Cara Memperkuat Sinyal Wifi

Hadirnya teknologi saat ini memiliki pengaruh besar dalam kehidupan sehari-hari, dapat dipastikan setiap orang kini telah bergantung pada teknologi. Salah satu perkembangan teknologi yang sangat membantu dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari adalah internet.

Internet merupakan jaringan komunikasi yang menghubungkan satu media elektronik dengan media yang lainnya. Untuk mendapatkan jaringan internet, seseorang membutuhkan peralatan elektronik yang dapat bertukar data secara nirkabel maupun gelombang radio yang disebut wifi.

Namun, tidak jarang jaringan wifi sering terjadi kendala maupun koneksi lambat, hal ini disebabkan oleh berbagai macam faktor seperti gangguan nirkabel, konfigurasi router dan masalah teknis lainnya. Jika Anda sering mengalami koneksi wifi yang lambat, tidak perlu khawatir karena ada banyak cara untuk memperkuat sinyal wifi yang lambat dengan mudah.

Cara Memperkuat Sinyal Wifi Dengan Mudah

Berdasarkan informasi yang kami kutip dari LegalConference.org, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memperkuat sinyal wifi. Simak penjelasannya dibawah ini.

1. Gunakan Router Versi Terbaru

Jika saat ini sinyal wifi Anda sudah mulai lemah, bisa dipastikan penyebabnya adalah router yang dipakai sudah ketinggalan zaman. Teknologi yang dipakai pada router wifi biasa ditulis dengan tipe A, B, G dan N.

Pastikan saat Anda membeli router sudah support dengan teknologi versi terbaru dan tercepat yaitu dengan tipe N. Tipe tersebut menjelaskan tentang teknologi hardware yang digunakan dalam komponen wifi. Jadi solusi utama adalah upgrade perangkat jaringan wifi.

2. Pindahkan Lokasi Router

Dalam pemasangan router sendiri, Anda tidak bisa menaruhnya pada tempat yang sembarangan. Pastikan router berada pada lokasi yang lebih terbuka dengan minim penghalang. Selain itu, Anda juga bisa menaruhnya pada ruang tengah, meja, dinding, langit-langit maupun tempat yang memiliki lokasi terbaik.

3. Jauhkan Router Dari Perangkat Elektronik

Perangkat elektronik ternyata dapat mempengaruhi kekuatan sinyal wifi. Jadi yang perlu Anda lakukan adalah menjauhkan dari perangkat elektronik seperti microwave, TV, spekaer, radio, telepon wireless dan lain sebagainnya.

4. Update Firmware

Perangkat hardware yang tidak memiliki firmware tidak akan bisa berjalan dengan semestinya. Untuk itu saat ada informasi update firmware terbaru, Anda bisa langsung segera untuk melakukan update. Karena hal ini sebagai solusi untuk mengatasi beberapa permasalahan dan bug yang terjadi pada firmware versi sebelumnya.

5. Lakukan Kontrol Bandwidth

Ada beberapa penyedia layanan internet yang memberikan FUP (Fair Usage Policy) maupun batas pemakaian wajar. Jadi saat sudah mencapai batas FUP, kecepatan koneksi internet akan berkurang dengan sendirinya.

Maka Anda bisa melakukan pembatasan bandwidth sehingga koneksi internet Anda tidak semakin lambat. Dengan mengontrol bandwidth secara baik maka koneksi internet akan tetap cepat aksesnya.

6. Ganti Channel WiFi

Menganti channel pada jaringan wifi bertujuan agar tidak terjadi gangguan antar jaringan wifi pada suatu lokasi tertentu. Jika Anda mengetahui bahwa setiap modem dan router ini menggunakan frekuensi 2.4 Ghz dan 14 channel yang bisa digunakan.

Dengan menganti channel wifi, Anda juga bisa memilih channel yang kosong maupun sedikit penggunanya sehingga tidak terjadi rebutan sinyal yang mengakibatkan sinyal wifi Anda menjadi menurun.

7. Ganti Password Baru

Terkadang terlalu banyaknya user yang connect dalam satu router bisa berpengaruh pada kecepatan internet yang Anda miliki. Hal ini terjadi karena router akan bekerja lebih keras karena ada banyak client yang terhubung ke router.

Solusi paling gampannya adalah dengan menganti password wifi lama dengan yang baru, hal ini bertujuan agar orang yang tidak berkepentingan tidak bisa terhubung ke jaringan wifii yang Anda miliki.

8. Reboot dan Restart Secara Berkala

Pernahkan Anda melakukan reboot maupun restart pada router wifi yang Anda miliki? Jika belum pernah maka segeralah untuk melakukannya. Wifi router ini juga seperti komputer, laptop dan smartphone yang sering bermasalah jika dipakai dalam jangka waktu yang lama.

Untuk menghindari hal itu Anda haruslah selalu melakukan reboot dan restart secara berkala agar kinerja pemancar WiFi bisa optimal. Meskipun ini sederhana tetapi sudah terbukti ampuh untuk memperbaiki sinyal WiFi yang kurang bagus.

Nah dengan mengikuti beberapa cara memperkuat sinyal wifi diatas, Anda sekarang tidak perlu lagi khawatir akan wifi yang lemot. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya!