Perbedaan TV Kabel dan TV Satelit yang Perlu Anda Ketahui

DINUS, Perbedaan TV Kabel dan TV Satelit – Tv tetap jadi salah sebuah sumber selingan dan info untuk sejumlah besar warga di Indonesia. Baik lewat stasiun TV lokal atau internasional, gratis atau berbayar, banyak program dan acara tv yang selalu dapat temani Anda di saat senggang dan santai dengan keluarga.

Supaya peristiwa santai melihat tv lebih berkualitas dan memberi kepuasan lebih, cukup banyak orang yang menempatkan layanan internet dan TV kabel seperti Transvision.

Alasannya karena kedua layanan itu memberi semakin banyak saluran tv yang tidak dapat dicapai oleh antena TV biasa. Bahkan juga, sebagian besar stasiun TV yang berada di penjuru dunia lain dapat Anda cicipi lewat layanan TV kabel atau TV satelit itu.

Ketahui ini, pasti semakin banyak pencinta tv yang punya niat untuk abonemen layanan itu. Ditambah dengan makin ramainya wawasan acara tv lokal yang makin turun kwalitasnya. Tetapi, saat sebelum memilih untuk memakai layanan tv berbayar itu, ketahui dahulu bila TV kabel dan TV satelit bukan layanan yang serupa.

Lalu, apa perbedaan dari kedua tipe layanan TV berbayar itu? Apa ada perbedaan berarti yang membuat satu layanan melampaui layanan yang lain? Untuk jawab pertanyaan itu, baca perbedaan TV satelit dan TV kabel di bawah ini.

Perangkat Pendukung yang Dibutuhkan

Pembanding pertama dari layanan TV satelit dan TV kabel ada pada piranti simpatisan yang diperlukan. Pada TV kabel, Anda cuman membutuhkan piranti berbentuk kabel coaxial atau penghantar signal, dan receiver digital.

Sedang untuk TV satelit, pemakai harus mempunyai receiver digital dan antena parabola yang berperan untuk tangkap signal digital dari satelit.
Sepintas hampir sama, tetapi perbedaan piranti dari ke-2 layanan itu mempunyai dampak lumayan besar pada kualitas signal dan gambar yang diberi.

Kualitas Sinyal

Kelihatan dari piranti simpatisan, TV kabel dan TV satelit mempunyai perbedaan yang tidak begitu mencolok. Tetapi, ini kenyataannya menggenggam dampak berarti pada kualitas signal dari tiap-tiap layanan.

Hanya karena manfaatkan signal digital, TV satelit sanggup hasilkan kualitas gambar pada monitor lebih jernih dan memiliki resolusi tinggi, meskipun sama ukuran parabola kecil.

Di lain sisi, TV kabel mengombinasikan signal analog dan kabel hingga kemampuan kabel terdiri. Akhirnya, kualitas gambar pada layanan ini tidak sebaik dan sejernih layanan satelit.

Area Penggunaan

Dalam faktor ini, dapat disebut layanan satelit jauh melampaui TV kabel. Karena, lingkup tempat layanan TV satelit tak terbatas, alias dapat dipakai oleh konsumen setia yang tinggal di pusat perkotaan atau di perdesaan. Karena signal TV diteruskan lewat satelit, kualitas layanan TV satelit tetap maksimal walau Anda berada pada tempat terasing sekalinya.

Kebalikannya, TV kabel umumnya cuman digunakan oleh pemakai di tengah-tengah kota saja. Argumennya karena kualitas TV kabel akan makin lebih buruk bila posisi konsumen setianya terlampau jauh dari kantor servicenya. Maka yakinkan dahulu posisi Anda tidak begitu jauh dari kantor layanan TV kabel bila memilih untuk memakai layanan ini.

Jumlah Channel yang Ditawarkan

Rerata kanal yang dapat dicicipi oleh pemakai TV kabel sejumlah 300an aliran. Pada TV satelit, aliran tv yang dapat dicicipi terbanyak sejumlah 250 kanal. Disini, telah kelihatan bila TV kabel mempunyai macam aliran yang semakin banyak. Walau jumlah alirannya tidak banyak, TV satelit janjikan kualitas gambar yang jernih dan rata pada tiap kanal yang diberi.

Berlainan dengan TV kabel yang kemungkinan mempunyai kualitas gambar yang baik pada beberapa aliran, tetapi cukup kabur di kanal yang lain. Karena itu, pikirkan juga faktor ini supaya tidak menyesal pilih layanan. Pada umumnya umumnya layanan TV kabel telah di-bundle dengan layanan internet oleh beberapa provider-nya. Misalnya Transvision, First Media, Biznet, dan lain-lain.

Perbandingan Penyedia Layanan

Sebagai layanan dengan tehnologi terkini, TV satelit mempunyai penyuplai layanan yang semakin banyak dan semakin bertambah bila dibanding dengan TV kabel.

Namun, ini tidak bermakna jika kualitas layanan TV kabel turun hingga menjadikan kurang pantas untuk digunakan. Asal pahami sarana yang diberi dan pastikan kwalitasnya terintegrasi, tidak ada kelirunya untuk jadikan layanan ini sebagai opsi.

Mobilitas dan Pemeliharaan Jaringan

Apa yang terjadi kalau sudah oke pilih layanan TV berbayar rupanya Anda harus beralih rumah? Bila memakai TV satelit, Anda dapat dengan gampang mengontak provider dan minta untuk mengalihkan semua piranti ke lokasi yang baru. Sayang, pada layanan TV kabel, Anda diwajibkan untuk ajukan penempatan ulangi di posisi yang baru.

Saat rupanya tempat itu tidak dapat dijangkau layanan, harus Anda harus memutuskan berlangganan TV kabel dan cari provider TV kabel yang baru. Maka proyeksikan dulu kehidupan Anda di periode mendatang supaya tidak salah pilih layanan TV berbayar.

Harga dan Fasilitas yang Diberikan

Kelihatan dari ulasan awalnya, banyak faktor yang diungguli oleh TV satelit. Ini rasanya patut saja karena biaya abonemen layanan TV berbayar itu lebih mahal daripada TV kabel.

Walau demikian, masih jeli saat menentukan provider supaya memperoleh layanan yang terbaik, tetapi pada harga yang berkompetisi. Disamping itu, tentukan paket layanan yang seperti keperluan supaya pengeluaran sedikit terbuang untuk hal yang sesungguhnya tidak begitu diperlukan.

Itulah tadi perbedaan layanan TV satelit dan TV kabel yang wajib buat diperhitungkan. Bila diambil garis besarnya, TV kabel lebih pas dipakai oleh Anda yang tinggal di pusat perkotaan dan tinggal. Tetapi, bila mengidamkan kualitas dan resolusi gambar yang lebih jernih dan mobilisasi layanan.

Skip to toolbar