10 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Menata Sofa di Ruang Tamu Kecil

Jika Anda memiliki rumah yang tergolong kecil dan minimalis, maka Anda harus pandai mengatur tata letak di dalamnya. Rumah adalah bangunan yang terdiri dari berbagai macam ruangan yang masing – masing memiliki fungsinya sendiri. Ruangan yang biasanya harus didesain dengan sebagus mungkin adalah ruang tamu.

Ruangan ini adalah tempat Anda menerima tamu dimana orang luar yang datang ke rumah akan lebih banyak menghabiskan waktu di springbed berkualitas pertalite springbed . Mendekor ruang tamu agar tampak menarik kiranya susah – susah gampang. Mungkin jika ruang tamunya besar, maka akan lebih leluasa untuk mendesain dan menambahkan furnitur, namun jika ruang tamu Anda ukurannya kecil, maka akan sedikit terbatas untuk memiliki dekorasi yang tepat.

Sofa adalah elemen penting dalam dekorasi rumah terutama untuk ruang tamu. Memilih sofa yang tepat harusnya dipikirkan dengan baik dan tidak boleh sembarangan. Ruang tamu yang kecil harus didesain sebaik mungkin dan dipadukan dengan sofa yang paling tepat agar tidak terlihat sempit. Seharusnya selain sofa, segala furnitur dan elemen yang dimasukkan harus diperhatikan dengan baik sembari memanfaatkan segala sudut yang ada di ruang tamu kecil tersebut. Berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan saat meletakkan sofa untuk melengkapi ruang tamu yang kecil.

1. Tempelkan sofa pada dinding
Untuk membuat ruangan terlihat lebih luas, maka lebih baik letakkan sofa tepat pada pinggir dinding. Jika Anda meletakkan sofa di tengah ruangan, maka hal ini dapat membuat adanya ruangan yang tidak penting muncul diantara sisi tembok dan belakang sofa. Sekat ini membuat ruangan secara keseluruhan akan terlihat penuh dan ruang tamu akan terlihat lebih kecil.


2. Gunakan bantal sofa
Sofa yang berkualitas pastinya akan membuat ruang tamu Anda terlihat lebih menarik dan dapat digunakan dalam waktu yang lama. Namun Anda juga harus memperhatikan pemilihan bantal dekorasi yang digunakan untuk sofa. Perhatikan elemen dari bantal tersebut, mulai dari ukuran, corak dan warnanya. Jangan sampai memilih bantal yang terlalu besar sehingga membuat ruang tamu terlihat penuh. Warna yang tepat juga dapat mempengaruhi nuansa ruang tamu Anda.


3. Pilih sofa dengan ukuran yang pas
Jangan sampai membeli sofa yang terlalu besar untuk ruang tamu yang kecil. Ukuran yang tidak proporsional dalam membuat ruang tamu tampak berantakan dan tidak rapi. Sebelum membeli sofa, lebih baik tentukan dulu ukuran dari ruang tamu. Jika Anda tidak menemukan ukuran sofa yang pas, Anda juga bisa melakukan custom sofa. Biasanya custom sofa membutuhkan waktu yang cukup lama, sehingga Anda harus memesan jauh – jauh hari. Pastikan juga mencari pembuat sofa yang handal agar hasilnya sesuai dengan keinginan.


4. Sesuaikan model sofa dengan desain ruang tamu
Untuk tampilan yang cantik, Anda harus menyesuaikan model sofa dengan desain dari ruang tamu. Untuk ruang tamu yang kecil maka sofa yang dipilih harusnya yang simple dan minimalis. Jangan menambahkan sofa yang penuh dengan ornamen dan corak yang beragam. Desain sofa yang garis – garis dengan warna yang netral dapat dijadikan pilihan untuk ruang tamu yang kecil.


5. Posisikan TV secara tepat

Jangan letakkan TV berdekatan dengan jendela karena akan terganggu oleh pancaran cahaya matahari yang akan menyinari ruang tamu. Apalagi panas matahari juga dapat menyinari dan merusak kabel. Posisikan TV menghadap sofa agar lebih mudah untuk dilihat. Kabel harus dirangkai dengan rapi agar ruang tamu tidak terlihat berantakan. Posisi terbaik untuk peletakan TV adalah pada dinding kosong yang berhadapan dengan sofa. Pilihan lain yang dapat digunakan adalah dengan memasang kabinet untuk menopang TV agar masih banyak tersisa ruangan.


6. Pastikan pencahayaan baik
Meskipun Anda sudah meletakkan sofa di tempat yang tepat dan memiliki ukuran yang sudah sesuai, namun kadang kamar tamu masih terlihat sempit. Hal ini disebabkan dari efek pencahayaan. Lampu yang terpancar di ruang tamu dapat memberikan kesan ruang yang sempit dan juga kesan ruang yang lebih lebar. Susunlah furnitur selain sofa dengan sebaik mungkin agar dapat menciptakan zona yang lebih fungsional. Hal ini dapat memberikan efek yang baik pada efektivitas pencahayaan. Sumber cahaya sebaiknya tidak hanya dari satu arah, apalagi untuk ruang tamu yang berukuran kecil.


7. Lengkapi ruang tamu dengan karpet yang ukurannya sesuai
Menata ruang tamu kecil juga bisa dibuat dengan cukup bagus jika Anda meletakkan karpet yang sesuai dengan ukuran ruang tamu. Apalagi untuk ruang tamu yang kecil, lebih pilih karpet dengan ukuran yang tidak lebih besar dari sofanya dan sesuai dengan warna ruang tamu secara keseluruhan. Intinya ukuran karpet harus proporsional dengan ukuran ruang tamu.


8. Letakkan dekorasi kolase pada ruang tamu
Kolase foto biasanya digunakan untuk mempermanis ruang tamu yang kecil. Namun ada beberapa kesalahan yang biasanya dilakukan dalam peletakan dekorasi ini. Foto tidak boleh diletakkan secara acak di semua sudut ruangan, foto lebih baik diletakkan dengan memanfaatkan satu sisi dinding yang kosong. Peletakan pajangan harus disesuaikan dengan model dari sofa. Pastikan juga koleksi Anda terpajang di rak dengan rapi.


9. Mencoba sofa sebelum membelinya
Hal yang paling penting untuk dilakukan saat Anda ingin membeli sofa untuk ruang tamu yang kecil adalah dengan cara mencobanya. Ruang tamu yang sempit tentu harus dilengkapi dengan sofa yang nyaman agar kesempitannya tidak begitu terasa. Kenyamanan sofa adalah yang utama sehingga tamu betah di rumah Anda.


10. Memilih warna furnitur lain yang sesuai dengan sofa
Warna furnitur yang pas untuk sebagian besar ruang tamu adalah yang memiliki warna setipe dengan langit – langit. Kalau ruang tamu kecil dengan langit – langit yang rendah, maka tidak disarankan untuk memilih furnitur dengan warna gelap. Pilihlah warna yang netral dan cenderung cerah seperti beige dan light grey. Anda juga bisa menambahkan tanaman hias di meja atau hiasan dinding yang sederhana sekitar sofa.


Itulah 10 hal yang harus diperhatikan saat Anda ingin meletakkan sofa di kamar tamu yang kecil. Mendesain kamar tamu yang kecil terkadang memang terlihat susah, namun jika Anda mengikuti beberapa tips di atas tentu urusan Anda akan lebih mudah. Buatlah tampilan ruang tamu yang rapi dan enak dipandang agar rumah Anda terlihat lebih cantik. Kunci utama dalam peletakan sofa adalah pada ukuran serta posisi dimana sofa tersebut diletakkan. Sofa yang sesuai dengan desain kamar tamu akan membuat ruang tamu Anda terlihat lebih menarik. Meskipun kamar tamu kecil memiliki ukuran yang agak sempit, dengan menggunakan sofa yang tepat dan peletakan yang sesuai maka ruang tamu akan terlihat lebih besar.