Tips Membeli Laptop Bekas Secara Online

Tips Membeli Laptop Bekas

Maraknya jual-beli online membuat sebagian besar barang dapat kita mencari di internet. Tidak terkecuali netbook. Jangankan yang baru, sisa atau second juga bersebaran sana-sini tinggal tentukan sama merk, type, dan detail yang diperlukan. Dan yang lebih menarik kembali harga murah-murah.

Sayang, tidak seluruhnya penjual online ada di posisi dekat. Hingga kita tidak dapat ke situ buat pengujian keadaan netbook yang sesungguhnya saat sebelum resmi beli.

Apesnya kembali rupanya cukup banyak penjual yang menyukai menipu, Kita telah transfer pembayaran full sama harga, dianya dikirim barang lain atau tidak sesuai photo.

Disini kekurangan beli barang second secara online. Bisa saja pada fotonya bagus, kemunculan mulus, tapi dalaman kronis. Tetapi, saya masih percaya cuman sejumlah kecil saja.

Selain itu ada banyak yang jujur, contohnya lelangkomputer.id. Apabila Anda pengin cobanya, beli laptop sisa di internet, di bawah ini ialah panduan amannya supaya bebas dari penipuan di atas.

Cari Penjual dengan Lokasi Terdekat

Mencari netbook sisanya bisa online. Tetapi jika telah bertemu dengan penjual yang mempunyai barang pas, sedapat mungkin bawalah ketemuan. Dengan langkah ini sehingga kita dapat memeriksa barangnya langsung. Untuk fakta berikut di atas saya merekomendasikan untuk cari penjual yang posisinya dekat.

Bagaimana triknya? Kita dapat gunakan olx.com. Toko online yang populer selaku tempat jual beli barang sisa ini mempunyai feature yang banyak.

Kita bukan hanya dapat cari type dan merk netbook dengan kolom search, tapi bisa juga menyortir beberapa kelompok. Dalam masalah ini terhitung kelompok posisi penjual/pelapak.

Kecuali olx.com, kita bisa juga memakai Facebook. Saat ini sosial media telah digunakan beberapa orang menjadi tempat jual-beli. Pada Facebook, terutamanya group-grupnya. Umumnya mereka menyebut groupnya sesuaikan tempat.

Saya benar-benar tidak merekomendasikan transaksi bisnis langsung ke penjual yang Anda dapatkan di internet. Transaksi bisnis langsung yang saya tujuan ialah Anda transfer pembayaran ke nomor rekeningnya, baru selanjutnya ia kirim barang.

Ini benar-benar riskan. Jika memang seharusnya transaksi bisnis dengannya, gunakanlah layanan Rekening Bersama atau mungkin Rekber.

Memakai rekber benar-benar dikenai ongkos. Namun lebih aman dibanding tidak memakai sama sekalipun. Jika ongkos rekber berasa memperberat dan cari yang paling dipercaya sulit, Anda pakai saja langkah seperti berikut ini.

Pilih Toko Online yang Menyediakan Rekber Gratis

Bagaimana bila telah bertemu barang yang sama kita mencari, harga pas, tapi penjualnya dibawa ketemuan rupanya posisinya jauh? Tentu sayang jika harus melepaskan penjual itu. Tetapi, pada bagian lain kita sangsi transfer langsung walau ia janji akan kirim barangnya memakai JNE, TIKi.

Walau percaya, anjuran saya harus tetap berhati-hati. Bagaimana juga Anda tidak mengenal dengannya. Dan panduan aman beli netbook sisa secara online supaya tidak tertipu dengan keadaan semacam ini ialah: Minta penjual membuka lapak di toko online Tokopedia, Elevenia, atau Bukalapak.

Beberapa toko online di atas dapat memperantai penjual dan konsumen secara baik dan ongkos gratis. Mekanisnya: Uang pembayaran Anda dikirimkan ke rekening Tokopedia. Uang ditahan di situ.

Selanjutnya Tokopedia memberitahukan penjual supaya selekasnya kirim barangnya ke Anda. Sesudah Anda verifikasi barang sampai, Tokopedia baru melanjutkan uang ke penjual.

Bagaimana bila penjual tidak kirim barang? Tokopedia memberi waktu seputar 2-3 hari. Bila waktu telah habis tapi barang tidak dikirimkan, bermakna transaksi bisnis dipastikan gagal dan uang akan dibalikkan ke Anda.

Lakukan Perjanjian Retur

Beli netbook sisa paling aman ialah secara off line dan Anda tahu alamat toko penjualnya. Dalam tempat semacam ini umumnya berani memberi garansi. Benar-benar garansinya bukan seperti netbook baru yang lama waktunya 1-2 tahun, tetapi garansi toko dan lama waktunya cuman satu bulan saja

Tetapi, jika kondisi seperti pada atas hingga Anda minta penjual meng-upload ke Tokopedia, bikinlah kesepakatan retur (dapat dibalikkan) bila keadaan barang tidak sesuai photo dan deskripsinya.

Ini jangan cuman kesepakatan saja, tapi penjual harus juga betul-betul aktifkan feature retur di penataan lapak Tokopedia. Sebatas dijumpai, Tokopedia benar-benar sediakan feature ini.

Jadi, saat barang sampa jangan cepat-cepat verifikasi “usai” dahulu. Lebih bagus membuka barang dan check sana-sini. Jika benar ada yang tidak tepat photo dan gambaran, lakukan keinginan retur.

Tetapi jika sama, berarti penjual jujur. Sebaiknya anda segera verifikasi supaya uang yang ditahan Tokopedia dapat selekasnya dilanjutkan padanya. Kasihan, kemungkinan ia telah menanti lama.

Saya anggap begitulah panduan aman beli netbook sisa secara online supaya tidak tertipu. Pokoknya, sedapat mungkin ajak ketemuan. Jika tidak mungkin baru mencari faksi ke-3 yang paling dipercaya dan dapat memperantai untuk meminimalisir beberapa hal yang tidak diharapkan.

Skip to toolbar