Susunan Kabel LAN Network

Memilih kabel elektrik perlu dilakukan secara seksama. Itu mengapa bahwa saat ini, kita mesti mampu memahami definisi kabel straight dan kabel cross untuk kebutuhan sehari-hari. Sudahkah Anda tahu perbedaan kedua jenis kabel tersebut? Jika belum, simak di bawah ini!

Secara garis besar, kabel listrik terdiri dari satu atau lebih rakitan yang berjalan berdampingan atau dibundel. Ia dipakai untuk membawa arus listrik dan mengantarkan energi pada perangkat elektronik, mulai dari rumahan seperti televisi, setrika, hingga kebutuhan pabrik.
Kendati begitu, tak semua perangkat tersebut diterapkan untuk semua keperluan sehari-hari. Pada dasarnya sebuah unit kabel tidak selalu cocok untuk menghubungkan dua perangkat, namun dapat berupa produk parsial. Ia juga dapat berbentuk pohon kabel atau kabel harness yang digunakan untuk menghubungkan banyak terminal secara bersamaan.
Berdasarkan wujudnya, kabel listrik dapat dibuat lebih fleksibel dengan cara direnggangkan. Kabel listrik yang lebih kecil misalnya, dipelintir atau dikepang bersama untuk menghasilkan kabel lebih besar yang lebih fleksibel daripada kabel padat dengan ukuran serupa.
Ragam jenis kabel yang telah jadi, kelak memiliki fungsi dan peruntukan berbeda. Hal sederhana ini bisa kita lihat melalui kabel straight dan kabel cross. Ya, hal penting yang perlu kita ketahui agar tidak salah kaprah. Pahami penjelasannya di bawah ini!
Contentshide Pengertian dan Fungsi Kabel Straight Pengertian dan Fungsi Kabel Cross

Pengertian dan Fungsi Kabel Straight

Susunan Kabel Straight
Image credit: www.cables-solutions.com

Mari kita awali penjelasan tentang kabel straight. Ya, jenis yang satu berfungsi menghubungkan dua perangkat berbeda semisal komputer ke switch, lalu dari situ ke router, berlanjut pada hub, dan seterusnya. Susunan kabel straight yakni:
– Putih – orange
– Orange
– Putih – hijau
– Biru
– Putih – biru
– Hijau
– Putih – coklat
– Coklat
Secara garis besar, urutan pin kabel straight dari ujung awal ke ujung akhir sama. Berangkat dari susunan di atas, contoh kabel straight sesuai standar pengurutan pin EIA/TIA 568B. Penting untuk memahami rangkaian yang satu ini agar tidak salah kaprah di kemudian hari.

Pengertian dan Fungsi Kabel Cross

Susunan Kabel Cross
Image credit: www.cables-solutions.com

Ada kabel straight, ada pula kabel cross. Jenis kedua digunakan untuk menghubungkan perangkat yang sama seperti dua komputer secara langsung, serta port LAN router ke port normal switch / hub yang biasanya ditujukan untuk memperluas jaringan terhubung.
Selain itu, kabel cross turut menghubungkan dua switch / hub dengan menggunakan port normal di kedua switch / hub. Kedua sisi, dianalogikan sebagai sisi A dan sisi B pada kabel, memiliki susunan kawat dengan mengikuti warna berbeda.
Ujung pertama kabel cross masih sama dengan kabel straight, yakni:
– Putih – orange
– Orange
– Putih – hijau
– Biru
– Putih – biru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *