Jurusan di UDINUS Semarang

Jurusan di UDINUS Semarang

Sejarah Universitas atau perguruan tinggi swasta ini cukup panjang karena Universitas Dian Nuswantoro berawal dari lembaga kursus komputer IMKA yang ada di Kota Semarang. Tidak hanya berawal dari situ saja tapi setelah itu Lembaga Kursus Komputer IMKA ini menyebar ke seluruh penjuru Pulau Jawa, mulai dari Surakarta hingga ke Kota Jakarta dan Kota Bandung. Baru saat itulah lembaga kursus komputer IMKA mendirikan sebuah yayasan yang bernama Yayasan Dian Nuswantoro pada 12 Desember 1990 bersamaan dengan hari itu turun sebuah surat keputusan yang diturunkanoleh Kemnetrian Pendidikan dan Kebudayaan yaitu SK Kemendikbud No. 0686/O/1990 yang menyatakan bahwa Yayasan Dian Nuswantoro diizinkan untuk menyelenggarakan pendidikan Akademi ManajemenInformatika dan Komputer Dian Nuswantoro yang kemudian diberi nama AMIK Dian Nuswantoro lalu, empat tahun setelahnya AMIK Dian Nuswantoro secara resmi berubah menjadi Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Dian Nuswantoro.

Sejak akhir tahun 1999, Yayasan Dian Nuswantoro terus melakukan pengembangan pendidikan dengan cara membuka dan menyetarakan diri. Pada tahun 2000 program studi Manajemen Informatika (D3), Teknik Informatika (D3), Manajemen Informatika (S1), dan Teknik Informatika (S1) mendapat status disamakan. Setelahnya Yayasan Dian Nuswantoro membuka Program Studi Komputerisasi Akuntansi (D3). Pada 22 Februari tahun 1999 Yayasan Dian Nuswantoro mendirikan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Dian Nuswantoro dengan Program Studi Manajemen S1 dan D3, Akuntansi S1 dan D3, dan Perpajakan D3. Setelah sukses mendiriakn Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi yayasan Dian Nuswantoro mendirikan Sekolah Tinggi Bahasa Asing (STBA) dan membuka program pendidikan Bahasa Inggris S1 dan D3, Bahasa Jepang (d3), dan Bahasa Tionghoam (D3).

Setelah sukses dengan Yayasan Dian Nuswantoro, Yayasan tersebut melebarkan sayap untuk membuka anak Yayasan yang diberi nama Yayasan Lintang Nuswantoro yang kemudian mendirikan Sekolah Tinggi Imu Kesehatan (STKES) Lintang Nuswantoro barulah pada tanggal 30 Agustus tahun 2001, STMIK, STIE, dan STBA Dian Nuswantoro serta STEKES Lintang Nuswantoro bergabung menjadi sebuah Universitas Swasta yaitu Universitas Dian Nuswantoro yang berlokasi di Jalan Nakula I dan membuka lima fakultas sekaligus yaitu, Fakultas Ilmu Komputer, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Kesehatan, dan Fakultas Teknik.

Setelah melihat atau mengetahui sejarah dan fakultas fakultas apa saja yang ada di Universitas swasta yang kerap disebut UDINUS ini ada baiknya jika kita juga melihat Jurusan di UDINUS Semarang. Saat ini Universitas Dian Nuswantoro memiliki 21 Jurusan yang terbagi ke dalam 5 fakultas yang ada akreditas yang didapatkan pun beragam mulai dari B hingga A. Namun, ada beberapa jurusan yang belum terkareditasi lantaran baru satu tahun ini dibuka antara lain Manajemen Perhotelan , Film dan Televisi, dan Teknik Biomedis.

Jurusan di UDINUS Semarang

Baca Juga : Universitas Dian Nuswantoro Jawa Tengah

Daftar Lengkap Jurusan di UDINUS Semarang

Sampai saat ini Universitas Dian Nuswantoro memiliki lebih dari 20 lebih program studi yang dibuka. Dengan akreditasi minimal B UDINUS siap mewujudkan mimpi mimpi generasi muda untuk mewujudkan cita cita yang mereka miliki oleh karena itulah terobosan dan pengembangan terus dilakukan demi mencapai kehidupan yang lebih baik lagi. Mulai dari peningkatan kualitas yang terbukti dari banyak nya program studi atau fakultas yang sudah terakreditasi A oleh BAN-PT  hingga dibukanya jurusan jurusan baru di tiap fakultasnya. Misalnya saja  pada fakultas ilmu budaya  yang baru saja membuka program pendidikan Manajemen Perhotelan, Fakultas Teknik yang membuka jurusan Teknik Biomedis, dan Fakultas Ilmu Koputer yang membuka jurusan atau program studi animasi serta film dan pertelevisian. Berikut Daftar Lengkap Jurusan di UDINUS Semarang :

  1. Teknik Informatika S1 (Fakultas Ilmu Komputer)
  2. Sistem Informasi S1 (Fakultas Ilmu Komputer)
  3. Desain Komunikasi Visual S1 (Fakultas Ilmu Komputer)
  4. Ilmu Komunikasi S1 (Fakultas Ilmu Komputer)
  5. Film dan Televisi SST (Fakultas Ilmu Komputer)
  6. Animasi SST (Fakultas Ilmu Komputer)
  7. Teknik Informatika D3 (Fakultas Ilmu Komputer)
  8. Broadcasting D3 (Fakultas Ilmu Komputer)
  9. Magister Teknik Informatika S2 (Fakultas Ilmu Komputer)
  10. Manajemen S1 (Fakultas Ekonomi Bisnis)
  11. Akuntansi S1 (Fakultas Ekonomi Bisnis)
  12. Ekonomi Syariah S1 (Fakultas Ekonomi Bisnis)
  13. Magister Manajemen S1 (Fakultas Ekonomi Bisnis)
  14. Sastra Inggris S1 (Fakultas Ilmu Budaya)
  15. Sastra Jepang S1 (Fakultas Ilmu Budaya)
  16. Manajemen Perhotelan SST (Fakultas Ilmu Budaya)
  17. Kesehatan Masyarakat S1 (Fakultas Kesehatan)
  18. Rekam Medis dan Informasi Kesehatan D3 (Fakultas Kesehatan)
  19. Teknik Elektro S1 (Fakultas Teknik)
  20. Teknik Industri S1 (Fakultas Teknik)
  21. Teknik Biomedis S1 (Fakultas Teknik)

Memilih Jurusan di UDINUS Semarang

Saat ini Universitas Dian Nuswantoro memang menyediakan berbagai jurusan unggulan yang dapat kamu pilih. Namun, kamu sendiri harus tahu apa yang membuat kamu tertarik bukan hanya ikut-ikut lantaran jurusan tersebut memiliki akreditasi yang sangat baik dari BAN-PT. hal tersebut begitu pentimg karena, nantinya, yang menjalani masa masa tersebut tidak lain tidak bukan adalah kamu sendiri, bukannya orang lain jadi pertimbangkan masak masak jurusan yang kamu pilih nantinya ya. Memang perlu memilih jurusan yang sudah terakrediasi A oleh BAN-PT tapi lebih penting lagi jika memperhatikan apa yang sebenarnya menarik perhatianmu, suatu bidang studi yang bahkan jika tidak dibayarpun kamu ingin tetap menguliknya sendiri.

Hal itu tidak menjadi masalah jika kamu memilih Universitas Dian Nuswantoro atau UDINUS karena semua jurusannya sudah terkarediatsi baik oleh BAN-PT jadi kamu tidak perlu memusingkan apakah hal yang menarik hati atau hal yang menjadi passionmu itu memiliki kualitas yang bagus atau tidak karena Universitas Dian Nuswantoro selalu  menjaga kualitas dari jurusan, fakultas, bahkan Universitasnya. Selain itu, hal yang tidak kalah pentimg adalah mengetahui jurusan yang kamu pilih itu sebenarnya mempelajari hal apa saja ya karena banyak orang yang ‘kecelik’ karena ekspektasi dan pengetahuan mereka yang tidak begitu mengerti dengan jurusan yang mereka incar jadi amat penting untuk mengetahui seluk beluk jurusan yang kamu incar untuk menghindari ‘kekecewaan’ nantinya. Kamu bisa bertanya kepada alumni, kakak tingkat, teman, atau langsung kepada pihak Universitas Dian Nuswantoro baik itu dosen, kaprogdi, atau dekan sekalipun. Akhir kata, selaman mendaftar ke kampus paling kece di Jawa Tengah ini ya. Salam mahasiswa baru.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar