Apa Itu Google Cloud Platform Indonesia?

Google Cloud Platform Indonesia (GCP) formal diluncurkan dan mulai beroperasi di Jakarta terhadap Rabu (24/6/2020).

Dirancang untuk menopang pelanggan di Indonesia serta pengguna akhir mereka, Jakarta adalah region GCP pertama milik Google di Indonesia dan yang ke-9 di Asia-Pasifik (APAC).

Managing Director Google Cloud Asia-Pacific Rick Harshman, menjelaskan peluncuran region Jakarta yang baru bisa mendekatkan GCP ke pelanggan dan para pengguna.

Menurutnya, dengan latensi yang lebih rendah untuk akses ke data dan aplikasi, perusahaan yang berbisnis di Indonesia, bisa mempercepat transformasi digital mereka.

“Ini terhitung dapat menopang pelanggan mencukupi persyaratan regulasi dan kepatuhan tertentu, serta menyediakan lebih banyak opsi pemulihan bencana bagi pelanggan di Asia-Pasifik,” ujarnya dalam siaran persnya, Rabu (24/6/2020).

Google Cloud Platform Indonesia Adalah

Google Cloud Platform Indonesia, (atau GCP) adalah kumpulan fasilitas komputasi awan yang di tawarkan oleh Google. GCP terjadi di atas infrastruktur yang sama yang digunakan oleh Google untuk product internalnya, seperti Google Search, YouTube dan Gmail. Bersamaan bersama seperangkat alat manajemen, GCP menyediakan serangkaian fasilitas cloud modular terhitung komputasi, penyimpanan data, Analisis information dan pembelajaran mesin.Registrasi memerlukan detail kartu kredit atau rekening bank.

Google platform awan menyediakan fasilitas infrastruktur, fasilitas Platform, dan lingkungan komputasi tanpa server. Pada bulan April 2008, Google menginformasikan mesin aplikasi, platform untuk mengembangkan dan hosting aplikasi web site di pusat information yang dikelola Google, yang merupakan fasilitas komputasi awan pertama berasal dari perusahaan. Layanan ini biasanya tersedia terhadap bulan November 2011. Sejak pengumuman mesin apliksi, Google beri tambahan sebagian fasilitas platform ke awan. Google Platform awan adalah bagiannya berasal dari Google awan, yang termasuk infrastruktur awan publik Google Platform awan, serta, G Suite, versi enterprise berasal dari Android dan Chrome, dan Antarmuka pemrograman aplikasi untuk pembelajaran mesin dan fasilitas pemetaan perusahaan.

Google Cloud Platform Indonesia

Google Cloud Platform Indonesia Data Fusion adalah layanan integrasi data perusahaan cloud native yang terkelola sepenuhnya untuk membangun dan mengelola pipeline data dengan cepat. Cloud Data Fusion menyediakan antarmuka grafis untuk membantu meningkatkan efisiensi waktu dan mengurangi kompleksitas serta memungkinkan pengguna bisnis, pengembang, dan ilmuwan data dengan mudah dan andal membangun solusi integrasi data yang dapat diskalakan untuk membersihkan, mempersiapkan, memadukan, mentransfer, dan mengubah data tanpa harus bergulat dengan infrastruktur.

Pencegahan Kehilangan Data Cloud membantu Anda memahami dan mengelola data sensitif. Ini memberikan klasifikasi yang cepat dan dapat diskalakan dan redaksi opsional untuk elemen data sensitif seperti nomor kartu kredit, nama, nomor jaminan sosial, nomor paspor, AS dan nomor SIM internasional yang dipilih, nomor telepon, dan banyak lagi.

Google Cloud Platform Indonesia Console

Kelola dan dapatkan wawasan tentang segala hal yang memberdayakan aplikasi awan Anda – termasuk aplikasi web, analisis data, mesin virtual, pusat data, basis data, jaringan, dan layanan pengembang. Console Google Cloud Platform Indonesia membantu Anda menerapkan, menskalakan, dan mendiagnosis masalah produksi dalam antarmuka berbasis web yang sederhana. Telusuri untuk menemukan sumber daya dengan cepat dan terhubung ke instance melalui SSH di browser. Tangani alur kerja DevOps saat dalam perjalanan dengan aplikasi iOS dan Android asli yang andal. Kuasai tugas pengembangan paling kompleks dengan Cloud Shell, mesin admin Anda di cloud.

Jangan pernah ragu tentang sumber daya cloud Anda. Anda dapat dengan mudah menemukan sumber daya Anda, memeriksa kesehatannya, memiliki kendali manajemen penuh atas mereka, dan menetapkan anggaran untuk mengontrol berapa banyak yang Anda belanjakan untuk mereka.

Google Cloud Platform Indonesia Pricing

Inovasi harga seperti penyesuaian ukuran dan discount untuk pemakaian berkesinambungan sanggup mendukung menambahkan penghematan rata-rata sebesar 35% untuk beragam beban kerja komputasi. Harga penyimpanan kami rata-rata lebih rendah 21% dibandingkan AWS untuk beban kerja penyimpanan online.

Bayar $0 di wajah untuk mengfungsikan fasilitas hebat Google Cloud Platform Indonesia bersama harga terbaik. Anda tidak perlu repot-repot membangun pusat data. Dengan membayar fasilitas cocok kebutuhan, Anda sanggup menghemat duwit dan berfokus pada menciptakan inovasi. Anda tidak perlu ulang membayar fasilitas sehabis menghentikannya.

Dapatkan disc. hingga 30% secara otomatis untuk beban kerja yang terjadi di dalam sebagian besar bulan penagihan di Compute Engine dan Cloud SQL.

Google Cloud Platform Indonesia Certification

Sertifikasi Google Cloud Platform Indonesia memvalidasi keahlian Anda dan menunjukkan kemampuan Anda untuk mengubah bisnis dengan teknologi Google Cloud.

Sertifikasi asosiasi

Sertifikasi tingkat asosiasi difokuskan pada keterampilan dasar penerapan, pemantauan, dan pemeliharaan proyek di Google Cloud.

Sertifikasi ini adalah titik awal yang baik bagi mereka yang baru mengenal cloud dan dapat digunakan sebagai jalur menuju sertifikasi tingkat profesional.

Sertifikasi profesional

Sertifikasi profesional mencakup fungsi pekerjaan teknis utama dan menilai keterampilan tingkat lanjut dalam desain, implementasi, dan manajemen.

Sertifikasi ini direkomendasikan untuk individu dengan pengalaman industri dan familiar dengan produk dan solusi Google Cloud.

Sertifikasi pengguna

Sertifikasi pengguna ditujukan untuk individu dengan pengalaman menggunakan G Suite dan menentukan kemampuan individu untuk menggunakan alat kolaborasi inti.

Google Cloud Platform Indonesia Tutorial

Sebelum Anda dapat meluncurkan mesin virtual menggunakan Compute Engine Google Cloud Platform Indonesia dalam sebuah proyek, Anda harus terlebih dahulu mengaktifkan Compute Engine API dalam proyek tersebut jika belum diaktifkan. Untuk mengonfirmasi bahwa Compute Engine API diaktifkan:

Langkah 1

Konfirmasikan bahwa, di bilah atas Google Cloud Platform Console, cp100 ditampilkan sebagai project saat ini. Jika Anda melihat nama proyek yang berbeda, klik nama itu, lalu klik cp100 di dialog Select yang muncul.

Langkah 2

Di konsol Cloud Platform, klik ikon tiga bilah di kiri atas untuk membuka menu Produk & Layanan. Bantuan dan dokumentasi online konsol merujuk ke menu ini sebagai “menu sisi kiri.”

Di menu sebelah kiri, klik API & Layanan> Dasbor.

LANGKAH 3

Klik Aktifkan API dan Layanan.

LANGKAH 4

Di bilah pencarian, ketik: Compute Engine

LANGKAH 5

Klik Google Compute Engine API di hasil pencarian.

LANGKAH 6

Jika Anda melihat tombol Nonaktifkan di bagian atas, API Compute Engine sudah diaktifkan. Jangan klik tombol Disable. Sebagai gantinya, langsung saja ke bagian “Menggunakan Cloud Launcher” di bawah.

Jika tidak, Anda akan melihat tombol Aktifkan di bagian atas. Kehadiran tombol ini berarti API Compute Engine saat ini tidak diaktifkan dalam proyek ini, jadi Anda harus mengaktifkannya sekarang. Klik tombol Aktifkan.

Tunggu hingga operasi selesai. Mungkin diperlukan beberapa menit. Operasi selesai saat tombol Nonaktifkan muncul, bersama dengan beberapa grafik penggunaan (semuanya kosong, karena Compute Engine API baru saja diaktifkan). Jangan klik tombol Disable. Sebagai gantinya, lanjutkan ke bagian “Menggunakan Cloud Launcher” di bawah.

Google Cloud Platform Indonesia Free

Google hari ini diam-diam meluncurkan program uji coba dan tingkat selalu gratis yang ditingkatkan untuk Google Cloud Platform Indonesia.

Tingkat gratis, yang sekarang menawarkan kekuatan yang cukup untuk menjalankan aplikasi kecil di cloud Google, ditawarkan sebagai tambahan untuk program uji coba gratis yang diperluas (ya – itu semua agak membingungkan). Uji coba gratis ini memberi Anda kredit $ 300 yang dapat Anda gunakan selama 12 bulan. Sebelumnya, Google juga menawarkan kredit $ 300, tetapi itu harus digunakan dalam waktu 60 hari.

Tingkatan gratis, yang tidak pernah benar-benar diiklankan oleh perusahaan, sekarang memungkinkan penggunaan gratis dari instance kecil (f1-micro) di Compute Engine, Cloud Pub / Sub, Google Cloud Storage, dan Cloud Functions. Secara total, tingkat gratis sekarang mencakup 15 layanan.

Penambahan instance Compute Engine dan 5GB penggunaan Cloud Storage gratis mungkin merupakan pembaruan paling penting di sini karena bagaimanapun juga, itulah layanan yang menjadi inti dari sebagian besar aplikasi cloud. Anda dapat menemukan batasan pastinya di sini.

Google Cloud Platform Indonesia Tanpa Kartu Kredit

Perlu diperhatikan bahwa tingkat gratis hanya tersedia di wilayah us-east1, us-west1, dan us-central1 Google.

Dengan langkah ini, Google jelas meningkatkan serangannya terhadap AWS, yang menawarkan tingkat gratis yang serupa namun lebih terbatas dan program uji coba gratis selama 12 bulan bagi penggunanya. Memang, banyak batasan Google terlihat cukup mirip dengan tingkat gratis 12 bulan AWS, tetapi tingkat selalu gratis AWS tidak menyertakan mesin virtual gratis, misalnya (Anda hanya mendapatkannya secara gratis selama 12 bulan). Saya berharap AWS akan menarik bahkan dengan Google dalam waktu dekat dan memperpanjang penawaran gratisnya juga.

Idenya di sini jelas untuk membuat orang nyaman dengan Google Cloud Platform Indonesia. Seringkali pengembang yang menjalankan proyek hobi di awan yang membuat seluruh tim di perusahaan pindah atau yang memutuskan untuk menggunakan awan publik tertentu untuk menjalankan infrastruktur perusahaan rintisan. Pengembang baru, juga, biasanya memilih AWS untuk belajar tentang cloud karena uji coba gratis selama 12 bulan. Kredit 60 hari senilai $ 300 yang sebelumnya ditawarkan Google tidak cocok untuk pengembang yang ingin mempelajari cara bekerja dengan awan Google.

Google Cloud Platform Indonesia Jakarta

Google Cloud Hosting, dan atau Compute Engine, hanyalah salah satu dari banyak layanan yang disediakan oleh Google Cloud Platform Indonesia. Mereka juga menawarkan App Engine, penyimpanan, DNS, CDN, dan banyak layanan dan produk lainnya. Google Cloud Platform terdiri dari sekumpulan server fisik, serta sumber daya virtual seperti mesin virtual (VM) yang terdapat di pusat data Google di seluruh dunia. Kami menggunakan mode penerapan multi-regional Google Cloud Platform. Ini berarti Anda dapat memilih pusat data yang berbeda untuk setiap situs WordPress Anda.

Beberapa perusahaan terkenal yang menggunakan Google Cloud Platform (Compute Engine atau App Engine) termasuk Spotify, HSBC, Home Depot, Snapchat, HTC, Best Buy, Philips, Coca Cola, Domino’s, Feedly, ShareThis, Sony Music, dan Ubisoft. Bahkan Apple terlihat memindahkan beberapa layanannya dari AWS, menghabiskan antara $ 400 juta dan $ 600 juta di Google Cloud Platform; meskipun ini tidak dapat dikonfirmasi secara independen.

Google Cloud Platform Indonesia Calculator

Kalkulator Harga Google Cloud Platform Indonesia dapat memberikan perspektif bisnis tentang biaya keseluruhan layanan cloud dan membantu mereka membuat keputusan yang lebih baik dan lebih tepat.Dalam kebanyakan keadaan normal, biaya layanan berbasis cloud jauh lebih murah daripada biaya pembelian perangkat keras, perangkat lunak, dan pengetahuan cara mereproduksi layanan itu sendiri. Semakin banyak bisnis yang mengandalkan perbedaan biaya yang signifikan ini untuk mendukung keputusan penerapan infrastruktur TI mereka.

Bisnis yang mempertimbangkan Google Cloud Platform (GCP) untuk layanan cloud yang dibutuhkan dapat memperkirakan biaya bulanan layanan tersebut menggunakan Kalkulator Penentuan Harga Google Cloud. Dengan memasukkan detail instance mesin virtual yang diperlukan, kebutuhan penyimpanan, aplikasi, dan layanan khusus, bisnis dapat menghitung perkiraan biaya periode keseluruhan untuk GCP. Informasi penting bagi pengambil keputusan dalam bisnis Anda.

Skip to toolbar