Pemesanan Tiket Kereta Api Lokal Hanya Bisa Lewat KAI Access

tiket-kereta-api

PT Kereta Api Indonesia( KAI) membuat kebijakan baru buat pemesanan kereta api( KA) lokal ataupun jarak dekat. Pemesanan tiket KA lokal mulai 1 September 2019 cuma dapat dicoba lewat aplikasi KAI Access, sebaliknya tiket KA antarkota tidak berganti.

KAI juga menetapkan kalau pembelian lewat loket di stasiun dapat dicoba cuma 3 jam saat sebelum agenda keberangkatan. Itu juga bila tempat duduk masih ada.

” Kebijakan ini berlaku di segala wilayah pembedahan( daop) serta divisi regional yang mengoperasikan KA lokal,” ucap Manajer Humas KAI( Persero) Wilayah Pembedahan 2 Bandung, Noxy Citrea.

Pemesanan lewat aplikasi KAI Access dapat dicoba 7 hari saat sebelum keberangkatan( H- 7). Sebaliknya pemesanan tiket H- 30, saat dipaparkan dalam siaran pers KAI pada Kamis( 22/ 8/ 2019), cuma diberlakukan buat KA Kalijaga( Semarang- Solo PP) serta Pandanwangi( Jember- Banyuwangi PP), tercantum 5 menit saat sebelum kereta berangkat.

Buat melaksanakan pemesanan tiket KA lokal itu, calon penumpang wajib memutakhirkan aplikasi KAI Access-nya jadi yang terbaru. Setelah itu, masuk ke menu” Local Train” buat memilih stasiun keberangkatan serta tujuan dan Jadwal Kereta Api.

” Penumpang yang sudah membeli tiket KA Lokal via KAI Access, tidak butuh lagi mencetak boarding pass di stasiun. Mereka dapat menampilkan boarding pass elektrik yang diperoleh usai memesan tiket di aplikasi KAI Access serta kartu bukti diri asli dikala hendak naik ke kereta,” ucap Edy Kuswoyo, Humas KAI, yang dilansir Rabu( 28/ 8).

Edy juga menjelaskan kalau kebijakan ini ialah upaya KAI buat membagikan pelayanan lebih baik kepada pengguna KA. Lewat KAI Access, calon penumpang dapat memesan tiket dari mana saja serta kapan saja tanpa butuh ke stasiun.

” Para calon penumpang pula bisa merancang ekspedisi jauh- jauh hari serta memperoleh kepastian tiket tanpa butuh antre di stasiun,” imbuh Edy.

Saat sebelum ini, calon penumpang kereta lokal mesti antre di stasiun dikala mau berangkat. Kadang antrean juga lumayan panjang. Tetapi begitu, KAI juga harus terus meningkatkan keandalan aplikasinya sebab pelayanan lewat KAI Access pernah tersendat.

Misalnya di Daop 6 Yogyakarta pada 13 Agustus kemudian. Para calon penumpang rute Yogyakarta- Jawa Tengah tidak dapat memesan tiket lewat KAI Access sehingga wajib kembali mengantre tiket secara manual di stasiun.

Menurut bapak Manajer Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta, Eko Budiyanto, aplikasi tersendat sebab pihaknya sedang membenahi aplikasi KAI Access, tercantum memperbesar bandwith.

Berikut catatan KA lokal yang terserang kebijakan di atas, total berjumlah 28 buah.

Kereta Kalijaga

Kereta Pandanwangi

Kereta Lokal Merak

Kereta Walahar Ekspres

Kereta Jatiluhur

Kereta Cilamaya Ekspres

Kereta Siliwangi

Kereta Bandung Raya Ekonomi

Kereta Lokal Cibatu

Kereta Kedung Sepur

Kereta Bhatara Kresna

Kereta Solo Ekspres

Kereta Prambanan Ekspres

Kereta Sidomukti

Kereta KA Lapangan terbang YIA

Kereta Ekonomi Lokal( Daop 8)

Kereta Jenggala

Kereta Dhoho

Kereta Dhoho- Penataran

Kereta Tumapel

Kereta Penataran- Dhoho

Kereta Penataran

KRD Ekonomi( Daop 8)

Kereta Sri Lelawangsa

Kereta Cut Meutia

Kereta Lemboh Anai

Kereta Sibinuang

Kereta Minangkabau Ekspress

Kereta Kertalaya

Kereta Seminung/ Way Umpu.