Alat Uji Generator Siglent

Generator Siglent gelombang arbitrer (AWG) adalah peralatan uji elektronik yang digunakan untuk menghasilkan bentuk gelombang listrik. Bentuk gelombang ini dapat berupa repetitive atau single-shot (sekali saja) dalam hal ini diperlukan sumber pemicu (internal atau eksternal). Bentuk gelombang yang dihasilkan dapat disuntikkan ke dalam perangkat yang sedang diuji dan dianalisis saat mereka melewatinya, mengkonfirmasikan operasi yang tepat dari perangkat tersebut atau menunjukkan kesalahan di dalamnya.

Tidak seperti generator fungsi, AWG dapat menghasilkan bentuk gelombang apa pun yang ditentukan secara sewenang-wenang sebagai hasilnya. Bentuk gelombang biasanya didefinisikan sebagai serangkaian “titik arah” (target tegangan spesifik yang terjadi pada waktu tertentu di sepanjang bentuk gelombang) dan AWG dapat melompat ke level tersebut atau menggunakan salah satu dari beberapa metode untuk melakukan interpolasi di antara level tersebut.

Misalnya, gelombang persegi siklus tugas 50% mudah diperoleh dengan mendefinisikan hanya dua titik: Pada t0, atur tegangan output menjadi 100% dan pada t50%, atur tegangan output kembali ke 0. Atur AWG untuk melompat (bukan interpolasi ) antara nilai-nilai ini dan hasilnya adalah gelombang kuadrat yang diinginkan. Sebagai perbandingan, gelombang segitiga dapat dihasilkan dari data yang sama hanya dengan mengatur AWG untuk interpolasi linier antara dua titik ini.

Arbitrary  wafeform generator

Karena AW Generator Siglent  mensintesis bentuk gelombang menggunakan teknik pemrosesan sinyal digital, frekuensi maksimumnya biasanya dibatasi tidak lebih dari beberapa gigahertz. Konektor output dari perangkat biasanya berupa konektor BNC dan memerlukan terminasi 50 atau 75 ohm.

AWG, seperti kebanyakan generator sinyal, mungkin juga mengandung attenuator, berbagai cara untuk memodulasi bentuk gelombang keluaran, dan sering kali berisi kemampuan untuk secara otomatis dan berulang “menyapu” frekuensi bentuk gelombang keluaran (dengan menggunakan osilator yang dikendalikan tegangan) antara dua batas yang ditentukan operator. Kemampuan ini membuatnya sangat mudah untuk mengevaluasi respons frekuensi dari rangkaian elektronik yang diberikan.

Beberapa AWG juga beroperasi sebagai generator fungsi konvensional. Ini dapat mencakup bentuk gelombang standar seperti sinus, bujur sangkar, ramp, segitiga, derau dan pulsa. Beberapa unit termasuk bentuk gelombang built-in tambahan seperti kenaikan dan jatuh eksponensial, sinx / x, dan jantung. Beberapa AWG memungkinkan pengguna untuk mengambil bentuk gelombang dari sejumlah osiloskop digital dan sinyal campuran. Beberapa AWG dapat menampilkan grafik bentuk gelombang di layarnya – mode grafik. Beberapa AWG memiliki kemampuan untuk mengeluarkan pola kata-kata pada konektor multi-bit untuk mensimulasikan transmisi data, menggabungkan sifat-sifat AWG dan generator pola digital.

Salah satu fitur generator gelombang arbitrary berbasis DDS adalah bahwa sifat digitalnya memungkinkan banyak saluran untuk dioperasikan dengan offset fase yang dikontrol secara tepat atau frekuensi terkait rasio. Ini memungkinkan pembangkitan gelombang sinus polifase, rasi bintang I-Q, atau simulasi sinyal dari sistem mekanis yang diarahkan seperti mesin jet. Modulasi saluran-saluran yang kompleks juga dimungkinkan.

Beberapa model AWG mencakup berbagai skema deteksi untuk menyesuaikan bentuk gelombang output secara real time berdasarkan berbagai jenis hasil pengukuran yang diperoleh misalnya dengan demodulasi sinyal, penghitungan foton atau pemicu dengan osiloskop. Integrasi untuk pembuatan sinyal dan deteksi membantu meminimalkan waktu umpan balik untuk aplikasi yang menuntut seperti misalnya dalam implementasi tertentu koreksi kesalahan kuantum dan teleportasi kuantum.

Function generator

Insinyur dan teknisi sering menemukan perangkat yang tidak merespons dengan benar, jika sama sekali, terhadap impuls listrik. Ketika hal ini terjadi, generator fungsi dapat sangat membantu dalam mendiagnosis masalah. Generator Siglent  fungsi digunakan untuk menguji respons berbagai sirkuit terhadap sinyal dan impuls listrik. Ini dilakukan dengan melepaskan pola tegangan pada berbagai frekuensi dan amplitudo, sebagaimana dikendalikan oleh orang yang mengoperasikan perangkat. Ini sering digunakan dengan osiloskop, yang merupakan perangkat yang membuat gelombang listrik terlihat oleh mata manusia

Sebuah generator fungsi biasanya akan memberikan pilihan bentuk yang dapat diambil oleh pengguna. Bentuk-bentuk ini menduplikasi berbagai fungsi matematika. Yang pertama, gelombang persegi, dicirikan oleh sinyal yang bergerak langsung dari tegangan tinggi ke rendah. Gelombang kedua adalah gelombang sinus, di mana sinyal melengkung dari tegangan tinggi ke rendah, seperti perbedaan matematis dari sinus. Gelombang segitiga adalah pilihan ketiga untuk bentuk tegangan. Dalam gelombang segitiga, sinyal bergerak dari tinggi ke rendah dengan laju tetap. Akhirnya, gelombang gigi gergaji naik perlahan dan turun tajam. Masing-masing gelombang meniru gerakan gelombang listrik di lingkungan kita.

Ini adalah cara yang mudah dan nyaman untuk menguji perangkat listrik. Ketika perangkat, atau bagian dari sistem kelistrikan, berhenti berfungsi atau tidak berfungsi dengan benar, Anda dapat menggunakan generator fungsi; dengan salah satu alat elektronik ini, Anda dapat melepasnya dari papan sirkuit, meletakkannya di meja kerja, dan menguji responsnya terhadap aktivitas listrik. Karena generator dapat mengeluarkan sejumlah gelombang yang berbeda, Anda dapat menduplikasi impuls yang dipertanyakan oleh perangkat yang biasanya diterima di papan sirkuit atau di sirkuitnya.

Perangkat ini digunakan oleh para insinyur dan teknisi untuk menganalisis peralatan elektronik. Jika Anda mengirim impuls listrik perangkat seperti yang ada di sirkuitnya sendiri, dan perangkat tidak menerima sinyal, atau mendistorsi itu, Anda tahu bahwa Anda memiliki perangkat yang rusak. Mereka bahkan dapat digunakan untuk mengukur umpan balik dari amp, mikrofon, dan alat musik elektronik. Berbagai gelombang meniru skenario di mana perangkat elektronik yang diuji dapat dipengaruhi oleh listrik, yang memungkinkan teknisi untuk menarik kesimpulan dan bertindak berdasarkan temuannya.

signal generator 500Mhz

Generator sinyal digunakan untuk memeriksa apakah ada masalah pada peralatan elektronik Anda. Generator Siglent  ini hanya akan digunakan pada peralatan yang menerima atau menghasilkan sinyal, seperti radio, dan televisi. Perangkat ini akan memeriksa transmisi sinyal. Jika transmisi radio Anda terganggu atau tidak bagus, perangkat ini akan membantu Anda menemukan masalahnya.

Perangkat ini biasanya digunakan pada pemancar atau stasiun. Mereka akan diperiksa secara berkala untuk mengontrol kualitas sinyal sehingga stasiun radio atau stasiun televisi akan menyiarkan dengan sukses.

Seperti yang dinyatakan pada paragraf di atas, Anda akan memerlukan generator sinyal ac dengan frekuensi tertentu dari amplitudo tertentu ke sistem input. Anda dapat memeriksa hasil yang dihasilkan di bagian lain dari sistem. Benda elektronik yang menghasilkan sinyal seperti itu dikenal sebagai generator sinyal.

Generator sederhana dapat menghasilkan gelombang sinus atau gelombang persegi dan tegangan ac pada frekuensi tertentu dari 20 hingga lebih dari 20.000 HZ, tegangan output akan bervariasi dari 10 Vrms turun menjadi nol. Umpan balik osilator 360 derajat dengan komponen Wien-2 adalah seri umum untuk generator ini. Ini akan memberikan gelombang sinus arus AC. Penguat akan meningkatkan output. Tegangan AC gelombang sinus perlu diperkuat jika Anda ingin mendapatkan tegangan persegi tegangan AC. Anda harus memotong amplitudo dengan dioda paralel. AF (juga menghasilkan sinyal) dapat digunakan dengan serangkaian formasi gelombang persegi elektronik, seperti sirkuit pemicu Schmitt untuk menghasilkan output gelombang persegi.

Generator fungsi menghasilkan berbagai gelombang seperti gelombang sinus, gelombang persegi, dll. Mereka diproduksi dalam berbagai ukuran, bentuk dan tegangan pendakian atau penyapuan. Function generator bekerja dalam frekuensi kurang dari 1 Hz hingga lebih dari 10Mhz. Generator ini dapat berupa osilator LC atau sistem synthesizer.

Sebagian besar perangkat ini diproduksi untuk bekerja pada 50 atau 600. Keluaran dapat disesuaikan sekitar 10V ke 0V.

Skip to toolbar