cara menghapus cache chrome

Cara Menghapus Cache Chrome

Membersihkan cache pada chrome merupakan suatu hal yang harus dilakukan secara rutin. Namun nyatanya masih banyak para pengguna yang mengabaikan hal ini karena tidak tahu alasan dibaliknya.

Nah maka dari itu, mari kita mulai dengan mengenal tentang cache serta cara kerjanya. Supaya kita semua tahu tentang pentingnya menghapus cache pada google chrome secara berkala.

Apa Itu Cache?

Secara sederhana, cache adalah data sementara yang tercipta ketika sebuah software memproses suatu pekerjaan. Pada Google Chrome sendiri, cache akan tercipta dari kegiatan kita saat berselancar di internet.

Ketika mengunjungi suatu situs atau website, Chrome akan mengunduh beberapa file seperti gambar dan disimpan pada memory. Nantinya, file tersebut akan digunakan kembali saat kita mengakses situs yang sama.

Fungsi Cache Pada Chrome

Saat kalian pertama kali membuka sebuah website, umumnya akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk meload semua konten yang ada di situs tersebut. Karena Chrome belum memiliki data tentang konten-konten yang ada di dalamnya.

Oleh karena itulah, ia akan mengunduh beberapa file penting ke memory perangkat. Fungsinya supaya saat kita mengakses situs tersebut di kemudian hari, Chrome tidak perlu mengunduh semua data situs seperti saat pertama kali mengaksesnya.

Chrome hanya perlu menggunakan file cache yang telah mereka buat sebelumnya dan mengunduh sisa data yang dibutuhkan untuk meload website secara penuh. Hal ini akan membuat waktu pemuatan suatu situs menjadi lebih cepat.

Kenapa Cache Chrome Harus Dihapus?

Dari penjelasan diatas file cache ini memiliki peran yang cukup penting bagi software seperti Chrome. Namun kenapa kita disarankan untuk menghapus cache secara rutin dan berkala?

Seiring dengan penggunaan chrome untuk mengakses berbagai macam situs. Tentu akan membuat file cache yang diunduh semakin banyak dan menumpuk.

Sehingga ukurannya pun akan semakin besar dan memenuhi memory penyimpanan. Ternyata bagi pengguna google chrome dapat menerapkan cara mengaktifkan idm di chrome.

Maka dari itu, kita selalu disarankan untuk menghapus file cache ini secara berkala supaya tidak memenuhi memory. Selain itu juga untuk membersihkan perangkat dari data-data yang tidak digunakan lagi.

Cara Menghapus Cache Google Chrome

Sekarang kalian sudah mengerti tentang apa itu cache, fungsi, serta alasan kenapa kita harus membersihkannya secara rutin. Nah bagi yang belum tahu bagaimana caranya, silahkan simak tutorial berikut ini.

1. Buka Pengaturan Chrome

Buka Pengaturan Chrome

Pertama, silahkan buka Google Chrome pada perangkat kalian masing-masing. Selanjutnya klik pada ikon titik tiga di bagian pojok kanan atas. Selanjutnya pilih opsi Setting untuk membuka pengaturan.

2. Pilih Menu Privasi and Security

Pilih Menu Privasi and Security

Sekarang kalian akan berada pada Setting Google Chrome. Pada bagian sisi kiri, silahkan klik menu Privacy and Security. Selanjutnya pilih opsi Clear Browsing Data.

3. Pilih Clear Cache

Pilih Clear Cache

Pada bagian ini, kita akan diberikan beberapa macam pilihan. Silahkan centang pada bagian Cached Images and Files. Kalian juga bisa menceklis Browsing History untuk menghapus riwayat browser sekaligus.

Pada bagian atas, kita bisa memilih rentang waktu data yang akan dihapus. Bisa untuk rentang 1 hari, 7 hari, 1 bulan hingga 1 tahun terakhir. Apabila sudah sesuai langsung saja klik Clear Data.

4. Tunggu Proses Penghapusan Cache

Terakhir kita hanya perlu menunggu proses pembersihan cache pada chrome. Apabila sudah selesai, cobalah untuk menutup chrome sebelum mulai untuk menggunakannya lagi.

Itulah sedikit tips tentang cara untuk membersihkan cache pada Google Chrome. Silahkan praktekan secara rutin untuk menjaga kinerja perangkat kalian. Hal tersebut akan membuat PC/komputer kita terbebas dari file-file sampah yang tak dibutuhkan lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *