Tips-Marketing-Online-dengan-Budget-Terbatas

Tips Marketing Online dengan Budget Terbatas

Biasanya sebuah korporasi yang besar memiliki produk yang sangat populer, bahkan di masyarakat luas.

Misalnya suatu produk tertentu yang digunakan dan dikenal baik oleh hampir seluruh warga Indonesia.

Hal itu disebabkan oleh strategi marketingnya yang bagus, ditambah dengan adanya marketing online.

Untuk menuju ke sana, Anda harus tahu tips marketing online dengan budget terbatas.

Banyaknya penggunaan marketing secara online sekarang ini, lebih memudahkan proses pemasaran dengan lebih hemat dan efisien.

Tips Marketing Online dengan Budget Terbatas tetapi Tetap Efektif

Menurut penelitian yang ada, jumlah rata-rata budget marketing baik secara online ataupun langsung biasanya akan menghabiskan anggaran sekitar 7,5% dari total revenue.

Lain halnya dengan jenis perusahaan industri makanan yang mengeluarkan budget labih besar lagi.

Berikut ini ada beberapa tips marketing online yang jumlah budgetnya terbatas tetapi bisa Anda pelajari, diantaranya yaitu :

  1. Content Marketing

Content adalah hal yang sangat utama dalam marketing online. Konten disebut sebagai raja di dalam marketing.

Konten yang tepat biasanya berisi promosi produk dan layanan yang Anda miliki. Anda tentu memerlukan wadah atau tempat khusus untuk menyimpan konten tersebut. Bisa melalui web atau bisa juga dengan blog.

Buatlah konten yang berkualitas, menarik, dan mengundang banyak orang untuk membuka blog/web Anda tersebut.

Konten yang dipilih bisa diambil dari tema produk yang Anda jual atau seputar tips yang berkaitan dengan pemakaian produk.

  1. Maksimalkan Konten Video

Konten yang berupa video juga bisa menjadi pilihan yang tepat dalam marketing secara online. Video memiliki pengaruh atau efek yang sangat besar dalam sebuah marketing.

Anda bisa menayangkan konten marketing yang berupa video melalu media sosial Anda. Kemudian lihat bagaimana hasilnya, dari diterapkannya konten marketing yang berupa video ini.

Buatlah video dengan konten yang informatif dan tentu saja menarik. Tak perlu durasi yang terlalu panjang, yang penting konten itu memiliki daya tarik.

Anda juga tidak harus menggunakan camera khusus, gunakan saja kamera handphone yang kualitas gambarnya bagus. Selanjutnya bagikan melalui berbagai media sosial seperti instagram, facebook, youtube dan sebagainya.

  1. Optimasi SEO Lokal

SEO atau yang populer dengan nama Search Engine Optimization, merupakan kata atau istilah lain dari optimasi mesin pencari di internet. Tips marketing online yang mengoptimasi SEO ini menjadi hal yang sangat menguntungkan.

Hal itu juga akan sangat membantu Anda dalam memperkenalkan produk/layanan Anda supaya berada di peringkat pertama di mesin pencari.

Optimasi SEO ini bisa dibuat dengan cara yang sederhana, mudah dan dengan biaya yang paling hemat.

Kuncinya adalah untuk membuat pencarian menjadi lebih fokus. Dalam hal ini Anda bisa bekerja sama dengan forum/website untuk memperlihatkan bisnis/usaha yang sedang Anda jalankan sekarang.

  1. Buat Komunitas Online

Supaya produk yang Anda jual semakin dikenal di pasaran dan di masyarakat luas, maka Anda perlu membuat komunitas online.

Cara yang paling sederhana adalah dengan membalas komentar para pengunjung pada web/blog yang Anda miliki tersebut.

Hal itu akan menunjukkan citra Anda sebagai owner produk yang ramah dan memiliki layanan maksimal.

Anda juga bisa membuat group khusus di salah satu media sosial seperti facebook, untuk para penggemar produk Anda.

Group ini mampu menampung banyak orang yang tertarik dengan usaha Anda atau dengan produk yang Anda jual.

Adanya komunitas secara online ini, dapat membangun komunikasi dengan calon pelanggan dengan cara yang lebih intens.

  1. Hadirkan Event Secara Online

Manfaatkan sebuah acara atau event yang bisa Anda buat secara online. Cara ini juga cukup ampuh dalam mendatangkan para calon pelanggan.

Apalagi biaya membuat event/acara ini juga tidak memakan terlalu banyak biaya. Event ini menjadi alternatif yang tepat di dalam marketing online dan jumlah budget minim.

Untuk membuat event online ini bisa dimulai dari komunitas group yang Anda buat tadi.

Secara otomatis cara ini bisa menambah banyak peminat produk Anda dan produk Anda akan lebih dikenal oleh masyarakat luas.

  1. Manfaatkan Review Site

Reputasi menjadi hal yang juga sangat penting di suatu bidang usaha atau bisnis tertentu. Hadirkan kesan yang baik pada para pelanggan di beragam platform yang ada di internet.

Caranya bisa dengan menambah rating yang tinggi misalnya pada platform google business. Rating ini bisa ditambahkan juga melalui testimoni yang isinya positif.

Jumlah rating testimoni yang banyak dan bagus, juga menjadi bagian dari marketing online yang sangat efektif.

Tips marketing online dengan budget terbatas ini akan sangat membantu perkembangan bisnis Anda, dan menambah jumlah konsumen/pembeli.