Pengertian Domain dan Contoh Penggunaan Domain

Domain merupakannama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti website server atau e-mail server di jaringan komputer maupun internet. Fungsi Domain yaitu untuk mempermudah pengguna di internet ketika menjalankan akses ke server, Selain juga digunakan untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa mesti mengetahui deretan angka yang kompleks yang diketahui sebagai IP address. Nama domain ini juga diketahui sebagai sebuah kesatuan dari sebuah website seperti  \”wikipedia.org\”. Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL, atau alamat situs.

Seperti semisal Anda mau mengakses website google.co.id, apabila Anda memakai alamat IP maka Anda mesti mengakses lewat kombinasi angka seperti 173.194.39.19, hal tersebut tentu akan menyulitkan pengguna dunia maya. Maka dari itu ada sebuah domain untuk memberikan kemudahan bagi pengguna dunia maya.

Contoh Penggunaan Domain :

gov – Dipakai Untuk Untuk Pemerintahan

edu – Dipakai Untuk Lembagapendidikan

org – Dipakai Untuk Organisasi / Aktivitas Nonprofit

mil – Dipakai Untuk Militer

com – Dipakai Untuk Organisasi Keuntungan / Komersial

net – Dipakai Untuk Organisasi Network

name – Dipakai untuk personal / keluarga

tv – Dipakai Untuk Pertelevisian

Bagimana apakah andaa sudah memahami pengertian domain? Jika anda ingin mengenal lebih jauh tentang domaian, desain grafis dan komputer maka anda dapat kuliah atau kursus di sekolah tinggi komputer atau universitas yang ada jurusan SI atau TI. Untuk dapat menjadi mahasiswa tentu saja anda harus mendaftar sesuai dengan prosedur masingmasing kampus yang anda tuju saat penerimaan mahasiswa baru telah dibuka.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar