua aspek dalam Call of Duty ini punya kualitas tinggi, entah itu grafik, detail, dan bahkan audionya juga bagus banget. Karena soundtrack Call of Duty ini luar biasa detail, pastikan pakai headset atau headphone ya kalau waktu main.

Headphone atau Headset ini punya peran ganda yang vital dan penting banget. Selain bisa meningkatkan sensasi saat bermain game, headset atau headphone juga bikin kamu mudah mendengar petunjuk, baik berupa langkah kaki dari musuh yang ada di dekat kamu, mendeteksi Helicopter, sampai drone dari musuh.

4. Atur Brightness

Apa yang kamu lihat adalah apa yang kamu tembak. Jadi, biar bisa nembak dan membasmi semua musuh, mulai sekarang matikan “Auto-brightness” pada HP kamu. Terus, naikkan Brightness HP atau smartphone kamu secara manual.

Jangan lupa juga untuk memastikan kalau “mode malam” atau “blue light filter”di hp dan smartphone kamu mati. Makin terang layar hp, maka semakin bagus.

Setting & Kontrol Main Call of Duty Mobile

Kalau yang satu ini pasti masih belum begitu familiar buat kamu. Kebanyakan gamer sih nggak peduli sama Setting dan Control. Yang penting main, have fun, gitu aja.

Padahal, Setting dan Control ini penting banget buat mempermudah kamu untuk bergerak dan jadi MVP waktu main Call of Duty. Terus, gimana cara mengatur Setting dan Control yang bisa bikin kamu makin pro? Ini dia caranya.

1. Pilih  Mode “Advanced”

Dalam game Call of Duty Mobile, ada dua jenis kontrol yang bisa kamu pilih, Simple dan Advanced. Mode “simple” bisa bikin fitur “Autofire” saat kamu mengarahkan senjatamu ke arah musuh. Artinya, kalau fitur ini nyala, senjata akan otomatis menembak tiap kali kamu mengarahkannya ke musuh.

Sedangkan mode “advanced” memberikan kamu full control dan nggak dilengkapi dengan fitur autofire. Jadi, kamu benar-benar bermain dalam mode manual. Dan mode advanced inilah yang kita sarankan buat kamu coba.

Jelas dong kalau mode Simple nggak akan bikin kamu jadi pro karena adanya fitur autofire tadi. Kalau semuanya manual, kamu bisa kira-kira sendiri kan kapan harus menembak dan kapan harus membungkam musuh.

Tapi kelemahannya jelas banget. Kamu butuh penyesuaian yang lebih lama kalau pakai Mode Advanced ini.

2. Sesuaikan Control Waktu Main Call of Duty

Kita ingatkan sekali lagi ya, Control bisa bikin kamu menang mudah. Nggak peduli berapa banyak musuh yang kamu hadapi, kalau Control yang kamu set udah bener-bener bikin kamu nyaman, cukup 15 menit aja, kamu bisa jadi pemenang.

Caranya setting control ini juga gampang banget kok. Pertama, tekan menu “Setting” waktu baru pertama masuk dan pilih menu “Control”. Disitu, kamu punya pilihan Control Simple dan Advanced.

Kalau pilih Simple, kamu nggak akan bisa merubah apapun. Jadi, Control yang kamu dapatkan di menu “Simple” ini adalah setting langsung dari game itu.

Pada pilihan “Advanced” kamu punya tombol “Customize” yang bisa kamu pilih utuk menggeser dan menyesuaikan tempat kontrol elemen ke tempat yang kamu suka. So, kamu bisa main Call of Duty lebih leluasa lagi.

Perlu kamu ingat, mode multiplayer dan battle royale punya dock yang berbeda. Jadi, pastikan kamu mengatur keduanya ya.

3. Atur Kualitas Gambar Call of Duty

Biasanya, HP kamu secara otomatis mendeteksi dan menyesuaikan grafis yang cocok untuk spesifikasi HP atau smartphone itu sendiri. Jadi, kemungkinan besar kualitas yang disesuaikan oleh HP itu nggak cocok dengan keinginan kamu.

Jadi daripada kamu bingung dan nggak nyaman dengan kualitas yang ada, ubah aja yuk. Caranya juga mudah banget kok. Tinggal ke menu “Setting” terus pilih “Audio and Graphics”. Dengan begitu, kamu bisa menyesuaikan kualitas grafis dan frame rate sesuai dengan yang kamu suka. Selain itu, usahakan untuk tidak menaikkannya terlalu tinggi karna bisa buat HP kamu nge-lag.

4. Sesuaikan Tingkat Sensitifitas Layar

Tiap perangkat punya tingkat sensitifitas yang berbeda-beda. Terus gimana kalau layar kamu terlalu sensitif atau nggak sensitif sama sekali? Pasti nggak enak banget kan?

setting sensitivity

Ubah aja tingkat sensitifitas itu biar kamu makin betah dan nyaman waktu main Call of Duty. Jadi, di pengaturan untuk sensitifitas layar kamu bisa merubah cara bergerak sekaligus seberapa sensitif pergerakan dari karakter kamu dalam game saat menggunakan gyroscope.

Usahakan untuk merubah pengaturan sensitifitas pergerakan kamu pada masing-masing mode gameplay, multiplayer dan battle ground..

5. Tes Setting

Banyak orang mengacuhkan opsi “praktek/practice” pada suatu game. Padahal, selain untuk mencoba senjata yang cocok dengan cara bermain kamu, mode “practice” juga bisa bikin kamu tau dengan lebih cepat apakah pengaturan kontrol kamu sudah pas atau tidak.

Tips dan Trik Main Call of Duty Multiplayer

Teknis udah kita bahas, nah sekarang waktunya main Call of Duty Mobile dengan Multiplayer. Nggak beda jauh sama single atau solo, trik dan tips Call of Duty Mobile Multiplayer ini juga butuh perhatian yang khusus.

Penasaran? Nih info detailnya ya.

1. Tingkatkan XP

XP atau experience atau pengalaman akan terus naik kalau kamu sering main Call of Duty sampai selesai. Lain ceritanya kalau kamu tiba-tiba “Give Up” dan keluar dari game saat game masih berjalan.

XP ini penting banget karena makin banyak XP, peluang untuk naik Level atau “Rank Up” makin tinggi. Kalau “Rank Up” ini terus kamu tingkatkan, kamu bisa buka berbagai macam item dengan slot-slot baru yang khusus pada bagian opsi Loadout.

2. Pilih Senjata Terbaik

Loadout yang kamu bawa menentukan senjata yang akan kamu pakai saat main Call of Duty Mobile. Jadi, makin keren loadout yang kamu bawa, makin bagus senjata dan makin cepat kamu bisa menang.

Loadout ini juga penting banget di semua periode gaming. Faktanya, kamu nggak bisa selalu dapat senjata yang keren di tiap Map dan tipe game yang kamu mainkan. Map seperti Killhouse, Hijacked, dan Nuketown cocok untuk SMG karena lebih ke close-quarter combat, atau peperangan jarak dekat. Sedangkan Map seperti Crossfire cocok untuk senjata-senjata jarak jauh.

Jadi, pastikan kamu naikin XP maksimal dan pilih senjata Loadout pada awal game yang sesuai dengan medan yang ada.

3. Upgrade Senjata Kunci Pro di Call of Duty Mobile

Jangan lupa buat selalu upgrade senjata di Call of Duty Mobile. Hadiah seperti Weapon card bisa kamu pakai untuk upgrade senjata. Biasanya sih ada item-item kayak scope hingga kotak peluru. Upgrade aja senjata itu jadi makin maksimal.

Upgrade senjata hingga level maksimal inilah yang bakal kamu makin pro. Kamu akan merasakan sendiri performa senjata yang makin mantap hingga kamu bisa dengan mudah memusnahkan semua musuh kamu.

4. Terus Bergerak

Jangan melakukan hal bodoh kayak diam aja di suatu tempat ya kalau lagi main Call of Duty Mobile versi Multiplayer. Kalau solo sih banyak banget tempat yang bisa kamu buat sebagai tempat sembunyi dan diam. Tapi, di mode Multiplayer ini, kamu nggak punya kesempatan untuk diam. Kalau kamu nekat diam, maka maut bakal datang lebih cepat.

Jadi, terus aja bergerak dan pindah dari satu tempat ke tempat lain supaya musuh nggak bisa menjadikan kamu sebagai target dan makanan empuk. Lari dan bergerak kearah samping sambil menembaki musuh yang ada didepan adalah skill yang harus kamu kuasai. Jangan lupa untuk cari tempat berlindung saat kamu sedang mengisi ulang senjata.

5. Biasakan Pakai Slide

Bingung ya kenapa banyak banget pemain pro yang lari-lari sambil sliding? Emang begitu strategi biar kamu nggak sampai kena tembak dan dihabisi musuh. So, kamu bisa menekan tombol merunduk saat sedang berlari untuk sliding.

Cara ini sulit banget diprediksi oleh lawan sehingga bisa memberi peluang lebih besar untuk sampai ke tempat berlindung. Selain itu, dengan sliding juga bisa membuat musuh sulit untuk berhasil menembaki karakter kamu.

6. Pakai Granat

Inilah senjata wajib yang musti kamu gunakan kalau mau sukses dan jadi MVP waktu main Call of Duty Mobile. Granat bisa bikin kamu lepas dari kawalan banyak musuh dan menyelamatkan kamu waktu terpojok.

Faktanya, kebanyakan pemain pro juga menyimpan dan stock banyak banget granat di beberapa area tertentu, terutama di map seperti Killhouse dan Nuketown. Dengan memperhatikan Maps yang ada dan kombinasi senjata yang kamu pilih, granat bisa jadi alternatif yang ampuh untuk menumpas lawan.

Tapi satu hal yang musti kamu ingat kalau waktu pakai granat. Pastikan untuk nggak lari ke arah granat yang kamu lempar tadi. Disamping itu, pastikan efek imune kebal kamu sudah hilang sebelum melempar granatmu.

7. Rahasia Call of Duty Mobile: Sticky Grenade

Beda dengan granat satunya yang kita jelaskan tadi, sticky grenade adalah granat yang menempel di area yang kamu lempar. Jadi, sekali kamu incar tembok atau benda apapun, granat ini nggak akan menggelinding atau mental.

Fungsi utama yang paling jelas dari Sticky Grenade ini adalah untuk membantu kamu menghancurkan sniper. Selain itu, senjata ini juga ampuh banget buat mengamankan dirimu sendiri dari musuh yang bersembunyi di belakang crate.

8. Kuasai Scorestreak

Menguasa scorestreak penting banget buat kamu. Di scorestreak, kamu punya tiga slot yang bisa diisi apa aja, mulai dari killer drone, sampai pada helicopter pengintai.

Beberapa Scorestreak dikontrol otomatis oleh AI. Tapi, ada beberapa juga yang harus kamu kontrol sendiri secara manual seperti misil predator. Centry gun bisa kamu taruh di suatu tempat dan dia akan secara otomatis menembaki musuh yang dia lihat.

9. Manfaatkan Smoke Grenade

Kalau kamu terpojok oleh musuh, apalagi ditambah dengan adanya sniper diadalam suatu ruangan, kamu pasti nggak bisa bergerak bebas. Kalau memang begitu situasinya, coba deh kamu keluarin bom asapmu dan lemparkan ke jendela tempat sniper itu berada.

Atau bisa juga kamu jatuhkan bom asap yang kamu punya untuk mengalihkan pandangan musuh dan kamu siap kabur.

10. Tips yahud di Map Hijacked

Ngerti map hijacked kan? Itu yang diatas kapal pesiar itu.

Paham nggak kamu kalau sebenarnya nih ya ada gang rahasia yang menghubungkan ujung ke ujung dari map hijacked ini? Gang ini bisa membawa kamu ke belakang wilayah respawn musuh yang bikin kamu mudah buat naikin skor team. Untuk melakukannya, hal yang harus kamu lakukan adalah cukup dengan pergi ke kabin, setelah itu cari lubang pada bagian lantai kabin.

Tips dan trik mode Battle royale

Akhirnya, buat kamu yang udah tahan membaca sampai ke tips terkhir ini. Memang agak melelahkan, tapi percaya deh tips yang satu ini gak kalah penting dari tips yang udah aku bagikan diatas.

1. Tentukan Landing

Area yang terisolir dan sedikit bangunannya memang jarang dipenuh dengan senjata ataupun kendaraan. Sebaliknya, kalau kamu turun di area yang padat bangunannya, kamu bisa dapat banyak banget senjata. Tapi, kemungkinan besar kamu bisa mati cepat karena ditembaki orang yang lebih dulu turun di area itu.

Cara yang tepat adalah turun di area yang agak terpencil. Jadi, kamu bisa bertahan lebih lama dan bisa punya kesempatan untuk looting dan menang.

2. Team atau Single?

Memang dengan kerjasama team kesempatan menang kamu lebih besar. Turun bareng dengan team kamu,  bergerak bareng team kamu dan bertarung bareng team buat kamu bisa menang lebih mudah.

Tapi kalau team kamu terobsesi buat turun di daerah yang ramai sama musuh dan mati cepet, kamu lebih baik solo supaya bisa bertahan lebih lama.

Karena battle royal itu masalah bertahan hidup, bukan cuma sekedar bunuhin musuh. Kalau tujuan kamu cuma buat bunuh musuh, kamu lebih baik main multiplayer.

3. Hidupkan Kembali Anggota Team

Beda dengan mode multiplayer yang bisa respawn tiap kali mati, di mode battle royale kamu harus bantu rekan satu team kamu dengan mengobati atau menghidupkan kembali mereka.

Cara menghidupkan temanmu adalah dengan mengumpulkan “dog tag” dari anggota team kamu. Scan untuk membawa mereka kembali ke area pertempuran. Sebaliknya kalau kamu yang tertembak dan mati, jangan dulu keluar dari game. Beri waktu anggota team kamu untuk menghidupkan kamu kembali.

4. Perhatikan map dan waspada dengan jejak kaki

Tau dimana musuh kamu berada adalah bagian dari pertarungan di Battle Royale?

Perhatikan map untuk melihat jejak kaki, dan buka kuping kamu lebar-lebar! Cuma dengan cara itu, kamu akan bisa tau musuhmu dimana sebelum mereka menyadari posisimu.

5. Perhatikan Amunisimu

Pada COD Mobile, ada banyak sekali senjata yang bisa kamu pakai. Tapi, dengan banyak nya senjata dan jenis amunisi yang berbeda, kamu bisa kehabisan amunisi sangat cepat. Jadi, tips yang terakhir untuk jago main Call of Duty Mobile adalah selalu melihat seberapa banyak sisa amunisi yang kamu punya. Jangan ambil barang atau item yang nggak kamu gunakan. Sisakan ruang untuk menaruh amunisi yang kamu pakai sebanyak-banyaknya.

Sumber: https://digitek.id/tips-main-call-of-duty-mobile/