KOMPONEN E-BISNIS

E-BISNIS

Ebusiness adalah istilah yang lebih luas dari e commerce yang termasuk di dalamnya bukan hanya pembelian dan penjualan barang dan jasa, tetapi juga pelayanan konsumen, kolaborasi dengan partner bisnis, transaksi elektronik di dalam perusahaan seperti membuat peta dengan arah dari rumah konsumen ke kantor usaha. Semua e commerce adalah e business, tetapi tak semua e business adalah e commerce. E-bisnis memungkinkan suatu perusahaan untuk berhubungan dengan sistem pemrosesan data baik internal maupun eksternal agar lebih efisien dan fleksibel. E-bisnis sangat berperan dalam kehidupan sosial masyarakat saat ini. Karena sadar atau tidak, kita pernah menggunakan E-bisnis, sebagai contoh : pembelian barang melalui situs online atau sejenisnya.Perdagangan elektronik berarti fasilitasi transaksi komersial secara elektronik, menggunakan teknologi seperti Electronic Data Interchange (EDI) dan Transfer Dana Elektronik (TDE). Konsep Electronic Data Interchange danElectronic Data Interchange sama-sama diperkenalkan pada akhir 1970-an.

Bisnis yang memungkinkan untuk mengirim dokumen komersial seperti pesanan pembelian atau invoice secara elektronik. Pertumbuhan dan penerimaan kartu kredit, anjungan tunai mandiri (ATM) dan telepon perbankan di tahun 1980-an juga merupekan bentuk E-Commerce. Bentuk lain dari e-commerce adalah sistem reservasi maskapai ditandai oleh Sabre di Amerika Serikat dan Travicom di Inggris.

Untuk kelancaran menjalankan e-business, maka dibutuhkan beberapa lapisan yang terdiri dari lapisan aplikasi(CRM,SCM,Data Mining),Penyimpnan(RAM,Magnetik),Data(Web Intranet,ekstranet,internet,data pelangggan,data transaksi,Perangkat lunak sistem(Web Browser,server,jaringan, dan DBMS),Lapisan Transpor/Jaringan yang menjembatani bisnis antara perusahaan dengan para konsumen ataupun melakukan operasi internal.

Komponen tersebut terdiri dari beberapa jaringan komunikasi, diantaranya yaitu:

1. Local Area Network (LAN)

Local Area Network atau LAN, merupakan suatu Jenis Jaringan Komputer dengan mencakup wilayah lokal., seperti jaringan pada sekolah, kampus ataupun perkantoran.

2.Metropolitan Area Network (MAN)

Metropolitan Area Network atau MAN, merupakan Jenis Jaringan Komputer yang lebih luas dan lebih canggih dari Jenis Jaringan Komputer LAN. Disebut Metropolitan Area Network karena jenis Jaringan Komputer MAN ini biasa digunakan untuk menghubungkan jaringan komputer dari suatu kota ke kota lainnya.

3.Wide Area Network (WAN)

Wide Area Network atau WAN, merupakan Jenis Jaringan Komputer yang lebih luas dan lebih canggih daripada Jenis Jaringan Komputer LAN dan MAN. Teknologi jaringanWAN biasa digunakan untuk menghubungkan suatu jaringan dengan negara lain atau dari satu benua ke benua yang lainnya. Jaringan WAN bisa terdiri dari berbagai Jenis Jaringan Komputer LAN dan WAN karena luasnya wilayah cakupan dari Jenis Jaringan Komputer WAN. Jaringan WAN, biasanya menggunakan kabel fiber optic serta menanamkannya di dalam tanah maupun melewati jalur bawah laut.

4.Value Added Network (VAN)

Value Added Network atau VAN merupakan nilai tambah dari jaringan, domain atau wilayah pemasok transmisi biasa yang mencukup layanan pertukaran data elektronik, email dan layanan informasi.

5.Intranet

Intranet adalah sebuah jaringan komputer berbasis protokol TCP/IP seperti internet hanya saja digunakan dalam internal perusahaan, kantor, ataupun warung internet .

6.Internet

Internet dapat diartikan sebagai jaringan komputer luas dan besar yang mendunia, yaitu menghubungkan pemakai komputer dari suatu negara ke negara lain di seluruh dunia, dimana di dalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai yang statis hingga yang dinamis dan interaktif.[2

Infrastruktur bagi E-Business sangatlah penting karena infrastruktur adalah faktor dengan pengaruh paling besar. Sebagai contoh, gardu pembangkit listrik merupakan pendistribusian tenaga listrik di suatu tempat atau daerah. Jika kita ingin menjalankan perangkat keras komputer maka akan membutuhkan tenaga listrik sebagai faktor utama untuk menjalankan sebuah komputer. Namun jika di suatu daerah tersebut terdapat gardu listrik dan sudah berdiri di satu daerah, namun infrastruktur listrik tidak memadai tentu proses bisnis dengan cara termutakhir tak dapat berjalan baik di sana.

Tapi, membuat situs profesional yang dibangun dengan teknologi terbaru untuk menangkap perhatian pengunjung dan memenangkan apresiasi, maka itulah yang diperlukan. Bila uang yang terlibat, maka hal pertama yang pengguna cari adalah keselamatan dan keamanan yang menggunakan uang. Memiliki sebuah website dengan kualitas yang baik sangatlah penting.Munculnya teknologi e-business merupakan era baru pengembangan bisnis perusahaan karena kebutuhan infrastruktur untuk menerapkan teknologi informasi tidak sama dengan teknologi industri sebelumnya. Hal ini disebabkan karena :

  • Pertama, layanan informasi tidak tergantung pada infrastruktur secara fisik seperti misalnya jaringan transportasi yang sangat penting bagi teknologi manufaktur yang masih tradisional. E-business menggambarkan pergantian dari aset secara fisik menjadi aset elektronik dan aset intelektual. Sebagai hasilnya, keperluan karyawan yang berpendidikan menjadi lebih penting dibandingkan sebelumnya.
  • Kedua,teknologi informasi memungkinkan penyebaran aktifitas ekonomi. Pada teknologi manufaktur, proses produksi harus dilakukan pada satu lokasi agar dapat berlangsung secara ekonomis. Pada produksi yang memanfaatkan layanan teknologi informasi, hal tersebut dapat dilakukan meskipun berada pada lokasi geografis yang berbeda.
  • Ketiga,teknologi informasi bukan merupakan modal insentif seperti teknologi manufaktur. Sebagai hasilnya, enterpreneur dapat masuk pada berbagai bisnis yang berhubungan dengan teknologi informasi dengan investasi teknologi yang kecil.

Oleh karena itu, strategi pembangunan infrastruktur e-business yang efektif merupakan cara penting untuk mendapatkan keuntungan lebih bagi perusahaan.Perusahaan memberikan kolom khusus bagi konsumen untuk mengetahui berbagai produk yang ditawarkan. Melalui situs ini, konsumen semakin dapat mengenal produk-produk yang ditawarkan perusahaan. Kemudian mengetahui lebih dalam mengenai keunggulan-keunggulan yang dimiliki produk tersebut. Selain itu, para konsumen juga disuguhkan berbagai hasil  yang dapat dibuat menggunakan produk yang ditawarkan sehingga konsumen mendapatkan keuntungan.Dan bagi mitra dapat digunakan untuk proses komunikasi  yang cepat dan aman

Kesimpulan:

Kemajuan teknologi komunikasi dan jaringan, terutama internet menyediakan inrastruktur yang dibutuhkan untuk e-business.Bagian ini memberikan pengantar atas gambaran umum konsep jaringan dan mendiskusikan isu-isu strategis yang berkaitan dengan metode-metode alternatif yang dapat dipergunakan organisasi ataupun kelompok dalam mengimplementasikan e-business pada organisasinya.Infrastruktur e-business adalah arsitektur hardware, software, konten dan data yang digunakan untuk memberikan layanan e-business untuk karyawan, pelanggan dan mitra.Infrastruktur e-business merupakan sumber daya bersama yang terdiri dari komponen:

(1)Technical e-business infrastructure (hardware, software, teknologi komunikasi, data, danaplikasi utama)

(2) Human e-business infrastructure (keahlian, pengalaman, kompetensi,komitmen, nilai, norma dan pengetahuan).

Sumber:

https://myamiut.blogspot.com/2018/02/contoh-artikel-beserta-kerangkanya-yang.html

http://saifulrahman.lecture.ub.ac.id/2013/05/infrastruktur-e-bisnis/#:~:text=Teknologi%20berfungsi%20untuk%20memudahkan%20proses,sepuluh%20tahap%20menjadi%20dua%20tahap).&text=Banyak%20perusahaan%20telah%20membuktikan%20bahwa,bagi%20kelangsungan%20hidup%20perusahaan%20tersebut

https://wulansuciani02.blogspot.com/2015/04/sejarah-pengertian-dan-perbedaan-e.html

Rani, Puspa, and Diana Rahmawati. 2008. “ANALISIS PENERAPAN E-BUSINESS STUDI KASUS PADA PT. SINAR MAS AGRO RESOURCES AND TECHNOLOGY (SMART), Tbk.” Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia 6(2). doi: 10.21831/jpai.v6i2.933.

Rai, I. G. B. RUANG LINGKUP E-COMMERCE.

Nama:Ardian Wisnu K

NIM:A12.2019.06231

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *