Apakah Pengertian Air RO itu?

Anda sering mendengar Air Ro atau anda pernah melihat depo aair minum yang menyediakan air RO atau bahkan mungkin diapotik anda pernah melihat kemasan air RO? Jika anda penasaran apa sebenarnya air RO itu, maka dalam artikel ini saya akan menjeaskan pengertiaan air ro secara sederhana tapi benar.

Air ro diartikan sebagai air yang diproduksi oleh mesin ro. Lalu apa itu mesin ro? Mesin Reverse osmosis  (RO) atau osmosis terbalik merupakan mesin yang cara kerjanya kebalikan dari osmosis. Osmosis yang merupakan proses alami pada saat 2 cairan yang berkonsentrasi berbeda dipisahkan dengan memakai membrane semipermabel. Yang menjadikn cairan tersebut bergerak ke konsentrasi yang lebih rendah menuju larutan dengan konsentrasi lebih tinggi.yag mengakibatkan terjadinya keseimbangan potensial kimia. Dengan demikian reverse osmosis adalah proses pemaksaan pergerakan larutan dengan konsentrasi zat larutan tinggi melalui membrane semipermabel ke menuju larutan yang konsentrasinya lebih rendah dengan memberikan tekanan yang tinggi pada tekanan osmotic. Mesin reverse osmosis menggunkan metode penyaringan yang dapat menyaring ion dan molekul besar pada suatu larutan dengan cara memberikan tekanan terhadap larutan tersebut. Air yang dihasilkan dari mesin inilah yang disebut dengan air ro.

Demikianlah penjelasan singkat tentang pengertian air RO semoga dengan penjelasan singkat diatas anda dapat memetik manfaatnya untuk kehidupan anda. Jika anda berminat untuk mendapatkan air RO di rumah anda, silahkan anda cari perusahaaan penyedia jasa instalasi pengolahan air bersih disekitar tempat tinggal anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar