Hiasan Dinding Kaligrafi Masjid Indah

Islam berupakan agama yang menjunjung tinggi nilai-nilai keindahan dalam segala hal. Salah satunya adalah melalui tulisan. Dalam islam, dikenal tulisan kaligrafi sebagai bentuk seni dari tulisan Arab yang menjadi bahasa yang digunakan dalam islam. Kaligrafi kerap kali digunakan sebagai hiasan-hiasan baik pada suatu benda, maupun suatu bangunan seperti masjid. Beberapa kaligrafi masjid indah dapat kita temui sebagai penghias dinding-dinding masjid. Masjid-masjid besar umumnya memiliki corak tertentu dalam unsur estetikanya. Corak yang menjadi hiasan dalam sebuah masjid bisa berupa bentuk geometri, floral, hingga tulisan-tulisan kaligrafi. Menulis kaligrafi merupakan sebuah seni yang menyenangkan. Tak heran jika banyak orang yang menekuninya.

Seni kaligrafi tersebut diterapkan ke dalam sebuah bangunan sebagai pemanis bangunan tersebut. Bangunan yang biasa menggunakan kaligrafi sebagai hiasannya adalah masjid. Masjid yang merupakan tempat beribadah umat Muslim umumnya dilengkapi dengan hiasan berupa kaligrafi masjid indah yang digunakan sebagai hiasan dinding dan interior-interior masjid lainnya. Tulisan kaligrafi tersebut diaplikasikan dalam beberapa cara seperti diukir dan dilukis. Biasanya pada permukaan kayu seperti pintu masuk dan mimbar yang terbuat dari kayu, pola kaligrafi diaplikasikan dengan cara dipahat. Akan tetapi untuk masjid yang bergaya lebih modern, pola kaligrafi biasa diaplikasikan dengan cara di lukis. Kedua cara tersenut sama-sama efektif untuk membuat hiasan kaligrafi yang indah.

Hiasan kaligrafi pada masjid memiliki makna yang berbeda-beda. Sebagian besar tulisan kaligradi pada masjid bermakna puji-pujian terhadap Allah SWT, dan beberapa doa serta kutipan ayat dari kitab suci Al-Qur’an. Seni kaligrafi masjid indah terus mengalami perkembangan dari masa ke masa. Perkembangan tersebut diaplikasikan melalui warna yang digunakan, bentuk goresan, hingga pola yang terbentuk dari tulisan-tulisan tersebut. Para seniman kaligrafi menjadikan hal ini sebagai passion tersendiri dan mereka akan melakukan sebaik mungkin agar seni kaligrafi banyak diminati oleh masyarakat. Di Indonesia sendiri hampir setiap masjid, baik masjid besar maupun masjid kecil menggunakna kaligrafi sebagai hiasannya. Dengan menambah keindahan dalam masjid, diharapkan semakin banyak Jama’ah yang tertarik untuk beribadah ke masjid.

jual karpet masjid termurah

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar