Jenis Pisau Dapur

Jenis Pisau Dapur

Pisau menjadi benda yang penting yang banyak digunakan untuk memasak di dapur.

Walaupun ada juga jenis pisau lainnya yang fungsinya berbeda. Salah satu kegunaan dari pisau adalah untuk memotong sesuatu.

Seperti pada jenis pisau dapur, kegunaannya adalah untuk memotong berbagai bahan makanan.

Ada banyak merek-merek pisau terkenal yang bisa Anda gunakan untuk pisau dapur.

Mungkin bagi sebagian orang memilih suatu jenis pisau dan merek pisau tertentu agak cukup sulit. Karena, untuk pisau dapur sendiri penggunaannya berbeda-beda.

Tidak semua pisau digunakan untuk memotong semua jenis makanan. Karena ada jenis makanan yang harus menggunakan pisau khusus untuk memotongnya.

Baca Selengkapnya Tentang Pisau Dapur

Apa Saja Jenis Pisau Terkenal

Supaya Anda tidak salah memilih jenis pisau untuk memotong, ada baiknya Anda mengenal apa saja jenis pisau yang terkenal atau banyak digunakan oleh banyak orang. Diantaranya yaitu sebagai berikut :

1. Jenis Pisau Serba Guna

Salah satu jenis pisau yang banyak digunakan adalah pisau serba guna yang bisa memotong beragam bahan tertentu.

Bahkan, hampir semua jenis makanan bisa dipotong menggunakan pisau serba guna ini.

Bagi seorang wanita yang terbiasa memasak, memiliki satu jenis pisau yang serba guna lebih baik dibanding memiliki satu set pisau yang kegunaannya beragam.

Namun, pisau serba guna ini lebih baik dipakai untuk mengiris berbagai jenis bahan makanan, mememarkan bawang, dan sebagainya.

2. Jenis Pisau Besar

Ada lagi jenis pisau dengan merek terkenal, yaitu jenis pisau besar yang ukurannya memang besar dan lebar.

Pisau ini sering dipakai oleh para chef atau juru masak di Cina.

Nama lain dari jenis pisau besar ini adalah chinese chef’s knife. Karena ukurannya yang besar, maka pisau ini sering digunakan untuk membelah/memotong tulang.

Bisa juga digunakan untuk mencincang daging, mengiris bumbu, mememarkan bumbu-bumbu, memotong berbagai jenis sayuran, dan sebagainya.

Bobot pisau ini cukup berat, sehingga sering dipakai untuk memotong ayam.

3. Pisau Roti

Jenis pisau berikutnya yang banyak digunakan adalah pisau roti. Sesuai dengan namanya, pisau ini memang digunakan untuk memotong roti atau kue apapun.

Ciri dari pisau ini yaitu memilih bentuk gerigi yang tipis. Fungsinya untuk memperoleh hasil potongan roti atau kue yang teksturnya lebih halus dan juga lembut.

Selain itu, pisau ini juga sering dipakai untuk memotong aneka jenis sayuran, yang dimana tekstur di bagian luarnya licin. Seperti sayuran terong, tomat atau mentimun.

4. Pisau Fillet

Bentuk pisau yang cukup terkenal ini yaitu memanjang tapi juga lebih ramping ke samping.

Fungsi pisau ini adalah untuk memisahkan daging dengan tulangnya, untuk membuat irisan pada daging yang sangat tipis, memisahkan ikan dengan tulang, dan membuat urat pada bagian lemaknya.

5. Pisau Ukir

Ukuran pada pisau ini kecil, pendek dan terdapat lekuk yang melengkung. Sesuai dengan namanya, pisau ukir ini bisa dipakai untuk mengukir buah dan juga sayuran.

Karena bentuknya yang kecil ini, maka penggunaannya lebih fleksibel dalam mengukir buah/sayuran menjadi lebih unik dan menarik.

6. Pisau Iris

Hampir mirip dengan pisau serba guna, pisau iris ini memiliki bentuk yang tipis dan cenderung sempit.

Fungsinya adalah untuk mengiris kulit buah agar menjadi lebih tipis, atau bisa juga dipakai untuk mengiris daging asap, ayam, sapi dan sebagainya, supaya hasil irisannya menjadi lebih tipis dan penataannya pun lebih rapi.

Kesimpulan

Ada banyak merek-merek pisau terkenal di pasaran dengan harga yang variatif, tetapi Anda bisa memilih salah satu jenis pisau dengan merek tertentu yang bukan hanya kualitasnya bagus tapi juga harus sesuai dengan kebutuhan pemakaian.

Tingkat ketajaman dan keawetan pisau tersebut harus menjadi yang utama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *