Keutamaan Haji

assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Ibadah haji merupakan anugerah dari Allah SWT. yang diberikan kepada hamba-Nyayang Allah kehendaki. Tidak semua manusia diberikan kesempatan untuk dapat berangkat ke Makkah guna melaksanakan ibadah tersebut.

Hal ini dapat kita buktikan disekitar kita kadangkala dijumpai orang dengan kekayaan yang mencukupi akan tetapi ia tidak kunjung berangkat haji. Nah inilah rupany abahwa ibadah haji tersebut merupakan hanya karena panggilan Allah SWT.

Ibadah haji memiliki keutamaan yang luar biasa.Ibadah yang hanya bisa dikerjakan di makkah dan Madinah ini memiliki keutamaan yang begitu luas biasa. Berikut beberpa keutamaan dari ibadah haji tersebut.

Keutamaan Ibadah Haji

Haji merupakan ibadah yang besar. seseoang yang dapat menunaikan ibaddah haji memang orang-orang yang telah terpanggil oleh Allah SWT. untuk melaksanakan ibadah haji tersebut. Berikut ini beberapa keutamaan ibadah haji sebagaimana dalam hadis;

1. Dihapuskan Dosa-Dosanya

Haji dan umrah memiliki keutamaan-keutamaan di antaranya sebagaimana diriwayatkan oleh Abu Hurairah r.a. bahwa Nabi saw pernah bersabda;

“masa antara suatu ibadah umrah dan umrah lainnya, adalah masa kaffarah (penghapus) bagi dosa dan kesalahan yang terjadi di antara kedua-duanya. Sedangkan haji yang mabrur26 tidak ada ganjarannya kecuali surga.”

2. Suci Seperti Orang Yang Baru Lahir

Bukhari dan Muslim juga meriwayatkan sabda Nabi saw dari Abu Hurairah, bahwa Nabi saw pernah bersabda;

“barang siapa yang melaksanakan ibadah haji seraya menjauhkan diri dari rafatsa dan fushuk maka ia kembali setelah itu (dalam keadaan suci bersih) seperti pada hari ketika dilahirkan oleh ibunya.”

3. Doanya Mustajab

Abu Hurairah meriwayatkan sabda Nabi SAW, “orang-orang yang sedang berhaji dan berumrah adalah tamu-tamu Allah; apabila mereka berdoa kepada-Nya, niscaya Ia akan mengabulkan; dan apabila mereka memohon ampunan-Nya niscaya akan mengampuni mereka.

Keutamaan Haji Mabrur

Menjadi jamaah haji dengan predikat haji mabrur akan mendapat banyak keutamaan yang diberikan oleh Allah SWT. salah satu keuntungan yang akan di berikan kepada haji yang mabrur adalah Syurga Allah SWT.

1. Dijanjikan Syurga Oleh Allah

Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Bukhori, Rasulullah saw. bersabda:

الحَجُّ المَبْرُوْرُ لَيْسَ لَهُ جَزَاءٌ اِلَّا الجَنَّةِ

Artinya: “Tidak ada balasan (yang layak) bagi jamaah haji marur selain syurga.” (HR. Bukhori)

2. Dibebaskan Dari Dosa Kecil Dan Besar

selain dijanjikan syurga oleh Allah SWT. Bagi haji yang mabrur juga dijanjikan akan dihapuskan dosa-dosanya baik dosa kecilmaupun dosa besar. Hal ini merupakan anugerah yang luar biasa dari Allah SWT.

3. Dibebaskan Dari Segala Bentuk Ikatan

Menjadi haji mabrur memanglah suatu pencapaian yang luas biasa. selain akan dihapuskan dosa-dosanya, bagi haji yang mabrur juga akan dibebaskan dari segala ikatan dengan orang lain yang belum diselesaikan.

Ikatan tersebut diantaranya ialah seperti hutang, tindakan aniaya kepada dirinya, kedzalimanorang lain kepadanya. nahbagi haji yang mabrur maka semua persoalan tersebut akan diselesaikan oleh Allah apabila ia wafat sebelum menyelesaikan semua perkara tersebut.

Ciri-Ciri Haji Mabrur

Mengenai ciri-ciri haji mabrur telah banyak disinggung salah satunya salah sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad:

قَالُوا: يَا رَسُوْلَ اللهِ، مَا الحَجُّ المَبْرُوْرُ؟ قَالَ: إِطْعَامُ الطَّعَامِ، وَإِفْشَاءُ السَّلَامِ

Artinya: “Para sahabat bertanya, ‘Wahai Rasulullah, apa itu haji mabrur?’ Rasulullah saw. menjawab, ‘memberikan makanan dan mnebarkan perdamaian.” (HR. Ahmad)

Mengenai hadis diatas banyak sekali masyarakat yang salah paham. Kadangkala masyarakat menganggap bila ada seseorang yang menunaikan ibadahhaji namun sekembalinya dari tanah makkah perilakunya tidak ada yang berbah.

Seperti masih kelihatan keburukannya maka ia bukanlah haji yang mabrur. padahal tidak demkian, pemberian atau predikat haji mabrur ialah kehendak Allah yang tidak bisa di ketahui hanya denganmelihat tingkah laku orang yang haji tersebut.

Jadi mengenai ciri-ciri atau siapa yangmenjadi haji mabrur setelah menunaikan ibadahhaji hanyalah Allah saja yang mengetahui. oleh sebab itu kita hendaknya berprasangka baik kepada siapa pun. 

Amalan-Amalan Yang Memiliki Pahala Setara Ibadah Haji Dan Umrah

Terdapat beberapa amalan yang pahalanya setara dengan melaksanakan ibadah haji dan umrah. amalan-amalan tersebut antara lainsebagai berikut;

1. Shalat Jamaah Lima Waktu Di Masjid

Shalat jamaah lebih utama dibandingkan dengan shalat sendirian. Selain mendapatkan pahala sebanyak dua puluh tujuh derajat, Shalat jamaah di masjid juga dilimpahkan pahala sebagaimana pahala haji.

2. Shalat Dhuha Mendapat Pahala Sepertu Umrah

Bila mengerjakan shalat lima waktu secara berjamaah dimasjid akan mendapatkan pahala sebagaimana orang haji, maka bagi orang yang menjalankan ibadah shalat dhuha ia akan mendapatkan pahala seperti orang yang umrah.

3. Zikir Setelah Shalat Subuh Higga Matahari Terbit

Zikir yang dilakukan setelah shalat shubuh berjamaah hingga matahari terbit, kemudian shalat dua rakaat. Maka ia akan mendapatkan pahala seperti pahalanya orang yang haji dan umrah.

Syaratnya adalah ia harus tetap berzikir di masjid tersebut hinggga matahari terbit, setelah itu kemudian melaksanakan shalat sunnah sebanyak dua rakaat.

4. Pergi Ke Masjid Untuk Menuntut Ilmu Atau Kebikan

Orang-orang yang datang ke masjid guna menuntut ilmu atau untuk mengajarkannya maka orang tersebut akan diberikan pahala oleh Allah SWT. sebagaimana pahalanya orang yang haji.

mendatangi masjid disisni bukan hanya untuk belajar atau menajar saja secara garis besarnya barang siapa yang mendatangi masjid untuk mencari kebaikanjuga akan diberikan pahala sebesar pahalanya orang yang haji.

Itulah beberapa amalan yang dapat kita lakukan dengan pahala sebesar orang yang menunaikan ibadah haji dan umrah. apabila penjelasan keutamaan haji di atas kurang jelas, silahkan bisa mampir/ berkunjung ke website nyamankubro.com, di mana website nyamankubro juga membahas artikel artikel tentang haji. semoga kita termasuk orang-orang yang termotivasi untuk selalu melaksanakan kebaikan sekecil apapun itu bentuknya.

wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh